1. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Jangan rindu, ini berat, kau tak akan kuat, biar aku saja. Cek info libur
    Dismiss Notice
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  6. Mau kasih kado lebaran buat yang terkasih? Yuk ikuti event Kado Hari Raya Untuk Perempuan! Ada gamis & khimar gratis buat kado kamu loh~
  7. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  8. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

6 Fenomena Misteri Lautan

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by yopisukita, Sep 21, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. yopisukita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,981 / -0
    Lautan penuh dengan misteri. Manusia kebanyakan memilih mengaguminya dari tepian. Ada beberapa lokasi laut di dunia yang ditakuti. Di mana pesawat dan kapal menghilang tanpa jejak. Atau punya pusaran air raksasa, ombak dahsyat, atau lingkaran cahaya misterius di dalam air. Ada sebuah tempat di mana semua fenomena terjadi sekaligus: Segitiga Bermuda.

    Berikut fenomena misterius di lautan seperti dimuat situs berita Rusia, Pravda:

    1. Segitiga Bermuda

    [​IMG]

    Meliputi wilayah yang luasnya jutaan kilometer persegi. Disebut segitiga karena lokasinya yang berada diantara tiga wilayah Kepulauan Bermuda, Puerto Rico, dan Fort Lauderdale. Misteri Segitiga Bermuda dipicu peristiwa hilangnya skuadron yang terdiri atas lima pembom torpedo Angkatan Laut pada 5 Desember 1945. Jasad 14 kru Penerbangan 19 hingga saat ini tidak ditemukan. Setidaknya ada 50 kapal dan pesawat yang dilaporkan hilang di wilayah itu. Namun, Segitiga Bermuda kehilangan reputasi mistisnya, juga daya tariknya pertengahan tahun 1980-an. Sejumlah teori berusaha menjelaskan fenomena aneh di Segitiga Bermuda dari pseudosains, paranormal, sampai UFO. Namun, yang paling meyakinkan dikemukakan oleh Joseph Monaghan dari Monash University. Pada 2003, ilmuwan tersebut menulis artikel dalam American Journal of Physics. Judulnya, 'Bisakah Gelembung Metana Menenggelamkan Kapal?'

    Menurut Monaghan, gelembung besar bisa terbentuk dari deposit metana padat yang dikenal dengan gas hidrat. Untuk diketahui gas metan bisa memadat di bawag tekanan besar di dalam laut. Deposit metana yang mirip es bisa pecah, berubah gas, dan menciptakan gelembung di permukaan air. Konsentrasi gas yang lepas bisa menyebabkan kerusakan alat elektronik pada pesawat juga kapal. Tak hanya itu, kapal bisa tenggelam di lokasi tersebut karena pengurangan kepadatan (densitas) air secara mendadak.

    Fenomena lain di Segitiga Bermuda disebut Flying Dutchman lenyapnya awak kapal secara misterius. Teori ilmiah ditawarkan untuk menjelaskan dari hilangnya para pelaut itu. Yakni infrasonik. Beberapa ilmuwan yakin, infrasonik itu ditimbulkan gelembung gas metana saat naik ke permukaan.

    Getaran infrasonik memicu resonansi berbahaya di jantung dan pembuluh darah. Saat itu, manusia yang terkena bisa terserang panik. Ini mungkin yang membuat para pelaut panik dan melompat ke luar kapal untuk melepaskan diri dari perasaan aneh yang menimpanya.

    Bagaimanapun, tak ada satupun teori yang menjelaskan, mengapa pada pertengahan tahun 1980-an, Segitiga Bermuda berhenti melahap kapal dan pesawat. Mungkin karena kemajuan teknologi pesawat dan kapal.


    2. Laut Sargasso

    [​IMG]

    Banyak orang menyamakan Laut Sargasso dengan Segitiga Bermuda. Padahal perairan ini terdapat di tenggara Segitiga Bermuda di Samudera Atlantik. Ada beberapa keunikan di wilayah ini. Samudera bergerak searah jarum jam, tedapat banyak alga Sargassum di dalamnya.

    Laut ini memiliki pusaran raksasa yang memiliki aturannya sendiri. Temperatur di luar pusaran jauh lebih tinggi dari bagian luarnya. Sejumlah orang yang berlayar di sana mengaku melihat fatamorgana: misalnya, Matahari terbit di Timur dan Barat dalam waktu bersamaan.

    Richard Sylvester dari University of Western Australia berpendapat, pusaran raksasa Sargasso bersifat sentrifugal -- yang lantas menciptakan pusaran kecil yang mencapai wilayah segitiga bermuda. Pusaran kecil ini menimbulkan siklon mini di udara -- cukup kuat untuk mencelakakan sebuah pesawat kecil.


