1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Flora Pohon Darah Naga (Dracaena cinnabari)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by cinnamonkey, Apr 25, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. cinnamonkey M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    312
    Trophy Points:
    152
    Ratings:
    +9,254 / -0

    Pohon Darah Naga






    [TH="background-color: #2F4F4F"]Pohon Darah Naga

    Kerajaan : Plantae
    Division: Tracheophyta
    Ordo : Asparagales
    Famili : Ruscaceae
    Genus : Dracaena
    Spesies : D. cinnabari
    Nama Binomial : Dracaena cinnabari
    [/TH]




    [TH="background-color: #2F4F4F"]SUMBER[/TH]


    [​IMG]








    Legenda Naga

    Apakah hubungan pohon darah naga dengan naga?Menurut legenda zaman dulu, ada ular basilik yang sangat besar. Ular itu lalu dianggap naga oleh warga sekitar. Suatu hari, naga itu berkelahi dengan seekor gajah sampai mati. Kedua binatang itu mengeluarkan darah. Darah keduanya dipercayai memiliki kekuatan ajaib. Maka, ketika darah keduanya bercampur, tumbuhlah sebatang pohon yang merupakan pohon darah naga. :belajar:
    Berbentuk Payung

    Pohon darah naga dinamai oleh Profesor Issac Bayley Balfour pada tahun 1880. Kalau diperhatikan, pohon ini pernah menjadi icon di Windows sebagai icon Network. Pohon itu berbentuk seperti jamur atau payung. Daunnya berbentuk seperti pedang, keras, dan bergerombol di atas pohonnya. Pohon darah naga tumbuh di daerah yang kering. Hidupnya bisa mencapai lebih dari 300 tahun.
    Getah Berdarah

    Pohon ini menghasilkan getah berwarna merah darah. Itu disebabkan karena pohon tersebut mempunyai pikmen berwarna merah. Getah itu keluar dari batangnya. Dan getah itu disebut darah naga.
    Darah naga (getah pohon Dracaena cinnabari) sangat berguna. Dapat dijadikan obat, pewarna, pernis, dan pengharum.Getah pohon Dracaena cinnabari sudah digunakan sebagai obat dan pewarna sejak abad ke-1 oleh masyarakat Romawi kuno, Yunani kuno, dan Arab. Lalu, sekitar abad ke-18, dipakai sebagai pernis untuk biola di Italia. Serta dapat dipakai dalam proses fotografi.
    Asli Socotra

    Pohon Darah Naga pohon khas dan asli dari Kepulauan Socotra, Yaman. Kepulauan Socotra bahkan terkenal sebagai penghasil darah naga (getah pohon Dracaena cinnabari). Kepulauan Socotra kaya kan flora dan fauna yang unik-unik. Pada bulan Juli 2008, Socotra masuk ke dalam Situs Warisan Dunia di UNESCO PBB.
    :angel:











    Pohon Darah Naga
    Getah Pohon Darah Naga
    Resin Pohon Darah Naga
    Biji Pohon Darah Naga
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG]
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ffda M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 26, 2013
    Messages:
    4,694
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +12,472 / -0










    Pohon Darah Naga Yang Unik
    Pohon ini disebut pohon darah naga karena getah pohon ini berwarna merah darah. Getah tersebut keluar dari batangnya. Getah inilah yang disebut darah naga. Darah naga ini sangat berguna untuk obat, pewarna, pemanis, dan pengharum.

    Sebenarnya darah naga telah digunakan sebagai obat dan pewarna sejak abad ke-1 oleh masyarakat Romawi kuno, Yunani Kuno, dan Arab. Lalu sejak abad ke-18, dipakai sebagai pernis untuk biola di Italia. Hingga saat ini darah naga masih digunakan sebagai pernis biola dan juga digunakan pada proses photography.

    [​IMG]

    Pada batang pohon ini, jika disayat akan keluar cairan berwarna merah seperti darah, sehingga disebut Pohon Darah Naga. Dimulai dari pada abad pertama Masehi, “darah” yang keluar dari Pohon Darah Naga ini digunakan sebagai bahan pewarna dan obat untuk mengobati masalah pernapasan dan pencernaan, terutama pengobatan untuk diare, demam, disentri, bisul di mulut, gangguan tenggorokan, gangguan usus dan perut, serta antibirus untuk virus pernafasan.

    [​IMG]

    Penyebab utama dari penurunan populasinya kemungkinan disebabkan oleh perubahan iklim (Kepulauan secara bertahap mengalami kekeringan). Over-eksploitasi Dragon's Blood (diambil resin dari kulitnya) dan penebangan pohon untuk kayu sialang juga dapat mengancam spesies ini.

    Pohon naga merupakan sisa dari hutan sub-tropis yang mati jutaan tahun lalu di zaman Pliosen . Pohon ini tampak seperti kombinasi jamur, payung, dan jaringan cranial, yang aneh. Pohon telah lama dihargai selama ribuan tahun untuk diambil resinnya yang berwarna merah terang itu. Resin ini dihasilkan ketika pohon ini ditusuk. Karena resin yang keluar berwarna merah, maka pohon ini juga dikenal sebagai pohon darah naga.

    [​IMG]

    Sumber
     
  4. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,833
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,338 / -7
    How to Grow Dracaena Cinnabari From Seed



    A cut into the side of a dragon's blood tree (Dracaena cinnabari) produces a distinct red resin, making this evergreen plant aptly named. Suited for U.S. Department of Agriculture hardiness zones 10 and 11, this extremely rare tree has a large dome of green leaves with thick-wooded branches permeating the canopy's underside, resembling skeletal fingers. Although difficult to obtain, your dragon's blood tree seeds will have specific germination and sowing requirements for a successful seedling.

