1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Dispacement/cc bukanlah penentu cepatnya suatu kendaraan

Discussion in 'Otomotif' started by otayuuri, Aug 23, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. otayuuri M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 31, 2013
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +154 / -0
    suatu mesin dengan cc besar tidak menjamin jalannya kencang.
    misalnya toyota kijang dengan cc 2000 akan kalah dengan mazda rx-8 yang cc-nya 1300.

    banyak faktor yang menentukan cepatnya suatu kendaraan.
    namun jika ingin mengetahui dengan data yang minimal maka bisa memperkirakannya dengan:
    1.melihat besarnya HP(horsepower) mesin.
    2.melihat berapa berat kendaraan, dan membandingkannya dengan power kendaraan tersebut (power to weight ratio)
    3.melihat red line kendaraan (jika tidak memungkinkan maka melihat max peak power/rpm) semakin besar rpm maka semakin cepat mesin tersebut
    4.melihat rasio transmisi
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. choli SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,145
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,220 / -19
    :lol:

    Jangan ngebandingin family car dengan sport car donk..
    Itu sama aja ngebandingin domba dengan kuda...


    Trus emang ada lagi gitu dengan spek yang sama ama rx-8 tapi lebih cepet dari rx-8...
    :iii:
     
  4. nn_oye Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2013
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +5 / -0
    heheh, rx-8 kan mesinnya beda gan. dia ga pake silinder, tapi pake mesin wankel. walaupun cc cuma 1300, tapi konsumsi bahan bakar jangan ditanya, boros banget.
     
  5. cobalt73R Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 6, 2012
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    om TS,gw tambahin ya
    liatnya itu konfigurasi mesinnya,V kah?,inline kah?
    sama konfigurasi headnya,DOHC kah? SOHC kah? berapa klep per silindernya?
    rasio kompresi juga berpengaruh

    ambil contoh yamaha R125 mesinnya 125cc,tapi power di cranknya itu 15 HP,karena rasio kompresinya 11:1
    kalau dibanding vixion lama yang basis mesinnya sama dengan R125,cuma borenya dibesarkan,power vixion lama cuma sedikit DIBAWAH 15 HP padahal 150cc,25cc lebih besar dari R125,karena kompresi vixion 10.3:1
    makin tinggi kompresi makin besar tenaga ledakan bahan bakar yang terjadi di duang bakar

    RPM ga bisa jadi titik acuan,mesin diesel untuk cc yang sama pasti punya range RPM yang lebih sempit daripada mesin bensin
    sama halnya dengan konfigurasi mesin,mesin V punya range RPM yang lebih kecil,daripada mesin inline
     
  6. mr_satanz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 20, 2009
    Messages:
    108
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +718 / -0
    Dilihat dari judulnya emang bener gan, CC ga mempengaruhi kecepatan, tapi HP yang mempengaruhi
     
  7. varre M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 21, 2012
    Messages:
    549
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +416 / -0
    contoh perbandingannya sih sadis juga loh..
    mobil keluarga ama mobil sport.. :lol:
    tapi emang bener, soal speed jgn liat dari cc..
     
  8. hbiebatc Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wah perbandingannya -_-
    konstruksi sasis jg pengaruh banyak lo gan..
     
  9. deluxo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    masih banyak gan faktornya. Konfigurasi mesin, kompresi ruang bakar, type mesin, belom lagi traksi roda ke aspal, dll.
    maklum ane kuliah di teknik mesin, walau di kuliah ga pernah diajarin, hehee
     
  10. mpixz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 4, 2010
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    cc mh buat volume ruang bakar doang gan, tetep konfigurasi mesin, timing pengapian, kelistrikan, bentuk aerodinamis mobil, setting downforce, banyak gan sampe kaki kaki
     
  11. togu_hasibuan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 25, 2012
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +4 / -0
    setau ane CC itu buat power nya doank makin besar makin kuat apalagi buat bawa beban, kalo lari belum tentu, itu tergantung setingan mesin, aerodinamis, dan juga masalah kaki serta ban
     
  12. chryshartoko Members

    Offline

    Joined:
    Jan 23, 2014
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    kasian kijangnya :(

    konfigurasi mesin di perhatikan juga gan
    V engine? atau in-line? atau boxer kah??
    pengaruh ke tenaga juga lumayan besar
     
  13. skywest Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 29, 2011
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    wwkwkkwkw
    ya jelas kencengan rx8 lah gan
    jenis mesinyya aja udah beda rotary sama piston -_-"
     
  14. cloud17 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 23, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    transmisi kl gw blg paling ngaruh ke kecepatan.. xenia 1000cc banding 1100 picanto gw, msh lbh kenceng picanto gw.. cc n tenaga hmpr sama, tp xenia final gear nya gede, jd max speed kurang
     
  15. rianz_inside Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 23, 2010
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    nah ini yang ane bingung. kayak motor aprillia atau kawasaki 85. cc nya kecil tapi kok mantep bener yah tenaganya
     
  16. bhocay Members

    Offline

    Joined:
    Aug 27, 2012
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -2
    Menurut ane sih yang paling pengaruh sih di Teknologi Mesinnya gan
     
  17. ade_1 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 27, 2012
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    liat juga tipe mesinnya.
    1300cc rottary lawan 2000cc inline 4 cylinder ya jelas menang yg 1300cc.
    tp kalo irit lbh irit yg 2000cc.
     
  18. blackslimz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 10, 2012
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Kapasitas mesin (CC) emang bukan penentu cepatnya suatu kendaraan gan, horse power juga bukan...

    engine dengan tipe yang sama, dikendaraan yang berbeda bisa beda hasilnya...
    itu dipengaruhi dari ECU mapping (program di ecu nya), rasio transmisi dan rear axle (gardan), pengapiannya (busi, kabel busi, coil), bisa juga dari aero dinamis bodi nya...semakin bentuknya mendekati bentuk tetesan air(tear drop) makin bagus aero dinamisnya (semakin kurang tahanan terhadap angin saat melaju) contohnya kayak BUGGATI Veyron...

    kalo agan2 mau liat itu kendaraan kenceng atau ngga, liat aja di technical specification-nya yang menunjukkan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kecepatan tertentu...

    misalnya :

    - Mercedes SLS 63 AMG 0-100KM/h : 4,8 sec...yang berarti kendaraan tersebut untuk berada di kecepatan 100km per jam cuma butuh waktu 4,8 detik
    dst...
     
  19. john_lo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 20, 2008
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    semua pabrikan mobil pasti desain mesin sesuai dengan kebutuhan type mobil nya

    kalo bahas mesin antara CC dan tenaga ini berbeda2 untuk masing2 type mesin

    secara garis besar aja gasoline : 2 stroke, 4 stroke, turbo apa ngga, rotary engine

    diesel : 2 stroke, 4 stroke, common rail apa ngga, turbo apa ngga
     
  20. leowsy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 10, 2011
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    faktor non mekanis alias orang yg bawa kendaraan jg ngaruh kok gan :D
     
  21. ryudo91 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 11, 2011
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    faktor bbm juga ...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.