1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

[Ask] Bagaimana sih cara melihat karakter dan sifat orang lain?

Discussion in 'CurHat' started by Zeroone, Dec 13, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Zeroone Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    102
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +25 / -0
    Maaf kalo saya membuka thread seperti ini.
    Sudah lama saya berinteraksi dengan orang lain baik teman, saudara dan orangtua yang saya kenal, namun dibalik itu semua saya mengalami adanya "kebutaan" dalam mengenal seseorang dari karakter. Saya ingin membuka thread ini ingin menambah wawasan bukan hanya untuk diri sendiri , tetapi juga untuk orang lain yang membacanya
    Saya ingin bertanya sekaligus berdiskusi mengenai karakter seseorang.
    Yang menjadi pertanyaan saya kepada semua ialah:

    1. Bagaimana kita bisa melihat karakter dan sifat seseorang baik keluarga, saudara, teman, guru dan dosen?

    2. Dengan cara bagaimana kita bisa mensense bahwa karakter seseorang itu baik atau jahat?

    3. Trik-trik apa supaya kita tidak terbodohi dengan karakter dan sifat seseorang yang kita kenal atau tidak dikenal?

    PS: Kalau thread ini agak tidak menarik, mohon maaf dan saya persilahkan moderator yang bertugas untuk mengunci thread ini.
     
    Last edited: Dec 13, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. lacosanova Members

    Offline

    Joined:
    May 25, 2009
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Gan, saya mau bagi2 pengalaman ni. Maaf, saya bukannya mau sombong atau pamer kemampuan dan ini BUKAN ilmu magic,dll. Hanya sebuah LOGIKA. Yang pertama, agan2 bisa 'belajar' secara formal melalui buku. How to Read People Like a Book (maaf, bukan mau promosi). Tapi ada sedikit 'masalah' di sini untuk membaca karakter orang lain.

    Setiap orang memiliki kemampuan dan bakat (insting, kemampuan analisis dan berpikir) yang berbeda. Temen saya uda banyak yg baca tu buku. Tapi sebagian besar, mereka gagal malah seringnya terjerumus jadi baca yang engga2 (prediksi melenceng jauh). Malah jadi runyam keadaannya. Untuk yang ga punya bakat, sebaiknya lebih berhati2 sebelum jatuh.

    Untuk yang tidak punya bakat, jangan sedih dulu. Dengan usaha keras dan kesabaran, agan2 juga pasti bisa. Tapi memang benar2 butuh USAHA EXTRA KERAS.

    Sebenarnya membaca karakter seseorang itu seperti bermain puzzle, agan pasti tahu khan permainan ini? Kita harus mengumpulkan bagian2 yg mirip terdahulu, kemudian menyusunnya menjadi sebuah gambar yang utuh. Sebenarnya 'ilmu' ini tidak selalu tepat 100% karena tergantung dari bakat yang saya jelaskan tadi dan juga karena di dunia ini banyak kemungkinan bisa terjadi, setiap orang memiliki batasan tersendiri. Ada yang mampu hanya sampai 20% bahkan ada juga yang sampai mendekati kata tepat dan akurat(bukan 100%). Tapi saya akan membagi menjadi 3 level di sini sesuai dengan 'batasan'. Dari yg paling rendah adalah level 1, dan level 3 adalah master.

    Perbedaan dari tiap level

    level 1 : mereka yang hanya bisa melihat sekilas pribadi orang (tidak rinci dengan rata2 tingkat keakuratan yang rendah). Pada dasarnya mereka hanya bisa melihat bahasa tubuh seseorang, dan lebih menggunakan insting daripada logika. Itulah mengapa tingkat keakuratan mereka tidak terlalu tinggi. Mereka yg mampu samapai level ini, dapat berinteraksi dengan orang sekitar dengan cukup baik karena mereka secara samar bisa melihat mood seseorang sehingga dapat 'masuk' ke dalam pribadi orang lain dengan cukup mudah.

    level 2 : Mereka yg pada level ini, memiliki kemampuan memprediksi kejadian selanjutnya sekitar 40% atau bahkan lebih (seperti meramal masa depan). Tenang, ini BUKAN MAGIC. Tetapi karena orang2 yg di level ini dapat membaca POLA PIKIR, CARA BERPIKIR, dan MAMPU MENGUMPULKAN dan MENYUSUN banyak faktor penunjang dengan baik. Tentu saja dengan kemampuan ini, mereka dapat mengontrol orang lain dengan cukup mudah, termasuk mencelakakan orang lain dengan sengaja dengan cukup mudah.

    level 3: Nah untuk level ini, mereka dapat memprediksi dengan tingkat keakuratan sampai 60% atau bahkan lebih karena kemampuan mereka lebih tinggi lagi. Sebenarnya mereka yg di lv 3 ini sama saja dengan yg di lv 2 tetapi mereka memiliki kemampuan, kecepatan, dan ketepatan analisis yg lebih tinggi daripada mereka yg di lv 2.

