1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Kaliningrad: The Real Window on Europe

Discussion in 'History and Culture' started by yoshikanji, Jul 20, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,453
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,473 / -0
    Kaliningrad
    Калининград
    Sebelumnya dikenal sebagai Königsberg



    [​IMG]
    Coat of Arms
    [​IMG]
    Bendera



    Kaliningrad (Rusia : Калининград, IPA: [kəl ʲ ɪn ʲ ɪngrat], Jerman : Königsberg; Prusia : Twangste, Kunnegsgarbs, Knigsberg; Lithuania : Karaliaučius; Polandia : Królewiec) adalah kota pelabuhan dan pusat administrasi dari Kaliningrad Oblast, wilayah Rusia antara Polandia dan Lithuania daerah Laut Baltik. Berbatasan dengan wilayah NATO dan anggota Uni Eropa Polandia dan Lithuania, dan secara geografis terpisah dari wilayah Rusia.

    Wilayah ini sebuah situs kuno pemukiman/fort Twangste Prussia. Pada 1255, sebuah benteng baru dibangun di situs ini oleh Ksatria Teutonik selama Perang Salib Utara, dan diberi nama "Königsberg" untuk menghormati Raja Ottokar II of Bohemia. Kota ini merupakan bagian dari Negara Ordo Teutonik, Persemakmuran Polandia-Lithuania, Prusia dan Jerman (sampai 1945). Sampai akhir Perang Dunia II, daerah ini melingkupi bagian utara bekas Prussia Timur. Kota ini sebagian besar hancur selama Perang Dunia II, reruntuhan dikuasai oleh Tentara Merah pada tahun 1945 dan penduduk Jerman terpaksa melarikan diri dan di usir. Di namai Kaliningrad pada tahun 1946 untuk menghormati Mikhail Kalinin. Setelah runtuhnya Uni Soviet Rusia menggunakan dialek Bolshevik dan kota-kotanya berganti nama (Volgograd adalah contoh dari nama Rusia yang baru, sebelumnya Stalingrad bernama Tsaritsyn, "Kota Tsar") kecuali Kaliningrad yg satu-satu tidak di ganti namanya.

    Menurut Sensus 2010, Kaliningrad berpopulasi 431.902 -meningkat dari 430.003 tercatat dalam Sensus 2002. Saat ini kota ini berisikan 77.9% etnis Rusia, 8.0% Belarusians, 7.3% Ukraina, 1.9% Lithuania, 0.6% Jerman, dan 0.5% Polandia.


    Sejarah


    Königsberg
    Kaliningrad sebelumnya merupakan wilayah dari Prusia Timur bernama Königsberg. Didirikan pada tahun 1255 oleh Ksatria Teutonik dari Prusia Lama, kota ini dinamai Königsberg untuk menghormati Raja Ottokar II of Bohemian. Melalui periode Jermanisasi dan penjajahan selama berabad-abad berikutnya, budaya Jerman menjadi dominan, dan sebagian Polandia dan Lithuania sebagai minoritas. Selama Perang Dunia II kota Königsberg sebagian besar hancur.

    Uni Soviet
    Pada akhir Perang Dunia II pada tahun 1945, kota ini menjadi bagian dari Uni Soviet setelah menunggu penentuan akhir pertanyaan teritorial penyelesaian damai (sebagai bagian dari SFSR Rusia) yang disepakati oleh Sekutu pada Konferensi Potsdam
    Königsberg diubah namanya menjadi Kaliningrad pada tahun 1946 setelah kematian Ketua Presidium Tertinggi Uni Soviet Mikhail Kalinin, salah satu keturunan asli Bolshevik. Warga Jerman yg selamat setelah perang berakhir diusir dan kota itu isi dengan warga Soviet. Bahasa Jerman digantikan dengan bahasa Rusia. Kota ini dibangun kembali, dan, sebagai wilayah paling barat dari Uni Soviet, Kaliningrad menjadi daerah strategis penting selama Perang Dingin. Armada Baltik Soviet bermarkas di kota ini pada tahun 1950. Karena pentingnya strategis, Kaliningrad pun ditutup untuk pengunjung asing.

    Pada tahun 1957 sebuah kesepakatan ditandatangani dan kemudian mulai berlaku yang dibatasi perbatasan antara Polandia dan Uni Soviet.

