1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

5,5 Keyakinan yang Salah dalam latihan membakar lemak(Diet)

Discussion in 'Lifestyle' started by jHony, Mar 1, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jHony Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,625
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,932 / -0
    Fitness center sudah menjadi trend baru belakangan ini baik bagi anak-anak muda maupun orang dewasa baik cowok maupun cewek dalam usahanya untuk mendapatkan badan yang lebih baik, lebih ideal. Ada yang ingin menambah berat badan, ada yang ingin membentuk tubuh yang lebih berotot, dan banyak juga yang ingin mengurangi berat badan. Tetapi karena terlalu banyaknya informasi atau bahkan terlalu banyaknya informasi yang beredar menjadikan munculnya mitos disana sini seputar latihan untuk membakar lemak.


    Mitos-mitos tersebut antara lain:

    1. Datang ke gym, langsung cardio, dan setelah 30-45 menit baru melalukan angkat beban.

    Yang terpenting adalah cardio untuk membakar lemak, maka lakukan yang terpenting dahulu, begitu datang, langsung cardio selama masih kuat, kurang lebih 30 sampai 45 menit, setelah itu istirahat sebentar, dan kemudian angkat beban supaya dapat bonus badan yang lebih terbentuk. Kira-kira seperti itu lah pemikiran 99% orang yang ingin mengurangi berat badannya. Cardio di awal latihan tidaklah membakar lemak seperti yang kita perkirakan. Kita suka memikirkan apa yang kita mau, padahal sebenarnya bukanlah hal itu yang terjadi. Cardio di awal latihan membakar gula darah kita sampai habis apabila dilakukan selama 30-45 menit. Sedangkan latihan beban setelah cardio berikutnya malah membutuhkan hanya gula darah. Hal itu akan membuat kita terasa lemas, dan kurang tenaga. Latihan beban membutuhkan gula sedangkan gula sudah kita habiskan melalui cardio. Apa yang akan terjadi ? Tubuh akan mengambil protein untuk dijadikan gula baru untuk pasokan energy. Dan masalahnya, protein diambil dari otot. Anda ingin membentuk otot sambil mengambil protein dari otot ? Itu sama dengan mengkanibal tubuh Anda sendiri. Lakukan cardio setelah selesai latihan beban untuk pembakaran yang optimal. Anda akan merasa lapar setelah 10-15 menit pertama cardio, teruskanlah karena itu tandanya Anda mulai membakar lemak Anda.



    2. Lari di treadmill membakar lemak

    Kalau cardio bertujuan membakar lemak, maka semakin keras kita berusaha maka semakin banyak lemak kita yang dibakar. Padahal lari sama sekali tidak membakar lemak. Semakin cepat kita lari, tubuh kita membutuhkan energy yang cepat juga, yaitu gula darah. Mengubah lemak tubuh menjadi energy membutuhkan proses yang lama, sedangkan lari membutuhkan energy yang cepat, sehingga tubuh mengabaikan lemak dan malah membakar gula darah. Kalau gula darah habis dan kita masih tetap lari, maka tubuh akan mengambil protein dari otot lagi untuk energy. Untuk membakar lemak di treadmill Anda cukup berjalan cepat saja, dengan target detak jantung sekitar 65%. Lakukan selama 45 menit setiap hari, maka berat Anda akan turun secara perlahan.


    3. Semakin kita berkeringat semakin banyak lemak yang dibakar

    Mitos yang satu ini melekat begitu kuat di benak masing-masing orang yang ingin membakar lemak. Mereka berpikira bahwa olahraga membakar lemak dan olahraga yang begitu keras biasanya membuat mereka berkeringat begitu deras. Hal tersebut mengakibatkan banyak orang ‘mencari keringat’ untuk membakar lemak. Apabila itu yang terjadi alangkah enaknya membakar lemak, kita cukup tidur di parkiran motor di gedung kantor kita, pada siang hari sepanas mungkin. Saya yakin sekali dalam 10 menit keringat kita akan sangat banyak. Keringat diproduksi oleh kelenjar-kelenjar dibawah kulit kita, dan keringat tugasnya adalah untuk menjaga suhu tubuh kita. Keringat bukan patokan pembakaran lemak, karena apabila kita berolahraga di tempat yang sangat dingin, tentunya kita tidak akan berkeringat, dan apakah itu berarti kita tidak membakar lemak sama sekali? Berolahraga sampai berkeringat memang enak tetapi jangan jadikan patokan bahwa lemak terbakar apabila kita berkeringat.


