1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Game yang Overrated & Underrated...

Discussion in 'Games Free Talk' started by ndr3, Sep 12, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    Menurut kalian game2 apa yang underrated n overrated? berikan argumen masing2

    Definisi
    Underrated: Game yang menurut anda bagus atau lumayan tapi tidak mendapatkan apresiasi yang selayaknya

    Overrated: Game yang emnurut orang banyak bgs/ Game yang mendapat apresiasi terlalu berlebihan. Game ini bisa bagus, lumayan atau jelek, tapi mendapatkan apresiasi yang terlalu besar dari kualitasnya sendiri. Game2 yang dimasukkan bisa jadi resensi orang untuk main game apa terutama yang underrated karna banyak yang gak tau biasanya

    *) tolong jawaban n argumen jgn jauh2 dari definisi yang diberikan
    *) boleh adu argumen tapi jangan berantem karena bagaimanapun jg selera orang berbeda-beda
    *) boleh nambahin game2 lagi kalo keinget game2 yang blom dimasukan di post pertama

    Saya gak punya wewenang apa2 di forum, tp spy rapih n gak ngalor ngidul diharapkan kita bersama ngikutin poin2 tsb (yah melenceng dikit gapapa si)
     
    Last edited: Sep 12, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    ok, Game underrated menurut gw :
    - Grim Fandango : ini game penjualannya anjlok bener, enginennya jg masih coba2 tapi cerita ma puzzlenya bikin elu care sm game ini, gw masi inget wkt pertama x nyampe rubacava, ketemu sm mercedes colomar ampe tamat, setelah tamat rasanya kok sebentar bgt (padahal tu game lama lo durasinya)

    Overrated
    Last Remnant : Gw suka sm gamenya, sistem strategynya jg menarik, cm setelah 1/2 jalan berasa monoton bgt. quest2nya jg gak menarik, Karakternya gak menarik, si Rush kayak frat boys, trus adeknya dah tau kena culik2 mulu, eh berasa kejagoan minta ngikut. dah gitu si David baru ketemu Rush 15 menitan dah bisa lgs percaya. Heh, bokap nyokapnya orang penting bkn berarti anaknya lgs bisa dipercaya, kalo ujungnya ternyata David cm manfaatin Rush si gw terima, tapi kan ini nggak, Si karakter ce' aja yang mati, baru gw berasa dy heroik, langsung digantiin sm yagn cm beda di codet doang, yah kematiannya jadi useless, gak peduli npcnya mank sudah ada dari game mulai, bkn berarti u bisa seenaknya gantiin orang yang mati. bayangin FF7 u main aerithnya mati trus 15 kemudian dateng ce' yang mirip kayak aerith cm beda di warna pita lgs jd love interestnya Cloud yang baru, bayangin cb. Ceritanya jg gak menarik gak bikin tegang, *spoiler*Rush ternyata remnant? maksa bgt*spoiler* itu aja dah gak penting eh endingnya ternyata dy idup, makin gak meaning sacrificenya.

    Fable - Lost Chapter : jgn salah game ini gw tamatin skitar 3x, gw bilang ni game cukup bgs cm kalo dibandingin sm janji developernya, gak bgt de, banyak game yang gak sesuai expektasi, tapi ada jg yang melebihi. Fable salah satu yang sangat jauh dar expectasi. saat baca di inet n majalah, katanya fable ini bakal revolutioner smua keputusanny berconsequensi n u bisa banyk hal, deskripsinya kayak ngawinin the sims sm game action RPG apa lah. kalo jadinya bgt agak kecewa jg.