    Federasi Rusia
    Kaliningrad adalah satu-satunya wilayah Laut Baltik Russia yang bebas dari salju sepanjang tahun dan karenanya memainkan peran penting dalam pemeliharaan Armada Baltik.

    Karena runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Kaliningrad menjadi negara persemakmuran, yg secara geografis terpisah dari sisa Rusia. Isolasi dari wilayah Rusia ini bahkan menjadi lebih jelas ketika Polandia dan Lithuania menjadi anggota NATO dan selanjutnya Uni Eropa pada 2004. Semua warga sipil maupun militer harus melewati wilayah anggota NATO dan Uni Eropa. Pengaturan perjalanan khusus bagi penduduk wilayah itu telah dilakukan melalui Dokumen Transit Difasilitasi (FTD) dan difasilitasi Rail Transit Dokumen (FRTD).

    Pada bulan Juli 2005, perayaan 750 tahun lahirnya kota itu dirayakan secara luas.

    Pada bulan Juli 2007, Pertama Perdana Menteri Rusia Sergei Ivanov menyatakan bahwa jika sistem pertahanan rudal Amerika diluncurkan di Polandia, maka rudal nuklir kemungkinan akan diluncurkan di Kaliningrad. Pada tanggal 5 November 2008, Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengatakan bahwa pembangunan sistem pertahanan rudal di Kaliningrad adalah suatu keharusan. namun, pada bulan Januari 2009 rencana ini dihentikan.

    Tetapi selama akhir 2011, radar jarak jauh Voronezh-DM ditempatkan untuk memantau peluncuran rudal dalam jarak 6.000 km.



    Penamaan Kaliningrad


    Königsberg diubah namanya menjadi Kaliningrad pada tahun 1946 setelah kematian Ketua Presidium Tertinggi Uni Soviet Mikhail Kalinin, keturunan asli Bolshevik. Saat ini, ada beberapa perdebatan mengenai pengembalian nama kembali ke "Königsberg" dengan cara yang sama bahwa beberapa kota Rusia lainnya telah dikembalikan ke nama pra-Soviet mereka, misalnya Saint Petersburg, Yekaterinburg, dan Tver, yang dikenal di era Soviet sebagai Leningrad, Sverdlovsk, dan Kalinin, masing-masing. "Kyonig" (Кёниг, bentuk singkat dari "Königsberg" dalam bahasa Rusia) sering digunakan dalam iklan untuk perusahaan pariwisata di wilayah tersebut. Kemungkinan lain adalah memberikan nama Rusia berdasarkan penunjukan bersejarah di lain bahasa Slavia , seperti "Korolevets".

    Lainnya mengusulkan untuk memodifikasi nama kota menjadi "Kalinograd", sehingga menghilangkan terang-terangan bahasa Soviet. Kalina, atau Guelder Rose, adalah tanaman yang memiliki konotasi sakral dalam cerita rakyat Slavia. Kalina adalah motif umum ditemukan dalam sejumlah lagu rakyat, terutama yang melambangkan pemuda dan kepolosan, serta berkaitan dengan pernikahan dan pemakaman.



    Geografi


    Kaliningrad terletak di muara Pregolya (Pregel) Sungai yang bermuara di Lagoon Vistula, bagian dari Laut Baltik .

    Kapal laut dapat mengakses Gdańsk Bay/Teluk Danzig dan Laut Baltik dengan melewati Lagoon Vistula dan Selat Baltiysk .

    Sampai sekitar 1900 kapal menarik lebih dari 2 meter (6 kaki 7) air tidak bisa lulus bar dan datang ke kota, sehingga kapal yang lebih besar harus jangkar di Pillau (sekarang Baltiysk), di mana barang dipindahkan ke kapal yang lebih kecil. Pada tahun 1901 sebuah kanal kapal antara Königsberg dan Pillau selesai dengan biaya 13 juta mark Jerman yang memungkinkan kapal dari 6,5 meter (21 kaki) draft tegalan bersama kota (lihat juga Pelabuhan Laut Baltik).

    Bandara Khrabrovo terletak 24 kilometer (15 mil) utara dari Kaliningrad, dan memiliki layanan terjadwal dan charter sampai beberapa tujuan di seluruh Eropa. Ada kecil Kaliningrad Devau Airport untuk penerbangan umum. Kaliningrad juga rumah bagi Kaliningrad Chkalovsk pangkalan angkatan laut udara.



    Artikel terkait









    Sumber:
     
    Last edited: Jul 20, 2013
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.