1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lain-lain Vespa rider - idws

Discussion in 'Otomotif' started by coodelz, Sep 20, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. coodelz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    757
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +2,665 / -0
    :toa:
    SELAMAT DATANG DI THREAD VESPA RIDER IDWS


    [​IMG]
    Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia, Juga sering disebut Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok.dan vespa menjadi salah satu alat transportasi yang modern sampai saat ini. Vespa juga termasuk alat transportasi yang ekonomis, karena harganya yang relatif murah tapi tetap berkualitas. akhir-akhir ini pula vespa mulai mengeluarkan produk baru nya yaitu vespa matic.WIKI


    Asal Mula

    Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.


    Lahir Kembali

    Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.

    Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.

    Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ''kaki lima'' merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino d'Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.

    Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah/tawon) karena bentuk kerangkanya.

    Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.

    D’ascanio hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, ia secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini dinamakan ‘Vespa’ (tawon dalam bahasa Indonesia). Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia.

    Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.

    Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India -- selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.

    Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an.

    Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ''revolusi'' bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.

    Produk 150 GS -- kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an -- memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.


    Sejarah Vespa di Indonesia


    “Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh “Vespa Congo”. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesiaterhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congosaat itu.

    Menurut beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.

    Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Sampai saat ini Indonesia mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.sumber

    Link-link penting




    silahkan yang mau berbagi tips, sharing event, modifikasi, maintanance, restorasi atau yang lainnya di trit ini
    nambah kenalan, tambah teman, nambah sodara
    [​IMG]
     
    Last edited: Jan 21, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. coodelz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    757
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +2,665 / -0
    salken dulu
    username : coodelz
    Alamat : Kuningan, Jawa Barat
    sekarang saya pake Vespa Sprint Veloce 150 '77, foto vespa nyusul mau didandanin dulu biar ganteng :elegan:

    semoga ketemu scooterist lain disini, ayo ramein threadnya
     
  4. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    Vespa Gembel;Rats Scooter

    [h=3]Vespa Gembel;Rats Scooter[/h]
    (saya menyebutnya: Troopers)

    Saya yakin banyak sekali komentar miring tentang komunitas/ pengguna/ penggendara ini, tapi itupun kebebasan kita untuk berpendapat. Boleh saja, asal tidak melecehkan atau mengintimidasi terlalu personal. Terlepas dari itu, saya termasuk orang yang mengagumi komunitas/kendaraan ini. Bagi saya, mereka dapat di istilahkan KEREN.

    Kekaguman saya datang dari beragam sudut padang. Sosial, Budaya, Idealisme, seni, otomotif, Skill, Anti kemapanan, Hobi, Gaya hidup, Kebebasan berekpresi, petualang dan humor.^^

    Keberadaan mereka mencerminkan “Anti Kemapanan”. Dimana karena ulah pengurus negara Indonesia ini, kesenjangan semakin ketara.Yang kaya semakin tidak menghargai yang kekurangan. Lebih mementingkan kehidupan pribadi, pamer kekayaan, sombong dan tak lagi peduli sosial. Jika dalam Industri musik, mungkin mereka bisa disejalankan dengan sejarah musik “Punk”. Jika kesombongan menonjolkan kekayaan dan kemewahan, mereka justru menonjolkan kekumuhan, kegembelan. Miskin. Seakan menyuarakan, inilah potret sebenarnya negeri ini.

    Jika anda mengatakan keberadaan Vespa Gembel itu mengganggu dan kotor, Koruptor di negeri ini lebih kotor dan busuk dibalik segala harta dan gelar. Jika Anda mengatakan keberadaan vespa Gembel itu penyebab kemacetan, pengurus jalan di negara inilah yang memang kurang pintar untuk menata infrastruktur di negeri ini. Jalanan yang sering berlubang, perbaikan jalan yang terkesan amatir dan mudah rusak.

    Segala macam jenis bahkan sampah yang di tempel menambah kesan kusam. Kadang ada terlihat seperti rumah kumuh berjalan. Inipun mengingatkan saya bahwa masalah sampah selalu menjadi masalah dinegeri ini bahkan dunia. Negeri ini sangat terbelakang dalam pengolahan sampah. Ehem..di Tjiper juga sedang ada masalah untuk hal ini.-.-

    Jika anda mengatakan mereka urakan, justru kebanyak mereka orangnya bersahabat.

    Design modifikasi yang di buat benar-benar bebas tanpa batas. Nyentrik, ekstrim tapi memang layak untuk di kendarai dengan mesin yang mampu menjelajahi antar kota bahkan pulau. Dan ternyata mengendarai Vespa Jenis ini tidaklah mudah, butuh pengalaman dan skill yang cukup untuk berkendara di jalan raya. Bayangkan, berkendara dengan kendaraan yang kadang lebih pendek dan terlihat tidak “aerodinamika” diantara kendaraan truck, container dan lainnya. Solidaritas antar pengguna vespa juga memang sudah banyak di kenal di negara ini. Tolong menolong dan saling menghargai di antara komunitasnya sangat kental.

