1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fenomena 10 Legenda hantu populer di Jepang

Discussion in 'Dunia Lain' started by cleo7, Aug 17, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. cleo7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2011
    Messages:
    737
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +4,402 / -0
    10 Legenda hantu populer di Jepang
    [​IMG]
    Setiap negara memiliki urband legend yang populer dan dipercaya oleh masyarakat setempat. Urban legend adalah sebuah cerita misterius yang tidak tahu asal-mulanya namun menyebar cepat di masyarakat. Di Jepang, kita juga bisa menemukan beragam legenda hantu menyeramkan yang populer dan dipercayai keberadaannya. Penasaran? Berikut adalah sepuluh legenda hantu yang populer di Jepang.

    1. Nure-Onna

    [​IMG]

    Dalam cerita rakyat Jepang, Nure-onna adalah hantu yang digambarkan menyerupai makhluk amfibi dengan kepala seorang wanita dan tubuh ular. Namun deskripsi tentang penampilan Nure-onna sangat bervariasi dan sering berubah-ubah. Sebagian orang menggambarkannya memiliki tubuh sepanjang 300 m dan memiliki mata seperti ular, cakar panjang, taring panjang, dan rambut panjang yang indah. Penampakan Nure-onna biasanya ditemukan di pantai atau sungai. Ketika itu, dia terlihat sedang mencuci rambutnya yang panjang.

    2. Hitobashira

    [​IMG]

    Hitobashira atau manusia pilar, merupakan orang-orang yang sengaja dikubur hidup-hidup di dalam proyek-proyek konstruksi skala besar. Cerita ini bahkan telah beredar di Jepang sejak zaman kuno. Kisah tersebut paling sering dikaitkan dengan pembangunan istana, tanggul dan jembatan. Hal ini didasarkan pada legenda-legenda tua yang dilatarbelakangi pada kepercayaan kuno bahwa struktur yang lebih stabil dan tahan lama hanya dapat dicapai dengan mengubur manusia hidup-hidup sebagai persembahan kepada para dewa.

    3. Hanako-san atau Toire no Hanako-san

    [​IMG]

    Hanako-san atau Toire no Hanako-san (Hanako toilet) adalah legenda urban Jepang yang mengisahkan tentang hantu gadis muda yang menghantui kamar mandi sekolah. Dia akan muncul jika seseorang meneriakkan namanya. Menurut legenda, seseorang yang masuk ke bilik ketiga di sebuah kamar mandi wanita di lantai tiga dan mengetuk tiga kali sebelum bertanya "Apakah kau di sana, Hanako-san", akan mendengar jawaban "Aku di sini". Ketika dia memasuki bilik toilet tersebut akan ada seorang gadis kecil memakai rok merah yang memandangnya.

    4. Teke teke

    [​IMG]

    Teke Teke adalah sosok hantu wanita muda yang jatuh ke jalur rel dan tubuhnya kemudian terpotong ketika kereta melaju menabraknya. Dia lalu berubah menjadi seorang roh pendendam yang digambarkan senang membawa sabit dan berjalan dengan kedua tangan atau sikunya. Dia akan menyeret tubuh bagian atasnya ketika berjalan sehingga menimbulkan suara teke teke. Siapapun yang bertemu dengannya di malam hari akan menjadi korban kebengisan teke teke. Hantu wanita ini akan mengiris tubuh korbannya menjadi dua agar mereka mati dalam kondisi cacat seperti dirinya.

    5. Jinmenken

    [​IMG]

    Jinmenken adalah anjing berwajah manusia yang konon akan muncul pada malam hari di daerah perkotaan Jepang dan berjalan di sepanjang jalan raya dengan kecepatan sangat cepat. Jinmenken juga bisa bicara, namun beberapa warga mengatakan bahwa mereka sedikit kasar dan tidak suka diganggu. Menurut pengakuan warga yang pernah bertemu hantu Jepang ini, jinmenken tidak pernah membunuh manusia.

