1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

OriFic Nyanyian Dari Surga

Discussion in 'Fiction' started by dimasaputera, Mar 11, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. dimasaputera Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2014
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +27 / -0
    Halo kk semua... :hi:
    saya pengen nyoba latihan bikin cerita yang panjang (dan ternyata nulis panjang itu susahnya luar biasa).

    Untuk genre, rencananya sih mau dibikin fiksi, fantasi, sci-fi dan romance. Tapi nggak tau juga ntar eksekusinya berhasil atau nggak. lol

    Berhubung saya ini masih nubi banget dalam dunia tulis menulis, maka saya sangat berharap bimbingan dari senior-senior di sini.

    Akhir kata, semoga cerita saya bisa dinikmati dan mohon bimbingannya. :maaf:

    "Tuhan akan selalu mengulurkan tangan-Nya kepada setiap umat-Nya yang meminta."

    Tahun 2029.
    Pihak NASA mendapati bahwa sebuah Asteroid yang besarnya kurang lebih seperempat dari besar Bulan sedang menuju ke arah Bumi. Dengan perkiraan terjadinya tabrakan adalah dalam jangka 30 tahun.

    Menurut perhitungan para ahli, dampak yang terjadi akibat tabrakan tersebut adalah kerusakan berat pada permukaan Bumi dan terjadinya zaman es. Benar, kejadian yang sama yang membuat Dinosaurus mengalami kepunahan akan terulang kembali jika Asteroid tersebut berhasil menghujam permukaan Bumi.

    Untuk menghindari terjadinya kepanikan, pemerintah Amerika -yang merupakan Negara pertama yang mengetahui hal tersebut- mencoba untuk merahasiakan kejadian ini agar tidak diketahui oleh masyarakat umum dan mengajak beberapa Negara lainnya untuk membentuk sebuah aliansi dalam rangka untuk menyelamatkan nasib umat Manusia dari bencana yang ditimbulkan oleh Asteroid itu.

    Kenapa hal tersebut dirahasiakan? Karena jika berita tersebut terdengar oleh masyarakat umum, maka kepanikan akan terjadi.

    Manusia akan kehilangan kendali atas akal sehat mereka saat dihadapkan dengan situasi seperti itu. Kekacauan dipastikan akan terjadi dimana-mana. Dan dipastikan kiamat akan terjadi sebelum Asteroid menabrak Bumi. Kiamat yang terjadi karena kepanikan Manusia.

    Dalam waktu singkat, NASA yang bekerja sama dengan Badan Penelitian Antariksa dari Negara lainnya berhasil mengirim beberapa Astronot untuk mengambil sampel material yang membentuk Asteroid tersebut.

    Setelah dilakukan penelitian terhadap sampel yang didapatkan, ternyata material asing yang membentuk Asteroid tersebut memiliki tingkat kekerasan yang melebihi dari benda terkeras yang terdapat di Bumi, yaitu intan.

    Pada tahun 2035, 3 buah roket antariksa yang dibekali dengan hulu ledak nuklir berhasil diluncurkan. Roket tersebut memiliki kekuatan yang mampu menghancurkan sebuah Negara kecil dalam sekejap.

    Tujuan sebenarnya dari peluncuran tersebut bukanlah untuk menghancurkannya, tetapi untuk mengubah jalur lintasan Asteroid.

    Karena berdasarkan perhitungan para ahli, untuk menghancurkan Asteroid tersebut hingga berkeping-keping sangatlah sulit. Sehingga satu-satunya upaya yang memungkinkan adalah dengan cara merubah jalur lintasan.

    Namun usaha mereka gagal.

    Ternyata pergeseran jalur perlintasan Asteroid yang diakibatkan oleh ledakan dari roket tidak begitu signifikan.

    Lima tahun setelahnya, diluncurkan kembali roket yang mempunyai misi untuk mengubah jalur perlintasan Asteroid. Kali ini 7 roket diluncurkan.

    Usaha kali ini pun kurang begitu memuaskan. Meskipun jalur perlintasan sudah agak bergeser dari jalur sebelumnya, namun terjadinya tabrakan dengan Bumi masih belum bisa terelakan.

    Sementara usaha untuk mengubah jalur perlintasan Asteroid terus dilakukan, masing-masing pemimpin Negara juga melakukan tindakan penyelamatan bagi rakyatnya secara diam-diam.

