1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Review OS Android 4.3 (Jelly Bean) Terbaru

Discussion in 'Free Talk Zone' started by cokyrambut, Jul 28, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. cokyrambut Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +19 / -0
    Google bukan hanya meluncurkan Tablet Nexus 7 terbarunya hari Rabu kemarin, namun mereka juga menyingkap tabir sistem operasi Android terbaru. Memang banyak yang kecewa bahwa sistem operasi Android yang diperkenalkan bukanlah Android 5.0 yang berkode Key Lime Pie, melainkan update minor dari Android 4.2.2, karenanya OS Android terbaru ini masih mengusung nama Jelly Bean.

    Untuk sebagian besar, Android 4.3 sangat mirip dengan pendahulunya. Tampilan home screen, app drawer juga Google Now, Search dan notifikasi semua tampak sama. Meskipun begitu, Jelly Bean yang satu ini datang dengan membawa fitur-fitur baru yang patut dipuji. Apa sajakah fitur-fitur baru tersebut? Kami membahasnya untuk Anda.

    Multi-User Restricted Profiles
    Pembaruan terbesar di Android 4.3 adalah fitur Multi-User Restricted Profiles , yang akan membuat pengguna bisa mengendalikan pemakaian app dan konten pada tingkatan user. Multiple user profiles sudah tersedia di Android 4.2.2, namun kemampuan untuk menciptakan pembatasan sudah lama diminta oleh para pengguna, jadi fitur ini adalah update besar yang telah lama dinanti.

    Pemakai yang jelas mendapat manfaat dari keberadaan fitur ini adalah para orangtua. Sering kita mendengar cerita seorang anak yang memainkan game freemium di device milik orang tuanya tanpa sadar menghabiskan uang orangtua dengan membeli konten-konten melalui in-app purchasing. Dengan fitur ini, sang orangtua dapat membuat akun khusus bagi sang anak di device mereka, dan membuat batasan apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh akun sang anak termasuk melarang memakai, membeli app dan konten tertentu.

    Pengguna lain yang bisa memanfaatkan fitur baru ini adalah para pemilik usaha ritel yang menggunakan tablet atau mobile device mereka sebagai alat dalam sistem POS (Point of Sales) dan alat customer service. Dengan mengaktifkan fitur multiple user, para pemilik bisa dengan mudah memisahkan pemakaian device yang sama untuk keperluan bisnis dan pribadi.

    Dari layar Setting pengguna primary (primary user), sangat mudah mengkonfigurasi pembatasan akses setiap akun dengan memakai sliders. Jika sebuah app menawarkan pembatasan tindakan dalam app (seperti membeli konten) maka akan tampak tombol tambahan di sebelahnya.

    Dengan fitur Restricted Profiles, Google berharap dapat menggaet lebih banyak pengguna - utamanya orangtua dan pemilik usaha- menjauh dari iOS, sebuah platform OS yang masih belum memiliki fitur multiple user. Para pengembang app pun sekarang memiliki banyak kemungkinan pengembangan app dengan adanya fitur baru ini.

    Bluetooth Smart technology
    Dukungan terhadap Bluetooth Smart technology adalah fitur baru lainnya yang sudah lama dinanti, mengingat fitur ini telah ada di iOS sejak 2012. Dengan fitur ini, pengguna Android terbaru bisa menghubungkan perangkat aksesoris hemat energi terbaru yang menggunakan teknologi Bluetooth Smart. Tentu saja ini juga berarti menghemat baterai perangkat Android Anda. Dalam presentasinya, Google menghubungkan sebuah Android device yang menjalankan app populer Runtastic dengan alat pembaca detak jantung.

    Update ini juga datang dengan dukungan Bluetooth AVRCP 1.3 , yang mengijinkan perangkat Android mengirim metadata, seperti judul lagu dan nama artis, ke alat Bluetooth.

    Open GL ES 3.0


    Ini adalah update terbesar bagi para , Open GL ES 3.0 membuat versi Android terbaru lebih baik dan efisen dalam menampilkan visual. Demo yang ditunjukkan Google menunjukkan gambar dengan tekstur, bias lensa, dan refleksi yang luar biasa yang akan menyulitkan OS pendahulunya. Para developer baru pun akan memiliki kemungkinan tanpa batas untuk berkarya dengan fitur baru ini.


    Tambahan kecil lainnya
    Fitur-fitur berikut mungkin bukanlah fitur-fitur yang mencerminkan perubahan dan perbaikan besar OS Android, namun secara bersama-sama mereka memberikan pengalam memakai mobile device yang lebih lancar dan menyenangkan.