    6. Aka Manto


    Aka Manto adalah urban legend terkenal dari Jepang yang menceritakan sosok roh jahat yang menghantui toilet sekolah. Roh itu akan bertanya apakah orang itu minta tisu merah atau biru. Dalam beberapa versi, Aka Manto dikisahkan sering menanyakan apakah seseorang ingin jubah merah atau biru. Sering digambarkan sebagai seorang pria tampan yang terus-menerus diburu oleh pengagumnya, Aka Manto suka memakai topeng untuk menyembunyikan wajahnya. Ketika seseorang sedang duduk di toilet, suara misterius akan muncul dan menanyakan apakah orang itu ingin tisu merah atau biru. Jika orang itu menjawab tisu merah, dia akan diiris terpisah sampai pakaiannya berwarna merah. Jika orang itu memilih tisu biru, dia akan dicekik sampai wajahnya membiru. Setiap usaha untuk mengakali Aka Manto dengan meminta warna yang berbeda akan menyebabkan seseorang diseret ke akhirat. Satu-satunya jawaban yang benar adalah dengan mengatakan tidak ada tisu.

    7. Kuchisake-onna

    [​IMG]

    Ada sebuah legenda di Jepang dan China yang menceritakan tentang seorang gadis bernama Kuchisake-Onna. Beberapa orang mengatakan bahwa ia adalah istri seorang samurai. Suatu hari, ia berselingkuh dengan pria yang lebih muda dan lebih tampan. Ketika suaminya pulang, ia menemukan pengkhianatan istrinya. Karena murka, ia mengambil pedangnya dan merobek mulut istrinya dari telinga kanan hingga ke telinga kiri. Ada yang mengatakan bahwa wanita itu dikutuk untuk tidak pernah mati, dan hingga sekarang masih mengembara di dunia.

    8. Gashadokuro

    [​IMG]

    Dalam cerita rakyat Jepang, gashadokuro atau juga dikenal sebagai Odokuro (kerangka kelaparan) adalah kerangka raksasa yang berukuran lima belas kali lebih tinggi daripada rata-rata manusia normal. Jika Gashadokuro melihat seorang manusia, maka ia akan meraih dan mencoba untuk menggigit kepala korban dengan gigi raksasanya. Gashadokuro diciptakan dari tulang yang dikumpulkan dari orang yang telah meninggal karena kelaparan. Satu-satunya cara untuk mendeteksi kemunculan gashadokuro adalah dengan mendengar dering di telinga seseorang.

    9. Rokurokubi

    [​IMG]

    Rokurokubi terkait dengan kisah Nure-onna yang juga ditemukan dalam cerita rakyat Jepang. Mereka tampak seperti manusia normal pada siang hari, tetapi pada malam hari mereka akan mendapatkan kemampuan untuk meregangkan leher mereka. Mereka juga bisa mengubah wajah mereka untuk menakut-nakuti manusia baik. Rokurokubi sulit dideteksi keberadaannya karena dia hidup berdampingan dan bahkan menikah dengan bangsa manusia.

    0. Akaname

    Akaname adalah sosok iblis atau hantu dalam cerita rakyat Jepang. Dalam bahasa Jepang, akaname diterjemahkan sebagai penjilat kotoran. Akaname juga sering digambarkan sebagai hantu berwarna merah. Sosok hantu ini digambarkan senang bermain di kamar mandi dan menjilati kotoran yang menumpuk di sana.

