1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News [Shoes] Pro dan Kontra Sepatu High heels

Discussion in 'Fashion' started by Estherzilla, Jan 21, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Estherzilla Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,761
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,246 / -0



    Pro dan Kontra Memakai High Heels

    [​IMG]
    Prologue









    Sepatu hak tinggi telah hadir dalam sejarah sejak 1500-an. Ketika itu, sepatu hak tinggi digunakan sebagai sepatu khusus laki-laki. Orang Eropa abad pertengahan mengenakan sepatu bersol kayu yang menjadi nenek moyang dari sepatu hak tinggi masa kini. Penggunaan sepatu hak tinggi juga sampai ke Persia, dimana para penunggang kuda menggunakan sepatu hak tinggi untuk menahan kaki mereka agar tidak tergelincir dari sanggurdi (pijakan kaki saat menunggang kuda).

    Sepatu hak tinggi memiliki efek yang kuat pada kesehatan dan estetika pemakainya. Sejak akhir perang dunia kedua, sepatu hak tinggi telah banyak ditinggalkan dan para pria berganti menggunakan sepatu berhak rendah atau flat. Meskipun kaum pria sudah tidak memakainya lagi, tetapi sepatu hak tinggi kembali populer pada akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990 dengan berubah fungsi menjadi sepatu yang fashionable, sehingga sepatu ini kembali menjadi sangat populer di kalangan wanita.

    Kini, Sepatu hak tinggi muncul dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Memakai sepatu hak tinggi tidak diragukan lagi dapat meningkatkan rasa percaya diri. Tidak hanya itu, Sepatu hak tinggi atau disebut juga High Heels cenderung untuk memberikan ilusi kaki yang lebih panjang dan lebih ramping bagi pemakainya. High heels juga dianggap stylish bagi kaum fashionista.


    Namun apakah semua itu sebanding dengan efek samping yang ditimbulkannya?

    Berikut adalah pro dan kontra high heels yang akan berguna bagi Anda untuk mendapatkan pandangan baru tentang mengenakan sepatu hak tinggi. Tulisan berikut juga akan menjelaskan efek jangka pendek dan jangka panjang sepatu hak tinggi terhadap tubuh.










    Pro/Keuntungan Memakai High Heels



    Kontra/Kerugian Memakai High Heels








    Alasan memakai high heels terutama adalah untuk estetika, yaitu:

    1. Sepatu hak tinggi dapat mengubah sudut pandang terhadap kaki pemakainya, sehingga dia akan terlihat lebih tinggi, kakinya terlihat lebih panjang dan lebih ramping.

    2. High heels juga mengubah postur pemakainya menjadi lebih tegak dengan mendorong pinggang ke depan sehingga dapat menonjolkan lekuk tubuh.

    3. Otot di tubuh akan sering berkontraksi dan relaksasi, terutama otot betis, sehingga dapat mengencangkan kaki seperti berolahraga. Tidak hanya itu, otot panggul juga menjadi lebih terlatih sehingga menjadi lebih kuat. Otot panggul biasanya menjadi lemah setelah kehamilan dan persalinan, sedangkan kaum wanita sering mengalami kesulitan untuk menemukan olahraga yang tepat untuk memperkuat daerah panggul, sehingga memakai sepatu hak tinggi dapat menjadi solusi.

    4. Lebih dari itu, high heels khususnya menambah tinggi badan pemakainya, sehingga hal ini menguntungkan bagi wanita dengan tubuh pendek.

    Dengan segala keuntungan di atas, pemakaian high heels dapat meningkatkan kepercayaan diri pemakainya dengan membuatnya terlihat seksi dan atraktif atau lebih menarik.







    Sebagian besar alasan untuk tidak mengenakan sepatu high heels adalah alasan kesehatan, yaitu:


    1. Salah satu efek samping dari pemakaian high heels adalah osteoarthritis. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas di negara bagian Iowa, Amerika Serikat, penggunaan sepatu hak tinggi yang berkepanjangan menyebabkan osteoarthritis pada lutut dan degenerasi pada persendian. Hal ini terjadi karena high heels memaksa lutut bekerja keras sehingga akhirnya sendi pada lutut mengalami degradasi.

    2. Efek samping lainnya adalah rasa sakit pada tumit dan telapak kaki. Terkadang rasa sakit ini disebabkan oleh capsulitis, yaitu peradangan jaringan pada persendian. Anda juga dapat mengalami mati rasa dan jari kaki yang kemerahan disebabkan oleh gangguan pada persendian. Selain itu, anda yang mengalami kesakitan pada ujung jari akan merasa lega saat melepas sepatu tersebut.

