1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cerpen Tempat Latihan yang Sepi

Discussion in 'Fiction' started by flea_tommy, May 3, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. flea_tommy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    2,210
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +101,387 / -0
    Ini cerpen kedua saya, mohon komentarnya :maaf:

    Tempat Latihan yang Sepi​



    “SEPI ya?”

    Itu adalah pertanyaan yang paling aku benci. Ada seorang gadis yang selalu menanyakan hal tersebut padaku setiap jam setengah 4 sore pada hari selasa dan jum’at. Ia menanyakan dengan wajah datar dan seolah-seolah tak memerlukan jawaban. Karena sebelum aku sempat menjawab, dia sudah pergi meninggalkanku.

    Terkadang aku berpikir bahwa dia tidak kreatif karena ia selalu menanyakan hal yang sama berulang-ulang kali. Apakah dia tidak mempunyai hal lain yang bisa dikatakan padaku selain kata “Sepi ya” tersebut. Aku sungguh jengkel kepadanya, memang saat ini dojang ku (red: tempat latihan taekwondo) sedang sepi yang latihan karena banyak yang mengundurkan diri menjadi peserta. Tapi kenapa ia selalu mengungkit-ungkit itu. Taukah ia bahwa sebagai sabeum (red: pelatih), aku juga sedih dan kesal karena kami kekurangan anggota. Walaupun dojang kami sepi, aku tetap rajin melatih mereka dengan giat. Bahkan aku sudah datang setengah jam lebih awal dari jadwal latihan sebelum muridku latihan karena sebenarnya latihan dimulai pada pukul 4 sore. Tapi apa yang dia lakukan?. Dia menanyakan hal tersebut berulang-ulang ketika aku sedang mempersiapkan peralatan untuk latihan di lapangan dimana tempat kami biasa berlatih. Dan yang paling membuatku sebal adalah ia menanyakan itu tanpa membutuhkan jawaban dengan ekspresi datar. Padahal kalau ia memang sedikit kreatif bisa saja ia menanyakan “Kapan kalian ikut pertandingan?” atau “Sejak kapan kamu menjadi pelatih disini?”

    *

    Ia selalu mengucapkan itu sebelum murid-muridku datang. Murid-muridku adalah mahasiswa di salah satu PTN di daerahku. Dan aku adalah alumnus, senior dan pelatih mereka. Aku masih ingat saat pertama kali aku masuk ke dojang ini 7 tahun lalu saat menjadi mahasiswa baru. Dulu anggota dojang kami banyak dan pernah mencapai puncak keemasan dengan memenangkan kejuaraan daerah dan nasional. Tapi saat ini, kami kekurangan anggota dan hanya fokus ke kejuaraan tingkat daerah saja. Dan gadis itu selalu menanyakan kata tabu dalam dojang ini yaitu “Sepi ya?”.

    Tahukah ia, bahwa aku telah mencurahkan segala sesuatu di dojang ini?. Aku bergabung dengan dojang ini sejak aku mahasiswa baru hingga aku lulus dan menjadi guru. Bahkan dengan murid yang hanya 15 orang ini, aku tetap semangat melatih mereka. Aku terus memacu semangat mereka dengan mangatakan “Siapa yang mendapatkan juara satu di kejuaraan berikutnya akan mendapatkan hadiah dari sabeum!”. Meskipun juara satu jamanku dulu adalah hal biasa untuk diperoleh tapi luar biasa untuk jaman muridku. Aku selalu ingin mendengarkan hal lain dari mulutnya. Bukan hanya ungkapan basa-basi yang membuatku marah.

    *

    Ia sebenarnya memiliki wajah yang manis dengan memiliki tubuh yang cukup tinggi dikalangan wanita. Bahkan banyak teman dan muridku yang dengan terang-terangan menunjukkan ketertarikannya terhadap gadis itu. Tapi aku berbeda pendapat dengan mereka, aku berkesimpulan kalau ia hanya gadis pengganggu yang hanya bisa merusak mood seseorang dengan menanyakan hal yang tidak aku suka. Pernah aku ingin mencoba meramaikan lagi dojang ini dengan cara promosi untuk menarik murid baru tapi aku terlalu lelah untuk hal itu. Aku ingin pensiun untuk melatih taekwondo dan hanya menunggu waktu yang tepat untuk mewarisi dojang ini ke salah satu asisten pelatihku.