    4. Latihan beban hanya melatih otot dan tidak penting untuk menurunkan berat badan

    Orang juga suka mengabaikan latihan otot dan menganaktirikan latihan beban ketika ingin mengurangi berat badannya. Hal ini terjadi terutama di kalangan wanita. Pembakaran lemak, terjadi sebenarnya di dalam sel otot kita. Semakin otot kita terlatih, semakin cepat kita menurunkan berat badan. Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, baik cowok maupun cewek, sebaiknya Anda mulai melatih diri Anda menggunakan beban. Latihan beban juga membutuhkan energy di dalam sel otot yang disebut ATP. ATP akan habis ketika kita berlatih dan efeknya adalah kita merasa capek. Setelah selesai latihan beban, kita kita sudah beristirahat, ATP ini akan diproduksi lagi oleh tubuh, dan ternyata, pembuatan ATP untuk energy ini juga menggunakan lemak sebagai bahan bakar proses produksi nya. Dengan kondisi seperti ini, latihan beban ternyata bisa membakar lemak lebih banyak lagi bukan sewaktu latihan tetapi bahkan setelah kita selesai latihan.


    5. Sit up dapat menguruskan perut (sayang saya kurang kuat sit up sehingga perut saya masih gendut)

    Saya sering sekali mendengar orang mengatakan, saya sudah sit up 100x setiap hari, tetapi kenapa perut saya belum kecil-kecil. Sit up adalah latihan yang gunanya adalah melatih otot perut, tidak ada hubungannya sama sekali dengan lemak di daerah perut. Otot dan lemak adalah dua hal yang berbeda dan sit up tidak membakar lemak di daerah tersebut. Bayangkan ada orang gemuk yang kemudian berhasil kurus, dan pipinya yang semula gemuk ikut menjadi kurus. Apakah orang tersebut melatih pipinya ?


    5.5 Mendaftar dan datang ke gym berarti saya sudah membakar lemak (tidak tahu kenapa koq saya masih gendut)

    Ketika memperhatikan beberapa teman yang ingin menguruskan tubuhnya, membuang beberapa kg lemak di tubuhnya, yang mereka lakukan pertama kali adalah datang ke gym, daftar dan bergabung disana. Mereka tanpa tujuan melatih tubuhnya di gym tersebut, bersepeda, atau treadmill, kemudian berjalan kesana kemari berlatih menggunakan mesin-mesin latihan disana sini. Tetapi setelah 3-4 minggu, tubuh mereka tidak pernah ada perubahan. Mereka mengatakan bahwa mereka sudah latihan, pembakaran lemak cukup tinggi karena sudah ‘berolahraga’ dan bergabung di gym terkenal. Menurut penilaian saya, memang benar mereka berolahraga (dibandingkan dengan tiduran sih masih tergolong berolahraga:whistling:) tetapi yang mereka lakukan intensitasnya sangat kurang. Mereka tidak berusaha maksimal mengangkat beban. Mereka beralasan bahwa sudah berumur dan tidak sekuat yang masih muda. Atau apapun alasannya, selalu ada saja alasan yang menghalangi mereka untuk berusaha mengangkat lebih berat, atau berlatih lebih intens. Anda harus menetapkan tujuan latihan Anda. 3-4 minggu di gym tanpa perubahan di tubuh Anda berarti yang Anda lakukan adalah salah. Cari intrusktur, ikut personal trainer, lakukan apapun untuk memperbaiki hal itu.


    Nah rubahlah pandangan sahabat2 IFers yg salah...
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. bocah_kentir M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    329
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +642 / -0
    Klo urusan ngebakar lemak, aku lbh suka berjemur di pagi hari.. antara jam 7 mpe jam 9

    udah gtu aku latihan lari, kendo, dan jurus2 karate..
     
  4. kzha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,869
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0
    olahraga, fitness ato aerobik dsb, dll. tidak efektif membakar lemak dan membuat anda kurus !!!!!!!.
    dengan mengurangi intake kalori (diet) yg akan membuat anda jd kurus.
    jadi kalo mau kurus,. hindari mengkonsumsi makanan yg berkalori tinggi..
     
  5. wisnumurti1993 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    374
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +33 / -0
    Wah pingin rasanya mengurangi berat badan ku yang bertambah gara-gara liburan
     
  6. up_yer_ass M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 5, 2008
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +476 / -0
    banyak skali ya teori2 ginian....jadi bingung jg mao percaya yang mana....
    percaya yang paling logis aja d....
     
