1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

OriFic Reason

Discussion in 'Fiction' started by venysilvia, Apr 30, 2013.

?

menurutmu bagaimana cerita reason ini dihatimu?

  1. bagus, biar authornya seneng ajah :XD:

    0 vote(s)
    0.0%
  2. lumayan, bagus buat bungkus koran :garing:

    0 vote(s)
    0.0%
  3. jelek, kek mukaklo :haha:

    0 vote(s)
    0.0%
  4. sangat jelek, mataku rabun bacanya :nangis:

    0 vote(s)
    0.0%
  5. sampah, buang cepet. :lempar:

    0 vote(s)
    0.0%
  6. emangnya gue pikirin?? :cerutu:

    0 vote(s)
    0.0%
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. venysilvia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2012
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +333 / -0
    lagi pusing :panik: ngirim kemanapun gak ada balasan. coba ngepost disini deh.:sembah:(berpikir positif)
    tik tik tik buat id >> terus post deh... ternyata susah buat thread :panda: << baru pertama kali
    kalo bikin novel itu orific yah ?? :matabelo: gak tau maaf newbie :madesu:

    No Limit series buku ke 0
    judul: "reason"
    teaser: cerita tentang science fiction pembuatan manusia buatan humandroid. Awalnya menceritakan tentang kehidupan nico, anak pewaris perusahaan bina yaitu perusahaan terkaya didunia. Dirinyapun tiba-tiba jatuh cinta dengan luna. Tetapi ada yang salah dengan cintanya, cintanya tak ber"alasan". sama dengan cinta pada umumnya. tetapi cinta itu tidak lagi penting. cinta itu bukanlah hidup. dirinya dikejar-kejar akan dibunuh, karena ada kehancuran yang akan melanda seluruh kehidupan dimuka bumi ini. "time paradox" akan terjadi, dan semua yang kau kenal akan mati.
    genre: science10%-fiction10%, romance 10%, love35%, thriller 15%, strategy 15%, humor 2%, beginning of war 2%, other 1%.
    mohon jangan ada yang tersungging ya bacanya.. ini total fiksi soalnya. tapi masalah sciencenya> True Story
    Opening
    Hiprocrates sendiri. Bapak dari kedokteran dalam sejarah pernah berkata bahwa dirinya menemukan suatu bahasa dalam tubuh manusia. Bahasa yang disembunyikan dalam ikatan protein yang terdefinisikan sebagai dna.

    Sinbad, penguasa tujuh lautanpun berkata bahwa harta karun yang paling ingin didapatkannya dan dicari diseluruh dunia tapi tetap tersembunyi adalah bukan suatu harta karun senjata, atau emas. Tapi adalah suatu skripsi. Skripsi yang menjelaskan tentang suatu encode yaitu encode yang dapat membaca dna.

    Pada tahun 1900 rahasia encode ini bocor dan diketahui oleh pemimpin Negara-negara besar dunia. Dipimpin oleh jerman, rusia, amerika, dan jepang, mereka langsung mencoba mencari encode tersebut dengan mengirim berpuluh-puluh ribu tentara, penjelajah, dan pedagang kedunia baru untuk mendapatkan encode tersebut. Tapi untuk melakukan penjelajahan tersebut, dana dibutuhkan, penjajahan tak terelakkan dan perang dunia pertama dan keduapun terjadi. Penjarahan makam dan kebudayaanpun terjadi dimana-mana hanya untuk mencari sekedar informasi untuk mendekatkan diri ke encode tersebut.

    Ternyata marcopolo.. seseorang pengembara muda tak terkenal saat itu sudah menemukannya dimasa lalu, dan Einstein tanpa sengaja menemukan catatan harian marcopolo disalah satu perpustakaan besar ilmuan di eropa. Karena berbahayanya dari isi tersebut, einsteinpun sadar. Encode tersebut disembunyikan olehnya dengan bantuan pemerintah sehingga kerahasiaan encode tersebut tetap terjaga. Rahasia itu diwariskan secara turun temurun selama berpuluh-puluh tahun.

    Karena kerahasiaannya terlalu dijaga. Keturunannya bahkan tidak tahu lagi isi dan bahayanya encode tersebut. Sehingga karena tak ada yang tahu isi encode tersebut, maka keamanannya pun berkurang. Generasi hingga generasipun lewat dan informasi isi dari encode tersebut bocor dan diketahui oleh beberapa pihak yang juga tetap tidak tahu apa isi dan maksud dari encode tersebut.

    Walaupun begitu berpuluh-puluh tahun kemudian.. di masa depan. Pada akhir abad ke 19, Sylvia.. salah satu keturunan murni keluarga bina, berhasil menemukan teknologi synthesis dna setelah berhasil meneliti isi encode tersebut. Teknologi inilah, yang akan merubah seluruh dunia yang dikenalnya. Teknologi terlarang yang dipunyai satu-satunya oleh tuhan.

