1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

All about yogurt

Discussion in 'Lifestyle' started by kaztro, Nov 9, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kaztro M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 25, 2009
    Messages:
    229
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +176 / -0
    gue pernah nyoba susu kuda, and rasanya gak enak banget, ANEH rasanya:muntah:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ppm06 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    330
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +123 / -0
    Belakangan ini sering sekali kita temui berbagai distro menyajikan makanan kesehatan dengan rasa yang membuat ketagihan. Sudah bukan jaman lagi, yang disebut makanan kesehatan akan kita jumpai dengan bentuk dan rasa kurang menyenangkan. Salah satu dari makanan sehat yang mulai merambah Jakarta adalah Yogurt. Berbagai tempat menarik yang menyajikan Yogurt ini bahkan dapat kita jumpai di mall mall besar di Kota-kota besar di Jakarta, sebut saja Yogulicious, Heavenly Blush, Sour Sally dan sederet nama distro yogurt lain yang benar-benar mengubah citra makanan ini dari sekedar makanan sehat menjadi makanan sehat yang trendi dengan rasa yang menyenangkan dan membuat ketagihan.

    Beberapa tahun yang lalu, bahkan Yogurt ini sempat naik daun dengan bantuan warung tenda yang dikelola oleh para seleb kita yang menyajikan tidak hanya Yogurt, malah ada berbagai bentuk makanan dari susu ini memiliki segudang kandungan yang membuat badan kita tidak hanya lebih sehat, tapi banyak mendapat pujian sebagai makanan sehat yang 'melarutkan' lemak dari tubuh kita. Yogurt ternyata tidak hanya sendirian saja di dunia ini, masih banyak saudara dekat dan sepupu yogurt yang mungkin tidak terlalu terkenal, sebut saja Kefir, Kumis, dan Qurut.

    Hampir semua makanan ini mempunyai khasiat yang sama seperti Yogurt, dengan kadar lemak rendah, dan protein tinggi, serta adanya bakteri yang bersifat baik di semua makanan ini, membuat mereka kaya akan kalsium, riboflavin, Vitamin B6 dan B12. Selain itu, Yogurt dan sepupu-sepupu nya ini ternyata dipercaya dapat melawan diare dan bahkan memperbaiki pencernaan serta mengurangi kemungkinan kanker usus. Bagusnya lagi, semua saudara Yogurt ini dapat dinikmati oleh mereka yang alergi susu! Semua khasiat susu tanpa ada resiko, kurang apa lagi coba?

    Sebenarnya apa sih Yogurt plus saudara-saudaranya ini?

    Yogurt

    [​IMG]

    Susu masam kental ini biasa dikenal dengan beberapa bentuk di Indonesia, mulai yang encer dan biasanya diminum, sampai yang kental seperti es krim yang dimakan dengan cara di sendok. Yogurt dibuat dengan cara memasukkan bakteri tertentu ke dalam susu yang dihangatkan sampai sekitar 50 derajat celsius. Bakteri inilah yang kemudian akan membuat struktur Yogurt jadi lebih kental dan membuat rasa susu menjadi masam. Proses pembuatan Yogurt sebenarnya tidak rumit, hanya membutuhkan tempat yang steril sehingga bakteri dapat berkembang dengan baik dan akhirnya susu berubah jadi Yogurt yang kita kenal. Setelah susu mengental, barulah kemudian didinginkan dan ditambahkan berbagai bahan seperti gula atau buah manis untuk mengurangi rasa masam Yogurt pada saat dikonsumsi

    Yogurt berasal dari daerah Eropa tengah, tepatnya Turki, dan pada awalnya, susu yang digunakan beragam sekali, tidak hanya susu sapi, susu kambing dan kerbau seringkali dipergunakan sebagai bahan pembuat Yogurt. Susu kambing sebagai bahan dasar dari Yogurt akan membuat Yogurt lebih manis dan rasa masam lebih rendah, karena kandungan laktosa yang tidak tinggi di susu kambing, sehingga jumlah laktosa yang diubah menjadi asam laktat agak berkurang. Susu kerbau ternyata banyak digunakan di Sumatra. Sumatra memiliki sejenis Yogurt tradisional yang disebut sebagai Dadiah dan biasanya dijual di dalam tabung-tabung bambu sebagai wadah Dadiah ini

