1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Indonesian Culture Yang Suka Senjata Tajam Masuk Sini ....

Discussion in 'History and Culture' started by riedjal, Oct 26, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    Tempat ngobrol 'n sharing info tentang senjata - senjata tajam (ane nggak tau benernya gimana ... jadi ane sebut aj senjata tajam :p ... kalo ada yang tau istilah benernya tolong dibenerin :maaf: ) ...
    Bisa lokal maupun non lokal ... buat yang mau sharing kasih info selengkap-lengkapnya (terutama gambar :piss: )

    Keris​

    -------<========><========><========>-------​

    semoga nggak :repost: ... kalo repost CLOSE AJ MOD, pusing amat :haha::haha:
     
    Last edited by a moderator: Jul 9, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    KERIS

    [​IMG]

    Keris adalah senjata tikam khas Indonesia. Berdasarkan dokumen-dokumen purbakala, keris dalam bentuk awal telah digunakan sejak abad ke-9. Kuat kemungkinannya bahwa keris telah digunakan sebelum masa tersebut. Menteri Kebudyaan Indonesia, Jero Wacik telah membawa keris ke UNESCO dan meminta jaminan bahwa ini adalah warisan budaya Indonesia.

    Penggunaan keris tersebar di masyarakat rumpun Melayu, yaitu Indonesia (terutama di daerah Jawa, Madura, Bali/Lombok, Sumatra, sebagian Kalimantan, serta sebagian Sulawesi), Malaysia, Brunei, Thailand, dan Filipina (khususnya di daerah Mindanao). Di Mindanao, bentuk senjata yang juga disebut keris tidak banyak memiliki kemiripan meskipun juga merupakan senjata tikam.

    Tata cara penggunaan keris berbeda-beda di masing-masing daerah. Di daerah Jawa dan Sunda misalnya, keris ditempatkan di pinggang bagian belakang pada masa damai tetapi ditempatkan di depan pada masa perang. Sementara itu, di Sumatra, Kalimantan, Malaysia, Brunei dan Filipina, keris ditempatkan di depan.

    Berdasarkan bilahnya, terdapat 2 macam bentuk keris yaitu lurus dan berkelok (berlekuk), dimana jumlah lekukannya selalu ganjil. di Bilah keris tidak dibuat dari logam tunggal yang dicor tetapi merupakan campuran berbagai logam yang berlapis-lapis.

    Bagian - Bagian Keris
    keris lengkap terdiri atas 3 bagian, yaitu : Pegangan, Sarung Keris, dan Bilah.

    Pegangan keris atau hulu keris (JW: gaman)
    Pegangan keris memiliki motif yang beraneka ragam. Keris Bali ada yang bentuknya menyerupai patung dewa, patung pedande, patung raksaka, patung penari, dan ada yang diukir dengan kinatah emas dan batu mulia.
    Pegangan keris Sulawesi menggambarkan burung laut. Hal itu sebagai perlambang terhadap sebagian profesi masyarakat Sulawesi yang merupakan pelaut, sedangkan burung adalah lambang dunia atas keselamatan. Seperti juga motif kepala burung yang digunakan pada keris Riau Lingga, dan untuk daerah-daerah lainnya sebagai pusat pengembangan tosan aji seperti Aceh, Bangkinang (Riau), Palembang, Sambas, Kutai, Bugis, Luwu, Jawa, Madura dan Sulu, keris mempunyai ukiran dan perlambang yang berbeda. Selain itu, materi yang dipergunakan pun berasal dari aneka bahan seperti gading, tulang, logam, dan yang paling banyak yaitu kayu.
    Untuk pegangan keris Jawa, secara garis besar terdiri dari sirah wingking (kepala bagian belakang), jiling, cigir, cetek, bathuk (kepala bagian depan) ,weteng dan bungkul.

    Sarung keris (Jawa: Warangka, Banjar: Kumpang)
    Sarung keris disamping sebagai pelindung Bilah juga mempunyai fungsi tertentu, khususnya dalam kehidupan sosial masyarakat Jawa, paling tidak karena bagian inilah yang terlihat secara langsung. Warangka yang mula-mula dibuat dari kayu (yang umum adalah jati, cendana, timoho, dan kemuning). Sejalan dengan perkembangan zaman terjadi penambahan fungsi wrangka sebagai pencerminan status sosial bagi penggunanya. Bagian atasnya sering diganti dengan gading.
    Pada keris Jawa, terdapat dua bentuk Warangka, yaitu jenis Warangka ladrang dan Warangka Gayaman. Warangka Ladrang dipakai untuk upacara resmi, misalkan menghadap raja, acara resmi keraton lainnya (penobatan, pengangkatan pejabat kerajaan, perkawinan, dll) dengan maksud penghormatan. Sedangkan wrangka gayaman dipakai untuk keperluan harian. Dalam perang, yang digunakan adalah keris wrangka gayaman, pertimbangannya adalah dari sisi praktis dan ringkas, karena wrangka gayaman lebih memungkinkan cepat dan mudah bergerak, karena bentuknya lebih sederhana.