    3. Memakai sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan Morton's neuroma. Neuroma adalah tumor yang tumbuh pada jaringan saraf. Tumor ini cenderung jinak (tidak menyebabkan kanker). Morton's neuroma menyerang sistem saraf kaki yang menyebabkan kesakitan dan pada akhirnya akan mengalami mati rasa. Ketinggian hak sepatu dan sempitnya ujung sepatu menyebabkan jaringan di sekitar saraf jari kaki menebal, sehingga menyebabkan neuroma pada kaki. Gejala umumnya yaitu, rasa sakit menahan berat badan, kesemutan, dan mati rasa.

    4. Jika Anda memakai sepatu berhak tinggi selama lebih dari lima hari dalam seminggu, Anda akan menghadapi masalah pada tendon/urat. Kondisi ini menyebabkan penyusutan serat otot betis sebanyak 13%.
      Selain itu, menurut Journal of Experimental Biology, high heels juga dapat menebalkan tendon Achilles, yaitu tendon pada bagian belakang tungkai bawah. Para spesialis menyarankan latihan peregangan untuk membantu meredakan ketegangan pada tendon Achilles. Selain itu, masalah pada tendon ini mengubah posisi istirahat pergelangan kaki Anda yang menyebabkan kaki menunjuk lebih ke bawah daripada biasanya.

    5. Sepatu high heels juga dapat menyebabkan berbagai deformitas atau kelainan bentuk pada kaki, yaitu jari kaki bengkok (Hammer’s toe) dan pembesaran tulang ibu jari kaki (bunion). Bentuk lain dari deformitas yang disebabkan adalah pembesaran tulang pada bagian belakang tumit (haglund). Pada kelainan ini, jaringan dekat dengan tendon Achilles mengalami iritasi ketika tulang yang mengalami pembesaran bergesekan dengan sepatu.

    6. Pemakaian sepatu hak tinggi juga meningkatkan kemungkinan Anda mengalami keseleo atau bahkan patah tulang.

    7. Sepatu hak tinggi yang dianggap memperindah kaki juga dapat membuat betis menjadi lebih kaku dan berotot jika dipakai terus-menerus.

    8. Anda juga sering mengalami ketidakstabilan dalam berjalan dan menyebabkan Anda tidak dapat berlari.

    9. Meskipun sepatu hak tinggi dapat menegakkan punggung, tetapi juga menyebabkan sakit pada punggung bagian bawah.


    Tips and Trick









    Setelah Anda membaca ulasan di atas, tentu Anda merasa kaget melihat kerugian pemakaian sepatu hak tinggi yang lebih banyak daripada keuntungannya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir hingga membuang seluruh koleksi sepatu hak tinggi Anda karena ada beberapa trik sederhana yang dapat dilakukan agar Anda dapat tetap memakai sepatu hak tinggi dan sekaligus juga menjaga kesehatan.

    1. Gunakan sepatu dengan sol yang lebih tebal dan empuk, sehingga dapat memperkecil gesekan dari langkah Anda dan memperlama waktu Anda untuk berjalan dengan high heels tanpa kesakitan.
    2. Ketika Anda berencana mengikuti kegiatan yang memerlukan berjalan dan berdiri dalam waktu yang lama atau akan mengadakan perjalanan yang memerlukan waktu lama, Anda sebaiknya membawa sepasang sepatu tanpa hak yang nyaman sehingga Anda dapat mengganti sepatu sesukanya. Bawalah sepatu sneaker atau sepatu flat,sepatu hak rendah, atau bahkan sandal.
    3. Anda juga dapat membawa sneaker dalam mobil sehingga jika Anda merasa nyeri otot saat menyetir, Anda dapat mengganti dengan sepatu yang lebih nyaman.
    4. Variasikan koleksi sepatu Anda mulai dari yang berhak rendah hingga tinggi untuk mencegah pemakaian satu jenis sepatu secara terus menerus, sehingga Anda dapat menghindari nyeri otot.
    5. Seringlah memijatkan kaki Anda dan merendamnya dalam air hangat agar otot-otot kaki yang tegang menjadi lemas dan melegakan posisi kaki anda.

    "Baik sepatu hak tinggi maupun sepatu flat sama-sama memiliki pro dan kontra tersendiri, tetapi selama kita dapat mencegah diri kita dari masalah kesehatan yang disebabkan, kita dapat menggunakan sepatu apapun yang kita inginkan."
    :peace:

    Sources








     
    Last edited: May 31, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. phie3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 25, 2013
    Messages:
    210
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +146 / -1
    aku cuma pake high heels kalo pas kondangan aja :haha: itupun haknya g nyampe 5cm
    untuk sehari2 lbh sering pake flat shoes or wedges...
    pake sepatu wedges aja kdg suka pegel kalo dipake jalan lama :keringat:
     
  4. adamovich Members

    Offline

    Joined:
    Feb 16, 2012
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    high heels,, yes i like it,,

    no high heels, OMG i can't feel my passion to work,,

    tapi kalau santai ya sneaker aj cukup..
     