    Inilah sepuluh kisah hantu yang populer di Jepang. Setiap daerah tentu memiliki legenda urban yang terkenal dan dipercaya oleh masyarakat setempat. Meski sebetulnya, legenda semacam ini belum terbukti kenyataannya.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. rizqiroad Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 16, 2013
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +7 / -0
    kalo hanako imut tuh setan kecil rambut panjang
    lucu jatohya
     
  4. pucapuca M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 1, 2012
    Messages:
    676
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,330 / -0
    1.Hantu Jepang Onryou


    Hantu Jepang yang disebut Onryou adalah hantu yang menaruh dendam kepada orang lain pada semasa hidupnya dan biasanya setelah meninggal ia akan gentayangan untuk membalas dendam kepada orang-orang tersebut. Penampakan hantu jepang ini biasanya digambarkan sebagai berikut :
    1.Rambut panjang terurai.
    2.Memakai kimono putih.
    3.Pergelangan tangan menjuntai ke bawah.
    4.Biasanya kaki tak tampak menjejak tanah.

    2.Hantu Jepang Ubume


    Ubume adalah sosok hantu jepang berupa wanita yang meninggal ketika mengandung (lalu melahirkan dalam kubur) sehingga meninggalkan anak yang masih bayi dan hantu tersebut selalu kembali untuk merawat anaknya dengan membawa gula-gula. Apabila di Indonesia hantu ini sejenis dengan Kuntilanak atau Sundel Bolong. Penampakan hantu jepang bernama Ubume hampir sama dengan penampakan Onryou, hanya kisah asal muasalnya saja yang berbeda.


    3.Hantu Jepang Funa Yuurei

    Funa Yuurei adalah hantu jepang yang berasal dari manusia yang tewas di tengah lautan. Hantu jepang jenis ini biasanya menampakkan diri pada penumpang kapal dan berpura-pura meminta bantuan kepada para penumpang, setelah itu mereka akan membalikkan kapal tersebut sehingga semua penumpang meninggal.


    4.Hantu Jepang Zashiki Warashi


    Zashiki Warashi adalah hantu jepang yang berwujud anak-anak yang seringkali nakal daripada membahayakan. Hantu jepang ini bisa juga disebut Zashiki-bokko. Zashiki bisa diartikan sebagai penutup lantai rumah atau tatami sedangkan Warashi adalah hantu anak-anak. Penampakan hantu jepang Zashiki Warashi adalah seperti anak kecil yang berusia sekitar 5 atau 6 tahun. Berambut cepak dan berwajah merah. Apabila di Indonesia hantu ini disebut tuyul. Biasanya hantu jepang ini berkeliaran di sekitar rumah dan mencari perhatian dengan bermacam cara, seperti meninggalkan jejak kaki di lantai, atau tiba-tiba duduk di atas futon. Hantu jepang ini paling senang menampakkan diri pada anak kecil. Mungkin karena usia mereka sebaya.


    5. Rokurokubi (Hantu Jepang Leher Panjang)


    Rokurokubi adalah manusia yang mendapat hukuman karena melanggar pantangan dalam ajaran Buddha. Pada siang hari hantu jepang ini nampak seperti layaknya manusia biasa, mereka bisa membaur dengan masyarakat, bahkan ada yang mempunyai suami. Tapi waktu malam hari, leher mereka memanjang dan wajahnya dapat berubah jadi menyeramkan. Hantu jepang ini dikatakan gemar menakuti orang, biasanya mereka menampakkan diri dihadapan pemabuk atau orang yang sedang tidur. Konon Rokurokubi juga menghisap darah




    6. Hantu Jepang Nukekubi


    Nukekubi, dalam bahasa China artinya leher yang bisa dilepas, hampir sama dengan hantu Jepang rokurokubi, pada siang hari bisa menjadi manusia biasa dan membaur dengan masyarakat, namun pada malam hari kepala nekukebi bisa terpisah dari badannya. Setelah terpisah dari tubuhnya, kepala hantu jepang ini bisa terbang untuk mencari manusia. Kepala yang terpisah ini akan menjerit dan menggigit korbannya. Dalam keadaan terpisah, tubuh hantu jepang nukekubi ini menjadi benda mati. Dalam beberapa legenda, jika kepala hantu jepang ini tak bisa menemukan badannyanya sampai matahari terbit, maka nukekubi itu akan mati. Cara untuk membedakan Nukekubi dengan orang biasa adalah adanya garis merah di leher, yang mana merupakan tempat terpisahnya kepala dengan badan (di Indonesia sangat mirip dengan Leak)


    7. Hantu Jepang Kasabake


    Kasabake adalah hantu jepang yang berwujud payung dengan mata satu dan lidah terjulur. Penopangnya adalah satu kaki (gagang payung) yang memakai sandal kayu. Hantu jepang ini suka berterbangan saat hujan turun. Konon Kasabake suka bermain dengan anak kecil.