  7. q_bo0 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    78
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    yang penting atur pola makan dan jenis2 makanan yang bakal dimakan...


    go veggie!
     
  8. luckyaegy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +825 / -0
    jgan lupa olahraga yang rutin..percuma walau pola makan teratur tapi g pernah ngeluarin energi tar gemuk juga akhirnya
     
  9. hackleonheart M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 9, 2009
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,227 / -0
    kok ada setengahnya? kenapa 5,5 ga langsung 6?

    bisa menurunkan berat badan,tapi ngangkatnya jangan pake tangan,coba pake perut :haha:
     
  10. black_caterpilar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    536
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +67 / -0
    dari pada di kecilin badannya..
    mending dijadiin...:hahai:
    klo mo kecil tiap olahraga harus pool..
    sampe batas maksimal, klo baru merasa ga kuat hajar terus, sampe bener2 ga kuat..
    jadiin patokan awal...
    terus tiap oalhraga jadiin itu patokan tiap hari nambah satu lah..

    jadi ada peningkatan, dan badan enak adaptasinya..
    jangan ngarep sebulan jadi yg namanya olahraga, harus berkala lah..lama:piss:
     
  11. anderbaiter Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    oo.. gitu ya? hehe, gw baru tau..
    dulu gw ke gym bukan buat nurunin berat badan sih..
    tapi buat nambah berat badan..

    hehehe...
     
  12. jr. Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    20,677
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +171,069 / -0
    bersepeda aja kemanapun...udah cukup itu aja...
     
  13. Riizent M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 15, 2008
    Messages:
    378
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +105 / -0
    yg teknik tiup sedotan di jepang itu gimana tuh ? termasuk mitos kah?
     
  14. Eiyuu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    1,046
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +63 / -0
    buat no 2= percayalah.kalau lari dgn cara yg tepat akan membakar lemak.kuncinya interval training sob.klo cuma jalan 45 menit amat sangat tidak efektif.sisanya bener smua.cuma no 2 yg kurang tepat.
     
  15. ireh M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    2,121
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +6,311 / -0
    5.5 beneran:lol:
    :lol:
    orang yg berpikiran konyol:lol:
    masa cuman daftar udah membakar lemak, membakar lemak dari hongkong:lol:
    fitnes aja blm:lol:
     
  16. ruychii M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 5, 2008
    Messages:
    214
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +5 / -0
    klo gw sih berhenti baru 2x nge-gym lgsg berhenti...
    waktu itu sih tujuannya mau membakar lemak...
    tapi begitu sadar klo membakar lemak bisa gw lakukan di rumah, gw berhenti dari gym...
    cukup jalan kaki dengan total sepanjang 2-3 km/ hari, maka dijamin bisa membakar lemak cukup banyak...
    misalnya klo mau ke t4 yang jaraknya 400 meter, jgn naik motor, tapi coba jalan kaki, klo bolak-balik kan udah 800 meter,
    pokoknya klo mau ke mana2 yang jaraknya kurang dari 500 meter, coba jalan kaki...
     
  17. dodek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 23, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +48 / -0
    keren bro infonya.. emang bener jalan kaki lebih baik daripada lari.. so yg mau bakar lemak, mending jalan kaki aja, ga usah lari.. gw brani ngomong ky gini soalnya organisasi dietary AS tahun 2009 bilang ky gitu.. :hahai:
     
  18. wind_rider M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    445
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +155 / -0
    wa pernah nih kurus, dari 82kg, ke 72 :hahai:
    intinya sih pola makan yg benar dan teratur
    jgn makan malem! jgn minum air dingin(usahakan panas/hangat, serta diperbanyak minum air!
    bahkan tanpa olahraga 1-3kg akan turun dalam kurun waktu 1 bulan

    sayangnya hal ini gak bertahan lama waktu kita dilanda stess, ujian, tugas menumpuk, deadline makin deket
    mblee naik jadi 75kg :lol:
     
  19. kun20 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 18, 2009
    Messages:
    327
    Trophy Points:
    66
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +255 / -1
    gw siap menguruskan badan dengan cara yg benar
     
  20. revoltech_86 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2008
    Messages:
    512
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +55 / -0
    woh tnyta byk jg y yg salah... hmmm...
    kirain sit up n kringetan bs ngecilin perut n badan...
    haha salah tnyata...
     
  21. AlexRoddick M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27 / -0
    olahraga ama jaga pola makan tuh yg penting...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.