    FF7: ini kontroversi ni, menurut gw FF6 lbh bgs dari game ini, game ini salah satu game terbaik Square Enix (Squaresoft wkt itu) cm bnyk yang bilang best RPG of all-time? please.... bahkan game ini termasuk RPG apa nggak aja masih kontroversi (gak ada unsur role-playnya). Ceritanya mulanya solid bgt, eh sampe masuk perkenalan Jenova ini Jenova itu Sephirot ini n bgt, bwt gw ini jadi kelemahan dari cerita game ini. gambaran Jenova yang alien ngingetin gw sm film ET. dari situ, sephirot jadi gak serem lg, bahka tiap x sephirot battle, gw slalu ngerasa kayak lawan monster biasa (gak tegang karena gambaran sephiroth yang bwt gw gak serem ato menakutkan). Menurut gw cerita n plot yang bgs itu walau complicated tetep harus jelas, misteri boleh ada cm jgn sampe bikin pusing doank, (kalo game yang bikin pusing bkn dungeonnya ato strategy ato gameplaynya tp ceritanya, ada yang salah tu) karakter Yuffie menurut gw Annoying n gak simpatik, lucu jg nggak tu orang daripada jadi bagian dr grup, lebih pantes dipenjara n jauh2 dari cloud cs. gw berpikir kalo aja Jenovah itu ancient demon bknnya alien mkn ceritanya jauh leibh keren. soalnya gak jelas Jenovah itu darimana mau ngapain, tau2 dtg aja n jadi musuh, kecewa gw. Tapi diluar itu game ini solid n termasuk salah satu JRPG terbaik (JRPG bkn RPG keseluruhan)
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  4. LegACy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    2,588
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +168,116 / -0
    Hmm, apa yah game yang overrated, gw bingung
    tapi kalo game yang underrated, gw bilang sich Mirror's Edge. Emank gak revolusioner2 amat, tapi gw suka, disini kita bener2 bisa ngerasain gimana lari ngebut harus lompatin segala macem, sayang ada battlenya dikit, coba pure ngebut2an kayak sonic tapi FPS, haha
     
  5. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    mirror edge mank katanya bgs, mank underrated y? bknnya lmyn smbutannya?
     
    Last edited: Sep 12, 2009
  6. Captain_Chrno Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    150
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +10,205 / -0
    Overrated Game : FF VIII
    Kata gw, FF VIII termasuk overrated banget. Hampir semua kritik nilainya 9 ke atas O_O Yang ingin kutinjau terutama dari sisi cerita. Katanya ceritanya bagus banget, tp liat aja cerita awalnya, duh. Sistem sekolahnya juga, gak cocok banget menurutku... Masalah gameplay sih, biasa aja. FF VIII bagus, cuman koq rasanya tanggapannya terlalu bagus menurut wa.
    FF Story terbaik : FF VI
    FF Gameplay terbaik : FF XII (belom pernah maen FF XI tp)

    Underrated Game : Kessen III
    Tanpa basa-basi, aku langsung tau kl underrated game yg akan kutulis adalah Kessen III. Menurut wa, game karya KOEI paling bagus kedua setelah ROTK X. Gameplay-nya benar-benar orisinil, dan kataku gak ngebosenin. Dari segi cerita bagus, walaupun aku kurang suka juga karena jalan cerita-nya full fiksional mulai dari poin tertentu dalam cerita. Walaupun gitu, kataku Kessen III >>>>>> Dynasty Warriors (Overrated banget)

    @ndr3
    BTW, menurut wa FF VII lumayan bagus dari segi cerita (Kecuali Advent Children dan semua sekuel FF VII, bikin jelek aja. Harusnya cerita FF VII cukup sampai tamat-nya game aja...)
     
  7. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    yah menurut gw siceritanya rada terlalu njelimet, konsep jenova sendiri cm alien misterius tanpa dijelasin darimana, trus apa ada species dy sejenis yang lain, dari dy imbasnya ke karakter sephirot yang jadi kurang menarik. menurut gw kalo mau bikin konsep extra terrestrial yang 'deadly' n 'menacing' ya kayak Sovereignnya Mass Effect. Yah ceritanya sendiri bknnya jelek, cm masih banyak game RPG yang ceritanya lbh bgs n enak diikutin n title best RPG of all time itu gak bgt yah gitu de

    N gw setuju sm elu Dynasty Warrior itu game mediocre, masih beruntung kalo gak dibilang jelek.
     
    Last edited: Sep 12, 2009
  8. seanman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    902
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +3,956 / -0
    game overrated..
    FEAR2
    Setelah gw coba2 alias bosenin gila... mending yg pertama ama sekuel yg pertama.. serem gila, yg kedua lah loh lah loh jadi gore ga serem ga ada auranya, dari segi gameplay juga tetep gitu2 aja wkwkwkkwkwkw..
    game underrated
    bionicle comando rearmed walaupun sidescrolling tapi gamenya tetep ajib
    FastBlack aka.. Project Torque game baru MMO racing game, yg ada di Indonesia, walau close beta tapi gw dah mainin dan ngebandingin ama MMORG yg di sini, fisikanya lebih bagus drpd yg lain ada engine fisikanya.. tinggal nunggu waktu.

