1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lounge IDWS Health Center 16th : Disleksia

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by nugrozipho, Jan 15, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,823
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,327 / -7



    [TH="background-color: #1E90FF, colspan: 2, align: center"]
    Welcome To IDWS Keep Up Your Health Lounge
    [/TH]


    [​IMG]



    [TH="background-color: #1E90FF, colspan: 2, align: center"]RULES[/TH]
    [TH="background-color: #1E90FF, colspan: 2, align: center"]Link Penting[/TH]

    1. Mengacu pada rules IDWS http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=4462
    2. Lounge = Ruang santai . So kalau mau ada yang OOT, ato mau diskusi santai It's Ok ~ It's Lounge
    3. Dilarang Dobel post, tri Post, dst dengan sengaja, Biasakan pake Multiquote
    4. Di harapkan tidak membawa/Menyinggung SARA dalam diskusi (Suku, Agama, Ras Dan Antar Golongan)
    5. Di harapkan Berbicara yang sopan dan santun
    6. No spam, no troll, no bot dan saling menghormati sesama member
    7. Reset setiap 100 page & TS berikutnya adalah member yang ngepost pada postingan yang ke #999
    8. Setiap TS diharapkan menyiapkan materi yang berhubungan dengan kesehatan untuk lounge selanjutnya, jadi ketika ada lounge baru, TS baru hanya perlu mengcopy dan begitu seterusnya Format penulisan loungenya = IDWS Health Center ( Part ) : Judul Materi
    9. NB : Rules bisa diubah kapan saja sesuai dengan kebutuhan thread dan perkembangan SF Intensive Health Unit



    DISLEKSIA

    [​IMG]

    Disleksia (Inggris: dyslexia) adalah sebuah kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis.

    Kata disleksia berasal dari bahasa Yunani δυς- dys- ("kesulitan untuk") dan λέξις lexis ("huruf" atau "leksikal").
    Pada umumnya keterbatasan ini hanya ditujukan pada kesulitan seseorang dalam membaca dan menulis, akan tetapi tidak terbatas dalam perkembangan kemampuan standar yang lain seperti kecerdasan, kemampuan menganalisa dan juga daya sensorik pada indera perasa.

    Terminologi disleksia juga digunakan untuk merujuk kepada kehilangan kemampuan membaca pada seseorang dikarenakan akibat kerusakan pada otak. Disleksia pada tipe ini sering disebut sebagai Aleksia. Selain memengaruhi kemampuan membaca dan menulis, disleksia juga ditengarai juga memengaruhi kemampuan berbicara pada beberapa pengidapnya.

    Penderita disleksia secara fisik tidak akan terlihat sebagai penderita. Disleksia tidak hanya terbatas pada ketidakmampuan seseorang untuk menyusun atau membaca kalimat dalam urutan terbalik tetapi juga dalam berbagai macam urutan, termasuk dari atas ke bawah, kiri dan kanan, dan sulit menerima perintah yang seharusnya dilanjutkan ke memori pada otak. Hal ini yang sering menyebabkan penderita disleksia dianggap tidak konsentrasi dalam beberapa hal. Dalam kasus lain, ditemukan pula bahwa penderita tidak dapat menjawab pertanyaan yang seperti uraian, panjang lebar.
    Para peneliti menemukan disfungsi ini disebabkan oleh kondisi dari biokimia otak yang tidak stabil dan juga dalam beberapa hal akibat bawaan keturunan dari orang tua.

    Ada dua tipe disleksia, yaitu developmental dyslexsia (bawaan sejak lahir) dan aquired dyslexsia (didapat karena gangguan atau perubahan cara otak kiri membaca). Developmental dyslexsia diderita sepanjang hidup pasien dan biasanya bersifat genetik. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyakit ini berkaitan dengan disfungsi daerah abu-abu pada otak. Disfungsi tersebut berhubungan dengan perubahan konektivitas di area fonologis (membaca). Beberapa tanda-tanda awal disleksia bawaan adalah telat berbicara, artikulasi tidak jelas dan terbalik-balik, kesulitan mempelajari bentuk dan bunyi huruf-huruf, bingung antara konsep ruang dan waktu, serta kesulitan mencerna instruksi verbal, cepat, dan berurutan. Pada usia sekolah, umumnya penderita disleksia dapat mengalami kesulitan menggabungkan huruf menjadi kata, kesulitan membaca, kesulitan memegang alat tulis dengan baik, dan kesulitan dalam menerima.

    Tokoh-tokoh terkenal yang diketahui mempunyai disfungsi disleksia adalah Albert Einstein, Tom Cruise, Bella Thorne, Orlando Bloom, Whoopi Goldberg, Lee Kuan Yew Vanessa Amorosi, dan Florence Welch.