    Kefir


    [​IMG]

    Kalau Kefir ini selalu akan ditemui dalam bentuk cair, walaupun rasanya juga agak masam. Secara tradisional, di daerah Kaukasus atau Eropa Timur. Secara tradisional, susu yang digunakan adalah susu sapi, domba atau kambing. Biasanya susu ini dibuat dengan mencampurkan susu dengan biang kefir ke dalam kantung dari kulit binatang. Kantung ini kemudian digantung di ambang pintu rumah, dan setiap orang yang lewat ambang pintu tadi akan menggoyangkan kantung, sehingga biang kefir akan terus tercampur dan tidak menggumpal di susu tadi.

    Biang kefir ini adalah campuran antara bakteri dan ragi yang membuat penampilan dari biang kefir ini berbutir-butir. Uniknya, biang kefir ini tidak cerewet, susu kedelai pun bisa dibuatnya menjadi kefir kedelai, bahkan banyak yang mengatakan bahwa susu unta pun bisa dibuatnya menjadi kefir.

    Karena bahan kefir yang bisa bermacam-macam, dan juga kandungan bakteri dan ragi yang membentuk biang kefir, maka khasiat kefir agak sulit untuk dipastikan, tapi yang jelas, tidak akan jauh berbeda dengan khasiat yogurt pada umumnya.

    Kumis

    [​IMG]

    Yang ini bukan berarti serangkaian rambut yang tumbuh di bawah hidung, tapi Kumis yang ini adalah minuman khas daerah Asia Tengah seperti Mongol, Kazakhstan, dan Uzbekistan yang dibuat dari susu kuda. Susu kuda? Ya, karena daerah Asia Tengah memang banyak ditemui kuda sebagai hewan piaraan.

    Kumis ini mirip dengan kefir, hanya bahannya saja yang agak berbeda, jika tidak mau dibilang unik. Susu kuda sangat tinggi laktosa walaupun tidak sekaya susu sapi dalam urusan lemak dan protein.

    Secara tradisional, kumis ini dibuat dengan memasukkan susu ke dalam kantung yang biasanya dibuat dari kulit kuda, dan kemudian digantungkan di depan rumah. Uniknya, karena semua orang mengerti isinya apa, mereka akan membantu membuat Kumis dengan mengguncangkan kantung tadi, caranya? Setiap kali lewat di dekat kantung, orang yang lewat akan memukul kantung tadi, sehingga bakteri dan ragi yang sedang memproses susu kuda tadi akan terus bercampur dan tidak menggumpal.

    Campuran antara bakteri dan ragi tadi akan membuat rasa unik dari Kumis ini. Bakteri akan membuat rasa susu tadi menjadi masam, sementara ragi akan membuat kumis ini bersoda dengan sedikit kandungan alkohol. Jika Anda masih sempat mengingat film seri silat China "PENDEKAR PEMANAH RAJAWALI" arak susu kuda dalam film itu lah yang sebut dengan Kumis

    Qurut

    [​IMG]

    Mungkin makanan yang satu ini sangat asing di telinga kita, ternyata makanan ini tidak jauh asalnya. Qurut sebenarnya adalah keju lembek tradisional dari daerah Asia Tengah juga! Bahan Qurut ini adalah Yogurt yang dikeringkan dengan bantuan matahari. Jadi dengan kata lain, Qurut adalah keju Yogurt. Qurut ini sebenarnya dibuat oleh bangsa-bangsa di Asia Tengah sebagai cara untuk mengawetkan Yogurt, terutama di Asia tengah yang cenderung memiliki empat musim, dan pada saat susu dan makanan lain sulit ditemukan, misalnya pada saat menjelang musim dingin.