    Namun tidak semua pemimpin Negara melakukan usaha untuk menyelamatkan rakyatnya. Banyak juga yang lebih memilih untuk diam dan mencari jalan untuk menyelamatkan diri masing-masing beserta keluarga dan koleganya.

    Waktu terjadinya tabrakan semakin dekat. Segala upaya yang dilakukan untuk merubah jalur perlintasan Asteroid mengalami kegagalan.

    Kebenaran atas datangnya sebuah Asteroid yang akan menabrak Bumi akhirnya dibeberkan oleh masing-masing Negara setahun sebelum terjadinya tabrakan.

    Masing-masing Negara menyediakan Bahtera raksasa dan Bunker sebagai tempat berlindung rakyatnya.

    Selain tempat perlindungan yang berupa Bahtera dan bunker, aliansi dari beberapa Negara di Dunia melakukan rencana rahasia untuk penyelamatan. Yaitu rencana untuk mengungsi ke stasiun antariksa yang telah selesai pembangunannya. Stasiun antariksa yang dibangun di atas permukaan Bulan itu diberi nama Nirvana.

    Namun hanya beberapa golongan saja yang memiliki tiket untuk mengungsi ke stasiun antariksa tersebut. Tentu saja, golongan yang dimaksud adalah golongan orang yang berkuasa dan atau golongan yang mempunyai harta yang melimpah. Selain itu, para ilmuwan dan para ahli dibidang tertentu juga turut diungsikan ke stasiun antariksa.

    Pada tahun 2059 bencana tersebut pun terjadi. Kerusakan maha dahsyat terjadi setelah Asteroid menghujam permukaan Bumi.

    Manusia-manusia yang berlindung dalam bahtera dan bunker hanya bisa berdoa untuk keselamatan mereka. Sementara itu manusia yang mengungsi di stasiun antariksa hanya mampu memandangi hancurnya tempat asal mereka dari atas.


    Setelah terjadinya tabrakan, Manusia yang menyelamatkan diri dan hidup di stasiun antariksa Nirvana memulai hitungan tahun mereka dari awal. New Century. Begitulah mereka menyebutnya. Sistem waktu yang mereka pakai sebenarnya sama dengan yang dipakai sebelumnya. Yaitu 24 jam sehari dan 365 hari dalam satu tahun, dsb.

    Tahun 547 N.C.
    Pada saat itu Bumi masih diselimuti debu tebal pada athmosfirnya. Menyebabkan sinar Matahari tak mampu menembus hingga permukaan Bumi. Temperatur permukaan Bumi menurun drastis semenjak kejadian bencana Asteroid. Hamparan es menyelimuti hampir seluruh permukaan Bumi.

    Nasib manusia yang berlindung di bahtera dan bunker masih belum diketahui. Sementara itu manusia yang menempati stasiun antariksa Nirvana telah mengalami kemajuan peradaban yang sangat pesat.

    Ilmu pengetahuan dan teknologi penghuni Nirvana telah berhasil menciptakan sebuah alat yang berfungsi untuk mentransfer jiwa.

    Mentransfer jiwa?

    Benar. Teknologi ini memungkinkan terjadinya perpindahan jiwa seseorang dari tubuh lamanya ke tubuh yang baru. Namun jika seseorang meninggal sebelum perpindahan jiwa dilaksanakan, maka untuk selamanya jiwa tersebut akan hilang.

    Wadah atau tubuh yang baru merupakam hasil rekayasa genetik. Sehingga paras, bentuk badan bahkan jenis kelamin dapat disesuaikan dengan keinginan orang yang akan memakai tubuh tersebut.

    Dengan kata lain, manusia-manusia penduduk Nirvana bisa menjadi manusia yang mendekati abadi. Karena satu-satunya faktor yang menyebabkan kematian hanyalah kematian mendadak yang diakibatkan oleh kecelakaan. Sedangkan ketika seseorang mengalami kecelakaan berat ataupun penyakit mematikan, selama masih sempat dilakukan proses pemindahan jiwa, maka orang tersebut akan selamat dan sehat wal'afiat.