    3. Laut Setan (Devil's Sea)

    Ini adalah wilayah di Pasifik, sekitar Pulau Miyake 100 kilometer Selatan Tokyo. 'Saudara' Segitiga Bermuda ini tidak bisa ditemukan di peta manapun, namun para pelaut memilih untuk menghindarinya. Badai bisa muncul secara tiba-tiba dan menghilang sama mendadaknya. Paus, lumba-lumba, bahkan burung tak hidup di wilayah itu. Sembilan kapal menghilang dalam waktu lima tahun pada tahun 1950-an. Yang paling terkenal adalah menghilangnya Kaiyo Maru No.5, kapal riset Jepang.

    Laut Setan berada di kawasan seismik yang sangat aktif. Lantai laut bergerak konstan. Pulau vulkanik muncul dan menghilang secara reguler. Wilayah ini juga diketahui sangat aktif aktivitas siklonnya.


    4. Tanjung Harapan

    Daerah ini juga dikenal sebagai Tanjung Badai. Kapal - kapal besar tenggelam dalam kurun waktu ratusan tahun. Sebagian besar kapal hancur karena cuaca buruk, khususnya ombak mematikan, atau 'cape roller'. Para ilmuwan menyebutnya gelombang soliter yang tingginya bisa mencapai 30 meter, sejatinya terdiri dari dua ombak yang bergabung menjadi satu.

    Gelombang raksasa itu menciptakan rongga besar, yang tingginya hanya sedikit lebih rendah dari gelombang itu. Meski fenomena ombak ini bisa terjadi di laut lainnya, namun area di Tanjung Harapan yang paling bahaya.


    5. Bagian Timur Samudera Hindia dan Teluk Persia

    Daerah ini dikenal fenomena yang sangat mengesankan dan misterius : lingkaran cahaya raksasa yang berputar-putar di permukaan air.

    Ahli kelautan Jerman, Kurt Kahle percaya, fenomena itu adalah akibat dari gempa bawah laut, yang menimbulkan pendaran plankton. Lalu timbul gerakan seperti putaran roda. Namun, hipotesis ini menuai kritik akhir-akhir ini karena belum mampu menjelaskan transformasi lingkaran cahaya secaralogis. Sains modern juga belum mampu menjelaskan bentuk lingkaran sempurna obyek tersebut. Karenanya, muncul teori baru yang sebenarnya lebih tak masuk akal: UFO.


    6. Pusaran air (maelstrom)

    [​IMG]

    Meski tak terlalu mengesankan seperti pusaran air di Laut Sargasso. Namun para pelaut tahu fenomena menakjubkan tentang pusaran jenis ini. Pusaran air ini terjadi dua kali sehari, di bagian barat laut Laut Norwegia Kata 'maelstrom' dipopulerkan oleh Edgar Alan Poe. Maelstrom adalah air yang berputar kuat dan besar. Permukaan air dari pusaran lebihrendah puluhan meter dari permukaan air laut. Kekuatannya puluhan kali lipat dari arus biasa.

    Yang aneh, pusaran berubah arah berlawanan setiap tiga sampai empat bulan. Bisa terjadi dimanapun, termasuk Segitiga Bermuda. Diyakini, pusaran berputar berlawanan arah jarum jam di belahan bumi utara dan searah jarum jam di bagian bumi selatan.




     
    • Thanks Thanks x 3
    Last edited: Oct 24, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. felix12 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    487
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +9 / -0
    Emang banyak banget misteri di lautan. Tapi saya yakin suatu saat nanti pasti bisa di pecahkan
     
  4. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,791 / -0
    hal hal beginian yang bikin gw agak ngeri dengan laut:swt:
    misteri nya banyak banget n kemungkinan nya lumyan besar kalau tempat2 sejenis kayak diatas juga ada di perairan kita yang luas:swt:
     
  5. yopisukita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,981 / -0
    kalo yang namanya ilmu insya allah pasti bisa dpecahkan om,, tergantung dari kita nya lagi mau memecahkan nya apa enggak,, kalo enggak kita yang dipecahin iss :tongue4: hahahahaha ... intinya semuanya pasti ada jawaban dibalik semua itu :D

    Wah berhubung saya belum meneliti itu saya gataw om iss hahahaha..sorry2 bcanda lagi... untuk penjelasan sperti itu belum tau om,,soalny gwa belum tau juga.. apakah penelitian ini ada atau engga..

    hahahahhaaha takut sama laut ya om iss :tongue4: hahahahhaa... kalo takut mah dengerin :listen: aj niar ga takut laut,,jadi sepanjang laut di tutup matanya hahahaha :hahai::hahai: ( sorry bcnda )... Misteri* seluruh isi jagad raya pasti ada misteri nya om tergantung dari kita nya lagi mau memecahkan misteri itu atau enggak... tapi mau ga mau om harus bersahabat dengan laut karena negara kita dikelilingi laut
     
  6. nueulais M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 7, 2010
    Messages:
    489
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +17 / -0
    ane nonton d ch history emang bnr blm ad teori yg bs ngjlasin hilangny kapal/pesawat d brmudan ma sargasso
    tp ad ilmuan yg nyetusin teoriny, cm g d anggap krn g msk akal
     
  7. hentaigumi M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    2,150
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,762 / -0
    Oh ya, just info, ternyata Bermuda itu punya tempat2 serupa yang simetris koordinatnya diseluruh dunia loh, kalo ga salah ada 6 laut. Salah satunya ya itu, Japan's Devil Sea.
     
