1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Creature Banshee - Wanita Misterius Pembawa Pesan Kematian

Discussion in 'Dunia Lain' started by whitemaster, Feb 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. whitemaster M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    519
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +616 / -0
    SEBELUMNYA MAAF :maaf: KLU :repost:

    Banshee dalam dunia modern sering hadir dengan sosok menyeramkan seperti hantu ganas lainnya.Penggambaran yang begitu menyeramkan dan spooky ini ternyata disebabkan oleh legenda Irlandia atau Skotlandia yang menyebutkanpara Banshee berasal dari roh wanita yang gentayangan karena dibunuh, atau wanita yang meninggal saat melahirkan.Tapi penggambaran ini ini sangat bertolak belakang dengan sejarah mengenai peran mereka yang sebetulnya jauh dari sifat sadis.

    [​IMG]

    Kata Banshee disinyalir berasal dari bahasa Irlandia yaitu bean sidhe atau bean si,yang mempunyai arti "wanita dari dunia peri". Sedangkan dalam bahasa Scottish Gaelic,Banshee memiliki artian sebagai people of peace atau "orang-orang yang membawa kedamaian". Dalam mitologi Irlandia, Banshee dikenal sebagai roh wanita yang menandakan bahwa kematian sudah dekat. Oleh karena itu makhluk tersebut juga terkenal dengan julukan pengantar pesan kematian. Beberapa theolopist dan penganut Celtic Christians bahkan percaya bahwa sosok Banshee adalah para malaikat yang jatuh dan terjebak di bumi. Yang menyebabkan Banshee dimunculkan sebagai sosok yang menakutkan mungkin ada kaitannya dengan perannya sebagai dewi kematian. Banyak ragam cerita yang memaparkan cara Banshee memberitakan kematian. Contoh yang paling sederhana adalah jika sesosok Banshee muncul di sebuah rumah maka salah seorang anggota keluarga di rumah tersebut akan meninggal. Ada juga kepercayaan bahwa para Banshee memberi pertanda kematian dengan menyanyikan lagu berisi lirik-lirik kematian sendu pada keluarga tersebut, entah dinyanyikan oleh dia sendiri atau merasuk anggota keluarga berjenis kelamin wanita.


    Makhluk ini dipercaya memiliki kaitan erat dengan beberapa keluarga bangsawan Irlandia seperti O’Gradys, O’Neills, O’Briens, O’Connors serta Kavanagh. Jika ada anggota keluarga tersebut yang pergi jauh untuk tugas atau berperang lalu meninggal, maka Banshee bakal memberitahu anggota keluarganya dengan menyanyikan lagu duka disekitar rumah. Biasanya mereka bernyanyi tepat pada saat orang itu meninggal, bahkan sebelum berita kematian dibuat dan disampaikan pihak berwenang. Jika sekelompok Banshee muncul secara bersamaan maka hal itu menandakan orang yang meninggal adalah pahlawan hebat atau orang suci. Uniknya nyanyian Banshee bakal berbeda-beda tergantung dari hubungan sang Banshee dengan orang yang meninggal atau keluarganya. Bila memiliki hubungan baik maka ia menyanyikan lagu bernada lembut untuk menghibur keluarga yang ditinggalkan. Tapi jika tidak menyukai keluarga atau orang yang meninggal, nyanyiannya (meski tetap sendu) bernada keras dan menyeramkan. Bahkan konon sang Banshee akan mengabarkan kematian orang yang tidak disukainya lewat jeritan yang mengerikan!!


    Ada juga kisah yang menyebutkan bahwa apabila seseorang meninggal akibat perang atau pertumpahan darah, selain menyanyi lagu maka Banshee akan muncul di sungai terdekat rumah anggota keluarga dari orang yang meninggal sambil mencuci jubah atau bajunya yang berlumuran darah. Menurut legendanya, apabila kita berpapasan dengan Banshee yang sedang membasuh baju kemudian menyapanya dengan sangat ramah maka kita akan mendapatkan kepercayaan mereka. Dengan begitu maka ia bakal memberitahu nama anggota keluarga yang akan meninggal nanti, maupun mengabukan satu permohonan kita. Namun tidak mudah menyenangkan para Banshee karena mereka hanya menyukai orang-orang pintar, khususnya yang piawai dalam bermusik dan berpuisi.