  5. Estherzilla Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,761
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,246 / -0
    I know that feeling :terharu:

    makanya meskipun side effectnya bikin ngeri, selama ada trik biar bisa tetap jaga kesehatan kaki, high heels tetep jadi favorit :peace:
    :hihi:
     
  6. taorent M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    261
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +106 / -0
    sering2 pijat refleksi buat menyeimbangkan efek samping dari heels.. :D
    kalo kebiasaan make heels kalo pas ga make emang jadi nya berasa aneh
     
  7. mikrojin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 3, 2014
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    flat shoes bahaya, high heels juga bahaya, sendal jepit juga :ohno:
    jadi bagusnya pake alas kaki apa dong :aghh:
     
  8. Estherzilla Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,761
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,246 / -0
    bagusnya itu kalau gantian kk :unyil:

    jadi nggak pakai flat shoes terus2an tapi juga nggak pakai high heels sering2. gantian :hmm:
    itu kan di atas udah ada triknya biar nggak bahaya :hihi:
     
  9. mikrojin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 3, 2014
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    abisan aku kalo udah suka sama satu sepatu suka khilaf sama yang lain, dianggurin hehehe :malu:
    makasih kk tipsnya :kiss:
     
  10. Estherzilla Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,761
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,246 / -0
    ya sudah, sekarang jangan gitu lagi :hihi: aku juga dulu gitu.. tapi sekarang nggak gitu lagi gara2 abis baca itu :XD:
    pokoknya semua yang berlebihan itu berbahaya.. jadi harus adil :unyil: :lol:
     
  11. okto2005 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 31, 2009
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    bisa di tambahin di atas man riding horse in high heel:

    [​IMG]
     
    Last edited by a moderator: Feb 28, 2014
  12. Estherzilla Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,761
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,246 / -0
    pakai stocking juga :lol:

    pemuda eropa abad pertengahan ga kalah fashionable sama perempuan ya :matabelo:
    :XD:
     
  13. Yuli M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    331
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +103 / -0
    ehehe...cuma punya 1 high heels...cuma dipake buat acara kondangan.
    Pernah nyoba sekali pake buat jalan2 (a.k.a nge-mall), rasanya...gimana yaa...beda banget efeknya ke PD diri dan tampilan saat lihat kaca. Kayak bukan kita yang biasanya...sekali2 asyik juga sih kalo ingin tampil beda. Tapi efek lainnya juga ngaruh ke telapak kaki dan betis yang tiba2 sakit, hehehe. Jalan2pun sambil nahan meringis..

    Kayaknya tipe high heels ala man riding horse bangsawan eropa jaman baheula itu tampak cukup nyaman dipake daripada heels wedges punyaku deh, hwehehehe.
     
  14. adetuciha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +135 / -0

    Dulu awal-awal pake heels, tiap malem kaki linu. Emang kudu dibiasain, dan di pijit santai tiap malem..
     
  15. plump M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 7, 2012
    Messages:
    1,216
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +334 / -1
    salut yang bisa pake high heels :matabelo: pake sepatunya pas diwajib in pake high heels itu aja ga tinggi² banget cuma 2-3 senti-nan
    berhubung juga kaki tidak biasa pake high heels sama kalo di lihat pakenya masih agak aneh kalo di lihat ini body (termasuk overweight :malu1:) + udah ketakutan sama side effect negatif kalo pake itu sepatu
    hari² biasa cuma sendal jepit + flat shoes , dan lebih suka kalo pake sepatu kets dipake :lalala: enak
     
  16. catdog Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 11, 2009
    Messages:
    36
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    aq suka sih liatnya wanita ber high heelss...tampak lebih anggun, tapi kasian juga pasti nahan sakit tuh palagi kl high heelnya tinggi banget hehe
     
  17. irsalina Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 11, 2013
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +0 / -1
    Pakai heela memang bikin tambah elegan.tapi penggunaan yg terlalu sering bkn bahaya.sebaiknya diselingi sm penggunaan wedges dan flat shoes sehingga.kaki gak cepat stress
     
  18. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,272
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,192 / -0
    Kebanyakan sepatu yg aku punya cuma wedges sama ballerina flat... kalo yg model peep toe, stilleto, yg runcing2 sich g punya soalnya takut patah waktu dipakai... :hihi:
    Kayaknya kalo high heels dipakai untuk sehari2 bisa menyebabkan sakit pinggang juga ya... :hmm:
    Kalo aku pake high heels cuma pas ada hajatan aja.... entah ini dibolehin ama agama atau g... soalnya kalo g pake high heels temen2 pada pake... dan kalo ngeyel g pakeee bakal keliatan kayak liliput... :sigh:

    [​IMG]
     
  19. razzler Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 12, 2014
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    ini itu bahaya, flat, high, lama lama kaki di perban aja, trus pergi kondangan deh
     
  20. purelunacy M V U

    Offline

    MILF hunter

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    2,401
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +611 / -11
    girl with highheels rules!!! .....

    kinda fetish but i like it ..like it...yes i do....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.