1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Info 5 Makanan yang Identik dengan Kemiskinan di Indonesia

Discussion in 'Random Images' started by blacksheep, Aug 1, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,011 / -0
    Bank Dunia mendefinisikan Kemiskinan absolut sebagai hidup dengan pendapatan dibawah 1 dollar AS per hari dan Kemiskinan menengah untuk pendapatan dibawah 2 dollar AS per hari. Di Indonesia banyak faktor yang menyebabkan sebagian rakyatnya hidup dalam keadaan serba kekuarangan, salah satunya kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan swasta. Sehingga untuk mengisi perut yang keroncong pun dengan makanan seadanya, seperti 5 makanan berikut ini:

    1.Nasi aking
    Sejenis makanan yang berasal dari sisa-sisa nasi, bekas, tak termakan, lalu dibersihkan dan dikeringkan di terik matahari. Nasi aking biasanya dijual sebagai makanan unggas. Tetapi belakangan masyarakat pun mulai mengonsumsi nasi aking. Nasi aking bukanlah makanan yang layak dikonsumsi manusia; berwarna coklat dan dipenuhi jamur. Namun, masyarakat kelas bawah menjadikannya sebagai makanan pokok pengganti nasi karena tak mampu membeli beras. Untuk menghilangkan bau, nasi aking terlebih dahulu dipisahkan dari kotoran, dicuci, dijemur, lalu diberi kunyit untuk mengurangi rasa asam akibat jamur yang tertinggal.
    [​IMG]Nasi aking (Sumber gambar: multiply.com)


    [​IMG]Nasi aking (Sumber gambar: wordpress.com)


    2.Tiwul atau Thiwul
    Makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Penduduk Pegunungan Kidul (Pacitan, Wonogiri, Gunung Kidul) dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari-hari. Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang.

    [​IMG](Sumber gambar: blogspot.com)


    3.Gaplek
    Makanan yang diolah dari umbi ketela pohon atau singkong. Prosesnya sangat mudah; umbi singkong yang telah dipanen kemudian dikupas dan dikeringkan. Gaplek yang telah kering kemudian bisa ditumbuk sebagai tepung tapioka yang bisa dibuat bermacam-macam kue. Tepung tapioka dari gaplek selanjutnya bisa dibuat menjadi nasi tiwul yang gurih. Nasi tiwul sangat populer di masyarakat yang hidup di Pegunungan Kidul yang memanjang dari Gunung Kidul di Yogyakarta sampai kawasan kabupaten Pacitan.

    [​IMG]Gaplek (Sumber gambar: blokbojonegoro.com)


    [​IMG]Gaplek (Sumber gambar: antarafoto.com)


    4.Nasi Jagung
    Nasi jagung (Nasek empog) terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan biji jagung yang telah dimasak bersama dengan nasi tersebut. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya.

    [​IMG]Nasi Jagung (Sumber gambar: blogspot.com)


    [​IMG]Nasi Jagung (Sumber gambar:bisnisukm.com)


    5.Angin dan Harapan yang Bias
    Poin ini bukanlah makanan seperti empat poin di atas yang dapat dinikmati dan dikecap oleh lidah. Angin adalah ketika mereka orang miskin bahkan tidak mendapatkan dan merasakan makanan yang masuk ke dalam mulut mereka, akibat tidak memiliki pekerjaan dan hidup hanya bermodalkan belas kasihan masyarakat di sekitarnya. Harapan bias adalah ketika mereka dapat makan untuk beberapa bulan ke depan dengan harapan adanya kehidupan lebih baik di kemudian hari, yang diucapkan oleh pejabat-pejabat daerah yang mengunjungi mereka.Namun tidak kunjung terwujudkan, bahkan dalam jangka beberapa kali pemilihan umum. (**)

    [​IMG]Angin dan Harapan yang Bisa (Sumber gambar: deviantart.net)



