1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna Beruang Cokelat (Ursus arctos)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by Rhiezaki, Jul 18, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Rhiezaki M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 3, 2012
    Messages:
    3,558
    Trophy Points:
    187
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,460 / -2
    [​IMG]Beruang Cokelat (Ursus arctos)[​IMG]

    [​IMG]


    Klasifikasi Ilmiah

    Kerajaan: Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Mammalia
    Ordo : Carnivora
    Famili : Ursidae
    Genus : Ursus
    Spesies : Ursus arctos


    Deskripsi

    Beruang coklat adalah salah satu jenis beruang. Beruang coklat bisa berbobot 130–700 kg (300–1500 pon). Ada beberapa subspesies beruang coklat, antara lain: Beruang coklat Syria, Beruang coklat Kodiak, Beruang coklat Alaska, Beruang Grizzly dan Beruang coklat Meksiko.

    Beruang Coklat ditemukan di banyak bagian Amerika Utara dan Eurasia, di mana beruang mendiami wilayah berhutan dan pegunungan. Beruang cokelat juga merupakan hewan nasional untuk sejumlah negara di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Beruang coklat cenderung makan pada vegetasi, ikan dan mamalia darat kecil, tapi beruang akan hanya sesekali berburu mamalia besar seperti rusa. Beruang coklat tampaknya tidak menjadi ancaman besar terhadap manusia, meskipun ibu beruang coklat akan melindungi anaknya muda mereka beruang.

    Beruang Coklat umumnya tumbuh menjadi sekitar 2 - 3m tinggi, tampak besar ketika beruang berdiri di atas kaki belakangnya. Beruang coklat sayangnya telah menjadi sasaran taxidermists selama bertahun-tahun mengakibatkan populasi beruang coklat menurun. Saat ini ada lebih di jalan Hak Hewan yang berarti bahwa populasi beruang coklat bisa tumbuh lagi. Beruang cokelat merupakan salah satu spesies terbesar dari beruang dengan hanya beruang grizzly dan beruang kutub sampai ke ukuran yang lebih besar. Kedua beruang grizzly dan beruang kutub bagaimanapun, adalah jauh sub-spesies beruang coklat yang saat ini disesuaikan dengan hidup dalam lingkungan yang berbeda.

    Beruang coklat merupakan predator yang sangat dominan di lingkungannya, dengan ancaman hanya dari pemburu manusia berpose dominasi nyata atas beruang coklat predator hak. Beruang coklat memiliki otot yang sangat besar antara tulang belikat beruang coklat yang membuat beruang coklat berdiri di atas spesies beruang lainnya. Otot bahu besar bahwa beruang coklat memiliki berarti bahwa beruang coklat memiliki lengan sangat kuat dan memungkinkan beruang untuk mematahkan tulang hewan dengan satu babatan sederhana. Beruang coklat memiliki cakar besar dengan cakar yang bisa tumbuh lebih dari 15cm panjangnya.

    Ada diperkirakan sekitar 200.000 orang beruang coklat yang tersisa di alam lebih dari setengah dari yang ditemukan di Rusia. Sekitar 95% dari populasi beruang coklat yang ditemukan di Amerika Serikat adalah di negara bagian paling utara Alaska. Sebagian besar dari beruang cokelat yang mendiami wilayah Kanada yang ditemukan di bagian barat negara itu di pegunungan Rocky.

    Beruang coklat dalam warna sesungguhnya berkisar dari hitam menjadi kuning, kemerahan dan bahkan krem. Di beberapa daerah, beruang coklat tumbuh sebesar beruang kutub sementara di lokasi lain ukuran beruang coklat kurang dari setengah ukuran tersebut.
    Karena perbedaan pada ukuran dan warna tersebut pernah terjadi orang mempercayai bahwa ada banyak spesies beruang coklat yang berbeda, tidak hanya satu. Di belahan bumi utara beruang cokelat sudah lama ditakuti, dikagumi dan bahkan dipuja sebagai raja binatang, sehingga beruang coklat memiliki tempat khusus di cerita rakyat.



    Sub Spesies

    Ada sedikit kesepakatan tentang klasifikasi beruang coklat. Beberapa sistem telah mengusulkan sebanyak 90 subspesies, sedangkan analisis DNA baru-baru ini telah diidentifikasi sebagai hanya lima clades. Analisis DNA baru-baru ini mengungkapkan bahwa subspesies diidentifikasi beruang cokelat, baik Eurasia dan Amerika Utara, secara genetik cukup homogen, dan bahwa mereka genetik filogeografi tidak sesuai dengan taksonomi tradisional mereka. Pada 2005, 16 subspesies telah diakui.