    @atas setuju FF7 dan FF8 emang overrated, gw malah demen FF6 untuk segi cerita yg lebih jelas ceritanya..
    FF7 datang si Alien
    FF8 datang si penyihir yg gw kira rinoa masa depan wkwkkwwk tapi rasanya emang bener secara logika. (Bahas yuk ceritanya bro di thread lain)
     
  9. deddykoer Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +586 / -0
    spore

    underrated game, bosen, gak sesuai ma gembar gembor microsoft!!
     
  10. Feischmaker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,024 / -0
    kalo dari konsol ya.. (g pengalaman PC)

    Underrated: Vagrant Story, FF IX
    Simple sebenernya, Vagrant Story (VS) kalo bener2x dimaenin adalah Action-RPG dengan tingkat kecanduan paling tinggi yang pernah SQUARE ciptakan...
    game ini underrated di USA dan Euro, tapi di Jepang menjadi satu-satunya game SQUARE di PSX yang dapet nilai sempurna di majalah review game legendaris jepang FAMITSU.
    Jebloknya penjualan bikin krunya dimutasi...
    Padahal selain gameplay yang adiktif (I played > 150 hours) dan inovatif (battle system ditiru sama FFXII FYI), this game has the best story (for SQUARE PSX products aside of Xenogears) dan graphic juga adalah yang terbaik di PSX (serius)

    FF-IX juga adalah game underrated (yep SQUARE-ENIX mengakui bahwa game ini adalah FF paling underrated), padahal niat SQUARE simple, kembali ke "true traditional FF style" setelah penyimpangan yang dilakukan di FFVII dan FFVIII
    Sayang akibat chara design yang dipercayakan pada pihak ketiga (Tetsuya Nomura waktu itu berkeras ingin menciptakan lagi modern-style FF seperti FFVIII dan FFVII untuk FFIX) - aside of Dagger, chara design FAILED!!!, SQUARE harus bayar royalti untuk setiap penampilan karakter misal untuk promosi... Karena SQUARE agak pelit, jadilah FFIX kurang promosi...
    Dari segi gameplay emang biasa, tapi keunggulan justru ada di cerita (best story aside of FFVI, dan FFIV), tingkat kesulitan yang tinggi dan yang paling utama...
    REPLAY VALUE yang sangat tinggi (ini adalah satu-satunya game FF sampe saat ini yang kalo kamu perfeksionis pasti diulang-ulang terus)
    Coba aja Excalibur II challenge, Vivi-only challenge, Garnet-only challenge...

    Overrated : FF VII, FF VIII
    Simple, banyak orang menyukai game ini karena satu alasan: coolest character design ever (dan saya mengakuinya)... tapi gameplay dari FFVII dan VIII bisa dibilang "karya gagal" (FFVII has a collection of the worst FF minigame ever, oh but FFVIII has the best card game IMO), story yang sebenernya biasa aja (in FFVIII aside from "Ultimecia Arc"), laen-laen ud dijelasin di post atas...
     
  11. LegACy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    2,588
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +168,116 / -0
    yep, penjualannya gak gitu bagus, dan review2 di site2 juga gak terlalu tinggi

    anyway, kenapa yah kalo FF yang dibahas pasti kalo gak FFVII, FFVIII, ama FFIX, hampir gak pernah dibahas FFX ataupun FFXII <_<

    Dan BTW, gw satu2nya orang yang gak suka FFIX yah?
     
  12. Wolfkid M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    466
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +57 / -0
    Kalo menurut gw:
    Yg underrated :
    FF IX, dari semua seri FF yg pernah saya mainkan ( saya hanya gak pernah memainkan yg XI ) ini adalah seri FF yg paling bagus. Story yg mantap, nilai moral yg tinggi membuat saya betah memainkan game ini. Saya akui tokoh utamanya memang gak keren sama sekali ~ ~, tapi masa penilaian game hanya didasarkan pada tokoh utama. Essence dari rpg adalah story, bukan tampang doang. ( fiuh jadi emosi )

    Overrated :
    Tanpa basa basi FF VII dan FF VIII, gw ngak ngerti kenapa FF VII dipuji puji padahal setelah saya mainkan 2 kali ( setiap main 100++hours ), malah gak berkesan sama sekali.