    Naman gadis itu adalah Indah, ia adalah mahasiswi yang mengikuti UKM Tari. UKM Tari memiliki tempat latihan yang berada dekat dengan kami berlatih dan ia selalu menyempatkan dirinya untuk menegurku dengan kata-kata tidak kreatifnya tersebut. Kata muridku, ia adalah mahasiswi tingkat 3 dari jurusan akuntansi.

    *

    Sore itu ketika aku sedang memasang sabuk hitamku, ia datang seperti biasa dan menegurku.

    “Sepi ya?”

    Aku mengernyitkan dahi sambil memandangnya. Aku bangkit dan menjawab pertanyaannya.

    “Kenapa kau selalu menanyakan hal tersebut?”

    Ia tidak menjawab dan ia terus melangkah untuk pergi.

    “Hei, kenapa kau tidak menjawab. Pertanyaan itu telah merusak mood latihanku.”

    Ia tidak menjawab.

    “Kau pikir tidak sedih menjadi pelatih yang mempunyai sedikit murid? Bahkan aku selalu memikirkannya. Kenapa dojangku tidak seramai saat aku pertama kali masuk dulu. Kenapa mahasiswa sekarang banyak yang tidak loyal terhadap dojang ini. Mereka hanya mendaftar diawal dan lebih dari setengahnya yang mengundurkan diri untuk berlatih setelah dua bulan. Taukah kau beban itu?. Taukah kau kesedihanku? Bahkan aku melatih disini tanpa honor atau uang imbalan karena aku memang menyukai dunia ini, dunia dimana aku pernah meraih mimpi menjadi yang terbaik bersama teman-teman. Tapi apa yang kau lakukan?. Kau telah merusak soreku dengan pertanyaan tidak pentingmu!”.

    Ia tetap diam dan membuatku jengkel.

    “Kenapa kau diam?. Apakah kau hanya bisa menanyakan hal membosankan tersebut?”

    Ia berbalik sambil menangis.

    “Kenapa kau yang menangis?. Bukankah aku yang seharusnya tersinggung dengan pertanyaanmu selama setengah tahun ini?”

    “Maaf, aku memang yang salah.”katanya.

    “Jelas, kau yang salah.”jawabku.

    Ia pun duduk dipinggir lapangan sambil menyeka air matanya.

    “Aku tahu bahwa kau sebenarnya kesal dengan pertanyaan monotonku. Aku tau hal tersebut. Tapi apakah kamu tau bahwa sebenarnya aku menanyakan hal tersebut agar kau mengatakan bahwa tempat latihan ini memang sepi dan menawariku untuk bergabung dan berlatih bersamamu. Aku sebenarnya ingin bergabung sendiri tapi aku malu tidak berbakat dan ingin diajak duluan olehmu. Aku terkesima saat kau mempraktekkan tendangan berputar kepada murid-muridmu dan sejak saat itu aku menyukaimu. Aku menyukai caramu melatih mereka, aku suka caramu tertawa saat bersama mereka dan aku menyukaimu yang terlihat jantan saat menggunakan seragam itu. Tapi aku tidak berani untuk mendekatimu secara normal malah menanyakan hal yang menurutmu tidak penting. Dan yang membuatku makin sedih adalah ketika akhirnya kau menjawab pertanyaanku dengan amarah seperti barusan”

    Aku tidak bisa berkata apa-apa.

    “Tapi kau juga yang salah. Kenapa kau tidak merespon pertanyaanku itu. Tapi terima kasih, berkat amarahmu akhirnya kau tahu bahwa aku menyukaimu. Menyukaimu sejak setengah tahun lalu saat pertama kali aku menegurmu. Maaf aku mau pergi, karena aku ada latihan tari terlebih dahulu. Maaf mengganggu dan terima kasih telah mendengarkan.”