    Bilah/Mata Pisau (Jawa: Wilah)
    Bilah adalah bagian utama sebuah keris, dan juga terdiri dari bagian-bagian tertentu yang tidak sama untuk setiap wilahan, yang biasanya disebut dapur, atau penamaan ragam bentuk pada wilah-bilah (ada puluhan bentuk dapur). Sebagai contoh, bisa disebutkan dapur jangkung mayang, jaka lola, pinarak, jamang murub, bungkul, kebo tedan, pudak sitegal, dll.
    Pada pangkal wilahan terdapat Pesi, yang merupakan ujung bawah sebilah keris atau tangkai keris. Bagian inilah yang masuk ke pegangan keris. Panjang Pesi antara 5-7 cm, dengan penampang sekitar 5-10 mm, bentuknya bulat panjang seperti pensil. Di daerah Jawa Timur disebut paksi, di Riau disebut puting, sedangkan untuk daerah Serawak, Brunei dan Malaysia disebut punting.
    Pada pangkal (dasar keris) atau bagian bawah dari sebilah keris disebut ganja (untuk daerah semenanjung Melayu menyebutnya aring). Di tengahnya terdapat lubang pesi (bulat) persis untuk memasukkan pesi, sehingga bagian wilah dan ganja tidak terpisahkan. Kesatuan itu melambangkan kesatuan lingga dan yoni, dimana ganja mewakili lambang yoni sedangkan pesi melambangkan lingganya. Ganja ini sepintas berbentuk cecak, bagian depannya disebut sirah cecak, bagian lehernya disebut gulu meled , bagian perut disebut wetengan dan ekornya disebut sebit ron. Ragam bentuk ganja ada bermacam-macam, wilut, dungkul , kelap lintah dan sebit rontal.
    Luk, adalah bagian yang berkelok dari wilah-bilah keris, dan dilihat dari bentuknya keris dapat dibagi dua golongan besar, yaitu keris yang lurus dan keris yang bilahnya berkelok-kelok atau luk. Salah satu cara sederhana menghitung luk pada bilah, dimulai dari pangkal keris ke arah ujung keris, dihitung dari sisi cembung dan dilakukan pada kedua sisi seberang-menyeberang (kanan-kiri), maka bilangan terakhir adalah banyaknya luk pada wilah-bilah dan jumlahnya selalu gasal ( ganjil) dan tidak pernah genap, dan yang terkecil adalah luk tiga (3) dan terbanyak adalah luk tiga belas (13). Jika ada keris yang jumlah luk-nya lebih dari tiga belas, biasanya disebut keris kalawija, atau keris tidak lazim.

    NB: sebagian besar tulisan mengacu pada Keris Jawa
    source --> diringkas dari tante Wiki versi lokal
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Oct 26, 2009
  4. rizzanr M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    2,797
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,421 / -0
    mending judulnya jdi senjata tradisional khas daerah aja

    klo senjata tajam, agak kurang gmn gtu :hehe:

    ada info tentang kujang?
     
    • Like Like x 1
  5. gunners_lovers M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,823 / -0
    bener mendingan judulnya diganti
     
  6. masuakal M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,506
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,653 / -0
    hmmm keris yang dimaksud keris jawa ya ^^(bukanya skrg dipake pas ada acara pernikahan)
    tambah lagi dunk
    klo cuman keris udah tau ^^
     
    • Like Like x 1
  7. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    Coz rencananya juga masukin senjata2 dari luar juga Bro :lol: ...
    Flameberge, Joyusa, Katar, Kukhuri ... banyak-lah :haha: ...
    mungkin Bayonet juga bakalan masuk :rokok: ... makanya pake judul senjata tajam aj .. biarpun kesannya negatif :swt: ...
    prioritas sih yang lokal ... so ditunggu aj Kujangnya :haha::haha:
     
  8. rizzanr M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    2,797
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,421 / -0
    nggak fokus donk bro :hihi:

    tpi gpp deh d tunggu kujangnya :top:
     
  9. ziga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    611
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,194 / -0
    apa ga diganti aja judulnya jd senjata tradisional khas daerah:piss:
     
  10. a1d12s88 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    24,222
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +73,179 / -0
    senjata tajamnya difokuskan dolo aja biar enak bacanya,...habis ntu baru luar..
    promosi barang indo
    cintailah barang buatan negara sendiri

    otre bos
     
  11. pitiex M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    565
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +843 / -0
    mendingan dipisah aja jadi 2 bro...
    satu internasional satu indo....
    biar ga terlalu banyak....

    :top:
     
  12. k1m0ch1 Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    3,215
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +17,966 / -0
    Senjata tajam yg masih gw suka... senjata seukuran tusuk gigi yg bisa nusuk orang dari belakang.... enak buat bunuh diri.. :top:
     
  13. masuakal M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,506
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,653 / -0
    wekekekek enak buat bunuh diri apaan tuh ???

    berarti nie senjata tajam mau di fokusin ke lokal dolo yah bro?
    butuh bantuan ??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.