    Terdapat beberapa versi cerita mengenai penampakan Banshee; kadang ia menampakan diri sebagai seorang wanita tua namun ia bias juga menjelma sebagai seorang wanita cantik. Biasanya ia muncul dengan mengenakan pakaian putih atau abu-abu dengan rambut yang panjang dan indah. Dalam berbagai mitos dijelaskan bahwa para Banshee sangat menyukai rambut mereka yang indah dan rajin menyisir rambutnya dengan sisir perak yang indah. Dalam dongeng tradisional Irlandia dipaparkan bahwa jika kita menemukan sisir yang nampak mahal dan indah tergelatak di jalan maupun di Ireland, kita tidak boleh menyentuhnya apabila mengambilnya. Pasalnya sisir yang tergeletak tersebut dipercaya disimpan secara sengaja oleh mereka, dan orang yang mengambilnya bakal dijahili atau diganggu oleh para Banshee. Meski tidak disebutkan bahwa gangguan mereka dapat berakibat fatal namun mereka bisa menyesatkan kita sehingga tidak dapat menemukan jalan untuk pulang.


    Sebagai bukti Banshee bukanlah sekedar isapan jepol atau imajinasi orang-orang Irlandia, sampai saat ini masyarakat Irlandia memiliki beberapa tempat khusus yang dipercaya sebagai tempat tinggal para Banshee. Misalnya sebuah kuil yang terletak di istana Dunluce yang dipercaya menjadi tempat tinggal Banshee yang terikat dengan keluarga O’Donnels. Keluarga O’Neills bahkan punya nama untuk Banshee mereka yaitu Maeveen. Ketika ada keluarga O’Neills yang meninggal, dikabarkan bahwa Maeveen akan muncul di kastil O’Neill dengan wujud seorang wanita tua dengan gaun putih yang sangat panjang. Bukti penampakkan Banshee tercatat di Dublin pada tanggal 6 Agustus 1801, ketika Lord Rossmore sebagai pimpinan pasukan militer Inggris di Irlandia meninggal. Sahabatnya yaitu Sir Jonah Barrington terbangun karena mendengar nyanyian yang berasal dari luar jendela. Setengah jam kemudian ia kembali mendengarkan suara lembut yang menyebut nama Rossmore sebanyak tiga kali,dan tepat pada saat itulah Lord Rossmore meninggal!!

    Sir Jonah Baringgton menyatakn kejadian tersebut sebagai pengalaman yang mengerikan dalam hidupnya. Dan untuk para staff di kediaman Rossmore, kejadian tersebut adalah bukti keberadaan Banshee.

    TERIMA KASIH SUDAH MEMBACANYA


    JIKA BERKENAN :thx:
     
    • Thanks Thanks x 28
    • Like Like x 9
    Last edited: Feb 22, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. dhe_dhel M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    487
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +7,655 / -0
    wologhhh....ngeri sekalee...bbbrrr....., ini kek kuntilanak gitu bukan klo di indonesianya?
     
    • Like Like x 1
  4. notox Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    2,824
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +10,024 / -0
    Wah² ternyata yg beginian ada juga di luar negeri to?
    bru denger banshee
    Biasany yg terkenal : vampire,dracula,zombie,demons
    Jd Serem setelah baca :beku:
     
  5. NeGA M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +37 / -0
    banshee kok mirip2 kaya mbak kunti..
    pakai pakaian putih2 dan kaya menangis tersendu sendu..
    btw ada foto penampakannya kaga bro?
     