    INGAT KEMAMPUAN MEREKA TIDAK AKAN PERNAH BISA MENCAPAI 100% KARENA DI DUNIA INI SEMUA KEMUNGKINAN DAPAT TERJADI

    MITOS FAKTOR PENUNJANG

    Faktor penunjang adalah bahan acuan untuk kita menilai pribadi seseorang, sebenarnya faktor penunjang ini banyak sekali macamnya. Maka dari itu saya hanya akan menjelaskan beberapa contoh UMUM yang seringkali dijadikan bahan acuan yang kurang tepat.

    lihat dari pergaulannya
    Hal ini TIDAK sepenuhnya benar. Hal ini HANYA merupakan faktor penunjang yang melengkapi bahan puzzle kita.

    Penampilan = Pribadi seseorang
    Hal ini TIDAK sepenuhnya benar. Memang, dari point ini kita bisa mendapat banyak potongan puzzle yang lain karena akan memunculkan banyak pertanyaan. tentang pertanyaan ini, akan saya bahas di bawah.

    dan masih banyak macam lainnya yg terdapat di luar sana.

    Point2 penting untuk melengkapi puzzle

    saya persingkat dengan menjelaskan garis besarnya aja. Sebenarnya secara umum, faktor penunjang dapat dibagi menjai beberapa point penting.

    1.Wajah dan tubuh (Bentuk mata, hidung, bibir, pinggul, pipi,dll)
    2.Bahasa tubuh (Cara berjalan, cara duduk, cara makan,cara bicara,dll)
    3.Shio dan bintang (percaya tidak percaya, hal ini cukup berpengaruh)
    4.Penampilan (Rambut, Pakaian, Dompet, tata rias, bahkan kondisi kulit pun berpengaruh!)
    5.Lingkungan/pergaulan (profesi teman gaulnya, tempat nongkrong, hobi, dll)
    6.Faktor keluarga (Hubungan antar anggota keluarga, sifat dasar ortu, posisi dalam keluarga, dll)
    7.Faktor emosi dan psikologi (tipikal emosi dan psikologi orang tersebut seperti : gag sabaran, kikuk, pemikiran pendek, mudah menyerah, ambisius, dll)

    Nah, setiap kita mau menilai, pastikan dimulai dengan pertanyaan kepada diri kita sendiri dengan kata mengapa dan dilanjutkan sehingga menjadi 5W + 1H. Contoh : Mengapa dia bergaul dengan si X? Mengapa dia berpakaian sepert itu, apa cocok? Kenapa pakaiannya cocok? kenapa tidak cocok? Kenapa si A berantem dengan si B? Apa sebabnya?

    Buat pertanyaan sedetil mungkin bahkan (percaya atau tidak) keadaan kulit kaki seseorang bisa sangat berpengaruh. Apalagi dengan KEADAAN, bentuk, warna aksesoris seperti kalung, gelang, anting, cin2, dll. Bahkan pemilihan kata ketika bicara, sms, atau chat bisa menjadi point penting juga.

    JAWABAN SAYA UNTUK TS

    Q:Dengan cara bagaimana kita bisa mensense bahwa karakter seseorang itu baik atau jahat?
    A: Sebenarnya setiap pribadi mempunyai sisi jahat dan baik masing2 tidak ada yang murni 100% jahat ataupun baik. Itu akan kembali kepada TS sendiri, apa TS mampu mentolerir kejahatan dan kebaikan dari orang tersebut? Buktinya rampok, pembunuh,dll bisa punya teman. Bahkan Hitler sendiri pun bisa mencintai seseorang.

    Q: Trik-trik apa supaya kita tidak terbodohi dengan karakter dan sifat seseorang yang kita kenal atau tidak dikenal?
    A: Sebenarnya menghindari yg seperti ini sulit sulit mudah. Saya akan memberikan point2 yang cukup banyak berpengaruh saja.