    • Beruang Grizzly (Ursus arctos horribilis)
    • Beruang Kodiak (Ursus arctos middendorffi)
    • Beruang Coklat Eropa (Ursus arctos arctos)
    • Beruang Coklat Siberia (Ursus arctos beringianus)
    • Beruang Atlas (Ursus arctos crowtheri)
    • Beruang Gobi (Ursus arctos gobiensis)
    • Beruang Coklat Himalaya (Ursus arctos isabellinus)
    • Beruang Carpathian (Ursus arctos formicarius)
    • Beruang Marsican (Ursus arctos marsicanus)
    • Beruang Grizzly Meksiko (Ursus arctos nelsoni)
    • Beruang Tibet (Ursus arctos pruinosus)
    • Beruang Coklat Suriah (Ursus arctos syriacus)
    • Beruang Coklat Hokkaido (Ursus arctos yesoensis)



    Persebaran Spesies

    Beberapa Beruang Coklat Eropa tetap tinggal di hutan-hutan yang dulunya habitat utama mereka di benua itu. Beruang coklat Eropa tinggal di Pyrenees atau Pegunungan Alpen yang mungkin memiliki bobot 91 kilogram atau kurang. Sedangkan berat beberapa beruang Skandinavia dan Rusia mencapai lebih dari 340 kilogram.
    Beruang Coklat pernah tersebar luas di seluruh Eropa, tetapi hari ini beruang coklat bertahan hidup dalam jumlah yang wajar tinggal di hutan-hutan Skandinavia, Rumania, Rusia dan bekas Yugoslavia, sementara beberapa masih tinggal di Spanyol, Pyrenees dan pegunungan Abruzzi Italia.

    Beruang Coklat Eropa umumnya berukuran kecil, dengan berat antara 45-120kg, dan memakan berbagai tanaman dan hewan kecil. Tidak seperti di Amerika Utara, sangat sedikit pertemuan berbahaya antara manusia dan beruang coklat di Eropa. Beruang-beruang tampaknya telah belajar untuk tetap jauh dari manusia.

    Lebih jauh ke timur di Pasifik, di barat Amerika Serikat, Kanada dan Alaska, beruang coklat dikenal sebagai grizzly, dan lebih tepat sebagai Ursus arctos horribilis.

    Grizzly dewasa jantan bisa mencapai berat 410 kilogram atau lebih. Beruang Kodiak (Ursus arctos middendorffi), adalah yang terbesar dari keluarga beruang coklat, dapat mencapai hingga 680 kilogram.
    Beruang coklat tidak memiliki musuh alami dan karena mereka dapat dengan mudah menemukan makanan mereka sendiri, sehingga mereka tidak membutuhkan bantuan dari kelompok hidupnya.
    Karakteristik Beruang Coklat

    Beruang-beruang cokelat memiliki otot besar di atas bahu mereka sehingga memungkinkan untuk menggali. Kepala mereka yang besar dan bulat dengan profil wajah cekung. Saat tegak, ketinggian beruang coklat mencapai 1,5 sampai 3 meter. Meskipun ukuran beruang besar, beruang coklat bisa berlari mencapai kecepatan hingga 56 km / jam. Beruang coklat memiliki kaki depan sehingga beruang ini dapat berjalan merangkak atau juga bisa hanya menggunakan kaki belakang saja, di mana mereka dapat berjalan di atas telapak kaki mereka seperti manusia.

    Populasi beruang coklat terbesar di Rusia, dengan 120.000 beruang, di Amerika Serikat dengan 32,500 beruang dan Kanada dengan 21.750 beruang. Populasi kecil dari beruang coklat ditemukan di Eropa, termasuk Spanyol, bekas Yugoslavia dan Rusia. Ada sekitar 14.000 beruang coklat di luar kebun binatang di Eropa.

    Tanpa program perlindungan (didirikan tahun 1996), beruang coklat kemungkinan akan mengalami kepunahan di alam liar. Hingga tahun 2005 program perlindungan beruang coklat Eropa berhasil meningkatkan populasi.


