1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cara Mencegah Mur Baut Velg Tidak Macet

Discussion in 'Otomotif' started by franssnt, Oct 12, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. franssnt Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 27, 2013
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +8 / -0
    Cara Mencegah Mur Baut Velg Tidak Macet

    Sumber

    Pernah sulit membuka baut roda mobil ketika mengalami ban kempis? Pemicunya bisa karena pemasangan tidak pas (miring). Yang berbahaya lagi, bila bagian itu sampai lepas karena ulirnya sudah termakan (dol) atau ukurannya tidak pas. Selain itu, model pengunci roda ada dua, tanam atau tancap.
    Untuk mencegah baut roda macet, ikuti langkah-langkah di bawah ini.


    1. Pemilihan mur dan baut
    Perhatikan tonjolan (cones) dari mur atau baut. Jika tak sesuai (ngeplak) sama velg, maka itu pasti bikin lubang velg tergerus. “Bisa juga karena titik ‘gigit’ antara tonjolan dan velg cuma sedikit dan tidak merata,” bilang Felix dari gerai velg Revolution, Radio Dalam, Jakarta Selatan.
    2. Derat/ulir
    Derat harus sesuai dengan lubang di teromol. Kalau derat di baut terlampau besar (kasar) dan dipaksakan, maka hal itu akan membuat ulir di lubang teromol termakan (rusak). Jika sudah terpasang, maka baut susah dibuka.
    3. Gemuk
    Jika baut roda sudah berkarat, maka hal itu bisa mengakibatkan baut susah dibuka atau seret. Sebaiknya, sebelum dipasang, olesi baut dengan gemuk. Namun, jangan terlalu banyak karena baut bisa tidak masuk dengan sempurna.
    4. Mengencangkan berlebihan
    Disarankan, jangan mengencangkan baut atau mur berlebihan karena bisa bikin ulir pengunci roda itu rusak. Lebih parah, jika kualitas baut atau mur tidak bagus. Ini bisa mengakibatkan baut menjadi mulur.
    5. Kencangkan menyilang
    Setiap roda mobil umumnya ada yang “diikat” dengan 4 atau 5 baut. Malah, sebagian jenis SUV menggunakan 6 baut. Kita ambil contoh yang 4 baut. Pengencangannya dilakukan secara menyilang (huruf X) agar kekuatan merata di setiap baut. Kalau terdiri dari 5 baut, maka lakukan pemasangan baut menyilang menyerupai bintang. Disarankan, setiap pemasangan baut jangan langsung dikencangkan. Pasang dulu semuanya, baru lakukan pengencangan menyilang.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. alenopac Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 10, 2010
    Messages:
    73
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +47 / -0
    wah baut ane udh doll nih berarti..=(
    akibatnya ap y klu baut kendor?
     
  4. yanarta23 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 22, 2013
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo setau ane itu tergantung mainin gas nya gan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.