1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

5 Manfaat Kesehatan Menjadi Donor Darah

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by lee_sunkyu_lover, Feb 23, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. lee_sunkyu_lover M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 17, 2011
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    Simbiosis mutualisme. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.


    Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya.

    Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan.

    1. Menjaga kesehatan jantung

    Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol.

    Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke.

    Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

    2. Meningkatkan produksi sel darah merah

    Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang.

    Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.

    3. Membantu penurunan berat tubuh

    Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping.

    4. Mendapatkan kesehatan psikologis

    Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

    5. Mendeteksi penyakit serius

    Setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria.

    Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk kita, ini adalah “rambu peringatan” yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri.

    Setelah menginjak usia 18 tahun, cobalah untuk membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama, namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. sinra Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jun 26, 2010
    Messages:
    16,985
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,248 / -0
    aq dari dulu gak pernah donor :iii:

    gak tau ada penyakit serius apa gak :iii:
     
  4. bellq M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 11, 2009
    Messages:
    516
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +311 / -0
    iya!
    dulu di singapore, donor darah dibayar lagi
    :haha:
    tp kata orang donor darah bisa cepat langsing
    betul ga sie?
     
  5. darc666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    1,242
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,757 / -0
    Kalau disimpulkan.. bisa begitu manfaatnya.. Donor darah baik dan aman selama anda mengikuti prosedurnya dan tidak berlebihan..
    Walaupun darah anda akan dibentuk kembali.. proses itu tidak terjadi begitu saja.. butuh waktu..
    bagi para bendonor darah usahakan badan anda dalam keadaan vit dan cukup istirahat saat akan mendonor.. Jika ingin mendonor cukup 1 paket saja dalam 1 kali pendonoran.. jangan berlebihan..

    Tambahan Keuntungan: Anda dapat pemeriksaan gol darah gratis!! :haha:
     
  6. xerogame Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 28, 2010
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +7 / -0
    hmm ternyata donor darah itu bagus y
    selain nambah pahala bisa nambah kesehatan juga

    trus post diatas bilang bisa nambah isi dompet pula :p
     
  7. amenndut Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 22, 2010
    Messages:
    211
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +101 / -0
    donor darah bisa cepet kurus?? benarkah itu? hahahaha..

    dlo pernah sih donor darah 1x doang, itu juga dapet kantong penampung darahnya yg kecil bkn yg gede ahahahahahah..
     
  8. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    ane pernah sih donor tapi baru 1x,,,
    gan,, klw donor darah dirumah sakit bisa ga sih???
     
  9. bears84 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    ga jaminan gan, biasana napsu makan gw ssdh donor malahh agak gila2an:iii:
     
  10. silek900 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    8,052
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +93,003 / -6
    kayaknya ini ga benar :???:
    dulu pernah donor darah pas hari2 pertama pasca donor darah memang agak lemah, tidak seperti hari biasa
    bahkan dokter2nya ngasi fitamin katanya biar meminimalisir kondisi tubuh yang kurang fit
     
  11. thice Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 16, 2010
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +39 / -0
    :niceinfo:
    baru tau donor danar bisa buat diet juga...

    jadi :semangat: pengen donor juga...

    perlu segera dpraktekkan ne...:lalala:
     
  12. dyah113a04 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2010
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    ane blum pernah donor darah...,
    tpi setiap ada event donor darah, bokap ane selalu motivasiin buat ikut jga, sayangny ane tetep ga ikut...
    bokap ane emang rajin bgt donor, klo misalny ada donor darah trus dia lupa naro kartuny trus ga bisa ikut kesel bgt dia.
    walaupun umurnya dah 60an tpi masih fit bgt....

    ntar klo ada donor darah lgi, ane ikut deh..., sekalian mo diet jga... kkkkk
     
  13. teuku_robby M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    1,582
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +31,814 / -0
    ane gag pernah donor darah :kecewa: sempat takut sama jarum dan darah :haha: setelah membaca thread ini gw mulai berani untuk mendonorkan darah :semangat:

    :niceinfo:
     
  14. lee_sunkyu_lover M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 17, 2011
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    makanya ayo cepetan donor darah....

    selain 5 manfaat diatas,..dapat pahala pula..
     
  15. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    spengetahuan ane,, klw donor menaikan nafsu makan,,
    jadi bakalan banyak makan setelah donor,,,
     
  16. yuuko Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 3, 2010
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1 / -0
    kata bokap, donor darah emang bagus, bikin badan seger katanya, selain mbantu orang juga
    tapi kok kemaren abis donor, badan gw lemes yah
    musti duduk dulu agak lama'an baru puyengnya ilang
     
  17. kamenraider14 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 25, 2008
    Messages:
    179
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +112 / -0
    ^
    ^
    ya emang gitu, kk.. soalnya kan volume darah kita berkurang. jadi peredaran oksigennya juga ikut berkurang. tapi itu cuma sementara aja.

    kenapa donor darah bisa bikin badan seger? soalnya pas badan kekurangan darah, otomatis sel darah merah yang baru bakal dibuat. FYI, sel darah merah yang baru bisa ngangkut oksigen lebih maksimal juga. makanya "sebenernya" si bagus buat kesehatan. cuma sayangnya masi banyak yang takut kalo donor darah.. >,<
     
  18. d13gemini Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    Serius bos? Bukan akal2an anak pmr kan?
    Hehe, bcanda boss :D

    Iya memang kayanya alasannya logis ko :P
     
  19. 9a0809 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    710
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +578 / -0
    jadi pilihan ane jadi pendonor di PMI gak sala
     
  20. indriyati M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 2, 2011
    Messages:
    315
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +344 / -0
    gw seumur2 ga pernah donor darah...
    setiap mau donor ada aja halangannya...yang HBnya rendah...yang lagi dapet lah...
    aha gw pengen sekali2 juga gw donor darah...
     
  21. fiolegend M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +256 / -0
    itu mungkin kurang darah kali,,,
    klw orang yang tekanan darahnya normal ga mungkin kaya gtu,,,
    palingan juga klw tekanan darahnya ga normal, gw boleh juga bwt donor darah,,,
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.