    Sumber

     
    Last edited by a moderator: Jul 29, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. aizy M V U

    Offline

    Chewbacca

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,722
    Trophy Points:
    246
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +64,657 / -0
    ninggalin jejak dulu ah dimari.....[​IMG]

    Menurut kebanyakan orang, tidak akan ada satupun yang lolos dari buruan Grizzly saat seseorang berurusan dengannya. Nyatanya Beruang Grizzly ini adalah satwa omnivora yang memakan daging maupun sumber gizi dari tumbuhan.
    Beruang grizzly adalah beruang terbesar di Amerika Utara termasuk jenis mamalia. Beruang coklat ini juga di temukan di Eropa dan Asia. Dengan tinggi bisa mencapai 2,5 meter dan berat 360 kg, beruang raksasa ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Dengan otot yang kuat, beban seberat 800 kg dengan mudah di gulingkannya saat Beruang grizzly mencari makan.
    Apakah Anda tahu bahwa beruang grizzly (Ursus horribilis) dapat mencapai berat sampai £ 800 dan mencapai ketinggian hingga 8 kaki ketika berdiri di kaki belakangnya. Dengan massa dan ukuran seperti itu menjadi terlihat sangat lambat tetapi nyatanya meskipun seperti itu Beruang Grizzly mampu berlari pada kecepatan hingga mencapai 40km / h yang lebih cepat daripada atlet olimpiade.
    Dalam hal perilaku dan temperamen beruang grizzly adalah hewan soliter hidup menyendiri kecuali selama musim kawin. Reputasinya menjadi sangat agresif adalah sedikit berlebihan seperti dalam kebanyakan kasus, mereka tidak akan keluar dari jalan untuk berburu manusia atau menyebabkan masalah.
    Jadi, mengapa orang takut sekali pada grizzly ? Yah banyak aktifitas agresif berasal dari beruang grizzly tidak dapat memanjat pohon dengan sangat baik, seperti kebanyakan beruang lain untuk menghindari bahaya. Hal ini berarti bahwa grizzly mengancam untuk hidup diwilayahnya dan serangan ancaman yang mendekat daripada lari dan bersembunyi.
    Jadi, meskipun cerita dan film-film, grizzly dalam banyak kasus tidak mungkin untuk terus berburu jenis agresif. ditambah mereka adalah hewan omnivora sehingga akan senang mengkonsumsi berry, buah-buahan, kacang pinus dan akar​

    sumber.

    [​IMG]
     
  4. Rhiezaki M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 3, 2012
    Messages:
    3,558
    Trophy Points:
    187
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,460 / -2
    Beruang grizzly (Ursus arctos horribilis) adalah mamalia yang hidup di sekitar kutub dan merupakan subspesies beruang coklat (Ursus arctos).
    Mamalia ini ditemukan di Amerika Utara, bagian tengah Eropa, Asia, dan di pantai Arktik.


    Fakta Umum


    1. Nama ‘grizzly’ berarti ‘memiliki bulu abu-abu atau putih’. Namun, naturalis George Ord salah mengutip kata menjadi ‘grisly’ yang berarti ‘mengerikan’ sehingga mencantumkan nama horribilis ke spesies ini.
    2. Beruang grizzly adalah hewan dengan tingkat reproduksi terendah di antara semua hewan darat Amerika Utara.
    3. Evolusi mereka dimulai di Eurasia sekitar 50.000 tahun yang lalu. Selama bertahun-tahun, beruang grizzly melakukan perjalanan ke Amerika Utara.
    4. Hewan ini makan dalam jumlah besar dan mampu menyimpan banyak lemak tanpa mengalami masalah kesehatan. Kemampuan luar biasa grizzly untuk menyimpan lemak tanpa mengalami penyakit jantung masih menjadi misteri.
    5. Meskipun berukuran besar, beruang grizzly dapat berlari hingga kecepatan 48 km/jam.



    Bentuk Fisik​


    1. Berat beruang grizzly jantan dewasa berkisar 200 sampai 400 kg, sedangkan grizzly betina memiliki bobot 150-220 kg.
    2. Tinggi rata-rata beruang grizzly saat berdiri di keempat kaki adalah 90 sampai 120 cm dan 180 sampai 210 cm ketika berdiri di dua kaki.
    3. Grizzly memiliki wajah cekung dengan telinga bulat dan pendek.
    4. Cakar beruang grizzly kecoklatan atau berwarna hitam serta memiliki telapak keriput.
    5. Hewan ini memiliki cakar panjang (5 sampai 10 cm) dan sedikit melengkung. Warna cakar berkisar dari kuning ke cokelat, dan bahkan putih.
    6. Warna bulu beraneka ragam mulai dari putih, pirang hingga coklat dan hitam, tergantung pada jenis kelamin, usia, dan musim.
    7. Beruang grizzly memiliki punuk yang menonjol di atas bahu. Punuk ini mengandung lemak dan otot.
    8. Jangka hidup rata-rata beruang grizzly berkisar 20 sampai 25 tahun di alam liar dan lebih dari 30 tahun di penangkaran.



