1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips 6 hal yang harus diperhatikan pemula dalam berlari

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by AndyLPJr, May 7, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. AndyLPJr Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 15, 2011
    Messages:
    174
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    Berlari termasuk salah satu jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang, selain bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan stamina, anggota tubuh juga menjadi semakin sehat. Banyak orang yang menghabiskan waktu berlari di gym maupun membeli peralatan fitness yang mahal sedangkan beberapa orang memilih berlari di alam terbuka, ini terbukti lebih irit dan tidak membutuhkan biaya apapun.
    [​IMG]
    Karena berlari merupakan olahraga yang mudah digunakan dan tidak membutuhkan biaya sama sekali, banyak orang yang baru memulai tidak berpikir panjang dan langsung melakukan olahraga lari tanpa berpikir panjang sehingga mengakibatkan terjadinya cidera ataupun hasil kesehatan yang tidak maksimal. Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan apabila anda adalah pemula yang baru ingin memulai olahraga lari.

    Belum saatnya berlari begitu lama

    Salah satu kesalahan yang umum dilakukan oleh para pemula adalah berlari terlalu lama, hal ini dikarenakan mereka sangat terpacu untuk berlari dalam waktu yang lama. Melakukan hobi dengan semangat merupakan hal yang wajar akan tetapi perlu diperhatikan agar tidak terlalu over-do sebelum meningkatkan frekuensi, intensitas dan jarak yang ditempuh.

    Melakukan latihan secara perlahan akan sangat membantu dalam mengurangi resiko terjadinya cidera. Frekuensi, intensitas dan jarak dapat ditingkatkan secara perlahan setiap minggunya. Banyak pakar yang mengemukakan bahwa meningkatkan 10% setiap minggunya merupakan angka yang sangat ideal.

    Tidak ada hari yang kosong

    Banyak para pemula yang melakukan lari setiap hari tanpa ada hari untuk beristirahat. Asumsi mereka adalah untuk mendapatkan kebugaran maka harus dilakukan latihan setiap hari. Hal inilah yang menyebabkan justru tubuh tidak akan benar-benar bugar, dikarenakan berlari merupakan aktivitas yang sangat berat bagi tubuh. Tubuh para pemula masih belum terbiasa dengan latihan yang begitu intens sehingga sangatlah wajib apabila dilakukan istiraht tanpa berlari selama beberapa hari.

    Tidak ada pola

    Melakukan latihan berlari sudah tentu akan meningkatkan kualitas tubuh apabila dilakukan terus menerus. Akan tetapi perlu diketahui bahwa perlu dilakukan variasi dan pola dalam berlari, karena apabila berlari tanpa pola secara terus menerus mengakibatkan otot-otot tubuh yang terlatih hanya ditempat yang sama sehingga kebugaran yang didapat tidak akan maksimal. Sehingga sangat disarankan apabila dilakukan berbagai variasi dan pola.

    Tidak menghiraukan cidera ataupun rasa sakit

    Apabila kita sedang cidera ataupun merasakan sakit setelah melakukan latihan lari untuk waktu yang lama, ada baiknya apabila kita merawat kondisi tubuh kita dan berhenti berlari.

    Melakukan lari terus menerus tanpa mempedulikan cidera ataupun rasa sakit dapat mengakibatkan anda berakhir cidera untuk waktu yang lebih lama lagi.

    Perlengkapan tidak memadai

    Berlari tidak memerlukan biaya yang banyak, kecualikan apabila kamu berlatih ditempat gym atau membeli peralatan fitness. Akan tetapi berlari tetap memerlukan perlengkapan yang memadai. Berlari tanpa perlengkapan yang tepat dapat mengakibatkan anda mengalami cidera ataupun hasil yang tidak bagus dalam latihan kebugaran.

    Perlengkapan yang paling utama dan perlu adalah sepasang sepatu lari. Sekarang tersedia berbagai macam merek sepatu lari dengan berbagai macam kelebihan yang ditawarkan. Ingat, meskipun terlihat simpel akan tetapi perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam. Sepatu yang tidak nyaman dipakai untuk berlari akan mengakibatkan proses lari menjadi terhambat dan bisa saja terjadi cidera.