    Namaku tidaklah penting. Aku sendiri bukanlah siapa-siapa didunia ini. Aku terlahir didunia fana ini sendiri, tidak memiliki orang tua, tidak memiliki teman, dan tidak memiliki saudara. Percayalah, kalian tidak tahu dan tidak akan ingin merasakan apa yang kurasakan.

    Aku gadis, umur 15 tahun. Rambutku berwarna kuning, mataku berwarna biru. Untuk keluar dari tempat itu saja aku harus merubah warna rambutku, dan menyamar menjadi laki-laki. Aku rasa, aku lebih baik mati. Tak ada yang lebih buruk daripada hidupku ini.

    Sampai suatu hari dirinya datang kehadapanku. Memberikan perasaan, memberikan keindahan, memberikan kenyamanan dalam hidupku.

    Kurasa.. dia telah mencuri hidupku. Aku berharap, aku bisa selalu bersamanya selama hidupku, memandangnya, memeluknya, memegang tangannya. Ah.. itu semua hanya angan-anganku. Nyatanya dirinya sudah dimiliki oleh orang lain. Aku hanya tersenyum, berusaha menggapai sesuatu yang takkan pernah kurasakan.

    Kalian pasti berpikir diriku menyedihkan bukan? Walau aku berusaha menjauh, menghilangkan dirinya dari tatapanku, aku tetap..
    Aku.. terlalu takut.. untuk kehilangannya.

    Saat itu, musim penghujan. Serangga kesukaanku, kunang-kunang berkerlap-kerlip mengitariku. Ya.. aku telah mati. Kumelihat cermin didepanku, darah ini mengalir bersama gravitasi. Dia ternyata telah ditipu, oleh seseorang yang telah dia percayai segenap hatinya. Karena itulah aku bangkit, biarlah aku menjadi monster, biarlah dia membenciku. Dialah seseorang yang telah mencuri hidupku, seluruh impianku. Apakah ini cinta? Rasanya tidak, tidak seperti cinta yang kukenal.

    Lalu..

    Akupun bernyanyi, inilah nyanyian yang akan mewakili seluruh rajutan benang kenangan, yang selamanya terangkai indah bersamanya.


    -deleted- for remake


    bagi yang menemukan salah-salah kata, salah-salah logika, atau salah-salah apapun yang membuat jadi terlihat jelek, tolong.. untuk dipost. author ingin memberikan yang terbaik dari yang terbaik
     
    • Like Like x 1
    Last edited: May 12, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. merpati98 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    3,486
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,524 / -1
    Lumayan interesting. Masih banyak yg perlu diperhatiin dari cara penulisannya sih.
     
  4. Giande M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 20, 2009
    Messages:
    983
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,228 / -0
    dirapiin dulu sebagai saran pertama :peace:

    mungkin kamu langsung copas dari word ya?

    abis posting coba diliat, terus di edit2... paling ga kasih spasi enter buat pemisah :hehe:

    masih sangat minimalis opening, teruskan lanjutkan :elegan:
     
  5. Fairyfly MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 9, 2011
    Messages:
    6,818
    Trophy Points:
    272
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,475 / -133
    hai2 salam kenal dan selamat bergabung gan di SF, erm, SF para pengumpul tarsok :ngacir: sama2 nubi nih :peace:

    btw ikut komentar yaa :hmm:

    sebenernya konsepnya bagus gan. sayangnya, penjelasannya terlalu singkat.
    yang ane tangkep di paragraf 1 tu kan mau jelasin intro dan asal muasal erm, encode ya? mungkin bisa digali lebih dtail gan di tiap scene nya, selain menambah feel, itu juga biar ga menyulitkan pembaca buat mengerti maksud scene yang dibuat.

    oh, and,

    Hiprocrates sendiri. Bapak dari kedokteran dalam sejarah pernah berkata bahwa dirinya menemukan suatu bahasa dalam tubuh manusia. Bahasa yang disembunyikan dalam ikatan protein yang terdefinisikan sebagai dna. Dilain tempat, Sinbad, penguasa tujuh lautan berkata bahwa harta karun yang paling ingin didapatkannya dan dicari diseluruh dunia tapi tetap tersembunyi adalah bukan suatu harta karun senjata, atau emas.

    salah satu yang bikin ane pusing pas baca. perpindahan dari nyeritain hipocrates n sinbad, ini...loncat. dan ampir di semua prolog seluruh scene loncat2. setelah dibaca dua-tiga kali emang lumayan ngerti sih, tapi ane juga ga terlalu suka baca berulang2 cuma buat ngerti apa yang dimaksud penulis.

    bab 0, sreg ama akhirannya, bagus banget :top:
    Ini.. adalah buku yang menceritakan 2 bulan kenangan indahku bersamanya.
    mantap abis :top:

    sayangnya, hmm, bahasanya ga konsisten ya? dari formal, ke gaya teenlit (dengan adanya tulisan cewek), terus kembal formal.

