1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Perbandingan Nilai Oktan Bahan Bakar : Kompresi Mesin

Discussion in 'Otomotif' started by apo_hjm2078, Jul 17, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. apo_hjm2078 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 20, 2012
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +318 / -1
    Perbandingan Nilai Oktan Bahan Bakar : Kompresi Mesin

    (Ditulis oleh : Chen Po - HJM Speedshop)



    Pernah bingung soal nentuin mau pake Premium ato Pertamax di mobil ato motor yang kamu pake??

    Banyak orang yang cuma berfikir pendek, mesin sama2 bisa idup, kl bisa murah kenapa harus mahal. Atau ada juga yang mikir, gw mampu kq beli pertamax, prinsipnya kan makin mahal makin bagus, yaudah gw pake pertamax plus aja skalian.

    Pemikiran seperti ini bisa dibilang salah tapi ada benarnya juga. Intinya kenali kebutuhan mesin anda, salah pilih bahan bakar awal dari bencana. Berikut penjelasannya..



    Angka oktan menyatakan kandungan molekul iso oktan di bensin. Molekul ini yang menahan terjadinya ngelitik atau detonasi. Sehingga makin tinggi oktan, kuat terhadap kompresi tinggi. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan Pertamax Plus ber-oktan 95. Racing Fuel seperti Bensol ber-oktan 105 , dan yg lain berkisar di angka kurang lebih 110.



    “Kompresi berbanding lurus dengan angka oktan. Kompresi wajib diimbangi oktan tinggi,” jelas Colin Latung, konsultan perminyakan dari URS Indonesia disalah satu tabloid nasional.



    Kesesuaian angka oktan dengan kompresi akan memperkecil kemungkinan terjadi gejala nggelitik. “Kalau tetap memaksakan motor dengan kompresi tinggi menggunakan oktan rendah, piston akan jebol. Biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar,” jelas alumnus Lancaster University, Inggris ini. Artinya, mengubah penggunaan Premium tergantung kompresi motor. Dalam kondisi estede, lihat saja spesifikasi teknis kendaraan yang dibikin pabrikan. Motor 4-tak lokal umumnya punya kompresi kisaran antara 9:1 sampai 9,3:1. Bahkan, motor 4-tak impor seperti Suzuki Satria F150 berkompresi 10,2:1.



    Tapi, bagaimana dengan mengoplos aditif octane booster. “Penambahan itu tidak signifikan. Sebab, kandungan kimia octane seperti Metil Cyclo Pentan Dienyl Manganis Tricarbonil (MMT) tidak akan besar mendongkrak angka oktan.



    Bagaimana dengan motor 2-tak. Umumnya, perbandingan kompresi lebih rendah. Jadi, pindah pemakaian Pertamax ke Premium nggak masalah. Kebutuhan motor 2-tak terhadap kriteria bahan bakar dianjurkan menggunakan Premium.



    Misal, kompresi Kawasaki Ninja-RR 7,2:1. Data Premium beroktan 82-92. “Cukup menyuplai kebutuhan motor berkompresi 7:1-9:1,” jelas Freddyanto Basuki, assistant manager service division, PT Kawasaki Motor Indonesia disalah satu tabloid nasional.

    Memang, penggunaan Premium perlu diwaspadai. Soalnya, bahan bakar itu belum bebas timbel (luar Jabotabek).



    OKTAN INDONESIA LEBIH RENDAH



    Angka oktan bensin yang beredar di Indonesia menurut Colin Latung lebih rendah dibanding dengan sejenis di negara lain. Sebab, kita menganut Research Octane Number (RON). Sedangkan di negara lain, misal, Malaysia menganut Pump Octane Number (POM). “Angka POM didapat dari penjumlahan RON dan MON (Motor Octane Number). Hasilnya dibagi dua,” jelas Colin.



    Dengan demikian, kalau angka RON Pertamax dikonversikan ke POM sudah pasti angkanya turun. “Jadi kualitas bahan bakar kita memang tidak baik,”.

    Jadi intinya, lihat dulu spesifikasi mesin mobil atau motor yang kamu gunakan. Lihat perbandingan kompresi mesinnya, kl udah tau sesuaikan dengan data berikut.



    Perbandingan kompresi 7:1 - 9:1 menggunakan bahan bakar premium..

    perbandingan kompresi 9:1 - 10:1 menggunakan bahan bakar pertamax

    perbandingan kompresi 10:1 - 11:1 Menggunakan bahan bakar pertamax plus

    perbandingan kompresi 11:1 keatas Menggunakan Racing Fuel
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. mrxhunter Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 6, 2012
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +3 / -0
    boleh repiuw tentang penggunaan pertamax pada honda supra
    plus:
    -tarikan enteng
    -kec 60 gk getar body
    -hemat
    minus
    pertamax mahal
    klo gk ke kota madya gk ada/pom besar
     
  4. aizy M V U

    Offline

    Chewbacca

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,722
    Trophy Points:
    246
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +64,658 / -0
    taunya perbandingan kompresi sekian banding sekian gimana caranya..??