    Tahun 612 N.C.
    Pemerintah Nirvana mengumumkan bahwa penggunaan alat pemindah jiwa dinyatakan aman untuk digunakan secara masal. Sejak saat itu sebuah bangunan khusus berupa sebuah Katedral digunakan sebagai tempat dilaksanakannya pemindahan jiwa.

    Pemerintah pun mengumumkan undang-undang baru yang mengatur hal-hal yang berkaitan dengan proses pemindahan jiwa. Salah satu undang-undang tersebut adalah, "Sebuah kelahiran jiwa baru boleh diselenggarakan hanya jika seseorang telah kehilangan jiwa untuk selamanya. Dan satu-satunya yang mempunyai kewenangan dalam penciptaan sebuah jiwa baru adalah sang Raja."

    Undang-undang tersebut diciptakan sebagai solusi atas masalah tentang ledakan populasi yang terjadi di Nirvana. Jadi, sejak diberlakukannya undang-undang tersebut, tak ada lagi bayi atau jiwa baru yang terlahir secara alami, tak ada lagi wanita yang mengandung anaknya dalam rahim. Kini semua jiwa baru terlahir dari sebuah tabung kaca yang keras yang dikelilingi oleh kabel-kabel dan peralatan-peralatan modern.

    Dari sinilah cerita ini dimulai.

    Baru prolognya doang... Bagian yg lain masih butuh banyak editing... :ngacir:
     
    • Like Like x 2
    Last edited: Mar 13, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Seven_sideS M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 19, 2014
    Messages:
    258
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +140 / -0
    wogh~ kayaqnya keren ni ceritanya~
    sudah rapih pula dari universenya~

    ahaha (ga kayaq saya yang amburadul :garing:)

    kalau keluar mecha mungkin lebih keren, tapi beresiko sih~ beresiko tercium bau" seperti
    GUNDAM

    tapi tetep, keren~
    lanjutkan~!
     
  4. dimasaputera Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2014
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +27 / -0
    Makasih atas kunjungannya kk.. :peluk:
    Cerita yg lagi gw tulis ini emang mainstream bgt sih... rencananya gw emang bakal ada mecha-nya (walaupun bukan jadi inti ceritanya) tapi ukurannya nggak segede Gundam sih.
    Doain aja moga2 penyakit writerblock ataupun tarsok nggak menjangkiti daku... :malu:
    Akhir kata... terima kasih atas kunjungannya kk... kk sepen berhasil menjadi komentator pertama orific gw di IDWS. :terharu:

    Sent from my Rice Cooker using Tapatalk
     
  5. orange_doughnut M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2013
    Messages:
    1,738
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +427 / -0
    scienfe-fiction kah?

    masih prolog, lanjutkan kk :onfire:
     
  6. dimasaputera Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2014
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +27 / -0
    Terima kasih atas dukungannya kk... :terharu:
     
  7. Fairyfly MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 9, 2011
    Messages:
    6,819
    Trophy Points:
    272
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,475 / -133
    hemm, prolog ya :iii:

    jujur menurutku ini terlalu kompleks buat sebuah prolog :swt:

    okay, pertama yang saia mau komentarin adalah plotnya. awalnya okelah menceritakan tentang asteroid dll yang menyebabkan kehanvuran bumi, dan usaha para manusia buat mencegahnya. itu udah lumayan kena meskipun aku rasa pace nya ga masuk seleraku (bukan berarti jelek ya, aku ga begitu suka aja). tapi setelah perpindahan umat manusia itu, mendadak jadi semi fantasi dengan adanya ilmu pertukaran jiwa no jutsu :iii:

    welp, aku masih baca tentang asteroid kan? kok tiba2 ada pertukaran jiwa no jutsu :iii:

    and, anggep bulan itu besarnya seperenam bumi. asteroidnya ukurannya seperempat bulan. jadi kurang lebih ukurannya 5/12 bumi, well, aku rasa efek yang ditimbulkan asteroinya bakal jauh lebih besar dari zaman es kayaknya :iii: chicxulub yang bikin dino punah aja ukurannya cuma seluas tiga kota kalo ga salah :iii: diameter 180km. dan itu memberi zaman es selama puluhan ribu taun :iii:

    ini seperempat bulan :swt:

    oh well, saia tunggu dulu aja deh llanjutannya :iii:
     