    1. Place the seeds into a cup of warm water. Warm temperatures trigger the embryo's growth within the seed; dragon's blood trees in nature drop their seeds directly underneath their canopy. As a result, the seeds are naturally protected from full sunlight by the domed branches but are kept warm by the hot surrounding climate.
    2. Change the water daily during the soaking period, which lasts from three to five days. The water gradually becomes cooler during the course of the day; providing warm water repeatedly helps your chances at a successful germination.
    3. Choose a location for your future seedlings. To successfully sprout, the seeds need to be sown in an area with full sunlight, preferably above 68 degrees Fahrenheit. Full sunlight keeps the seeds warm within the soil so that the embryos' growth can continue.
    4. Remove the seeds from the water. Scatter the seeds into limestone-based soil within a pot or garden; each seed should be just directly below the soil line. The soil consistency should have good drainage so that the seed is not waterlogged.
    5. Water the seeds so that the soil remains partly moist during the sowing period. These plants are accustomed to drought, so it is not necessary to drench the growing seed.
    6. Continue to water and observe the planted dragon's blood tree seeds for approximately 30 to 40 days. Seedlings should appear after this time period.


     
  5. ffda M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 26, 2013
    Messages:
    4,694
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +12,472 / -0










    Serum “Darah Naga”, Rahasia Kecantikkan Lady Gaga
    Dragon’s Blood juga dijuluki sebagai cairan Facelift yang bekerja dengan menambahkan volume yang penting untuk kulit berongga. Produk ini menjanjikan dengan khasiat memontokan, memahat dan mengangkat kulit secara efektif melindungi terhadap penuaan dengan membuat kulit sekitar wajah secara dramatis tampak lebih muda – tanpa jarum.
    [​IMG]
    Gel yang mampu mengurangi kulit kendur sambil meningkatkan elastisitas ini sebenarnya terbuat dari getah merah dari pohon Sangre dr Drago.

    Diduga, seorang penyanyi kontroversial, Lady Gaga, merupakan penggemar terbaru dari produk kecantikan yang memakai nama yang tak biasa ini, ia diduga menggunakan krim ini untuk mempersiapkan acara perhelatan Golden Globes.

    Sebelum sekarang, satu-satu cara untuk mengatasi kulit kendur adalah dengan menyuntikan cairan pengisi (filler) ke dalam pipi untuk mengembalikan kemontokan asli dari wajah. Namun, Prosedur ekstrim mengarah ke masalah umum yang dikenal sebagai “wajah bantal”, dimana pipi terlihat “digelembungkan” dan ini dapat memiliki efek merugikan dari tidur, karena membuat mereka terlihat lebih kecil.

    Seorang juru bicara dari Rodial, seperti yang dikutip dari Daily Mail, mengatakan, “ Dengan Serum Dragon’s Blood baru kita ini, wanita termasuk penggemar selebriti kita, mampu mendapatkan kembali keremajaan sepenuhnya dalam wajah mereka,” jelasnya.

    Hal-hal seperti umur, kerusakan lingkungan dan gaya hidup menuntut semua mengambil korban dan menuakan kita secara dini, dengan munculnya keriput dan kulit kendur di sekitar mata dan pipi menjadi beberapa tanda-tanda pertama.

    Dragon’s Blood adalah alternatif alami untuk suntikan Restylane yang sangat populer, Restylane digunakan untuk mengurangi keriput dan garis penuaan wajah. Rodial’s New Dragon’s Blood, membebaskan kebutuhan untuk pekerjaan kosmetik seperti memontokan cekungan wajah, dan “orbit palung” di bawah dan sekitar mata, serta untuk volume pipi dan garis batas dari dahi, dagi dan hidung.

    Collageneer sebagai bahan utama, merangsang dan meningkatkan produksi kolagen alami dan sintesis untuk membuat lebih halus, memontokan kulit. Selama masa percobaan independen, 92 persen relawan melihat peningkatan elastisitas kulit selama tiga bulan. Dan 72 Persen juga mengalami penurunan kulit kendur. Hasil juga menunjukan kulit mereka secara dramatis didefinisikan dan volumised dengan kulit lebih kencang meningkatkan tonisitas sekitar garis rahang dan tulang pipi.

    Anda tertarik dengan produk kecantikan bernama unik ini? Anda cukup merogoh kocek sebesar £75 saja, Produk ini juga terbilang istimewa karena ia terbuat dari getah pohon Darah Naga atau Dragon Blood Tree, pohon yang sangat langka dan hanya ditemukan di Pulau Soqotra, Yaman.
    Sumber


    Siang Taman :maling:
     
  6. consciencederry Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 14, 2011
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    dimana bisa mendapatkan bibit pohon darah naga?
     
  7. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,272
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,192 / -0
    Masih ada hubungannya-kah dengan buah naga.... :ogcuriga:

    Sepertinya enggak... :hihi:

    Bentuk pohonnya kayak beringin ya... cuma ketika batangnya terluka akan mengeluarkan getah berwarna merah yang menyerupai darah... :ogtop:

    :niceinfo:


    [​IMG]
     
  8. eidur Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Ini termasuk tanaman endemik ya ?
    kalo liat pohonnya kayak tanaman2 endemik di pulau socotra
     
  9. wedangga12 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 18, 2013
    Messages:
    2,382
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +3,226 / -0
    gk bentuknya aja yang unik, warna getahnya juga merah seperti darah :top:
     
  10. dodolzodolz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 25, 2012
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    sayah mau dong darah muda
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.