1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ask Sejarah PDRI

Discussion in 'History and Culture' started by bilie_joe, Sep 4, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. bilie_joe Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 30, 2012
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +203 / -9
    Permisi..
    Saya sangat tertarik dengan sejarah PDRI (Pemerintahan Darurat RI). Sejarah mengenai peristiwa ini sangat minim dalam buku-buku teks sejarah, bahkan kadang terkesan sengaja dilupakan. Padahal peristiwa penyelamatan kedaulatan RI tersebut sangat penting dalam menentukan kelangsungan negara pada saat itu.
    Nah, jika rekan-rekan mempunyai banyak keterangan mengenai sajarah ini, mohon di share, kalo ada ebook nya akan sangat bermanfaat sekali..
    Terima kasih..
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Si Paling IDWS

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    26,423
    Trophy Points:
    368
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,834 / -3
    masa sih peristiwa itu sangat minim di dalam buku2 teks sejarah.
    itu pelajaran SMA bukannya ya :swt:

    coba baca dari wiki deh,
    cukup kredible kok penjelasannya disana,

    Pemerintahan Darurat Republik Indonesia

    Tidak lama setelah ibukota RI di Yogyakarta dikuasai Belanda dalam Agresi Militer Belanda II, mereka berulangkali menyiarkan berita bahwa RI sudah bubar. Karena para pemimpinnya, seperti Soekarno, Hatta dan Syahrir sudah menyerah dan ditahan.

    Mendengar berita bahwa tentara Belanda telah menduduki ibukota Yogyakarta dan menangkap sebagian besar pimpinan Pemerintahan Republik Indonesia, tanggal 19 Desember sore hari, Mr. Syafruddin Prawiranegara bersama Kol. Hidayat, Panglima Tentara dan Teritorium Sumatera, mengunjungi Mr. Teuku Mohammad Hasan, Gubernur Sumatera/Ketua Komisaris Pemerintah Pusat di kediamannya, untuk mengadakan perundingan. Malam itu juga mereka meninggalkan Bukittinggi menuju Halaban, daerah perkebunan teh, 15 Km di selatan kota Payakumbuh.

    Sejumlah tokoh pimpinan republik yang berada di Sumatera Barat dapat berkumpul di Halaban, dan pada 22 Desember 1948 mereka mengadakan rapat yang dihadiri antara lain oleh Mr. Syafruddin Prawiranegara, Mr. T. M. Hassan, Mr. Sutan Mohammad Rasjid, Kolonel Hidayat, Mr. Lukman Hakim, Ir. Indracahya, Ir. Mananti Sitompul, Maryono Danubroto, Direktur BNI Mr. A. Karim, Rusli Rahim dan Mr. Latif. Walaupun secara resmi kawat Presiden Soekarno belum diterima, tanggal 22 Desember 1948, sesuai dengan konsep yang telah disiapkan, maka dalam rapat tersebut diputuskan untuk membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI), dengan susunan sebagai berikut:

    Mr. Syafruddin Prawiranegara, Ketua PDRI/Menteri Pertahanan/ Menteri Penerangan/Menteri Luar Negeri ad interim
    Mr. T. M. Hassan, Wakil Ketua PDRI/Menteri Dalam Negeri/Menteri PPK/Menteri Agama,
    Mr. Sutan Mohammad Rasjid, Menteri Keamanan/Menteri Sosial, Pembangunan, Pemuda,
    Mr. Lukman Hakim, Menteri Keuangan/Menteri Kehakiman,
    Ir. M. Sitompul, Menteri Pekerjaan Umum/Menteri Kesehatan,
    Ir. Indracaya, Menteri Perhubungan/Menteri Kemakmuran.

    Keesokan harinya, 23 Desember 1948, Sjafruddin berpidato:

    "... Belanda menyerang pada hari Minggu, hari yang biasa dipergunakan oleh kaum Nasrani untuk memuja Tuhan. Mereka menyerang pada saat tidak lama lagi akan merayakan hari Natal Isa AS, hari suci dan perdamaian bagi umat Nasrani. Justru karena itu semuanya, maka lebih-lebih perbuatan Belanda yang mengakui dirinya beragama Kristen, menunjukkan lebih jelas dan nyata sifat dan tabiat bangsa Belanda: Liciknya, curangnya, dan kejamnya.

    Karena serangan tiba-tiba itu mereka telah berhasil menawan Presiden, Wakil Presiden, Perdana Menteri, dan beberapa pembesar lain. Dengan demikian, mereka menduga menghadapi suatu keadaan negara republik Indonesia yang dapat disamakan dengan Belanda sendiri pada suatu saat negaranya diduduki Jerman dalam Perang Dunia II, ketika rakyatnya kehilangan akal, pemimpinnya putus asa dan negaranya tidak dapat ditolong lagi.

    Tetapi kita membuktikan bahwa perhitungan Belanda itu sama sekali meleset. Belanda mengira bahwa dengan ditawannya pemimpin-pemimpin kita yang tertinggi, pemimpin-pemimpin lain akan putus asa. Negara RI tidak tergantung kepada Sukarno-Hatta, sekalipun kedua pemimpin itu sangat berharga bagi kita. Patah tumbuh hilang berganti.

    Kepada seluruh Angkatan Perang Negara RI kami serukan: Bertempurlah, gempurlah Belanda di mana saja dan dengan apa saja mereka dapat dibasmi. Jangan letakkan senjata, menghentikan tembak-menembak kalau belum ada perintah dari pemerintah yang kami pimpin. Camkanlah hal ini untuk menghindarkan tipuan-tipuan musuh."