    Dia pun akhirnya pergi sebelum aku sempat membalas pernyataannya.

    *
    Selepas dia pergi, aku termenung akan kesalahanku. Ia sebenarnya hanya ingin mengurangi jarak dan mencoba untuk mendekatkan diri padaku. Tapi aku terlalu cuek untuk menyadari itu. Mungkin hal ini membuat aku berpikit terbuka, terbuka akan keadaan disekitarku terutama terhadap orang-orag yag memperhatikanku. Dia sudah mengungkapkan isi hatinya dan inilah waktunya mengungkapkan isi hatiku. Aku akan mengungkapan setelah aku menyelasaikan latihan sore ini. Apakah ini akan berlanjut ke babak baru? Atau hanya akan berlanjut ke jalan buntu?. Yang pasti aku harus mengungkapan hal yang ada dipikiranku.

    *

    Musim Panas, di bulan Agustus 2012

    Tamat
     
    • Like Like x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ihateslow M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 20, 2011
    Messages:
    3,702
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +6,584 / -0
    wah kog endingnya rada bikin penasaran sih jd ingin tau apa yg akan berlanjut kedepannya, tapi malah tamat sampe disitu,
    hmm begitulah wanita, terkadang tingkah dan isi pikirannya sulit untuk kita baca dan mengerti, kadang kala apa yg kita duga malah tidak sesuai dengan apa ada dalam hatinya.
    PERTAMAX :lalala:
     
    • Like Like x 1
  4. Melonn M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 17, 2011
    Messages:
    510
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +437 / -0
    halo gan :hi:

    ceritanya... agak bisa ketebak, ya...
    tapi, baru mulai ngeh disekitar akhir2...
    awal sampe tengah ane gak ngerti apa2
    nge blank abis...

    ceritanya nyantai ya, enak bacanya
    twist(?) nya oke juga, bagian terakirnya bikin pengen ketawa
    dari marah malah gitu... ya... hahaha
    bener juga kata agan ihateslow, jadi penasaran itu lanjutannya bedua gimana... hahaha

    well, nice~

    btw, dibikin komiknya dong, gan... cari artis gambarnya biar kayak di ava nya combi2 :haha:
     
  5. temtembubu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    598
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,934 / -3
    mampir untuk meninggalkan jejak ya :hehe:
    kisah yang disampaikan bernuansa santai, jadi cukup enak untuk diikuti :nikmat: dan yah, seperti kata abang melon. akhirnya sudah bisa ditebak begitu tokoh perempuannya diperkenalkan.

    dan yah kekurangannya bagi saya sih karena banyak informasi yang disampaikan berulang2, itu saja sih (tapi itu mungkin karena selera saya saja :hehe:)

    segitu saja, semoga membantu :peace:
     
  6. serafim M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    1,244
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +874 / -1
    feel-nya kurang dapet gan
    mungkin karena pemilihan kata yang digunakan :peace:
     
  7. flea_tommy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    2,210
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +101,387 / -0
    terima kasih buat sarannya :maaf:
     
  8. om3gakais3r M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    3,040
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,622 / -0
    Ceritanya dapet, tapi plotnya masih belum cukup dalem... kalau bahasa profesionalnya mah susunan plotnya harus digali lagi.
    Kamu bisa mainin perasaan pembaca dengan beberapa adegan.. dan itu bagus. Nah, masalahnya sekarang kekonsistensian dalam dialog karakter... menurutku si sabem ini beda banget pas dia narasi dan dialog.
    Tapi aku suka ceritanya, walau agak nyelek seperti drama korea. :haha:
     
  9. mrbrewok M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 24, 2012
    Messages:
    289
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +19 / -0
    endingnya kurang mengena gan
    but goodwork
     