    Melihat mereka, saya membayangkan dunia film “Mad Max” atau bahkan “starwars” dengan musik punk bahkan metal. Dangdut juga tetep “matching” untuk setting Vespa gembel ini. Lebih kental nuansa lokalnya.^^

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    Tetapi seperti halnya manusia yang tidak selalu sempurna, begitupun para trooper. Saya pribadi sangat menyarankan bagi pengguna kendaraan ini untuk menambahkan lampu penerangan. Agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Karena kadang masih banyak para Troopers tidak menggunakan lampu penerangan. Tambah lentera atau petromak sepertinya lebih bagus^^

    sumber
     
    • Like Like x 1
  5. pangshit1 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 27, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    masih sepi banget ya??

    salam kenal dlu deh, vespa lx 150ie, domisili jakarta barat...

    dan sekarang lagi nyari2 ban belakang nih, tadi nyari ke otista lagi kosong semua sadiss..
     
  6. AlsaDwiHadi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 8, 2010
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    cuma mau kasih info om, kalo mau ambil ban belakang yang murah mending ambil yg merek swa**ow, jangan ambil yg merek i*c, soalnya bisa bikin spakbor yg di dalem bolong, karna kegesek sama bannya, udah banyak kasusnya om.

    salam kenal all
    domisili ciputat
    -vespa lx 150ie
    -vespa pk 125 automatica (corsa)

    masih sepi penghuni threadnya.. hehe
     
  7. fahrezaranda Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 4, 2012
    Messages:
    89
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    jadi pengen beli vespa wkwkawakwak
     
  8. pangshit1 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 27, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    yahh telat om, gw baru aja beli yang irc, emang c agak gede ban nya tapi masa bisa bikin bolong c kan gak mentok bang?
     
  9. coodelz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    757
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +2,665 / -0
    Salken om, vespa saya malah belum pernah ganti ban :facepalm:
    salken om iya masih sepi nih tretnya tenggelam
    ayo beli aja om dijamin hubungan sama istri/pacar jadi lebih harmonis :lol:

    yang mampir modern vespa semua, ayo yang classic boleh ikut meramaikan juga disini
     
  10. AlsaDwiHadi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 8, 2010
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    saya juga belom pernah pake sih om hehe, tapi udah banyak kasusnya, jadi bannya gesekan sama spakbor yg di dalem, rajin" cek aja om, sayang spakbornya. hehe

    ayoo beli, ga bakal rugi pake vespa....

    salken juga om, yok disundul biar rameeeeee...

    Nih vespa classic saya omm
    [​IMG]
     
    Last edited: Jan 22, 2014
  11. syakhrandi Members

    Offline

    Joined:
    Jan 30, 2014
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    salken om.....
    name : Randy
    Nick name : Ding-Dong
    Asal : makassar sulawesi-selatan
    club : Slankuters Nusantara chapter gowa sul-sel

    salam kenal om dan salam mesin kanan....... saya anggota Slankuters Nusantara chapter Gowa sulawesi-selatan yang lain mana nih ?? ada nggak ??? salam buat scooteris nusantara... ada gak yg masuk event JSR ???
     
  12. AlsaDwiHadi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 8, 2010
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    salam kenal om randy, waduh saya pribadi jarang ikut event" gitu.. mungkin yg lainnya..
    yok diramein yuuu threadnya..
     
  13. coodelz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    757
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +2,665 / -0
    kalo event lokal sih saya lumayan sering hadir, nah kalo JSR dari dulu pengen ikut sebenernya cuma tanggalnya suka mentok pas minggu2 UAS euy.
    kemaren pas 2012 di TMII padahal hampir berangkat saya baru sampe cirebon ditelpon dijalan, ada keluarga yang kena musibah jadi ga bisa nyusul ke jakarta.
    taun depan semoga bisa ikut meramaikan lah, katanya di jatim ya?
     
  14. deadmau5 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 25, 2010
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,101 / -0
    Salam Vespa... #SatuVespaSejutaSaudara
    Salam kenal semuanya..

    Name : Vany
    Nick : Deadmau5
    Asal : Tegal, Jateng
    Vespa : PX 150 Tahun 1984, LX 150ie 3V Tahun 2013

    Ayo kita rameken thread nya..
    teetot teetottt...
    :ogtop:
     
    Last edited: Feb 17, 2014
  15. midnightfog Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 29, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +7 / -0
    ijin gabung yaaa..
    vespa primavera thn 72. lokasi jakarta barat. kalau ada info ada yang jual karbu 100cc boleh dong pm2in. ngomong2 corsa nya mulus juga bro alsadwihadi. lampu sen belakang nya masih mulus banget tuh kayanya hehe
     
  16. deadmau5 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 25, 2010
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,101 / -0
    yuhuuu...
    selamat bergabung bro.


    weekend nih..
    saat nya berVesparia..
    :ogcutebig:
     
  17. syakhrandi Members

    Offline

    Joined:
    Jan 30, 2014
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    tahun dpn jg gak tau d mna om... jalan* lah skali* ke selatan... :)
     
  18. syakhrandi Members

    Offline

    Joined:
    Jan 30, 2014
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    oke om salam kenal... :)
     
  19. tornadojozz800 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 19, 2014
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +11 / -0
    Saya pake Super 72 sama Corsa 95 om... salam kenal...
     
  20. tornadojozz800 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 19, 2014
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +11 / -0
    Ada yg tahu dimana beli mika sein belakang kiri Corsa? Saya cari2 di toko dan online banyakan tinggal yg kanan doang
     
  21. arianggara13 Members

    Offline

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    Salam mesin kanan agan2 sekalian, ngopi2 lah kita kalo ketemuan dijalan, hehehe...
    Ari Anggara, Bintaro Jaya Tangsel
    Vespa Super 1976

    [​IMG]
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.