    Sejak itu PDRI menjadi musuh nomor satu Belanda. Tokoh-tokoh PDRI harus bergerak terus sambil menyamar untuk menghindari kejaran dan serangan Belanda.

    Mr. T.M Hasan yang menjabat sebagai Wakil Ketua PDRI, merangkap Menteri Dalam Negeri, Agama, Pendidikan dan Kebudayaan, menuturkannya bahwa rombongan mereka kerap tidur di hutan belukar, di pinggir sungai Batanghari, dan sangat kekurangan bahan makanan. Mereka pun harus menggotong radio dan berbagai perlengkapan lain. Kondisi PDRI yang selalu bergerilya keluar masuk hutan itu diejek radio Belanda sebagai Pemerintah Dalam Rimba Indonesia.

    Sjafruddin membalas,

    Kami meskipun dalam rimba, masih tetap di wilayah RI, karena itu kami pemerintah yang sah. Tapi, Belanda waktu negerinya diduduki Jerman, pemerintahnya mengungsi ke Inggris. Padahal menurut UUD-nya sendiri menyatakan bahwa kedudukan pemerintah haruslah di wilayah kekuasaannya. Apakah Inggris jadi wilayah kekuasaan Belanda? Yang jelas pemerintah Belanda tidak sah.

    Source





    saya rasa cukup baca darisana juga bisa, itu masi pengetahuan umum soalnya :keringat:
    abaikan dialog pada teksnya, cukup dibaca untuk tau aja, secara garis besar seperti itu,
     
  4. bilie_joe Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 30, 2012
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +203 / -9
    yg itu saya udah baca bos, bersama sepintas keterangan2 lain yg biasa nya nyelip dalam buku2 sejarah. yg saya pengen tau kalo ada yg punya detil nya.
    setelah itu dilanjutkan dengan kekecewaan penyelamat2 bangsa tersebut beserta pejuang sumatera terhadap pemerintahan Soekarno, memicu terjadinya PRRI yg tokohnya adalah juga tokoh2 PDRI.
    dikemudian hari ada pro dan kontra jg dalam sejarah peristiwa ini. seperti: seharusnya presiden kedua RI adalah Mr. Sjafrudin Prawiranegara.


    saya banyak baca tentang ini tapi cuma potongan2 kaya gitu. cuma seperti artikel dalam surat kabar. kalo ada yg punya tambahannya saya mohon pencerahan..
     
  5. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Si Paling IDWS

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    26,423
    Trophy Points:
    368
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,834 / -3
    ada 2 buku yang saya baca tentang ini : SIM karangan MC Ricklefs dan kamus sejarah Indonesia karangan Robert Cribb ( keduanya sudah dialihabahasakan )
    terakhir saya baca tahun lalu jadi ingatkan saya kalau ada salah ya, agak lupa juga soalnya, :maaf:

    ada persamaan dari kedua peristiwa tersebut,
    1. PKI terlibat,
    2. Syarifuddin Prawiranegara jadi tokoh yang dominan,
    3. Moh. Hata ada di pihak yang pro, Soekarno di pihak yang kontra,

    detail seperti apa yang kamu butuhkan ? konflik ? setting ? tokoh yang terlibat ? atau apa ?

    penyelamat2 bangsa, siapa yang kamu maksud ? dan kenapa kamu bisa mengatakan kalau mereka kecewa ( ini kecewa terhadap apa dan ketika peristiwa apa ),
    PDRI dibentuk dari hasil reaksi pemerintah kita dengan Belanda,
    PRRI dibentuk dari hasil reaksi pemerintahan Soekarno yang berkoalisi dengan PKI disertai diskriminasi ekonomi, dimana daerah2 di luar Jawa melihat sebagian besar kekayaan dan sumber daya mereka disalurkan ke Jawa,

    secara konflik, jelas PDRI dan PRRI memiliki "sumbu" yang berbeda, sehingga biarpun ada tokoh yang sama terlibat diantara kedua peristiwa tersebut, tetap saja, bukan berarti tokoh itu memicu terjadinya PRRI/PDRI sekalipun,

    Syarifuddin Prawiranegara seharusnya jadi presiden kedua RI ? kutipan mana yang mengatakan demikian ?
    bagaimana beliau jadi presiden kalau beliau hanya memandang dirinya sendiri sebagai penerus sah pemerintahan Republik tanpa "suara yang sah", toh pada awalnya beliau hanya diutus oleh Moh Hatta untuk membentuk pemerintahan di sumatra ( PDRI case ) dan ini kayaknya juga salah satu taktik pemerintah untuk mengendalikan kekacauan di Jawa pada tahun 1948,
     
  6. bilie_joe Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 30, 2012
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +203 / -9
    berbeda pandangan itu biasa kan bos. makanya saya ingin menemukan sumber yang lebih banyak mengenai peristiwa ini. terimakasih buat referensi buku nya karna saya belum ketemu buku yg bos sebutkan. mungkin jadi arahan saya juga dalam mencari keterangan2 mengenai ini..
     
  7. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Si Paling IDWS

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    26,423
    Trophy Points:
    368
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,834 / -3
    okay ... saya juga masih belajar kok,
    buku itu cetakan terbaru kok, berhubung kalau beli mahal, tapi di perpus2 kota biasanya ada, dan layak baca, gak ngebosenin,

    closed ya ... terimakasih atas responnya :bye:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.