  10. Fairyfly MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 9, 2011
    Messages:
    6,818
    Trophy Points:
    272
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,475 / -133
    numpang komen gan, sekalian nabung post :ngacir:


    Pertama, mengenai penulisan, hmm masih perlu dirapikan di beberapa bagian. Ada banyak adegan loncat antar kalimat. Sering2 latihan aja gan nanti pasti lebih baik :top:

    Dan ceritanya, areeeeee :swt: kok kayak yang kurang konflik n gantung ya? intinya dapet gan, mungkin tinggal konflik tengahnya diperdalem pasti lebih bagus :hmm: n idem ama agan serafim, feelnya kurang dapet :hmm:

    Nice, anyway. keep writing. nice work :top:
     
    • Like Like x 1
  11. flea_tommy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    2,210
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +101,387 / -0
    terima kasih atas sarannya :)
    semoga lebih baik dikarya selanjutnya :lalala:
     
  12. venysilvia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2012
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +333 / -0
    anak itu punya masalah komunikasi. kalo aku jadi prianya ya sama gak ngertinya juga :sebel:


    perasaannya kurang ngena, mungkin karena masalahnya terlalu bukan masalah ya. kan tinggal ngejer abis latian sore rebes. :XD:

    mungkin kalo endingnya ceweknya ditabrak gerobak. terus gak isa bertemu selamanya lebih keren :lol:

    overall bagus. seperti kata pak presiden.. :cheers:lanjutkan..
     
  13. flea_tommy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    2,210
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +101,387 / -0
    makasih komen nya :maaf:

    --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    rata rata pada komen kalo ending nya kok begini ?
    kok tanggung ?
    kok gak dilanjutin sampe kelarnya ?

    itu sebenernya saya sengaja biar open ended, jadi ya emang cuma sampe situ
    tinggal para pembaca aja gimana mau menyimpulkannya :hehe:

    terima kasih buat yg udh mau baca ini cerpen
    nanti akan saya posting cerpen saya selanjutnya :doa:
     
  14. ivan245 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    296
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +14,656 / -0
    komentarku untuk cerita ini bisa dirangkum dalam satu kata:
    GIRLS!

    Diksi cerita jauh lebih baik. Penceritaan juga jauh lebih nyaman dibaca. Bagus.
    Cuma kalau saya, kali pertama dia ngomong 'sepi ya,' udah saya kasih tendangan berputar.
     
  15. flea_tommy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    2,210
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +101,387 / -0
    kasian dong kalo ditendang, kan cerita nya itu si ceweknya cakep
    :XD:
     
  16. yosi_rb04 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 4, 2012
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    ending yang kayak gini nih yang q suka, soalnya q bisa berimajinasi mau seperti apa kelanjutannya, :D
     
  17. flea_tommy M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    2,210
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +101,387 / -0
    makasih kk atas komen nya :maaf:
     
  18. Giande M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 20, 2009
    Messages:
    983
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,228 / -0
    aeaeaeaeaeaeeeaaaaa

    "sepi ya...."

    terus kabur

    tapi alasan e agar ingin di ajak berlatih... tapi kabur.... tapi dia ingin diajak bergabung.... tapi abis ngomong kabur... tapi dia ingin di ajak ngomong... tapi abis bertanya langsung pergi..... sebelum sempat ditanya balik....tapi dia ingin bergabung suwer.... sayangnya dia pake ekspresi datar

    :keringat:

    ijou desu
     
  19. beauty___ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 22, 2013
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +20 / -0
    keren nih ceritanya
    sedih gitu ya jadi ceweknya :top:
     
  20. Awan12 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 16, 2012
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Aku jadi pengen buat novel. Mohon bimbingannya :)
     
  21. s3mar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 16, 2012
    Messages:
    1,012
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +287 / -0
    salam :hi:
    menurut saya ceritanya terlalu datar ya, apa gara-gara saya yang kurang suka cerita drama/romance ya? :hehe:
    mungkin kejutannya terlalu cepat "di-discover" jadi berasa biasa aja bagi saya :peace:

    btw, keep writing bro :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.