  6. mulia24 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +48 / -0
    pertama x liat judulnya banshee, langsung saya teringat akan novel favorit saya yakni HP.

    di novel itu juga digambarkan banshee, tapi berdasarkan cerita rakyat inggris (inggris dekat dengan irlandia dan skotlandia) banshee adalah makhluk *gelap* berupa wanita dengan rambut panjang tergerai hingga kaki dan wajah hijau.

    gilderoy lockhard (guru defense of the dark art pada novel HP <maaf saya lebih suka B.inggrisnya>) juga menulis buku "break with a banshee".
    sementara teman harry yakni seamus takut akan banshee sebagaimana yg ditunjukkan oleh boggart yang dihadapinya.

    satu2nya cara untuk membu*** banshee adalah dengan mematahkan lehernya ketika dia sedang menutup matanya untuk berteriak karena seluruh tubuhnya keras bagaikan baja. senjata utama banshee adalah teriakannya yang super kuat yang berakibat kematian bagi yang mendengarnya.

    demikian sekilas banshee menurut cerita rakyat inggris yang sanking terkenalnya diadopsi ke novel kesukaan saya. mudah2an bro whitemaster tidak berkeberatan karena saya menambah sedikit info mengenai banshee dari sudut pandang rakyat inggris.
    hanya bermaksud sharing :makasih-g:
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. wantek M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    1,039
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +275 / -0
    hee, bikin merinding lebih dari yg gw kira, cerita lady in white (hantu cw baju putih) ada di banyak negara yach, disini ama jepang juga ada, meski bukan banshee
     
  8. Xinez M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    2,921
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30,321 / -0
    mirip bgt kayak mbak kunti :takut:
    cuma klo yg ini menyanyi buat mengabarkan pesan kematian, :shock:
    klo mbak kunti tertawa dan bernyanyi utk mnakuti orang2 :takut: :takut:
     
  9. finoeci M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    2,362
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,561 / -0
    Emg hal2 kaya gni ga bisa diremehin, dunia ini ga sebates yg qt diami sat ini, ada dunia lain yg ga bisa ktangkep ma panca indera qt dan kdg suka antar dunia itu suka berbenturan, itulah sebabnya suka timbul penampakan ato semacemnya, jadi ada gesekan gitu antar dunia nyata dan dunia lain

    Info ini gw dapet dari berbagai sumber, kaya dari film dokumenter soal spirit world dll, tapi lupa apa aja, he3, maf ya... cuma ingin berbagi qo :piss: :piss:
     
  10. tamaguci M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    687
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +75 / -0
    banshee seperti nya pernah denger, tapi di mana ya?
     
  11. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,535
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,900 / -0
    aku pernah denger dari harry potter:iii:
    kalau nggak salah sih emang dia itu si pengabar kematian bagi suatu keluarga:iii:
    kalau dia nyanyi yah siap2 aja:dingin:
     
  12. tokidoki11 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    1,137
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +826 / -0
    :takut:
    weleh
    serem banget:hiks:
     
  13. zhaaltar M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 29, 2010
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,176 / -0
    wah ngeri tuh banshee
     
  14. AgenRahasia123 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 28, 2010
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    untung bukan pocong gan... wkwkwkwk
     
  15. canis Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 20, 2009
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    fersi barat-nya kuntilanak...
    asalnya mirip meskipun tujuanya beda...
     
  16. tamaguci M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    687
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +75 / -0
    Iya HARRY POTTER !!! makasih gan udah ingetin, tapi harry potter jilid berapa ya??:bloon:
     
  17. Ziedrich M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 30, 2009
    Messages:
    3,291
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,234 / -0
    wah serem bgt.. Nyesel gw baca ginian
     
  18. Ballon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    1,881
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +745 / -0
    Yup tapi sosoknya kalau di indo yah lebih mirip sama kuntilanak gitu yah ... cuma bedanya yang satu ini bisa berupa pertanda kematian gitu yah :bingung: tapi memang mitologi mistis dari negara yang berbeda-beda itu beraneka ragam yah ...
     
  19. xerogame Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 28, 2010
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +7 / -0
    banshee..
    hmm ane jadi inget pernah diceritain dulu...
    ternyata orang barat punya cerita beginian juga
     
  20. tygrex M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    565
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +336 / -0
    sereeeeeeeeeeeeeeeee mmmmm












    klik agar gx mati :matabelo: "[​IMG]"
     
  21. Armageddon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 19, 2009
    Messages:
    975
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +412 / -0
    Srem ah stelah bacax.... pertama gw kira banshee itu siren tp t'nyata bda toh.....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.