    Yang pertama adalah Android's dialer, yang sekarang memiliki fitur Autocomplete untuk nomor telepon dan nama. Pada kenyataannya, para pemakai tak akan menyadari perubahan ini, karena para pabrikan seperti Samsung, Sony dan HTC sudah menambahkan fitur Autocomplete mereka sendiri di perangkat Android lawas...Read More
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. sadim M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 11, 2010
    Messages:
    218
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +733 / -1
    kirain review sendiri gan....

    ini review dari gw sendiri

    setelah nunggu sekitar 3 hari untuk terima OTA update 4.3, akhirnya pas pagi2 lagi boker, langsung terima OTA update JB 4.3
    karena di rumah ga pake wifi, akhirnya gw cari link OTA update di XDA (link ada di thread gw)
    berikut review 4.3
    HP: Galaxy Nexus Takju (No Root, Locked bootloader)
    1. mulus, dan lebih mulus dari sebelom2nya, karena saking mulusnya, gw balik lagi pake launcher bawaan 4.3
    2. keyboardnya mulus juga! tiap kali mau bales chat watsap, keyboard muncul dan hilang dengan mulusnya...
    3. Autocomplete dialer, awalnya gw bingung, dialer gw masi dialer standar, apalagi pas pertama update, dialer sm people gw ilang!, pas balik ke launcher bawaan, dialer sm people muncul lagi (mungkin karena berubah jadi versi yg baru), trus gw cari2 kenapa kaga autocomplete, pas lg browsing2, ternyata mesti di enable dr settingnya, dan akhirnya bekerja dengan baik tanpa masalah
    4. BLE, sayangnya BLE ga support di GalNex, jadi ga bs ngerasain :(
    5. baca2 di androidpolice, ada hidden option, yaitu appops, bs ngatur semua permission apps, buat ke situ agak ribet sih (harus ada launcher yg bs buka activities, seperti nova launcher, tp lumayan berguna buat ngebatasin bbrp apps biar ga buka2 sembarangan (misalnya ga boleh pake camera khusus untuk bbrp apps gt)
    6. ntah ini baru ato ga (tp gw berasa ini baru dapet), ada tambahan untuk daydream, yaitu bean flinger, lumayan bisa main lempar2in jelly beannya (kalo dari widget activitiesnya nova launcher, buka di system UI, beanbag)

    overall: mulus dan bagus gan!
    jadi untuk para user non nexus, selamat bersabar sampai diterimanya update terbaru... :)
     
    • Like Like x 1
  4. pepeskebo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 13, 2010
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +31 / -0
    whoa jadi tambah mulus ya gan, tp significant ngga tuh kemulusannya? :D
    tp agak kecewa jg sih, ane ngarepnya uda launch KLP taun ini.. eh cm minor update JB
     
  5. sadim M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 11, 2010
    Messages:
    218
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +733 / -1
    yaaa kalo dibandingin ke 4.2.2 mungkin kerasa dikit, tp kalo dibandingin sm 4.0 kerasa jauh hahahaha

    masi sabar buat 5 gan... mungkin belom saatnya kluar....
     
  6. priasavant Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 23, 2011
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +604 / -0
    Wah serius gan Galaxy Nexus ente dah dpt OTA update 4.3?
    Nexus 4 ane kok blm dapet ya, padahal tiap hari selalu di cek via Wi-Fi. Pengen diupdate tapi tanpa root, kudu rada sabar kayaknya :sebel:
     
  7. hadywii Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 1, 2012
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    w kok belum dapat OTA update ya...? samsung galaxy nexus takju version
     
  8. hadywii Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 1, 2012
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    ente pake galaxy nexus versi apa?? bisa gk update n download img dari developer.google.com baru update ke hp tanpa root???
     
  9. priasavant Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 23, 2011
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +604 / -0
    Ane pake LG Nexus 4 Om. Dah coba ngutik tp ga bisa, gak tau ada yg salah :iii:

    Barusan sempet baca bbrp repiw, katanya di Nexus 4 update-an 4.3 malah bikin overheat, performance berkurang buat game, dan lainnya.. Jadi ragu :bingung:

    Sumber repiw
     
  10. sadim M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 11, 2010
    Messages:
    218
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +733 / -1
    bisa di force update
    tapi ada 1 problem, google account bs error, cara ngefixnya cukur readd accountnya

    settings > apps > tab all > google service framework
    trus di clear data dan force close
    abis itu masuk ke system update, terus di update aja

    ps: kalo masi ga bs, cobain lagi cara tsb sampe bisa, gw wkt malemnya cobain 20x, pagi2 coba skali lagi lgs dapet updatenya

    gw pake GalNex Takju
    ato ga, kalo mau manual update flash bs ke sini Android Jelly Bean 4.3 (N4,N7,GalNex) OTA Update manual download

    kalo itu mesti unlock bootloader dulu gan, kalo mau update tp ga di root, itu gw uda kasi linknya, OTA manual donlod, uda dalam file .zip yg di kirim ke system update...