    Buat FF VIII, opening actnya saya akui keren, pertama kali melihatnya terpesona sekali kayak liat cewek cantik tapi setelah main, what the hell.
    Salah satu sistem game yg paling menyebalkan adalah sistem leveling monster sesuai char. Buat apa kita leveling susah susah ampe kadang mata ngantuk liat tv tapi ujung ujung dihajar monster sakit jg.
     
  13. Ziedrich M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 30, 2009
    Messages:
    3,291
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,234 / -0
    gw setuju yg FF, vagrant story ga pernah maen..
    FF IX ma VI menurut gw lebih bagus dari FF VII dan VIII..
    FF 7 ma 9 ceritanya jelas, kalo FF 8 gw rasa ceritanya ancur..

    gameplay FF 7 ma 8 gw bilang kurang..
    FF 7 bisa bongkar pasang materia, lha terus bedanya char 1 ma char laennya apa? cuma beda stat dan limit break..
    FF 8 juga sama, bisa bongkar pasang junction, magic bisa semua draw ke monster.. lagi2 cuma beda stat dan limit break..
    FF 9 masing2 punya skill sendiri2.. vivi bisa black magic, garnet white magic, dll.. ability dari equip pun beda (ga semua char bisa pake equip tertentu)
    FF 6 juga sama kayak FF 9, masing2 char punya skill beda, lagipula kapan lagi maen FF bisa punya char segitu banyak:hahai:
    (FF yg di PS2 ga pernah maen, ga punya soalnya:hahai:)

    no offence buat penggemar FF 7 dan 8:hahai:
     
  14. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    jelas la, orang bukan microsoft yang kluarin pasti lah dy kabarin yang bkn2

    n oh.menurut gw story adalah essence ke 2 dari RPG, yang pertama adalah Gameplay dan Role-Play.

    Btw, pada FF smua ya, mank gak ad nyang bkn FF?
     
    Last edited: Sep 14, 2009
  15. aquaphx M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 25, 2007
    Messages:
    802
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,605 / -0
    underrated : cold fear
    soalnya blm lama ini coba n mnrt gw bagus hampir setaralah dgn resident evil cuma jarang kedengeran.
     
  16. kingstone16 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    74
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +17 / -0
    Sebelomnya No Offense dolo nih buat penggemar game yg g masukin di list overated. :)

    Overrated
    1. Final Fantasy XII
    Banyak yg bilang ini FF yang terbaik di PS2, bahkan selalu mendapat peringkat atas melulu di Topten GameFqs. Padahal menurut g ini malahan FF plg jelek yg pernah g maenin.
    Design karakter utamanya nggak banget deh sampe2 mgkn krn saking jeleknya gak dimasukkin ke rooster di FF Dissidia malah si Gabranth bukanya Vaan , hubungan antara karakter kurang ditekankan, keunikan tiap karakter gak ada (kyk di FF7 n FF8)., storyline jelek abis, Summonya gajebo alias gak ada summon khasnya FF seperti Ifrit, Shiva, n Bahamut, Sistem Summonya jg jelek abis, and NO ROMANTIC SCENE AT ALL antara karakter utama co n ce-ny !!!
    Karena saking jelekny g ampe males tamatin nih game :(

    2. Final Fantasy 7
    Y emang sih ini game RPG bagus n sistem materianya juga sangat menarik. Tapi kenapa banyak yg bilang ini The-Best-of-All-Time RPG ???. Storyline seperti yg dikemukakan dipostingan sebelomnya g krg gt suka setelah diketahui klo Jenova itu Alien, pas g tw dlm hati bilang "What the hell !?". Trus keunikan tiap karakter gak ada.

    3. Grandia 3
    Dolo sebelom film ini keluar, kesanya digembor-gemborkan banget. Aplg banyaknya promosi2 yg dilakukan oleh developernya. Tapi setelah g maenkan, ternyata Gameplanya kok jadi slow amat ini dibanding Grandia 2 n Xtreme. Trus storylinenya menurut g aneh sehingga g jd males tamatin game aneh ini.

