1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Makan-makan Kericu cemilan khas Bangka Belitung

Discussion in 'Travelling and Culinary' started by naoko, Oct 31, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. naoko M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    152
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +138 / -0
    [​IMG]

    Kericu merupakan salah satu makanan ringan/cemilan khas dari Kepulauan Bangka Belitung. Kericu atau telur cumi-cumi ini terkenal karena rasanya yang enak, gurih dan bergizi tinggi. Membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan dan ingin menikmatinya lagi. Bangka Belitung memang kaya akan wisata pantainya, namun disamping itu Bangka Belitung juga kaya akan kulinernya yang kebanyakan berbahan dasar dari laut. Seperti kericu ini misalnya, bahan dasar kericu ini adalah telur cumi-cumi, maka dari itu kericu ini juga sering disebut telur cumi-cumi atau telur sotong (Sotong = Cumi-Cumi.red*).

    Seperti halnya kemplang dan keritek, industri pembuatan kericu ini juga masih dalam kategori industri rumah tangga yang kebanyakan diusahakan oleh kaum ibu-ibu rumah tangga. Sentra penghasil kericu ini beragam, mulai dari Pangkalpinang, Sungailiat, Belinyu dan masih banyak lagi di tiap kecamatan yang ada di Bangka Belitung. Namun yang terkenal dan yang paling banyak diminati adalah kericu dari Kecamatan Belinyu. Katanya soal rasa kericu Belinyu lebih enak dan gurih. Namun itu tergantung dari masing-masing individu juga. Banyak juga kericu dari daerah lain yang menjadi minat wisatawan. Dan yang pasti kita bangga dengan keanekaragaman kuliner kita.

    Penganan ringan yang satu ini juga sangat mudah dijumpai diseluruh kecamatan di Kepulauan Bangka Belitung. Karena sudah menjadi makanan cemilan sehari-hari, meski begitu cemilan ini juga nikmat jika disajikan bersama-sama dengan nasi. Kericu ini juga cocok dijadikan oleh-oleh sehabis liburan ke Bangka Belitung ataupun oleh-oleh untuk dibawa bepergian ke luar Bangka.
    Bahan utama pembuatan makanan khas Bangka yang bernama kericu ini adalah telur cumi-cumi dan sagu (tapioka). Telur cumi-cumi mula-mula dicuci hingga bersih terlebih dahulu sampai terpisah antara telur dengan kotorannya, lalu ditiriskan. Kemudian telur tersebut digiling dengan menggunakan penggilingan ikan. Telur cumi-cumi yang telah halus itu dicampur dengan telur ayam, garam dan bumbu penyedap lalu diaduk rata. Setelah tercampur rata hingga menyerupai bubur, masukkan sagu hingga menjadi adonan yang siap dibentuk. Kemudian bentuk adonan sesuai selera Anda, biasanya kericu dibentuk seperti lenjeran kecil. Adonan yang telah dibentuk langsung direndam kedalam minyak dingin agar tidak menyatu antara satu dengan lainnya. Panaskan minyak goreng di dalam wajan, setelah panas lalu kericu yang telah direndam tersebut dimasukkan ke dalam penggorengan. Angkat setelah masak dan ditiriskan hingga kering. Kericu siap untuk disajikan dan dinikmati.

    [​IMG]

    Jika Anda berminat dan ingin mencoba kericu ini silahkan cari di sentra oleh-oleh khas Bangka. Anda bisa mendapatkan kericu ini dengan harga sekitar Rp. 100.000,-/Kg.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.