    ps: tambahan review
    barusan ngetes kamera bawaannya, ada perubahan dikit di kamera, review foto yg biasa kalo abis foto lgs geser ke galery, sekarang ada tambahan di icon review last photo di kanan atasnya... terus saat klik n hold layar kamera, tampilan settingnya berubah dikit...
    photosphere, tampaknya lebih mulus dikit, walopun rendernya masi lumayan....

    kalo ada tambahan lagi, i'll post here
     
    Last edited: Jul 30, 2013
  11. priasavant Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 23, 2011
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +604 / -0
    Wah pagi ini ane dapet announcement update to 4.3 :ogtop:
    Tapi jadi ragu mau update, krn makin banyak yg mengeluh soal update-an ini, haha dasar manusia ga pernah puas :XD:
     
  12. sadim M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 11, 2010
    Messages:
    218
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +733 / -1
    tapi iya sih ini keqnya batre agak boros...
    selese ngecas jam 11 malem, gw biarinin nyala hpnya, pas pagi jam 5an gw cek batre uda sisa 75% aja... tunggu another minor fix update aja paling mah...
     
  13. creco Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 29, 2010
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    Klo saya nunggu custom ROMnya aja yang 4.3, udah pw soalnya. Dari sejak pertama beli gk sampai sehari juga udah lsng flash custom ROM :ogrokok:
     
  14. alie94 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 9, 2010
    Messages:
    644
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +2,871 / -0
    kalo nungguin cusrom JB 4.3 skalian buat optimalin osnya
     
  15. jhoetaeyeon Members

    Offline

    Joined:
    May 19, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    saya sdh coba walaupun msh cosrom nya di galaxy s2 lte bnyk fitur tambahan lumayan bagus kok fitur2...
    tp saya kembali ke 4.2.2 krn cosromnya msh ada bug di kamera....:nangis:
     
  16. Kurauto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 31, 2010
    Messages:
    1,914
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +96,352 / -1
    Waduh android itu dari update ke update.. masih saja gak bisa nyaingin Apple soal smooth..

    cuma itu kurangnya android, LAG! kadang2 bikin frustasi!
     
  17. nawa abdullah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 7, 2008
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +80 / -0
    nanya doang agan,... thread tempat ngoprek, nyervis dan nge flash android dimana ? dimari bisa engga gan ?
     
  18. sadim M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 11, 2010
    Messages:
    218
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +733 / -1
    lagnya lag dmn dulu neh?
    gw sih selama pake nexus, mulai dr 4.1 keatas smooth...
    kalo dari game, wajar... kelemahan android itu segmentasi produk
    jadi kalo apel cmn tawarin 1 produk, developer bisa sesuaiin, soalnya lebih gampang, ngurusnya cmn 1 produk
    kalo android kan spec beda2 tiap hp, jd developernya agak ribet ngenyesuaiin...
    coba kalo ios bs di pake di berbagai jenis vendor hp, ga jauh beda lah lagnya...

    xda forum bisa, cari aja di mbah gugel... banyak sih yg keq gt..
     
  19. donie82 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 21, 2008
    Messages:
    102
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +202 / -0
    gini sebagai refrensi ios itu walaupun dah 7 ga pernah jor2an update core dari os-nya jadi walaupun dah 7 hanya penambahan dikit.
    dan lagian ios itu sama aja kayak windos 98 yang tidak memerlukan hadware yang wah.

    kalau android da berapa kali core-nya diupdate besar2an. lagian dengan adanya evolusi os yang gini bisa membuat evolusi hadware mobile jadi cepat juga. siapa sangka sekarang hh sangat perlu quad core dan memory yang besar. sama seperti komputer buat apa sih spec yang gahar. ya manusia ga pernah puas, padahal dengan memory ram 1 giga hampir semua android jelly bean da smooth. tapi kenapa sekarang ada 2 giga. ya balik lagi ga pernah puas.

    satu lagi sih evolusi yang ditunggu. spec hh yang bisa diganti, gpu terpisah dari proc dan dual core atau lebih
     
  20. Efesdamim Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 9, 2012
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    di bbrp app kok msh lag ya, apa mslh ram?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.