    Habitat


    1. Beruang grizzly memiliki berbagai habitat yang dapat bervariasi dari hutan alpine ke daerah tundra.
    2. Beruang ini cenderung hidup soliter, kecuali pada saat betina membesarkan anak serta saat musim kawin.
    3. Saat awal musim gugur, beruang grizzly mulai mencari tempat untuk menggali sarang. Mereka lebih memilih pohon berlubang atau area di bawah akar pohon-pohon besar. Mereka juga menggali sarang di sepanjang lereng bukit.
    4. Beruang grizzly umumnya berhibernasi mulai bulan Oktober atau November untuk jangka waktu 6 bulan. Selama periode ini, mereka menggunakan cadangan lemak untuk bertahan hidup.
    5. Beruang grizzly jantan biasanya keluar dari sarang selama bulan Maret dan April, sedangkan betina tidak meninggalkan sarang sampai pertengahan April dan Mei.



    Makanan

    1. Beruang grizzly adalah omnivora dan dianggap sebagai hewan terbesar di Amerika Utara.
    2. Sebagian besar makanan beruang grizzly terdiri dari vegetasi hijau termasuk buah, rumput, daun, dan akar.
    3. Makanan lain meliputi tikus, domba, rusa, bison, dan karibu. Mereka juga berburu ikan, seperti salmon dan trout.
    4. Serangga, seperti ulat grayak, semut, kepik, dan lebah juga merupakan bagian dari makanan mereka.
    5. Setelah hibernasi, beruang bersedia memakan bangkai hewan yang tidak bisa bertahan melalui musim dingin yang ganas.
    6. Makanan biasanya langka selama musim semi ketika grizzly baru keluar dari sarang setelah hibernasi. Jadi, selama masa itu, mereka kebanyakan memakan rumput serta daun dan terus kehilangan berat badan sampai bulan Juni-Juli.



    Reproduksi

    1. Musim kawin beruang grizzly terjadi antara bulan Mei dan Juli. Biasanya, jumlah anak akan tergantung pada berat badan dan kesehatan betina secara keseluruhan.
    2. Embrio tidak mulai berkembang sampai hibernasi dimulai. Embrio mulai berkembang hanya setelah beruang betina mendapatkan berat badan cukup untuk menopang diri dan anaknya. Fenomena ini disebut ‘implantasi tertunda’.
    3. Masa kehamilan beruang grizzly berlangsung antara 180 sampai 270 hari, termasuk periode jika terjadi implantasi tertunda.
    4. Beruang grizzly beranak 1 sampai 3 ekor dengan peluang kembar yang tinggi.
    5. Anak beruang grizzly tetap bersama induknya sampai berusia 2 hingga 3 tahun.
    6. Betina mencapai kematangan untuk berkembang biak pada usia 4 ½ sampai 10 tahun. Mereka berkembang biak setiap 3 sampai 5 tahun dan hanya 1 dari 3 betina berkembang biak pada tahun tertentu. Dengan demikian, selama musim kawin, jantan harus bersaing satu sama lain untuk memenangkan perhatian beruang betina.
     
  5. benjalang Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 20, 2013
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +50 / -0
    Baca postingan ini, tiba-tiba jadi inget sticker LINE Messenger :D
     
  6. dracola M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    506
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +243 / -0
    grizzy ternyata termasuk pemakan segala ya, dari akar, sampai daging, sampai lebah juga di makan...untung aja manusia ga termasuk di dalamnya >.<
     
  7. claudiabrigita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 27, 2013
    Messages:
    534
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +234 / -0
    jadi familiar sama Beruang grizzly gara-gara baca twilight saga wakaka
    ternyata beruang-beruang ini menarik juga yaaaa
     
  8. rizalSnK Members

    Offline

    Joined:
    Aug 31, 2013
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +0 / -0
    ini jenis beruang terbesar ya..?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.