1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Tips Berkendara Saat Terpaksa Melewati Banjir

Discussion in 'Otomotif' started by Lodiss, Dec 6, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Lodiss M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    11,320
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,232 / -8

    Semoga Tips nya berguna bagi temen2 disini
    Sory klo :repost: tolong dihapus aja
    Klo suka :thx:
     
    Last edited: Dec 6, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. acehkhan12 M V U

    Offline

    جان چوك

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,580
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,526 / -1
    itu yg trik mengeringkan tromol rem dgn cara injek rem dan gas bersamaan sambil berjalan pelan..
    apa ga ngaruh ke kampas rem nya gan..?
    iya sih, meski ga jauh jaraknya..
    atau asal ga sering2 aja, khusus abis melewati genangan air kah..?
    btw, kadang jg dgn kaki kanan saja bisa kok injek gas dan rem bersamaan..
    telapak kakinya dibikin nyamping horizontal di kedua pedal..
    :???:
    dan yg terpenting klo banjir/genang air..
    hati2 kendaraan sepeda motor d depan..
    karena mereka yg kebanyakan jg milih jalan agak ditengah jg..
    sama2 cari genangan air yg rendah..
    :XD:
     
  4. cloud17 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 23, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    ada 1 lg yg penting tp susah di lakuin, kl mesti terobos banjir, berjalan lah di blkg gelombang air, lmyn membantu utk mobil rendah
     
  5. sewell Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 4, 2013
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    sangat bermanfaat gan. thanks info nya. sedikit tambaha. untuk

    9. Kemudikan mobil sedikit ke tengah

    Karena kondisi permukaan jalan tak tampak tertutup air, maka batas antara aspal dan bahu jalan tak kelihatan. Biasanya ada beda ketinggian di situ. Untuk menghindari terperosok ke bahu jalan, sebaiknya ambil haluan sedikit ke tengah.

    itu alasan nya karena pada saat pembuatan jalan memang tidak benar2 rata. dimana di tengah jalan lebih tinggi (bukan biasanya, tp seharusnya). hal ini dimaksudnya apabila terjadi hujan, maka air akan ke permukaan lebih rendah (di bagian samping jalan) sehingga bisa langsung ke selokan. gitu. (tp kalau kondisi banjir yaa airnya gak ngalir sih sebenernya. hahahhaha)
     
  6. rfaeisal Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 12, 2010
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    mantap infonya semoga bermanfaat!
     
  7. hbiebatc Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo motor dikira2 pnting aer jgn ampe masuk lewat intake
     
  8. deluxo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    di knalpot itu ada kalanya "back pressure" atau tekanan balik masuk, itu yg bahaya.
    kalo ane sih biasanya pake gigi 2 jalan dengan rpm rendah konstan, mainnya rem jangan main gas. sekali gas di angkat, air bakal masuk lewat knalpot.
    CMIIW
     
  9. jimbonks Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 14, 2010
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    kalo ane ga berani gan nerobos banjir yg udah ampe 50cm
     
  10. javax Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 25, 2008
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1,895 / -0
    KALO pake motor gan??? perlu ekstension selang di knalpot cukup kah?
     
  11. gitspio Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +2 / -0
    nambahinnih, usahakan agar filter udara tidak kemasukan air karena bisa masuk ke dalam karburator.
     
  12. eonkjagoanneon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 9, 2013
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    tips bermanfaat :D
    soalnye ane sering kebanjiran tiap ujan hahaha
     
  13. soLLasido Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 22, 2011
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +12 / -0
    liat kalo ada genangan air, kalo genangan airnya keruh banget itu tandanya jalannya lobang dalem, ati2 gan, banyak yg sering jatuh
     
  14. mpixz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 4, 2010
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    kalo di motor yang penting busi, kalo knalpot kemasukan air tapi mesin masih ngegas gk masalah, toh kedorong keluar lagi, nah kalo busi mati udah susah, biasanya korban kasus yang kaya gini motor bebek...
     
  15. tornadojozz800 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 19, 2014
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +11 / -0
    Satu lagi gan. Putaran mesin jangan terlalu tinggi. Karena waktu putaran mesin tinggi otomatis udara yg disedot oleh mesin juga lebih kenceng, sehingga air rentan ikut tersedot masuk.
    Sama hati2 dgn kendaraan yg datang dari arah berlawanan, karena gelombang air yg disebabkannya bisa berbahaya buat kendaraan kita
     
  16. dannyliem Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 10, 2012
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +5 / -0
    yg penting banjirnya gak lebih dari knalpot aja.trus gasnya di urut pelan2
     
  17. ronaldpajeko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 8, 2013
    Messages:
    785
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +1,287 / -1
    Thanks tips nya gan sangat bermanfaat:niceinfo:
     
  18. siiajo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    Thanks banget infonya gan, sangat bermanfaat bagi ane waktu musim banjir..hehehehe
     
  19. Gwedopank Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 20, 2010
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +26 / -0
    nice tips... very usefull..
     
  20. reeze_wind Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +37 / -1
    hati2 sama lobang pothole yang gak keliatan.. lagi asik2 nerjang banjir terus masuk pothole itu sungguh tiada tara lho rasanya
     
  21. 1stpKlosr Members

    Offline

    Joined:
    Oct 3, 2008
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Jaga jarak sama kendaraan didepan juga perlu diperhitungkan biar putaran mesin ngga langsung turun drastis banget dan untuk perhitungan jarak pengereman karena ngga sebagus kalau pas kering jadi ngga tabrakan beruntun.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.