    4. Valhalla Knights 2
    Sebelom rilis game ini developernya bilang klo game ini sangat adiktif dan jauh lebih bagus dari prekuelnya. Tapi setelah gw maen, gamenya gak jauh beda ama prekuelnya. Sama-sama membosankanya.

    5. Final Fantasy X-2
    G rasa ini game hanya sekedar Fan service semata aja. Dari gameplaynya aja g uda ilfeel doloan maeninya. Aplg ditambah story yg gak jelas n gak gitu menarik untuk diikuti.

    Underrated
    1. Front Mission 4 & 5
    Menurut g konsep di game ini sangat menarik apalagi ditambah dengan gameplanya yg adiktif. Trus storylinenya penuh intrik2 yg tidak terduga. Ternyata orang2 di luar gak gitu suka ama nih game bahkan karena anjloknya penjualan FM4 di luar jepang, Square Enix jd males translasi FM5nya. Padahal FM5 & FM4 adalah game yang bagus.

    2. Monster Hunter United
    Gw gak tau itu rating di GameSpot terhadap game ini rekayasa ato bukan. Yang bener aja game sebagus ini masa cuman dapat nilai 6.5 malah yg MHF2 dpt 5. Buat yg suka game action + punya PSP, game ini sangat wAJIB untuk dimainkan !!

    3. Brigandine
    The-Best-PSX-Game-of-All-Time menurut g ini kyknya diluar kurang gitu bagus penjualanya. Dapat diliat dari tidak adanya trnaslasi dari seri Grand Editionya bahkan gak ada sekuelnya lagi setelah itu.

    4. Plant vs Zombie
    Setelah liat Screenshot in gamenya n tau kalo ini hanya Minigame, sebagian besar org rata2 uda ilfeel doloan sebelom maeninya. Tapi setelah dicoba pasti banyak yang tertarik dengan game yg sangat adiktif ini.

    5. FFIX
    Sayang banyak yg gak suka ama FF seri ini. Mungkin dikarekan design karakternya yg cebol n bentuk karakter utamanya yg kayk monyet :D. Padahal ini salah satu FF terbaik yg ditopang dengan story yg mantap n keunikan karakter yg tampak nyaata dibandingkan FF7 n FF8.
     
  17. Raestloz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    4,981
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,535 / -0
    Overrated:
    1. FF X-2
    Jujur aja de, menyandang nama "FF" bukan jaminan. FF X-2 adalah Sailor Moon buatan Square, dan mau tidak mau itu HARUS diakui. Ceritanya ga banget... mesti ngobrol (baca: ngegosip) sama orang2 dimana-mana baru jadinya bagus...

    2. Pokemon
    Perlu bukti? Nyatanya Pokemon udah berapa generasi si? Makin lama makin lemot dan makin letoy desainnya, tapi tetep aja dibilang "bagus"... :swt:

    3. Assassin's Creed
    Ok, overall Assasin's Creed emang keren, tapi masalahnya gameplaynya itu :swt: terlalu repetitif... semua game emang repetitif sampe ke tingkat tertentu (namanya programnya emang cuma itu-itu aja), tapi Assassin's Creed membawanya ke level baru: strategi sama dimana-mana. Minigamenya sama semua, musuhnya sama semua, strateginya sama semua :swt:

    4. The Sims
    Apa sih asiknya liatin orang yang lo urus gituuuu aja tiap hari? Ok, jadi skillnya naek, terus punya temen baru. Tapi ya itu-itu doang. Ada istilah "daily routine" dan The Sims membawanya ke dunia game. Di dunia nyata "daily routine" kamu maen game, di game pun masih punya "daily routine" :swt:

    Underrated:
    1. Okami
    Ga pernah maen? kerjaan lo paling WE sama Tekken. Okami adalah bagi mereka yang punya jiwa apresiasi tinggi. Gameplay yang benar2 baru ditambah dengan grafik yang memukau dan cerita yang menarik tidak membantu penjualannya :swt: CAPCOM sendiri waktu rilis ulang di Wii mengakui Okami benar2 underrated

    2. SPORE
    Banyak yang bilang SPORE kurang menarik karena urusannya itu-itu aja dan ga ada cerita apapun. Inti SPORE emang bukan cerita: SPORE menantang kreatifitas kamu. Masalahnya inti SPORE terletak di konten onlinenya, yang ga terjamah komunitas pengguna bajakan :swt:

