1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Review Kawasaki Versys 650

Discussion in 'Otomotif' started by tpinandi, Jan 4, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. tpinandi Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 16, 2013
    Messages:
    307
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +195 / -0
    [​IMG]

    1. Ergonomi

    Kenyamanan yang didapatkan pada saat touring luar kota ternyata juga dirasakan pada saat menembus kepadatan jalan raya. Posisi duduk yang tegak dan alami pada prakteknya membuat tubuh tidak mudah lelah ketika harus terhenti atau merayap di kemacetan. Kalau anda memperhatikan pada saat berhenti di lampu merah, biasanya rider sportbike yang posisinya merunduk akan sejenak menegakkan dan melemaskan tubuhnya dengan lega akhhhhh…. Di Versys? pegel apaan?

    [​IMG]

    2. Handling

    Posisi tubuh yang tegak dan motor yang tinggi (ingat lebih tinggi ketimbang Z800) membuat visibility kita atas traffic di depan lebih baik. Ini memberikan informasi kepada kita pilihan sisi jalan yang lebih longgar untuk diambil. Informasi ini juga mudah untuk dieksekusi karena Versys adalah motor yang nimble (lincah). Awalnya saya skeptis dengan stang bar yang lebar. Iya sih lebar, enak, tapi wah nyangkut spion mobil pasti. Kenyataannya, posisi stang ternyata lebih tinggi dari kebanyakan posisi spion mobil. Bro dan Sis bisa lihat di video yang saya unggah, betapa saya cukup comfortable utk overtake kendaraan lain, krn posisi stang yang lebih tinggi. Stang yang lebih lebar juga membuat derajat belok lebih presisi. Lebih enak ketimbang Verde (Er6 saya) yang stangnya lebih sempit dan menekuk ke belakang.

    [​IMG]

    3. Suspensi

    Salah satu sumber derita yang akrab dengan pengendara dalam kota, selain macet, adalah polisi tidur. Apalagi kalau melewati jalan lingkungan, bisa-bisa tiap 5 meter ada polisi tidur. Saya pernah menghitung, asli iseng banget, dari kantor ke rumah ada 76 polisi tidur dengan ketinggian dan bentuk yang beraneka ragam. Beberapa wilayah RT nampaknya cukup kalap sampai-sampai polisi tidur dibuat hampir seperti segitiga. Ber-DNA multi-purpose, suspensi showa yang ditanamkan di kaki Versys membuat derita itu cukup berkurang. Travel lengan shock yang panjang memungkinkan kerja suspensi yang lebih maksimal. Begitu pula pada saat harus memotong di jalanan tanah yang bergerinjal, getaran tetap terasa nyaman dan yang terpenting ban tetap menapak.

    [​IMG]
    [​IMG]

    4. Heat Management

    Derita lain dari pengendara Er6n. Setelah beberapa menit berjalan lambat, fan akan menyala. Masih tetap lambat? panas akan menerpa dan perlahan memanggang kaki kanan. Pada Versys panas masih terasa pada saat kemacetan, namun menurut saya tidak semengganggu Er6. Mungkin ini disebabkan kompresi mesin Versys yang lebih rendah ketimbang Er6.

    Kesimpulan Akhir:

    Versys bukanlah motor tercantik yang bisa kita punya dengan uang 120an juta. Kawasaki perlu memikirkan apa yang harus dilakukan dengan front end (sisi muka) Versys yang menurut saya kurang inspiratif.

    [​IMG]
    Daerah yg tidak diarsir sudah bagus sekali..

    Tapi Versys adalah motor bagi mereka yang tahu “there is more to than meets the eye”. Para rider matang yang tidak lagi mengejar bling bling atau cling cling. Mereka yang bersedia pergi lebih jauh untuk mematangkan diri sebagai rider. Apakah anda jenuh dengan small talk rider pemula tentang teknikalitas atau bahkan warna jalu paddock anda dan ingin pergi, keluar, seeing places, mengamati kehidupan di tempat yang asing dan berbeda? Anda membutuhkan companion, multi-purpose yang bisa diandalkan seperti Versys.