    apakah perbandingan ini bisa diatur sendiri sehingga mesin bisa menerima bhan bakar yang kita inginkan..? :???:
     
  5. mrxhunter Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 6, 2012
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +3 / -0
    dari situsnya produsen motor biasanya ada ato brosurnya , klo punya ane emang beralih bahanbakar dari premi ke pertamax , klo sepedamotor sekarang rata2 kompresinya dah pertamax
     
  6. anyozdekil Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 30, 2010
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -1
    kalo untuk mobil gimana ya cara taunya?
    mobil ane feroza 94 pernah ane isi pertamax tp mesinnya malah jd panas & ngelitik :(
     
  7. ichan135 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 22, 2012
    Messages:
    190
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +5 / -0
    kalo mau lebih pasti bawa ke bengkel terus minta cek kompresi om :)
     
  8. otayuuri M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 31, 2013
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +154 / -0
    perbandingan kompresi biasanya sudah ada spesifikasinya dari tiap pabrikan.
    hal ini bisa diketahui dengan meng-akses situs internasionalnya.
    misalnya honda di http://www.honda.com/

    kompresi bisa kita ubah dengan memodifikasi mesin(sangat tidak dianjurkan untuk amatir atau pemula)
     
  9. clone_48 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 5, 2010
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    207
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,994 / -0
    Motor-motor sekarang rata2 kompresinya gede-gede, jadi selalu yang dianjurin dari pabrikan ya minimal pertamax..
     
  10. konkuruseyyi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 14, 2013
    Messages:
    105
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo dari dealernya, motor gua dianjurkan dicampur pertamax dan bensin. itu benar enggak?

    ~~yay pejwan~~
     
  11. cay_rob Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    134
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +569 / -0
    Banyak orang yang cuma berfikir pendek, mesin sama2 bisa idup, kl bisa murah kenapa harus mahal.
    waduh nyindir gw asem,wkwkwk
     
  12. Dravenic Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 21, 2011
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    ane pemakai pertamax dulu sekarang campur sih abisnya pertamax naik harga juga
     
  13. sunkenship M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    666
    Trophy Points:
    82
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +96 / -6
    kalau untuk kendaraan baru, biasanya ada pada brosur kendaraan. jadi ga perlu bingung.
    untuk kendaraan lama, coba tanya montir saja. untuk pengaturan sendiri kayaknya agak ribet. soalnya kudu bongkar mesin dan mengganti part". hitungannya malah jadi modif mesin. sangat tidak disarankan kecuali memang mau merubahnya.
     
  14. sewell Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 4, 2013
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    pake pertamax lebih baik. untuk akselerasi dan top speed. tp kurang baik untuk kantong. yaa kalau kendaraan standaran dan masih bisa pake premium. mending premium. apa lagi dengan kondisi jakarta yang makin macet. mau motor kencang jg gak guna.. jd isi pertamax kalau pas jalan kosong aja :D
     
  15. archi_yuki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 26, 2012
    Messages:
    1,217
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,201 / -0
    dulu pake petamax 92 enak.. trus lama2 suka pertamax merah walo mesin lebih cepet panas drpd biru
    trus setelah negara api menyerang jadi pake campur trus pure premium
    belakangan ga enak mesinnya trus ganti pake merah lagi :hehe:
    ntar juga ganti premium lagi paling :ngacir:
     
  16. denbagus1 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Berarti motor seperti satria FU harusnya pakai pertamax ya. Banyak anak2 muda yg pakai premium tuh
     
  17. mazbro1773 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2013
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    berarti kalo g kuat beli pertamax mending ganti motor aja yak.....wkwkwkwkwkkkk
     
  18. hbiebatc Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    pernah baca sih, semua kendaraan yg beredar di indonesia (resmi atpm) ud melewati serangkaian tes jalan, jd aman2 aj kalo pake premium.. tp ya power mesin kompresi gede ga bakal keluar..
     
  19. deluxo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    ditambah lagi yg sudah menganut sistem "Injeksi" itu wajib minimal Pertamax gan.
    mengingat nozzle injector itu kecil dan timbal pada Premium itu bisa menyumbat nozzle.
    mau nya untung pake Premium, malah buntung gegara musti ganti nozzle injector.

    terlebih lagi dengan pake Bahan Bakar non-Subsidi kita bisa membantu pemerintah dengan meningkatkan pendapatan negara.
    agak OOT sih, tp ane lebih setuju pembatasan Bahan Bakar Bersubsidi itu hanya untuk kendaraan berplat Kuning alias kendaraan umum.
     
  20. mpixz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 4, 2010
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    ane pake campur gan, soalnya buat c vixi ane yg kompresi standar 10.5:1 pake pertamax kurang bertenaga, jadi ane campur dengan rasio 2:1 untuk premium: pertamax hasilnya tarikan enteng
     
  21. lucifier84 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 8, 2010
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10 / -0
    ane kok rada penasaran yah sama review2 kadar oktan antara permium sama pertamax... jarang banget di ulas sama lab independent.. apa pertamina ngelarang ulasan soal permium dan pertamax yah??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.