  8. dimasaputera Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2014
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +27 / -0
    wah... iya juga ya... Asteroidnya kegedean. :lol:
    Jaman es nya pun kecepetan ternyata. :hiks:

    Kayaknya gw musti banyak baca artikel tentang teori kepunahan Dinosaurus lebih banyak lagi deh... :ngacir:

    mengenai plotnya...
    sebenernya gw pengen nyeritain tentang perang yg terjadi antara 3 kubu. yaitu kubu manusia yg mengungsi ke luar angkasa, manusia yg berlindung menggunakan bahtera dan yg berlindung di bunker. manusia yg tinggal diluar angkasa yg pake peralatan serba modern, manusia bahtera yg jadi punya kekuatan super karena efek dari tabrakan asteroid dan manusia bunker yg merupakan satu2nya ras manusia yg masih percaya sama Tuhan.

    Jadi intinya gw pengen nyritain konflik tentang manusia yg hidup di Nirvana yg menjadi sombong dan menganggap mereka sendiri sebagai Dewa yg menganggap manusia lainnya itu hanya mahluk rendahan. Dan nantinya kesombongan mereka hancur oleh manusia yg masih percaya sama Tuhan.
    maka dari itu di awal cerita gw tulis "Tuhan akan bla...bla.. bla.." gitu.

    well, karena dari awalnya aja ternyata udah phail, kayanya nggak jadi gw posting deh. Gw matengin dulu konsepnya. :malu2:

    Makasih kk FairyflyFairyfly; yg udah menyempatkan waktunya buat baca coretan gw dan udah bikin review. :hmm:
    gw bakal belajar lagi buat nulis biar tulisanku bisa dinikmati oleh semua orang. :elegan:
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  9. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    Pertama mencermati awal kisah aku mikirnya bakal jadi kaya Armageddon, tapi diselewengin dari material yg diluar nalar dan perbedaan misi,
    lalu pas bagian tengah ada sisipan "nirvana" dan segala teknologinya,
    lagi-lagi disini ada sains yang disilapkan arahnya, apa itu terinspirasi dari film elysium ya :top:
    dan ending yang dipercepat, itu yang bikin pembaca terhenyak, gak mau secepat itu selesai.
    diatas tadi cm bisa menikmati bagian awal dan tengah, endingnya datar (JMO :peace:)
    Tiba-tiba penulis yang sedari tadi diam saat membaca ocehan momod angkat bicara.
    "maaf mas, ini cuma prolog.." tukas penulis.
    "kalau cuma prolog kenapa sedetail itu ya?" jawab momod sambil mikir dan garuk2 bibir.
    "em... anu mas, gini loh... " dengan sedikit membenahi bokong untuk duduk yg lebih nyaman, akhirnya penulis siap menjawab.

    :peace:
     
  10. dimasaputera Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2014
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +27 / -0
    Momod Iya_anIya_an; maafkan saya yg masih harus banyak belajar lagi... :sedih:
    Saya akan membenahi lagi cerita saya demi menjaga perdamaian Dunia... :maaf:

    Makasih ya Mod, udah mau mampir dan baca tulisan gw yg nggak jelas ini... :peluk:

    =========================
    Baru baca review tentang Elysium di imdb. Makasih mod udah ngasih tau... ntar malem gw dunlud muvinya. :elegan:
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  11. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    serius km baru tahu apa itu elysium :kaget:
    wah berarti jenius sekali imajinasi kamu :top:
    Kalu bener ini cm prolog, aku serius pingin nikmati kelanjutan ceritamu kaya apa nantinya :siul:
     
  12. dimasaputera Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2014
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +27 / -0
    Beneran mod, gw baru tau ternyata udah ada film yg idenya kaya gitu juga...
    Untuk kelanjutannya... mungkin agak lama Mod, soalnya gw pikir tuh prolog juga musti gw ubah dulu... :rokok:

    Makasih ya Mod komentarnya... :peluk:
     
  13. orange_doughnut M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2013
    Messages:
    1,738
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +427 / -0
    eh, elsyum :kaget:

    ternyata setelah diinget2 sama jg ya, ada alat penyembuhan portablenya :lol: udh lupa :swt:
     
  14. high_time Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    6,038
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +6,024 / -1
    komeng dolo ah

