1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lounge 5 Tips Jitu Agar Biaya Renovasi Rumah Anda Jauh Lebih Hemat

Discussion in 'Money Talks' started by BISESA, Oct 16, 2017.

  1. BISESA Members

    Offline

    Joined:
    Sep 14, 2017
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]

    Saat Anda memiliki sebuah rencana untuk merenovasi rumah, tentu ada beberapa hal perlu Anda pertimbangkan. Salah satunya adalah biaya. Yaps! Tak dapat dipungkiri jika biaya renovasi rumah tidaklah sedikit, terlebih jika kerusakan rumah dinilai parah.

    Mengkalkulasi biya renovasi rumah tentu juga bukanlah perkara gampang. Diperlukan ketelitian beserta informasi terbaru terkait berapa harga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk renovasi rumah.

    Sayangnya, hal tersebut semakin dipersulit dengan harga material bangunan yang tidak menentu alias fluktuatif. Dengan kondisi yang seperti itu, sudah selayaknya Anda mempercayakan kepada jasa kontraktor renovasi rumah yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun.

    Jasa kontraktor pastinya akan menuntun Anda untuk memiliki material yang tepat, yakni menyesuaikan dengan budget yang telah ditentukan. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan perencanaan anggaran biaya renovasi rumah, ikuti tips-nya dalam ulasan berikut.

    1. Ketahui Bangunan Rumah Anda Secara Mendalam
    [​IMG]


    Amati lalu catat keperluan apa saja yang harus dipenuhi atau masih kurang dalam komponen bangunan rumah Anda. Susuri bagian apa dan mana saja yang harus diperbaiki atau juga bisa ditambah agar lebih melengkapi.

    2. Susunlah Urutan Perencanaan Renovasi Rumah
    [​IMG]

    Berdarkan dengan apa yang pengamatan yang Anda catat di poin pertama, tentu Anda sudah memperkirakan skala prioritas pekerjaan renovasi mana yang diutamakan. Pastikan skala prioritas yang Anda susun sesuai dengan tingkat kerusakan komponen bangunan maupun kebutuhan penghuni dalam rumah.

    3. Persiapkan Rancangan Anggaran Biaya (RAB)
    [​IMG]


    Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengkalkulasi biaya RAB tanpa bantuan orang lain, maka silahkan hitung secara teliti mungkin. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari pembengkakan biaya.

    Namun, jika Anda merasa kesulitan, tak ada salahnya Anda meminta bantuan pada jasa renovasi rumah terdekat di kota Anda. Selain lebih memudahkan, kemampuan mereka dalam menghitung RAB juga sangat detail. Karena sudah menjadi "makanan" mereka sehari-hari.

    Jika detail rencana renovasi rumah sudah dibuat, maka Anda bisa langsung meminta jasa renovasi rumah untuk dibuatkan RAB. Setelah itu, dilanjutkan dengan penawaran harga dari pihak kontraktor (jasa renovasi rumah)

    4. Terapkan Estimasi Biaya Secara Rinci
    [​IMG]


    Usahakan Anda terhindar dari sistem penghitungan estimasi biaya kasar, yakni secara per meter persegi. Usut punya usut, perhitungan dalam sistem tersebut biasanya kurang akurat. Bisa jadi terlalu murah, atau malah terlalu mahal. Sehingga sangat riskan terhadap kelansungan pelaksanaan renovasi rumah Anda.

    5. Gunakan Jasa Renovasi Rumah Bergaransi
    [​IMG]


    Mengapa harus yang bergaransi? Karena jika ada kekurangan dari hasil pekerjaan renovasi rumah, maka Anda selaku pemiliki rumah sudah bebas dari beban biaya tambahan karena kontraktor siap memberi tanggungan bebas biaya.

    Jasa kontraktor renovasi rumah profesional umumnya memberi garansi kepada kliennya selama 3 bulan atau hingga 1 tahun. Tergantung dari besarnya nilai suatu proyek.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. lusiananta Members

    Offline

    Joined:
    Mar 13, 2018
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    Keren dan mantap tips yang diberikan , setidaknya akan banyak pembaca yang terbantu dengan tips tersebut
     
  4. Orda Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 18, 2019
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Aku suka bgt artikelmu. Menurutku banyak orang merenovasi rumah tapi ndak paham maksudnya secara praktis. Waktu udah mulai mereka baru nyadar kalo semestinya mereka buat rencana yg lebih baik. Benar kan?
     
  5. Cortes Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 25, 2018
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Saya ada temen yg buka usaha rendering 3D, kerjaannya bagus kok dn sering dipake desainer rumah. Kalo agan mau renovasi rumah, lebih baik cari desainer buat bikin gambar 3D rumah baru agan, jadi supaya agan ngga ragu sama hasilnya nanti.
     
  6. dindapanda89 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 1, 2019
    Messages:
    107
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3 / -0
    wah iya ya.. ga pernah kepikiran tenatng renovasi rumah bergaransi. mantep juga nih gan.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.