    3. Tomba!
    Nama Tomba! yang legendaris hampir ga terdengar disini. Tomba! adalah game action adventure revolusioner yang menggabungkan action adventure dengan unsur RPG, yaitu quest dan cerita. Gameplay action adventure yang menarik, digabungkan dengan grafik kartun yang menyenangkan membuat Tomba! selalu asik dimainkan sampe sekarang. Cuma ya itu: gaungnya ga kedengaran

    Controversial:
    1. FFVII
    Banyak yang bilang FFVII itu gajes, sebenernya mau ngapain sih di FFVII itu? Class ga ada, cerita rasanya ga jago2 amat, mana gambarnya poligon rendah lagi. Sebenernya ceritanya FFVII lumayan koq, soalnya ceritanya dalem, perlu banyak quest supaya ngerti bener ceritanya. Gameplaynya juga lumayan, tipe tipikal JRPG, jadi rasanya ga terlalu masalah

    2. FFVIII
    Sial di FFVIII adalah kenyataan dapet duitnya susah (mesti nunggu gajian) dan level musuh = level kita, jadi power up secara harafiah itu cuma dari nambah karakter baru. Sialnya lagi, musti maen draw segala macem yang gajes. Makin parah: namanya armor lenyap dari peredaran

    Yg gw kerasa sih ceritanya lumayan solid, sepanjang perjalanan si Squall banyak berkembang. Sistem draw bikin kita rajin dan lenyapnya armor sudah digantikan sistem junction. Selain itu FFVIII juga punya banyak quest yang menarik (kayak kasus Chocobo)

    3. FFXII
    Sial dari FFXII adalah kenyataan bahwa ga ada unsur romancenya (yang mana orang2 ganjen demen :haha:) dan yang paling parah adalah kenyataan battlenya real-time dan real-world. Jadinya kayak maen game online Korea dalam mode offline. Belum ditambah quest2 rumit dan segala macem (utamanya ukurannya yang benar2 brengsek) membuat FFXII kerasa jelek

    Menurut gw sih sial dari FFXII itu bagian ukurannya yang maho, :panas: terlalu luas. Akibatnya mau urus quest aja lama tenan. Sial laennya adalah begitu main story beres, rasanya kita ga ngapa2in, soalnya bagi si Vaan dia ga dapet apa2 juga. Lepas dari itu, sistem battlenya asik koq. Sekarang kalo ada orang laen pas battle bisa dibantuin (ga kayak FFX, pas lagi jalan2 ada orang, battle, eh dianya ga tau kemana), dan karena real-time perlu banyak strategi, bisa aja ada musuh brengsek laen dateng tiba2 ganggu. Selain itu sekarang bisa lebih hati2, soalnya musuhnya keliatan juga
     
    • Thanks Thanks x 1
  18. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    Setuju, smua game monster rancher mank kurang dihargai, padahal gamenya enak2 kok (yah mungkin battle card gak masuk itungan) tapi ketutup sama franchise pokemon (okelah gw ngerti ini raksasa bgt), sama Digimon (desain monsternya gak ada imut2nya malah tiap digivolve jadi makhluk yang makin tak nyambung)

    gak mungkin ini underrated... kecuali yang posting2 tadi2 kebanyakn orang bilang game FF7 itu game wajib main n salah satu game paling keren spanjang jaman (which I beg to differ..) n game FF itu mank gameplaynya ok la walaupun tipikal JRPG yang menjemukan, desain karakter cloud itu aneh(rambut ngejegrak miring panjang pake hairspray ampe berapa kaleng tu bahkan masuk top 10 Video Game Fashion Disaster) Tiffa gak pas untuk karakter hand to hand combat (dy lebih cocok masuk game Dead Or Alive).

    masalah cerita gw bilang ceritanya si sederhana bgt kok cm dibikin njelimet aja. gw gak bilang game ini jelek, game ini termasuk bgs n salah satu game RPG terbaik untuk PS, gak lebih dari itu, knp? masih banyak game RPG PS ataupun platform lain yang jauh lebih luar biasa dari segi plot, char design, n gameplay.