    "Tuhan akan selalu mengulurkan tangan-Nya kepada setiap umat-Nya yang meminta."


    serius, gw langsung kepikiran ceritanya agan Heilel pas ngeliat kalimat ini.

    hmm...habis itu bencana dari meteor. bikin keinget ama ceritanya agan lalat. pemaparan soal bencana meteornya juga gw ngebacanya sama persis kayak yang dijelasin di fic nya lalat, cuman beda gaya penulisan aja. mungkin bedanya juga ada di cara penyelesaian nya sih. situ pake bunker kalo lalat beda lagi. ditambah perbedaan soal meteornya bisa dihalau atau nggak.

    ada beberapa hal yang membuat gw ngebanding-bandingin fic situ ama ficnya lalat sih, tapi tenang aja, ini gak ada maksud apa2 sih.

    Wadah atau tubuh yang baru merupakam hasil rekayasa genetik. Sehingga paras, bentuk badan bahkan jenis kelamin dapat disesuaikan dengan keinginan orang yang akan memakai tubuh tersebut.


    hmm....potensial gender bender ini, jangan2 bakal masukin futanari dan tentakel juga kesini :ngacir:

    btw endingnya....gimana yah...sama sekali gak menyajikan suatu masalah ato konflik. gak ada jiwa baru, trus masalahnya apaan? apa yang ingin dikupas? gw rasanya kayak baca sebuah cerita yang akhirnya abis gitu aja tanpa ada kesimpulan yang berarti.

    bakalan beda ceritanya kalo misalnya....gini yah...para manusia nirvana itu, misalnya, pengen kembali ke bumi dan hidup seperti sedia kala, juga melakukan reuni dengan para manusia bunker. mereka muak dengan peraturan yang ada di sono, misalnya sistim itu telah membuat hidup mereka menjadi gak bermakna dan sebagainya. trus bakalan dikasih suatu tokoh sentral, idealnya sih seseorang yang berkaitan paling kuat dengan segala ketidakpuasan terhadap pemerintahan. mungkin aja seseorang yang mau memberontak terhadap keadaan.

    gw tiba2 jadi kepikiran plot ceritanya Attack on Titan nih.

    anyways, dilihat dari cerita sendiri sepertinya menarik sih...sepertinya....

    ditunggu kelanjutannya, tapi gw kalo komen suka tarsok sih.

    soal kompleks ato nggak sih, ya, gw sebenernya tipe2 yang lebih suka kalo prolognya mendetil. jadi gw bisa dapet gambaran yang bener2 jelas tentang segala sesuatu yang terjadi.

    malahan kalo asal tabrak aja gak pake perkenalan yang jelas segala macem, itu yang bikin gw bener2 bingung dan kalo kesel bakal langsung gw drop ceritanya gitu aja.
     
    Last edited: Mar 13, 2014
  15. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    yah gitu jadi tantangan buat sang penulis, kalau prolog aja udah lumayan detail gitu, nanti isinya harus lebih epic lagi dan njelimet,
    kalau kelanjutan gak ada masalah yg lebih kuat, bisa2 garing segaring2nya :garing:
    Sisi bagusnya dari pemaparan prolog yg detail, pembaca bisa mengetahui dan sudah bisa masuk kedalam cerita sebelum ke masalah inti,
    aku sih belum terlalu menjudge permasalahan, soalnya penulis jg masih bilang prolog, ntar aja gimana kelanjutannya :peace:
    paling gak chapter uno harus bisa masuk, [​IMG]
     
  16. high_time Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    6,038
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +6,024 / -1
    well itu tergantung dari penulis juga mau gimana buatnya. kalo gw sih gak terlalu masalah kalo awalnya kompleks tapi jadinya komedi plesetan asal gw enjoy aja bacanya.

    mungkin ada jenis pembaca tertentu yang mikir, kalo A begini, jadi B mesti begini. gw gak mau terlalu strict soal ini, yang penting penulis bisa dapat suatu ruang lowong buat ngembangin ceritanya dengan bebas. terutama 'kan karena ini karya pertamanya dia juga.
     
    Last edited: Mar 13, 2014
  17. dimasaputera Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2014
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +27 / -0
    Serius, gw baru tau ada film itu. Gw nggak niru cerita itu kk... Demi... Tu... kang... :sedih:

    Mengenai plotnya, udah gw ceritain tadi Mod di balasan komen buat kk Lalat.

