1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Article 5 Langkah Menggunakan Jaringan Alumni untuk Cari Kerja

Discussion in 'Career Talks' started by gungz, Oct 28, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. gungz Banned User

    Offline

    Joined:
    Aug 18, 2011
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    [​IMG]

    Setelah mengikuti ujian skripsi yang biasanya disebut pendadaran. Dan kemudian kamu dinyatakan lulus. Rasanya senang dan lega pastinya. Tetapi setelah beberapa minggu dari itu kamu mulai berpikir untuk mencari kerja. Sebagai mahasiswa yang baru lulus pastinya kebingungan mau mencari kerja dimana.Tapi tidak perlu bingung cobalah memanfaatkan jaringan alumni untuk mencari pekerjaan. Kalau kamu tidak tahu caranya, tenang saja. Berikut 5 Langkah efektif menggunakan jaringan alumni untuk mencari kerja:

    1. Ikut ikatan alumni
    Bergabunglah dengan ikatan alumni. Tetapi jangan hanya pasif ya. Berusahalah untuk selalu aktif dalam mengembangkan ikatan alumni. Karna Semakin sering kamu muncul ditengah alumni, makin kamu semakin dikenal. Dan peluang kamu mendapatkan tawaran kerja semakin besar.

    2. Perbanyak Kontak Alumni
    Setelah bergabung dengan ikatan alumni tentunya mulai mengenal mereka satu-persatu. Jangan lupa untuk bertukar kartu nama dan jelaskan juga bahwa kamu sedang mencari kerja. Mungkin sekarang di perusahaan mereka tidak ada lowongan tetapi suatu saat jika ada lowongan dia akan menghubungi kamu.

    3. Social Media
    Manfaatkan social media untuk berkenalan dengan alumni-alumni lainnya. Bisa melalui Twitter, Facebook, Path bahkan LinkedIn. Dan bangunlah jaringan dengan mereka.

    4. Mulai Membuka Obrolan
    Kini kamu telah memiliki nomor handphone dan berteman melalui social media. Jangan hanya diam dan tidak menyapa mereka. Hal ini untuk menjaga hubungan dengan mereka. Karna menjaga hubungan itu diperlukan. Cobalah membuka obrolan dengan memperkenalkan diri atau hal yang bisa mengingatkan dia tentang kamu.

    5. Meminta Informasi
    Setelah sudah beberapa kali-kali mengobrol dengan para alumni. Kini saatnya kamu bertanya tentang informasi pekerjaan ditempat mereka. Tapi jangan sampai membuat kesan memaksa ya. Tanyalah dengan sopan.

    Melalui ikatan alumni, kamu bisa mendapatkan informasi penting yang kadang tidak dipublikasikan secara umum. Selain itu jika kamu ingin mencari kerja cepat dan mudah secara online bisa langsung kesini
    Semoga sukses.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.