    Metode pembuatan Qurut ini dimulai dengan membuat susu menjadi Yogurt. Setelah susu menjadi Yogurt, kemudian Yogurt ini akan direbus selama beberapa jam untuk mengurangi kadar air. Setelah dingin, kemudian hasil rebusan Yogurt ini akan dibuat menjadi beberapa 'bata' kecil yang akhirnya dijemur sampai kering

    Saking keringnya, Qurut ini akan keras sekali dan akhirnya sulit dan tidak terlalu nikmat dimakan langsung, karena keras dan rasanya yang sangat masam. Saking kerasnya, Qurut ini akhirnya baru dinikmati sebagai makanan (atau minuman) dengan cara dipecah kecil-kecil, kemudian direbus sampai larut dalam air dan diminum atau di tambahkan kepada makanan seperti sup atau sebagai saus.

    Bahannya mudah, dan negara kita cukup berlimpah dengan susu, kenapa tidak Anda coba membuat sendiri? Pasti lebih enak dan lebih sehat
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Nov 10, 2009
  4. dokterdewe Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    wah klo qurut itu benar2 ga pernah dengar saya...... itu aneh2 emang kira2 cocok ga yah ma org indonesia :D lha yoghurt yang pada umumnya aja baru keterima luas masyarakat ya baru2 ini kan..... di keluarga saya aja cuma saya yg doyan yoghurt ^o^
     
  5. addang13 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 1, 2009
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +222 / -0
    Qurut bukan makanan tradisional bangsa Mongolia yak? CMIIW

    tapi wa g cocok ama yogurt, lidah indonesia sih :haha:
     
  6. i7Celcius Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 1, 2010
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    gw biasanya minum nice yoghurt enak gan :D
     
  7. joefrizz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    4,461
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +79,363 / -1
    saia cuma biasa minum yoghurt yg udah ada rasa buahnya

    klo yoghurt yg ga pk perasa mah ga tahan asemnya :muntah:
     
  8. thaifansu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 30, 2010
    Messages:
    431
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +6 / -0
    yogurt mah mirip susu basi di kentelin aja
     
  9. reyhans_13 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 23, 2009
    Messages:
    655
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +65 / -0
    penasaran gmana rasa qurut :???:
     
  10. jeffry82 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    460
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +342 / -0
    yogurt mah paling enak, he3x, kecut2 seger
     
  11. siroyqi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    521
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +7,872 / -0
    selain seger yogurt jg bgus buat pencernaan,,
    pa lagi bwat anak kecil,,,

    tapi jgn kbanyakan nti bisa sakit perut
     
  12. musicholic Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 12, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +551 / -0
    kalo varian yang selain yogurt keknya emg masih jarang yah di sini..yogurt emg top bgt buat jadi cemilan..pa lagi bisa bikin lancar :haha:

    tapi klo yogurtnya panas or anget mah jadi g enk..prasaan jadi makin kecyuut

    hmm baru tau tnyata indo pnya yogurt tradisional jg ya..gud2

    nice info bro :top:
     
  13. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,239
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,349 / -0
    kefir sama yoghurt mirip dong ya?
     
  14. herty Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2010
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    hmmm yogurt paling enak kalo dingin atau di beku-in, makan2nya sdikit2 sambil nonton film, segaaarrr

    :hmm::hmm::hmm:
     
  15. 7thchild Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +143 / -1
    :top: stuju iya lbih enak saat dingin tuh n yogurt sgt baik loh bwat pencernaan loh :piss:
     
  16. wreckdolls Members

    Offline

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    yoghurt kecut-kecut gimaaanaa gitu,,, duh jd pengen
     
  17. Terry26 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    masih ga ngerti sampe sekarang kenapa bisa begitu hot meledak di Indonesia.. terutama di jakarta
     
  18. Audigier Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +4 / -0
    yg qurut dimakan pake susu kentel sama roti cane rasanya nampol banget tuh gan
     
  19. black_parade M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    648
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +85 / -0
    sejak frozen yogurt booming bgt di indo gw tuh jd suka bgt ama yogurt....
    pokoknya klo jalan" ke mal gw pasti beli yogurt :hmm: pdhl mah biasanya yg gw beli tuh es krim skrg jd berpaling ke yogurt :hahai:
     
  20. nutdear Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 1, 2009
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    jadi inget punya yogurt di kulkas....yummmm
     
  21. sonpau Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    baru tau gw banyak juga jenis yogurt...
    padahal sering minum, tp baru tau skrg...
    heheheheh..

    thx bro !! nice info! :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.