    8 Hantu Jepang Yuki-Onna


    Alih2 tergolong hantu jepang, Yuki-Onna lebih tepat disebut sebagai siluman wanita salju. Hantu jepang ini berwujuda wanita cantik bergaun perak yang membunuh pemuda-pemuda yang tertarik padanya. Yuki-Onna dalam legenda Jepang akhirnya mencair oleh kehangatan hati seorang pemuda bernama Mokhisi.
     
  5. kimponghoon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 14, 2012
    Messages:
    547
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +5,910 / -0
    ane tau kalo hanako sama rokurokubi...yg lain ane barun denger tuh
     
  6. zeroz7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 13, 2013
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +4 / -0
    Teke teke mirip kek kuntilanaknya Indonesia yah.. XD
    Tapi masi sereman Pocong Indonesia gan.. hahahah
     
  7. razfang Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 18, 2012
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +17 / -0
    Penjelasanya agak berbeda dengan apa yg saya ketahui.
    di komik Jigoku Sensei Nube teke2 itu nggak membawa gunting juga bukan hantu pendendam
    Kalo Aka Manto itu yg ketemu dia disuruh milih warna "Merah" "Biru" atau "Putih"
    Kalo "Merah" di serang dengan senjatanya bentuknya kaya Scythe sampai berdarah2
    "Biru" di tenggelamkan
    "Putih" di biarkan kehilangan darah

    BTW :niceinfo: gan lumayan buat nambah wawasan, thanks for sharing...
     
  8. SankareaCiel M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    2,741
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +706 / -0
    rata-rata udah tau sih, sering baca tepatnya. Kuchisake-onna yang tetap paling keren :top:

    nambahin tentang Kuchisake-onna
    hanako-san :malu:
    Yuki-onna juga terkenal, romantis malahan ceritanya :terharu:
     
    Last edited: Sep 20, 2013
  9. bluefin M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    3,969
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +521,579 / -4
    aka manto paling sering denger.. klo ane ketemu tu hantu malah ilfil bukannya ketakutan :haha:
    hmm klo mo tau jenis2 hantu jepang ada anime judulnya ghost in school, banyak referensinya
    oiya ato nube, gege no kitaro..
    hanako jg terkenal..
     
  10. allendalle Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 20, 2014
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    jadi klo ketemu hanako malah ngakak liat dia jatoh ya gan :hoho:
     
  11. bayuparwata M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 31, 2013
    Messages:
    8,504
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +35,476 / -0
    Wah mksi nie infonya..
    Baru tayu hantu2 di Jpang..
    Srem2 jga ya... Tapi banyakan cwe yg gue perhatiin nie.. :bloon:
     
  12. yin2x Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    jepang kok paling banyak macam hantunya ya
     
  13. bayuparwata M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 31, 2013
    Messages:
    8,504
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +35,476 / -0
    Ya gannn... sngt bervariatifff
    Hntu aja jga kreativ ya... pnya ciri khas masing
     
  14. damn22 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 17, 2012
    Messages:
    1,007
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +12 / -0
    Jinmenken

    bukanny ini anjing ras pitbull masbro
     
  15. andalusia91 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    994
    Trophy Points:
    87
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +27 / -0
    cuman tau yang akaname aja tuh

    tapi yang laen serem serem juga, hantu jepang kok banyak jenisnya yang cewek ya
     
  16. denastion Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 26, 2012
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    gw cuma tau sadako doang :(
    itu juga serem bikin takut tiap kali liat sumur
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.