    1. SELALU bergantung pada diri sendiri bukan kepada orang lain.
    2. Jangan sampai orang lain tahu kelemahan, maupun kelebihan anda. Kalau bisa, mereka hanya perlu tahu nama anda saja dan image anda yg baik2.
    3. belajarlah untuk bermanis budi, tetapi selalu menjaga jarak dan selalu memasang tembok sehingga orang tidak bisa mengorek info tentang anda ataupun 'masuk' ke dalam anda.
    4. jangan selalu menerapkan cara yang sama walau hal yg kecil sekalipun. Ubah cara anda dalam kurun waktu tertentu dalam berbagai keadaan. Sehingga mereka selalu bingung.

    Ingat! Kesabaran, Ketenangan, dan sosok 'misterius' yg anda ciptakan yang akan menyelamatkan anda. Jadi, anda sendirilah yang akan menjadi penyelamat.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. Mellodies M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 10, 2009
    Messages:
    156
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +322 / -0
    ^
    Nice inpo, tapi saya kurang setuju kalo wajah itu menentukan karakter/sifat sesorang ...
    Kalo saya sendiri sih liad karakter orang dari :
    1. Cara mereka berbiacara
    2. Bergaul dengan siapa
    3. Suka nongkrong dimana
     
  5. lacosanova Members

    Offline

    Joined:
    May 25, 2009
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Betul gan, itu cuma jadi sebagai bahan pelengkap saja, bukan sebagai point penentu. He he he
     
  6. cybeerknight Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ane ngedukung gan... terkadang orang bisa dinilai dari apa yang mereka bicarakan. frekuensi pembicaraan. cara pandang. sudut yang dipandang.
    atau bahkan dari cara mereka menulis sms pun bisa kita tebak.
    contoh : (aQ Bkn Cpa2 Kmue L6iE) tulisan yang kayak gini,tulisan besar kecil n susah dibaca umumnya yang nulis cw yang lagi puber, atau orang punya sifat manja, n sedikit ke kanak2an... hehehe.. pengalaman.com :piss:
    bisa juga dari makanan,minuman,buku,dan musrik faforit.. eh,,,musik faforit koh gan..:piss:
     
  7. lacosanova Members

    Offline

    Joined:
    May 25, 2009
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    :panda:ngedukung yg mana ni? Ahahaha... Bercanda koq gan...
     
  8. ranca M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    211
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +184 / -0
    kalo wajah itu menentukan karakter/sifat sesorang brarti cewek cantik menjamin kebahagian cowok (selalu berbuat hal yang baik)???
     
  9. adriansatrio M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +384 / -0
    berbuat yg baik sih tidak selalu...tp akan lebih baik kalo mau sama kita [​IMG]

    hmmm...saia kayaknya yg level satu pak..dari 10 insting gw 60% bener...ya krn faktor2 pendukung itu td..

    :boong:
     
  10. Mail21Man Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 1, 2009
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +154 / -0
    klo menurut sayah, kita bisa liat dari..:
    1. Efek kemunculan orang tersebut terhadap orang2 di sekitarnya
    2. Efek masa lalu orang tersebut terhadap masa kininya
    3. Cara dia melihat dan menilai orang laen
    4. Cara berbicaranya trhadap orang laen, apakah sopan, meremehkan, menarik, ato laen2..
    5. Cara dia bersikap terhadap diri anda, apakah dia friendly, ato nyebelin bgt...
    dan terkadang sikap kita sendiri juga dapat membantu terbentuknya karakter seseorang yang menyenangkan maupun menjengkelkan....
     
  11. Wolfkid M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    466
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +57 / -0
    Caranya sih berdasarkan insting dan pengalaman aja

    Sering seringlha bergaul asal tau batasannya saja, kalo uda mulai menjurus ke hal yg negatif mending langsung narik diri. Sebagai bahan pembanding, standard negatif gw ada 4 yaitu :
    1. Minuman keras ( kalo diajak ke tempat tempat seperti ini alarm harus berbunyi, ya meski bagi kita yg tinggal di kota kota besar ini merupakan hal yg lumrah tapi menrut gw ini sinyal buruk)
    2. Judi ( ini apalagi, jgn sekali kali bersentuhan dengan hal ini )
    3. Kupu kupu malam ( banyakan yg main ginian, orang yg gak beres )
    4. Obat obatan ( segala jenis narkoba, orang orang yg nyentuh barang ini jg gak beres )

    Gw mau saja berteman dengan siapa saja tapi kalo ada yg masuk kategori ini, pelan pelan gw akan menarik diri dari mereka.
     
