1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other 7 Jenis Barang di Rumah yang berasal dari Minyak Bumi

Discussion in 'Science and Technology' started by gusrus, Mar 3, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. gusrus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,432 / -0
    Minyak bumi tidak hanya menyediakan bahan bakar untuk mobil bensin dan pesawat jet saja. Produk-produk sampingan minyak bumi banyak yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari di seluruh dunia. Miliaran pon plastik polietilen dimanfaatkan menjadi kantong plastik, makanan kontainer, hula hup, dan produk konsumen lainnya. Tetapi ada beberapa barang yang merupakan produk turunan dari minyak bumi yang ditemukan di sekitar rumah dan mungkin akan mengejutkan Anda

    Lipstik
    [​IMG]

    Manusia telah menerapkan kosmetik alami pada bibir mereka, mata dan wajah selama berabad-abad tetapi sekarang ini sebagian besar lipstik dan eye liner memperoleh tampilan yang menarik karena menggunakan produk minyak bumi atau produk sampingan seperti crylates, belangkin colorant, dan propylene glycol. Yang sedikit mengejutkan adalah banyak wanita telah beralih ke produk minyak bumi yang dikenal dengan nama Vaseline (petroleum jelly) sebagai eyeliner remover sederhana atau dasar untuk lipstik.

    Panel Surya
    [​IMG]

    Panel surya dapat membantu pemilik rumah dan industri dengan memanfaatkan energi terbaharukan yang berasal dari kekuatan cahaya matahari. Tetapi sebagian besar panel surya masih mengandalkan panel berbasis petroleum resin dan komponen plastik dalam sel fotovoltaik. Saat ini banyak perusahaan telah mulai menggunakan bioresin dan bioplastics dalam pembuatan komponennya untuk menggantikan minyak bumi

    Pakaian tahan kusut
    [​IMG]

    Kapas sudah lama dimanfaatkan oleh kita untuk memproduksi kain. Tapi kandungan poliester pada celana, kemeja dan lainnya telah memberikan manfaat anti kerut, keawetan dan mengangkat noda dari bahu pakaian. Beberapa produk sampingan minyak bumi diciptakan untuk membentuk material sintetik pakaian yang dapat membantu jutaan orang. Tetapi itu tidak semuanya buruk, karena daur ulang polyester dapat menghasilkan serat poliester berkualitas tinggi

    Gum
    [​IMG]

    Banyak orang menikmati gigitan tekstur permen karet dan mengunyahnya dalam waktu lama. Semua ini berkat minyak bumi yang diturunkan dari polimer. Karet basa dapat terdiri dari lateks alami dan produk-produk minyak bumi seperti polietilen dan parafin lilin, yang merupakan produk non-biodegradable. Tapi permen karet pertama kali mengandalkan lateks alam yang dikenal sebagai chikle.

    Krayon
    [​IMG]

    Minyak bumi telah banyak membantu kenangan masa kecil kita pada saat menggambar di dalam kelas atau rumah. Masing-masing krayon dalam sebuah kotak krayon anak terdiri dari parafin lilin (lilin padat yang terbuat dari minyak bumi). Parafin juga dipakai untuk membuat lilin dan memberikan efek mengkilat pada sebuah apel atau kilauan cokelat.

    Aspirin
    [​IMG]

    Aspirin telah membuktikan sebagai salah satu obat yang paling aman dan sangat diandalkan dalam dunia farmasi selama puluhan tahun. Orang menelan miliaran tablet per tahun untuk sakit kepala, demam dan sebagai pencegahan terhadap penyakit jantung atau stroke. Asam asetyl salisilat dalam aspirin berasal dari zat kimia salisin pada kulit pohon willow. Namun sebagian besar produsen aspirin menggunakan zat benzena, suatu hidrokarbon yang biasanya berasal dari produk minyak bumi.

    Pantyhose
    [​IMG]

    Sebut mereka dengan celana ketat, kaus kaki ketat, atau apa pun yang serba ketat. Jutaan wanita modern telah memakai stoking nilon untuk kenyamanan dan mode. Sama seperti wanita jaman dulu, stoking nilon sudah sangat populer selama Perang Dunia kedua. Nilon mewakili termoplastik yang diturunkan dari minyak bumi yang diciptakan pada tahun 1935 oleh Wallace Carothers, seorang ahli kimia yang bekerja di perusahaan DuPont. Hari ini, nilon membantu dalam pembuatan produk scrubber untuk parasut.

