1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other 7 Kenangan Rental Video Kaset Film

Discussion in 'Lifestyle' started by jendra_cakti, May 4, 2018.

  1. jendra_cakti Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 10, 2017
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22 / -0
    [​IMG]

    Gohitz.com – Indonesia di pertengahan tahun 80-an dan 90-an, masyarakat berkenalan dengan media hiburan yakni video kaset film baik dalam format Betamax maupun VHS (Video Home System) yang ditawarkan rental-rental film.
    Rental video kaset film saat itu merupakan rental film pertama di Indonesia yang kelak nantinya akan berkembang pesat menjadi rental sekaligus jual-beli film dalam berbagai format, seperti DVD, Blue-Ray, HDD hingga jasa streaming. Karena dirintis pertama kali melalui rental video kaset film, berikut ini tujuh kenangan rental video kaset film yang pastinya tidak bakal Anda lupakan.

    1. Tidak pakai cover

    Tidak seperti rental zaman sekarang, rental video kaset film zaman dulu cenderung tidak memberikan cover film di bagian depan video kaset. Para pelanggannya terkadang harus menanyakan film-film terbaru yang lagi trendi atau memilih lewat cover-cover yang terpasang di etalase. Sungguh merepotkan, ya!

    2. Sering tertukar

    Lantaran tidak pakai cover, seringkali para penyewa video kaset film zaman itu kesal karena video kaset film yang mereka sewa tertukar judulnya dengan film. Niatnya pengen nonton film laga eh tahunya malah dapat film horror.

    3. Wajib punya alat penggulung video

    Bukan hanya nggak pakai cover, video-video kaset film yang disewakan rental-rental saat itu juga mudah kusut. Walhasil demi memuaskan hobi nonton, banyak moviegoers zaman itu rela-rela beli alat penggulung video kaset yang terpisah dari alat pemutar video agar video kaset yang disewanya bisa diputar dari awal dan tidak kusut di pertengahan film.

    4. Didominasi format Betamax

    Kenangan lainnya dari rental video kaset film adalah video-video kaset yang mereka sewakan cenderung didominasi format Betamax. Zaman itu persaingan antara Betamax dan VHS sedang kencang-kencangnya, namun karena film-film untuk kawasan Asia-Pasifik, cenderung diformat dalam format Betamax akhirnya format video kaset jenis merajai pasar rental film di Indonesia.

    5. Waktu penyewaan satu pekan

    Berbeda dengan rental film zaman sekarang yang terkesan pelit dalam waktu penyewaan yang cuma tiga hari. Ketika zaman rental video kaset film booming, rental-rental film saat itu terbilang dermawan dengan menawarkan waktu sewa film selama satu pekan untuk satu film.

    6. Tidak bisa booking

    Kenangan lainnya dari rental video kaset zaman 80-an dan 90-an adalah Anda tidak bisa booking dulu film yang ingin disewa. Yup! Rental-rental saat itu menerapkan sistem fair kepada para penyewanya dimana mereka yang datang paling cepat bakal dapat filmnya.

    7. Harga sewa sangat terjangkau

    Kendati video kaset film merangsek masuk Indonesia, banyak penikmat film kesulitan untuk memiliki film-film yang mereka saat itu. Alasannya cuma dua yakni harga video kaset film yang mahal dan keterbatasan penjual video kaset film original saat itu.

    Kehadiran rental-rental video kaset film, yang merupakan pioneer dari rental film modern dan millenial sekarang ini, pada zaman itu dianggap sebagai malaikat penolong karena harga sewanya yang terbilang sangat bersahabat dan mudah dicari lokasinya.

    Teks: Aji Cakti
    Editor: Paramita
    Foto: flickr
    Sumber: http://www.gohitz.com/article/ragam/...deo_kaset_film
     
  2. Harta Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Jadi Nostalgia.. Zaman dulu oom yang hobi sewa film kaset.. Kami2 keponakan yang kebagian nontonnya.. :clown:
    Biasanya setiap hari Selasa sore, orang yang menyewakan film kaset datang kerumah dengan bawa tas pikul gede berisi kaset2..
    Saatnya kami milih kartun dan oom yang bayar.. :em0100::em0100:
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.