    Saya bertemu dengan beberapa rider Versys. Ada kesamaan karakter dan sikap yang saya perhatikan. Riding adalah tentang menjelajah dan mengalami.

    —————————————–

    *catatan tentang pricing.

    Dengan suspensi showa upside-down yg superior dan arm aluminium, harga Versys sekarang menurut saya agak terlalu dekat dibandingkan Er6 series, underpriced.

    Bagi mereka yang awalnya ingin upgrade dari Er6 series ke 4 silinder seperti Z800 atau ZX6R, positioning harga (relatif dekat) dan kelebihan Versys (sebagai motor jelajah) bisa menjadi alternatif yang sangat layak dipertimbangkan.

    :thx: :grp: :idwspiss:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. hbiebatc Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    jinjit balet pake nih motor, seat heightny selisih 60mm sm ninja 250
     
  4. tpinandi Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 16, 2013
    Messages:
    307
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +195 / -0
    ya gitu deh bro.. emang tingginya berapa bro?
     
  5. hbiebatc Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    1650mm, kaki bs napak pas bgt klo di n250, hehe
     
  6. otayuuri M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 31, 2013
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +154 / -0
    jarak ke tanah/ground clearance terlalu rendah untuk adventure, hanya 180mm.
    padahal DtrackerX bisa sampai 265mm.
    atau bagi yang tidak mempermasalahkan inverted fork maka KLR650 bisa jadi pilihan.
     
  7. deluxo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    multi-purpose bike. keren. tp ya memang bagian mukanya harus di permak, agak gimanaaa gitu, hehee
     
  8. tpinandi Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 16, 2013
    Messages:
    307
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +195 / -0
    samaan dong.. iya, pas test drive emang rada jinjit.. :p
     
  9. tpinandi Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 16, 2013
    Messages:
    307
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +195 / -0
    ini motor jalanan bro.. buat turing doang.. :p
     
  10. tpinandi Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 16, 2013
    Messages:
    307
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +195 / -0
    menurut ane, udah macho banget itu broo..
     
  11. loserkids29 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 28, 2011
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +1,109 / -0
    Saya tinggi 170cm pernah coba numpakin Versys punya teman, masih agak perlu jingkit terutama kalo pake jeans yg agak ketat.
     
  12. tpinandi Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 16, 2013
    Messages:
    307
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +195 / -0
    emang motor bule ini gan..
     
  13. AlsaDwiHadi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 8, 2010
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    modelnya kayak motor" dakar ya om.. emang di desain buat touring jauh, kalo buat harian mah lumayan juga isi bengsinyahh..
     
  14. loserkids29 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 28, 2011
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +1,109 / -0
    Iya gan.. Kalo mo cari nyaman kayanya kurang ya kalo utk ukuran badan Asia. Masih lebih nyaman bawa Z250 :D
     
  15. kimurazzzz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 30, 2011
    Messages:
    74
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    keren gan motornya tp sayang gak bisa buat harian di kota jakarta yang macet ini :hehe::hehe:
    pasti berasa tuh panasnya..
     
  16. 3dycosmo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 26, 2010
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +8 / -0
    tu knalpot d bawah ya, mksdnya agak k bawah ketimbang yg motor laen
    klo banjir ga bisa d apa2-in deh
     
  17. fjet Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 23, 2013
    Messages:
    67
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +2 / -0
    kalodilihat sepintas bagian depan kok kaya honda cs-1 yah :???:
     
  18. ronaldpajeko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 8, 2013
    Messages:
    785
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +1,287 / -1
    Lumayan keren sih gan, tapi masi lebih keren Hypermotard:top:

    [​IMG]
     
  19. apcmngl Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    Modelnya kayak Touring Adventurernya BMW ama KTM nyang dipake di reli paris dakar
     
  20. Gaige Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 19, 2014
    Messages:
    380
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +347 / -0
    Wah ternyata suspensinya enak toh :malu, cocok buat aneh nih :top: secara banyak polisi tidur juga dari rumah-kantor-kampus :dead:
     
  21. Gh0striderz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 20, 2012
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +4 / -0
    bisa ngawang dan jinjit balet juga kalo naik ini..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.