    Sumber bacaan Livescience
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. andrekedua Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 5, 2009
    Messages:
    139
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -1
    hebat juga yah minyak bumi selain jadi bhan bakar berguna juga buat yg lainnya...
    tapi sayang sekarang makin langka nih...trus harganya juga makin menggila gara2 ada beberapa negara yg menggontrol sirkulasinya demi keuntungannya...
     
  4. lucadias Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 17, 2010
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +137 / -0
    hrs dikurangin penggunaanny nih tar cpet abis
     
  5. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,070 / -0
    apakah ada hubungan naiknya harga minyak bumi dengan harga kosmetik seperti lipstik?
     
  6. kovac M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2010
    Messages:
    872
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +35 / -0
    kantong plastik atau wadah plastik yang tidak biodegradable semuanya juga berasal dari minyak bumi...
     
  7. HELLSPAWN054 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 9, 2010
    Messages:
    178
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +26 / -0
    Kantong plastik kresek kan juga hasil dari penyulingan minyak bumi? (plastik pada umumnya sih :p )
     
  8. zpawn Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    120
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24 / -0
    wah permen karet!!!!!
    kalo setau ane plastik rumahan juga kn????
    misal nya gayung,kantongan kresek,etc
     
  9. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,642 / -1
    klo yang Lipstik ane udah tau..
    itukan dari bahan seperti parafinnya lilin..
    alias dari bahan sisa penyaringan minyak bumi.. :elegan:
     
  10. Di4m0nD M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +88 / -0
    minyak bumi ternyata bukan cuman buat bahan bakar ya
    bisa dibuat aspirin:shock1:
     
  11. Zakuchan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 4, 2011
    Messages:
    1,777
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +1,527 / -0
    Makanya sayang banget indonesia g jadi bangun fasilitas pengolahan minyak dan turunan nya
    katanya interfensi luar ato emang pejabatnya aja bego hah... who knows ....
     
  12. bizly M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,279
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +104,092 / -3
    Tidak menyangka...ternyata obat sakit kepala andalanku terbuat dari minyak bumi:swt:
     
  13. mekongga Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    kalo produk2 diatas adalah produk turunan dari minyak bumi (meskipun mungkin yang dipake itu hanya ampasnya) tetap berpengaruh dong dengan harganya.
    coz kalo harga minyak bumi naik, maka turunannya juga didapatkan dengan harga yang mahal. maka naiknya produk2 yang dibuat.
    untung yang kepake diatas paling kaos kaki dong. aman, kalo minyak bumi sudah habis, paling kehilangan kaos kaki doang.
     
  14. rifgecco Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 14, 2011
    Messages:
    74
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +26 / -0
    Begitu besarnya jasa para ahli kimia atas terlahirnya produk2 dr minyak bumi,
     
  15. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,642 / -1
    lilin juga terbuat dari minyak bumi klo gak salah..

    residu tingkat akhir sebelum menjadi aspal klo gak salah.. :hmm:
     
  16. santeesanti Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 16, 2010
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    minyak bumi multi fungsi juga ya... terus kira" klo d campur k bahan obat kaya aspiri

     
  17. riyanjo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 5, 2011
    Messages:
    107
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +0 / -0
    Permen karet..
    ane baru tahu klo gum tuh msh mengandung minyak bumi
     
  18. rapturous M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 10, 2010
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +123 / -0
    wah emang minyak bumi bermanfaat bgt ya..
    baru tahu ane aspirin dari minyak bimu juga..:niceinfo:
     
  19. gsharktale M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    251
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +8 / -0
    wah barang2 ntu dari minyak bumi yah, tp dilihat dari minyak bumi yang semakin menipis emang kayanya bakala ada barang2 ntu dengan material pengganti
     
  20. evangelistvahala Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    yah inilah sebabnya ada banyak penelitian material baru pengganti minyak sebagai sumber hidrokarbon dan energi
     
  21. piteryang Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2012
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    gk nyangka gum kesukaan ku rupanya terbuat dri minyak bumi jga
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.