    Code:
    http://www.uniknya.com/2011/07/5-makanan-yang-identik-dengan-kemiskinan-di-indonesia/#axzz1TkQPJmhn
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. RainDog M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,315
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +2,597 / -0
    ini makanan unggas dijadikan makanan manusia...
    gak ada gizi....
    betul2 kasihan...:nangis:
     
  4. the_dos M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 28, 2011
    Messages:
    660
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +2,341 / -0
    paling parah lg yg k'5 gan "Angin dan Harapan yang Bisa"[​IMG]
     
  5. free_2ef M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 16, 2009
    Messages:
    3,060
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +11,897 / -2
    Indonesia tanah air BETA :yareyare:
     
  6. bernardgo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    511
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +130 / -0
    addduuuuh :terharu:

    TS nya, mencoba mengetuk hati qta smua ini,..

    makasih yah mas bro TS,...
    nice post :top:
     
  7. fierzyad M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    1,341
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,884 / -0
    klo nasi jagung mah...makanan selingan nasi di keluarga wa...
    klo yang ke-5,jadi inget waktu kelaparan 2 hari di JKT gara2 kecopetan (untungnya pas puasa)
     
  8. imbran Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 4, 2011
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    jadi kita harus bersyukur nih bisa makan tiap hari.. walau cuma nasi ma indomie doank... drpd cuma yg k 5...
     
  9. lo3kie M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 3, 2011
    Messages:
    568
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,065 / -0
    Nasi + Indomie Telor Kornet ...... termasuk yang mana yah ???
     
  10. andito Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    95
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    Tapi ga selalu identik dngn kemiskinan di Indonesia kog, soalnya orng kaya jg mkn nasi jagung, mkn tiwul n gaplek
     
  11. kotaksabun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 19, 2009
    Messages:
    141
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +29 / -0
    ada 1 lagi :makanan kadaluarsa.
     
  12. f1ndy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 29, 2010
    Messages:
    524
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +386 / -0
    kalau begini terus kapan indonesia maju...

    kalau makanan kyk begini...

    salah pemerintah juga gk perhatikan masyarakat indonesia...

    bahas tentang KORUPSI terus....
     
  13. berserker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    1,605
    Trophy Points:
    131
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +562 / -0
    Menunguu angin harapan itu kapan :yareyare:
    Uda masuk ke perut koruptor tuh :swt:
     
  14. Chikaerna M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2011
    Messages:
    509
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    ada yang kurang gan..
    makanan sisa warung makan..
     
  15. acehkhan12 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,592
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,404 / -1
    justru KORUPSI itu salah satu penyebab kegagalan pembangunan termasuk kesejahteraan masyarakat yg ostosmastis jg kesejahteraan perut..:hmm:
     
  16. vasilivs M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    2,468
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +16,758 / -0
    nasi sama garam atau nasi sama gula pasir kok ga ada yah....:???:
     
  17. Jaegerjaques Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 2, 2012
    Messages:
    280
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20 / -0
    nasi jagung kok kelihatannya enak yah....
    ga pernah rasain
    klo di daerah ane, sagu deh gan...
    dulu klo lg laper n ga ada makanan sagu jd penggantinya...
     
  18. demons123 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 6, 2011
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    gan, biar tiwul dikata makanan orang miskin tapi ane udh ngrasain gan
    enak kok, ga kalah sama yang lainnya
     
  19. dieans Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    418
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,011 / -0
    nas jagung kok kuning ya ??


    di tempat ane warna putih kaya bubuk
     
  20. blinkersss Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2012
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    gw sering bgt tuh makan angin gan, lumayan kalo lg bokek tanggal tua
     
  21. Master_Akuisisi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 1, 2012
    Messages:
    175
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    klo nasi jagung menurut ane ga identik ma makanan miskin juga deh bro...
    soalnya ada satu tempat yang wilayah desanya kaya tapi warganya suka makan nasi jagung, bukan karena beras mahal tapi katanya karena enak.
    ane ga tau persis daerahnya, tapi disekitar kebumen. (temen ane yang KKN di sono kasih tau)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.