1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

5 Tips Mengelola Keuangan Pribadi yang Baik

Discussion in 'Money Talks' started by mochfadhil06, Jul 28, 2022.

  1. mochfadhil06 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 21, 2021
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    [​IMG]

    Mengelola keuangan pribadi secara baik harus dilakukan sedari dini. Dengan pengelolaan keuangan yang baik membuat kondisi finansial menjadi lebih stabil. Sebab, pendapatan yang besar tidak menjamin kestabilan finansial.

    Setiap pendapatan dan pengeluaran harus dikelola dengan baik. Tentu kondisi masing-masing orang berbeda. Setidaknya, anda bisa memahami tips mengelola keuangan agar kondisi finansial di masa depan lebih aman. Berikut lima tips mengelola keuangan pribadi:

    1. Buat Anggaran Keuangan
    Tips pertama dalam mengelola keuangan pribadi yaitu memiliki anggaran keuangan. Anggaran keuangan dibuat sebagai acuan dalam perhitungan finansial anda. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, hingga investasi bisa anda rencanakan.

    Dengan membuat anggaran keuangan, anda lebih mudah menentukan apa saja yang diperlukan. Selain itu, anda bisa lebih disiplin atas perencanaan yang telah dibuat. Kondisi finansial anda bisa lebih baik, karena setiap pos pemasukan, pengeluaran hingga investasi telah dianggarkan sebelumnya.

    2. Melunasi Hutang dan Cicilan
    Setelah membuat anggaran keuangan, jika anda memiliki hutang dan cicilan bisa diselesaikan terlebih dahulu. Sebisa mungkin melunasinya tepat waktu agar tidak terkena denda. Jika tidak memiliki hutang dan cicilan, pos keuangan ini bisa anda alihkan ke dana darurat atau investasi.

    Dengan melunasi hutang, anda bisa lebih tenang dan fokus untuk mencapai tujuan finansial. Sebab, hutang dan cicilan menjadi kewajiban yang harus dibayar. Selain itu, sebisa mungkin jika anda tidak terdesak, hindari hutang dan cicilan yang sifatnya konsumtif.

    3. Menabung dan Siapkan Dana Darurat
    Menabung menjadi salah satu tips dalam mengelola keuangan. Dengan menabung, anda menyisihkan sebagian dana untuk keperluan di masa mendatang. Selain tabungan, anda pun bisa menyiapkan dana darurat.

    Alokasi dana darurat ini dilakukan untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang. Sehingga, anda bisa lebih siap jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Besaran dana darurat ini berbeda-beda tergantung kondisi masing-masing orang.

    4. Berinvestasi
    Investasi memiliki peranan agar anda bisa memiliki kestabilan finansial. Anda bisa berinvestasi pada instrumen investasi sesuai profil risiko anda. Tentunya, anda harus mempelajari instrumen investasi sebelum memulai berinvestasi.

    Selain itu, tentukan tujuan, alokasi dana serta jangka waktu berinvestasi. Dengan menentukan ini, anda bisa lebih fokus dan disiplin agar tujuan investasi bisa tercapai. Tujuan investasi bisa untuk keperluan dana pendidikan, dana kpr, dan pensiun, dan lain-lain. Semua tujuan disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

    5. Buat Catatan Keuangan
    Tips terakhir dalam mengelola keuangan pribadi dengan baik yaitu memiliki catatan keuangan. Dengan memiliki catatan keuangan, anda bisa melakukan review mengenai pendapatan dan pengeluaran rutin.

    Anda bisa menilai apakah pengeluaran rutin anda tergolong boros atau sudah cukup baik. Sehingga, anda bisa mengeliminasi pengeluaran yang sekiranya tidak diperlukan. Dan anda bisa mengalokasikannya ke pos dana darurat atau investasi. Oleh karena itu, penting untuk memiliki catatan keuangan.

    Demikian lima tips mengelola keuangan pribadi yang baik. Tentu, kondisi masing-masing orang bisa berbeda. Anda bisa menyesuaikan agar bisa mencapai kestabilan finansial. Anda bisa meminimalisir kemungkinan risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang.

    Jika anda ingin mempelajari lebih dalam mengenai perencanaan keuangan hingga tips berinvestasi. Anda bisa mempelajari cara mengatur keuangan melalui PINA Classroom.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. hana_r78 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 2, 2022
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    usahakan ga ada pinjol, kalau bisa cari pendapatan sampingan misal trading saham asal di broker yg sudah berpengalaman misalnya AMarkets
     
  4. rian1990 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 28, 2012
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    nice infonya, mengelola keuangan pribadi itu memang bukan perkara yang mudah, disiplinlah kuncinya
     
  5. hartfrigus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 19, 2010
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    untung kelima-limanya sudah saya lakukan. berarti udh bener
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.