  8. yopisukita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,981 / -0
    iya bos , ato ada kemungkinan masih ad lebih dari 10 ini misteri tentang laut,,

    tapi sejauh yang ane baca, dan yg paling sdkit masuk akal untuk memecahkan segitiga bermuda yaitu karena ada

    gas metana yang terkubur didalam laut yang diisekitar laut yang disebut sgitiga bermuda itu...CMIIW

    iya simetris karena alami alam yang membentuk nya ya mas bro iss:p
     
  9. arzeto Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 8, 2010
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4 / -0
    fenomena tersebut hanya muncul di perairan dalam. sedangkan indo termasuk di perairan dangkal jadi kemungkinan terjadi sangat kecil...
     
  10. vanzero M V U

    Offline

    Sensei

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    5,390
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,273 / -2
    ada yg ngomong klo itu markas alien :???:

    tp menurut gw disana terdapat medan magnet terkuat dari inti bumi, jd klo ada benda logam semacam kapal atau pesawat bs terhisap :takut:
     
  11. yopisukita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,981 / -0
    yang mana dlu yang punya markas alien?? hoax itu yang ngomong2 kaitan nya selalu berkaitan dengan alien... sejumlah media yang punya gambar dan video nya juga gbsa memastikan apakah bnar2 itu ada atau nyata... susah untuk diterawang kalo ilmu alien sperti itu tapi saya yakin ada kehidupan lain slain di bumi , but kembali sama yang diatas
    tapi itninya gada kaitan sama sekali sama alien itu
    .....
    masalah tentang medan magnet bumi??sejauh ini teori2 medan magnet bumi memang ada tapi untuk kekuatan dari dasar teori itu sndiri sampai skrang belum kuat..
    tapi kalo untuk kandungan gas methana lah yg bisa gwa logika kan walau sebelum nya masih sulit untuk percaya ...
    kandungan GAS METHAN lah yang menjadi penyebab dibelakang semua kejadian di balik segitiga bermuda
     
  12. Di4m0nD M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +88 / -0
    biasa nya klo yg nama nya laut tuh bayangan nya slalu indah:matabelo:
    tp klo liat yg ini mah jd merinding:dingin:
     
  13. yopisukita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,981 / -0
    misteri lautan masih bnyak bos, laut ya tetap laut indah saat dimana moment bersama dengn org2 yg dicintai
    tapi kalo ketika bencana datang, bisa menyebabkan hal2 diatas sperti (maelstrom)
     
  14. mahadi22 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 24, 2011
    Messages:
    429
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +108 / -0
    smua pasti ada sebab dan ada alasannya......
    mantep bgt ini....
     
  15. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,047 / -0
    yang paling fenomenal menurut saia adalah laut setan... saia gugling, hasilnya sangat sedikit diceritakan...
     
  16. Setsun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 24, 2011
    Messages:
    89
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    tanjung harapan itu letaknya di mana?
    di daerah asia fasifik yah?
     
  17. zexofdeath Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    470
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +30 / -0
    maelstrom keren dah klo msk kepusaran tuh bisa mati/msh mgkn hidup ya
     
  18. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,764
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,009 / -0
    Devil's Sea itu yang dijadikan bahan untuk komik Jepang Tenggelam bukan? Fenomena terbentuknya retakan di palung laut dalam di lautan Jepang yang potensial menimbulkan tsunami mahadahsyat dan pusaran kuat di laut :???:
     
  19. LoeXie Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 8, 2010
    Messages:
    272
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    emang banyak misteri didunia ini yang engga bisa dibongkar oleh otak manusia, sejenius apapun mereka. terutama di lautan dan luar angkasa.
     
  20. balistix M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 10, 2011
    Messages:
    512
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +2,866 / -0
    Wah ternyata masih banyak ya segitiga2 bermuda lainnya di lautan yang luas ini :kaget:
    Tanjung harapan itu di Indonesia kah? :???:
     
  21. INTERNETS M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 30, 2011
    Messages:
    3,132
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,649 / -1
    itu pusaran air yang ada di gambar aku pikir cuma buatan manusia aja untuk menambah efek tegang dalam film,ternyata beneran toh.
    akakak jadi ingat anime onepiece aku.....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.