    Coba inget2 de berapa orang yang dulu berpendapat ini game RPG terbaik spanjang masa? gak mungkin game kayak gitu underrated. itu namanya overrated. apa bener ini game RPG terbaik sepanjang masa kalo sama chrono trigger yang rilis duluan aja plot n gameplayna dah kalah

    Jangan berpikir gw gak suka FF7 n teman2nya ya, gw suka game ff7 makanya gw download lagi versi PCnya berhubung PS gw rusak. gw cm blang kalo ini overrated alias kualitas gamenya gak seimbang dgn respon berlebihan yang didapat
     
  19. realsifo777 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 23, 2009
    Messages:
    998
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +597 / -0
    ff7 gara2 aerith jadi keren :D katanya ibunya hironobu sakaguci mati saat membaut game ini. jadi untuk mengenangnya buat aerith mati juga :p

    aku jg ikut nangis lhoe ketika aerit mati :terharu:

    rumornya game ini sebetulnya blum selesai dikerjakn tapi keburu direlease duluan:pusing:

    aslinya aerith bs dihidupkan lagi:nangis:
     
  20. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    gak nyambung si bro

    ada lagi game overrated:
    Prototype - Gw tipe pemain game yang kalo dah tmat uninstall trus sekitar selang berapa lama kadang pengen main lg, tapi prototype gak enak, bgt2 aja linear bgt gak banyak yang bisa dilakukan cm challenge yang bgt2 aj sm misi yang pada akhirnya gak berkesan, fun to play tapi gak recommended.

    Diablo Series - Gw suka bgt n gw lagi nunggu Diablo III, 2010, 2011 selama sy bernafas saya tunggu, ini game fun n reccomended cm gw tetep bilang overrated. knp hack n slash, click, click, bgt2 aj pa lagi kalo pake karakter melee, ini bukan RPG itu kesimpulan gw, otherwise FUN!

    Underrated lg
    Battle Realm, ini game termasuk RTS enteng dgn grafik yg enak diliat terutama karena warnanya yang terang. jg termasuk polished, pek sistem training, ngambil beras sm air yang kontras dgn seri AoE atau Warcraft yang pake sistem tambang n tebang yang bisa habis. Cm 1 aj paling yang bikin ni game gak stabil n seimbang, yaitu adanya bug yang bikin para brothers di lotus gak cm bisa di summon berkali2 tp jg bisa sbm sumber yin&yang poin yang tak terbatas(namanya lp) blom lagi si samurai/ronin yang bisa pake yin/yang sword yang bisa abuse bug ini jg, walau menguntungkan untuk single player, tapi game multiplayernya jd gak asik.

    GUN
    game ini pasti ada yang blom denger ini game 3rd person western shooter, waktu sebelum CoJ Bound in Blood keluar gw stuck main CoJ satu yag walaupun ceritanya ok, gameplaynya menjemukan. Cepet bgt bosen akhirnya gak tmat, n gw nemu game ini di game spot yang ratingnya cm 7 koma sekian. Gw cari download n main, ini game ternyata lumayan polished, ini game open-world n jadi ada sidequest2nya yang menarik bisa upgrade senjata n upgrade skill jadi bisa smcm naik level bgt (sedikit sentuhan RPG) dari kota satu ke kota kecil lain bisa bolak-balik (namanya open world) voice-actingnya ok gambarnya jg lebih bgs dari CoJ1. sayang kurang mendapat perhatian. padahal kalo dihargai pasti dah ada sequel ni

    Freedom Force Series
    Ini game tactical RPG yang sangat Fun ceritanya kayak superhero taun 50-an, n narasinya pake narator bkn dari sudut pandang tokoh utama. pertama x game ini nongol di binus (yang third reich tp) gw gak mikir ampe 2 x untuk lgs beli ini (blom pny internet) Hero2nya norak tapi comical n fun blom lagi mod2 yang luar biasa keren. Recommended ni kalo ada di IDWS lgs download sodara2!
     
    Last edited: Sep 22, 2009
  21. minoru09 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 1, 2009
    Messages:
    141
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +18 / -0
    setuju gw kalo dibilang pokemon terlalu overrated,
    tapi kalo the sims??
    gw udah 5 tahun maenan gw the sims g pernah bosen,,
    tapi mungkin kembali k diri masing2 juga

    kan g semua org punya selera yg sama
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.