    Jadi yg pengen gw ceritain di cerita ini adalah:
    Manusia Nirvana yg ngerasa mereka superior. Dan mereka udah nggak percaya lagi sama Tuhan. Karena kemajuan iptek mereka yg mereka pikir hampir menyamai kemampuan Tuhan.
    Sedangkan Manusia yg berlindung di Bahtera, gw jadiin mereka itu ibaratnya manusia yg kelakuannya kaya monster. Karena mereka kena mutasi gitu.
    Dan Manusia yg berlindung di Bunker adalah manusia yg nggak ada perubahan dari waktu asteroidnya jatuh. Dan mereka itu satu-satunya ras manusia yg masih percaya akan keberadaan Tuhan.

    Di cerita ini, gw pengen bikin perang antara ketiga kubu itu. Dengan pemenangnya adalah Manusia yg masih beriman. yg gw pengen sampein dalam cerita ini adalah bahwa Tuhan itu masih ada jika umat-Nya masih percaya.

    Duh... kok malah jadi dibocorin semua gini... :swt:

    Duh... padahal baru prolog doang yg gw pajang... tapi sampe para sepuh dan duo Momod turun langsung ke sini... gw merasa gagal... :hiks:

    Semuanya... maafkan saya... :maaf:
    Akan saya benahi lagi cerita saya ini... :maaf:
     
  18. orange_doughnut M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2013
    Messages:
    1,738
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +427 / -0
    ^^^

    nggak apa2 kok, mirip2 dikit juga. yg pentingkan ceritanya, ini juga baru masuk prolog :swt:
    terlalu cepat menjudge ini mirip dgn elsyum dan yg lain2nya.
    dunia fantasy jg kebanyakan peri, sihir, dan segala macam jg sama kok, kyknya. :lalala:
     
  19. high_time Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    6,038
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +6,024 / -1
    setau gw ada yang namanya foreshadowing, jadi dari akhir suatu chapter bisa terdapat suatu pemicu imajinasi mengenai apa yang terjadi di chapter berikutnya. nah, di sini gw sama sekali gak ketemu apa yang mau di foreshadowing di sini.

    kalo sebenernya plot yang mau dikembangin kayak gitu, mungkin ada baiknya coba dikasih hint bahwa yang terjadi di depannya bakalan seperti demikian. bisa dengan dialog, bisa dengan adegan. coba contoh aja film2 yang ada, baik series ato film bioskop.

    cuman sisanya terserah situ aja. sebenernya gak ada kata gagal sih disini, kita2 cuman bisa ngasih pendapat sesuai pandangan kita sendiri dan situ cuman mencoba menyajikan sesuatu berdasarkan imajinasi. saran gw sih gini aja, gak usah terlalu dimasukin hati deh saran2 yang ada. coba kembangin pelan2 dulu sesuka hati. kita juga tau kok kalo belajar juga gak bisa sekali jadi cepet, bahkan bertaon2 pun blom tentu cukup. saran2 yang ada sekedar jadi referensi aja, gak usah diikutin tok.

    akhir kata keep on writing aja.
     
  20. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    Nah ini dia yg ane gak demen ikutan komeng, dikira kami menjudge tulisan km jelek dan bla bla bla... :tega:
    sama sekali tidak, justru kami tertarik dengan jalan cerita yg bakal kamu usung disini :hihi:
    aku dan mod hightime mencoba menilai dari beberapa sudut pandang, dan intinya kami akan menikmati apa yg bakal kamu suguhkan
    soal nanti suka apa tidak tentu semua pembaca punya nilai yg relatif,

    penulis naskah sehebat kelas holywod aja masih kena kritik kok, :peace:
    lanjutkan nulismu dulu dan jangan gentar, aku menunggu dengan senang hati,
     
  21. dimasaputera Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 10, 2014
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +27 / -0
    Foreshadowing... baiklah Mod... makasih atas bimbingannya. :elegan:


    Gw bahagia karena tulisan panjang pertama gw udah di bimbing sama sesepuh di sini... gw jadi bersemangat. :onfire:

    Makasih semuanya atas bimbingan dan motivasinya... Gw bakal berusaha lebih keras lagi. :elegan:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.