    Membandingkan diri dengan orang lain

    Ketika anda mulai berlari, mungkin anda akan mencari informasi ataupun membaca kisah-kisah, tips dan cerita melalui media lain seperti melalui internet, koran, majalah dan sebagainya. Pola latihan dan intensitas yang dikemukakan oleh mereka boleh dijadikan sebagai acuan akan tetapi perlu diingat bahwa apabila anda masih pemula, anda tetap harus menahan intensitas latihan anda. Ingat over-do hanya akan mengakibatkan latihan anda tidak maksimal.

    runningRunning is one sport that kind favored by many people, It can help maintain heart health and increase stamina, when also becoming increasing body health. Many people who spend time in the gym or buy expensive fitness equipment to running while some people choose to run in the open, this proved to be more efficient and does not require any cost.
    [​IMG]
    Because running is a sport that is easy to do and requires no cost at all, many people who are just starting out do not think too long and straight jumpt to exercise without thinking that will resulted in injury or health outcomes are not optimal. Here are some things that must be considered if you are a beginner who wants to start a run.

    Not the time to run so long

    One common mistake made by beginners is running too long, this is because they are highly motivated to run for a long time. Hobbies with a passion is a natural thing but it should be noted that not to over-do before increasing the frequency, intensity and distance.

    Perform exercises more slowly will greatly help in reducing the risk of injury. The frequency, intensity and distance can be increased gradually every week. Many expert have argued that the increase of 10% every week is a number that is ideal.

    No day is empty

    Many beginners who do run every day without a day of rest. Assuming they are to get the fitness exercises should be done every day. This is what causes the body it would not really fit, because running is very strenuous activity for the body. Beginners body is still not used to the workout so intense that it is necessary if done a rest without running for a few days.

    There is no pattern

    Doing exercise running course will improve the quality of the body if done continuously. However, please note that the pattern and variation needs to be done in the running, because if it ran continuously without pattern resulted in the muscles of the body are trained only in the same place so that the fitness gained will not be maximized. So it is advisable if done various variations and patterns.

    Ignore the injury or pain

    When we are injured or feel pain after doing a practice run for a long time, it is better if we take care of our body condition and stopped running.

    Doing run continuously regardless of the pain or injury can result in you ending injury for much longer time.

    Proper gear

    Running does not cost that much, if you exclude the gym or buy fitness equipment to practice in place. However, running still require proper gear. Running without the proper equipment can result in injury or you will have no good results in fitness training.

    The most important equipment and need is a pair of running shoes. Now available in many brands of running shoes with various advantages offered. Remember, although it looks simple but it should be done in-depth research. Shoes that are not comfortable to wear for running will result in the process running into obstructed and could have been injured.

    Comparing yourself to others

    When you start running, you may be searching for information or reading stories, tips and stories through other media such as via the Internet, newspapers, magazines and so on. The pattern and intensity of the exercise suggested by them will be used as a reference but keep in mind that if you are a beginner, you still need to withstand the intensity of your workout. Remember the over-do will only result in your exercise result not maximal.

    sumber:
    6 Things to noticed by new runner - Tweky
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. wedangga12 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 18, 2013
    Messages:
    2,383
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +3,226 / -0
    hemm jadi lebih baik lari secara perlahan, biar gk cedera

    gw sering gini nih, jarang olahraga, sekalinya lari lama.. :suram:
     
  4. hattano92 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2012
    Messages:
    141
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,427 / -1
    iya sekali dua kali puteran dulu, baru deh nambah2 kalau udah terbiasa
     
  5. PNKAMENRIDER M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    743
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +69 / -0
    jadi mulailah dari yang ringan dulu baru intens naikkan pola gitu ya gan
     
  6. Hyoroku Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 28, 2014
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    ane sih awal2 mulai dengan jalan dulu...kalo udah rada hot baru mulai lari
     
  7. erfi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    1,479
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +798 / -0
    awalnya jalan-jalan trus lari-lari kecil kalo dah terbiasa barulah lari-lari itu pun hanya dilakukan seminggu 3 kali.
     
  8. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,165 / -0
    Kalo jaman SMA dulu g peduli kekuatan sampe dimana... g peduli lawan siapa.... pokoknya harus jadi yang pertama... walo hasilnya selalu gagal... :lol:

    [​IMG]
     
  9. inyiminyit Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 10, 2014
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +17 / -0
    bagaimana ya cara mengatur nafas saat berlari apalago saat badan mulai terasa lelah??

    saya pernaha baca artikel bahwa saat berlari agar memiliki andurance yang baik, cara paling ampuh adalah mengatur nafas. saya sudah coba tapi tetap gagal, baru lari satu kiloan udah pegel betis dan paha. hihihihi...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.