    Disleksia Bisa Dideteksi Lebih Dini
    Disleksia dapat didiagnosis dengan menggunakan scan otak bahkan sebelum anak bisa membaca. Saat ini, disleksia biasanya didiagnosis ketika anak-anak berusia sekitar enam atau tujuh-tahun. Saat itu, mereka sudah memasuki usia sekolah.

    “Kami sangat tertarik untuk melihat otak anak-anak sebelum mereka bisa membaca dan melihat jenis-jenis perbedaannya (antara otak normal dan otak anak diseleksia),” kata Profesor John Gabrieli, salah satu peneliti, kepada Daily Mail, Rabu, 14 Agustus 2013.

    Profesor John Gabrieli dan para peneliti lainnya dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Cambridge, Inggris bekerja sama dengan Rumah Sakit Anak Boston. Mereka menemukan ada korelasi antara kemampuan membaca yang buruk dan ukuran area otak yang mengatur pengolahan bahasa.

    Penelitian sebelumnya yang dilakukan pada orang dewasa yang kesulitan membaca ditemukan, bagian otak yang dikenal sebagai fasciculus arkuata ternyata berukuran lebih kecil dan kurang terorganisir dibandingkan dengan orang dewasa yang bisa membaca dengan baik. Namun, tidak diketahui secara pasti, apakah perbedaan ini penyebab kesulitan membaca atau ini terjadi karena kurangnya pengalaman membaca. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan scan bagian otak tersebut pada anak usia pra-membaca.

    Dalam penelitian ini, sebanyak 40 anak usia 4 dan 5 tahun melakukan scan otak. Sebelumnya, mereka dites keterampilan pra-membaca. Scan otak ini akan memperlihatkan ukuran dan organisasi materi putih di otak yang berfungsi untuk membawa informasi di daerah otak.

    Para peneliti berfokus pada tiga saluran materi putih yang berkaitan dengan keterampilan membaca. Semuanya terletak di sisi kiri otak. Ketiga bagian otak itu yakni fasciculus arkuata, fasciculus inferior (ILF) dan fasciculus superior (SLF).

    Ketika membandingkan scan otak dan hasil dari beberapa jenis tes pra-membaca, para peneliti menemukan korelasi antara ukuran dan organisasi fasciculus arkuata dan kinerja pada tes.

    Hasilnya, fasciculus arkuata yang lebih besar dan terorganisis dapat membantu komunikasi antara dua wilayah di otak. Hal inilah yang menunjukkan bagaimana seseorang jauh dari kemungkinan diseleksia.

    Dengan mengetahui kemungkinan risiko diseleksia sejak dini, peneliti berharap disleksia bisa ditangani lebih awal sehingga akan benar-benar bisa sembuh saat anak memasuki usia bisa membaca.

    Anda Menderita Disleksia? Ini Penyebabnya
    Sebuah studi menemukan bahwa disleksia (ketidakmampuan membaca dan berbicara) adalah akibat dari masalah konektivitas otak. Para ilmuwan memperkirakan bahwa gangguan ini mempengaruhi lebih dari 10 persen populasi dunia.

    Seperti dikutip Livescience, Jumat, 6 Desember 2013, beberapa hipotesis menyatakan, pada orang dengan disleksia, suara yang terwakili dalam otak akan terganggu. Sementara hipotesis lainnya berpendapat bahwa otak pada orang disleksia dapat merepresentasikan suara dengan benar, hanya ada kesalahan dalam mengakses karena koneksi otak yang rusak.

    Biasanya, ketika seseorang membaca atau mendengar bahasa, otak akan memetakan kemudian merepresentasikan kata-kata yang disebut dengan fonem. Representasi otak ini harus kuat. Misalnya pada suara 'b', otak harus memetakan kategori yang sama. Peta otak juga harus berbeda ketika membedakan bunyi huruf yang hampir sama, seperti 'b' dan 'd'.

    Dalam studi terbaru, Bart Boets, psikolog klinis di KU Leuven, Belgia, dan timnya menggunakan pencitraan otak untuk menguji hipotesis tentang disleksia. Para peneliti memindai otak 23 remaja dengan disleksia dan 22 remaja normal. Mereka mencermati seberapa akurat otak akan memetakan suara.

    Temuan mereka menunjukkan bahwa disleksia berasal dari kegagalan koneksi ke bagian otak yang merepresentasikan suara. "Datanya utuh. Tapi koneksi untuk mengakses data ini yang terdegradasi. Mungkin terlalu lambat atau entah bagaimana bisa terdistorsi," kata Boets.

    Para responden dengan gangguan disleksia memiliki konektivitas yang buruk, terutama di daerah lobus frontal otak. Bagian otak ini berfungsi menghubungkan produksi suara serta bagian otak pendengaran kiri dan kanan. Selain itu, orang-orang dengan koneksi otak buruk memperlihatkan hasil buruk saat membaca dan berbicara.


    Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Disleksia | http://www.tempo.co/
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Jan 15, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,823
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,327 / -7
    :apa: Total Posts 1,008 [h=2]Who Posted?[/h]​

    1. Posts 113 hidayat246
    2. Posts 110 nugrozipho
    3. Posts 86 wewe201002
    4. Posts 77 muchtarluthfi
    5. Posts 76 reyes
    6. Posts 60 HartantoShine
    7. Posts 52 eRiff
    8. Posts 47 orkay
    9. Posts 40 Delhyb
    10. Posts 39 blu3phant0m
    11. Posts 34 Hurricane100
    12. Posts 33 Iya_an
    13. Posts 32 udhienbong
    14. Posts 23 aizy
    15. Posts 19 ryanzpratama
    16. Posts 18 Sunday_KNIGHT
    17. Posts 18 scarlet26
    18. Posts 15 mskcm
    19. Posts 12 diurela
    20. Posts 9 athrun83
    21. Posts 8 khuswanto
    22. Posts 8 Cocodoll
    23. Posts 7 Naomi246
    24. Posts 6 lion
    25. Posts 6 banuharsa
    26. Posts 5 NickPowell
    27. Posts 5 tgr_dongyi
    28. Posts 4 orochi0000
    29. Posts 4 temtembubu
    30. Posts 4 Louis444
    31. Posts 3 sakubakugan
    32. Posts 3 ilmawihastika
    33. Posts 2 indobooker
    34. Posts 2 leroux
    35. Posts 2 annna
    36. Posts 2 phunixid
    37. Posts 2 blue_boice
    38. Posts 2 sylvia16
    39. Posts 2 kinur
    40. Posts 2 sikat
    41. Posts 2 fuikisama
    42. Posts 1 555
    43. Posts 1 ayepuzzt
    44. Posts 1 Lodiss
    45. Posts 1 encek
    46. Posts 1 coeng
    47. Posts 1 taka
    48. Posts 1 SilverBoYs
    49. Posts 1 vin_zhi
    50. Posts 1 makanlele
    51. Posts 1 Marco86
    52. Posts 1 anjying
    53. Posts 1 choli
    54. Posts 1 moraq
    55. Posts 1 ricki


    Page generated in 0.192 seconds with 8 queries.
     
    Last edited: Jan 15, 2014
  4. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,104 / -89
    [​IMG] mejeng dulu gans
     
  5. muchtarluthfi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 13, 2012
    Messages:
    9,761
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,410 / -1
    rumah baru :iii:
     
  6. diurela M V U

    Offline

    Innocent

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    2,724
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +1,535 / -45
    sekerippp[​IMG]
     
  7. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,823
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,327 / -7
  8. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,104 / -89
    Lebih tepatnya klinik baru [​IMG]

    semoga pasiennya nambah dan susternya makin cantik [​IMG]
     
  9. muchtarluthfi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 13, 2012
    Messages:
    9,761
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,410 / -1
    semoga si dayat terkabul doanya untuk jadi momod [​IMG]
     
  10. Delhyb M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    843
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +22,150 / -0
    klinik baru [​IMG]
     
  11. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,104 / -89
    berdoa mulai :doa:

    tapi dimana :garing:

    :hi:
     
  12. Cocodoll M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 26, 2012
    Messages:
    2,293
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +467 / -0
    Klinik baru nih.... :sembah: summon PandavinPandavin
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  13. Delhyb M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    843
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +22,150 / -0
    :hi: mbah..
    :doa: smoga bs terkabul jd mod toku brng pak satpam
     
  14. tyazcutex M V U

    Offline

    송원, 레벨업, 무무

    Joined:
    Jan 11, 2012
    Messages:
    7,513
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +24,978 / -0
    temanya disleksia :iii:

    kaya di drakor PMaI, bapaknya Da Jung jg kena disleksia :sedih:
     
  15. wewe201002 M V U

    Offline

    U see ≠ U know

    Joined:
    Jul 24, 2012
    Messages:
    6,168
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +7,053 / -82
    Udah pindah aja [​IMG]






    Sent from my Closet using Flask ~ rarely shown up ت ~
     
  16. HartantoShine M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 18, 2012
    Messages:
    7,794
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,997 / -0
    Klinik baru :hehe:
     
  17. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,823
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,327 / -7
    summon lagi biar gak sepi :gotdrink:
     
  18. acehkhan12 M V U

    Offline

    جان چوك

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,580
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,526 / -1
    +1 dulu di rumah sehat..:malu
     
  19. wewe201002 M V U

    Offline

    U see ≠ U know

    Joined:
    Jul 24, 2012
    Messages:
    6,168
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +7,053 / -82
    list up 2, knp yg sukses cuma atu :voodoo:
     
  20. athrun83 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 11, 2012
    Messages:
    4,393
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +3,358 / -6
    hanya sembilan post toh saia disini ternyata :iii:
     
  21. Delhyb M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    843
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +22,150 / -0
    ga usah di itung om, berasa berat k'lo di itungin mulu, pa lg pas lounge nya di reset[​IMG]
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.