  12. arief0703 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    77
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +15 / -0
    sebenernya ga ada cara yang baku......
    semua itu bisa luw lakuin dan luw bisa nilai sendiri sesuai dengan pengalaman.........
    Pengalaman itu "katanya" guru yang paling baik......... :piss:
     
  13. Cerberus M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 13, 2008
    Messages:
    781
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +237 / -0
    sebenernya cara yg lumayan akurat adalah mengumpulkan informasi berupa kesan-kesan dari orang2 di sekitar target.mulai dari temen, tetangga, pacarnya, istri/suaminya, ato ortunya :D
     
  14. lastking M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    4,926
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,633 / -0
    biasana ane melihat dri cara ngmog , tingkah laku, kebiasaan, tp ne cma bisa dilakuin kalo sering ketemu ma orang trsebut
     
  15. Teeliff M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +3 / -0
    klo pgn liat karakter seseorang kita bs liat dr :
    1. cara berpikirnya
    2. cara berbicara org itu
    3. sikapnya spt apa thd org lain
     
  16. cahyo_pwkm M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2008
    Messages:
    1,532
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +264 / -0
    1. Bagaimana kita bisa melihat karakter dan sifat seseorang baik keluarga, saudara, teman, guru dan dosen?

    menurut awa semuanya bisa diliat dari gesture (bahasa tubuh) orang itu, penampilan bisa di rubah, tapi gesture sulit. makin sering ketemu orang biasanya makin peka thd gesture2 tsb, atau bisa juga baca buku ttg bahasa tubuh.

    2. Dengan cara bagaimana kita bisa mensense bahwa karakter seseorang itu baik atau jahat?

    Yang ini mungkin harus tanya orang lain yg kenal lebih dulu sama orang tersebut

    3. Trik-trik apa supaya kita tidak terbodohi dengan karakter dan sifat seseorang yang kita kenal atau tidak dikenal?

    Jaga pikiran, perhatiin bener2 apa yg diomongin.
     
  17. reinzero M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 2, 2008
    Messages:
    1,424
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +379 / -0
    ribet amat...sebenarnya simple aja sih klo baca karakter orang khususnya yg dikenal baik (oratu, saudara, teman dll)...selalu perhatian, selalu observasi, selalu bertanya pada diri sendiri mengenai segala tingkah laku mereka dan cari tau jawaban dari pertanyaan tersebut (dengan cara apapun)...nah sisanya benar atau tidaknya memang tidak 100%
     
  18. xxx_ibel Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 11, 2008
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +790 / -7
    g setuju nih ma bro (lacosanova) :) ... apa yg dijelasin ma si bro menarik banget 'n pola pikir g jadi terbuka banget, 'pa lagi klo bro2 semua perhatiin film nya sherlock holmes :D, keren. pas holmes baca karakter tunangannya si dokter, dia bisa tau klo tunangannya pernah tunangan ma orang lain :D ... gimana klo si bro2 semua baca karater pasangan kita2, jgan2 dia pernah or sedang selingkuh ma orang lain, jadi kita didua in :D xixixi ... (just opini, please forgive ... me)
     
  19. darkpsycho M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    1,405
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,430 / -0
    itu maksudnya kita harus jadi orang yg misterius gt?
     
  20. ajidx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 21, 2010
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +21 / -0
    kalo menurut saya, caranya adalah semuanya tergantung dari pengalaman/perjalanan/usia hidup se2orang.
    buku panduan ato apalah tu namanya? tu bukan caranya.
    jika ada yg g stuju, ya g p2, maap karna ini pendapat pribadi(subjektif) saya sendiri.
    sebagaimana juga anda punya pendapat sendiri masing2:peace::peace:
     
  21. ardiajah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 31, 2010
    Messages:
    1,558
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,178 / -0
    kalo ane pake feeling aje
    hehehehehe
    makadari itu
    ane selalu terjerumus ke pergaulan yang gak-gak
    hehehehehehe
    tapi kalo maw ngeliat karakter orang
    jangan langsung nge judge lgsg
    butuh beberapakali transaksi
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.