    mungkin nanti bakal ada yang komentar mengenai penulisan. jadi, dari ane segitu dulu. keep going on. nice work :top:
     
  6. Melonn M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 17, 2011
    Messages:
    510
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +437 / -0
    sci-fi~ wogh...

    opening nya cukup kompleks juga buat ane... tapi keren juga.
    terus, kok bab 0 nya lebih pendek dari opening :ninja: hahaha

    anu, per paragraf nya di enter sekali lagi, ya. kalo nulis di word emang beda tampakannya begitu di copas ke forum/board :keringat:

    semangat~
     
  7. venysilvia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2012
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +333 / -0
    ia bang aye lemah banget di penulisan. sudah bertahun2 belajar nulis tapi gak sukses2:onion-07: kelemahanku tidak bisa konsisten, salah terus bikin sudut pandang, tata bahasa dan semacamnya.. makasih masukannya dan pgn tak rubah sih.. tapi emang butuh waktu dan kok rasanya susah amat ya :sedih1

    lalu kenapa dikopi dari word jadi ancur gitu ya.. belum sempat tak liat, jadi malu :tega:

    untuk itu, aku langsung rubah postku.. makasih ya:sembah:

    aku berusaha membuat cerita novelku sesingkat mungkin, biar pembaca tidak bosan membacanya, tapi kalo jadi jelek yah.. :onion-10:
     
  8. Fairyfly MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 9, 2011
    Messages:
    6,818
    Trophy Points:
    272
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,475 / -133
    kalo jadi jelek yaa, buat yang lebih bagus :ngacir:
     
  9. temtembubu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    598
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,934 / -3
    sci-fic :top: saya suka ini. protein DNA and encoding-nya :matabelo: penasaran akan seperti apa nanti jadinya. untuk openingnya cukup menarik bagi saya, menghubungkan peristiwa-peristiwa sejarah dengan satu garis benang merah, saya pribadi suka itu :top: meskipun waktu baca sebenarnya timbul cukup banyak pertanyaan mengenai "benang merah" itu :hehe: semoga di bab2 berikutnya akan ada penjelasan lagi ya

    mungkin ada beberapa saran aja sih untuk kk TS :hmm: terlepas dari saran-saran para senpai di atas mengenai format tulisan yang butuh spasi dan lain-lain, ada beberapa hal yang ingin saya komentari:
    1. penulisan kata depan "di" dan "ke" dengan imbuhan sering tertukar.
    mungkin untuk referensi bisa dilihat di sini: http://id.wikisource.org/wiki/Pedoman_Umum_Ejaan_Bahasa_Indonesia_yang_Disempurnakan

    2. untuk kalimat
    mungkin seharusnya keilmuan ya, karena kata "wan" itu mengarah pada sebutan untuk manusia, sedangkan imbuhan -an itu mengarah untuk kata benda

    nggg... :keringat: segitu dulu de :peace: semoga membantu
     
  10. high_time Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    6,038
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +6,024 / -1
    prolog ama chapter 0 nya menarik cuman rasanya kurang menyatu satu sama lain dan belum keliatan ada benang merah antara keduanya :ngacir:

    belum ngeh ini cerita bakal dibawa kemana, dan belum keliatan poin penting maupun misi utama yang dijalankan oleh main character sampai ceritanya tamat, cuman konsep awal cukup promising. semangat aja buat nulisnya yah :lalala:
     
  11. serafim M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    1,244
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +874 / -1
    sukses banget promosinya baru sehari udah dikomentari sesepuh2 :top:
    setuju sama high, belum keliatan koneksi antara opening sama bab 0
    lanjut posting aja biar yang baca segera tahu arah ceritanya kemana
     
  12. venysilvia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2012
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +333 / -0
    -deleted- for remake
     
    Last edited: May 12, 2013
  13. Heilel_Realz012 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2011
    Messages:
    811
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +825 / -0
    terinspirasi dari assassin creed?
    DNA origin dari Adam dan Eve yang merupakan DNA murni manusia yang jatuh ke klan hashashin damascus (Altair)?

    opening menjanjikan ini dan menarik.

    bold, janggal. yang ada lenyap dan gk ad ayang bisa nemuin.

    opening ke bab 0 gk ada relasinya. ini romance?
    kek dibawa ke langit ketujuh terus dijatuhin ke jurang paling gelap. tanpa ada spoiler bab 0 itu lebih baik. karena pembaca dan dikasih iming-iming hal menarik di opening.

    gk familiar dengan bahasa per-DNA-an ini. antara pergantian tahun ke tahun terlalu cepet. di satu sisi ini narasiin tokoh Sylvia kemudian percakapan terus ganti 1 tahun, sedikit agak awkward. lebih baik deskripsiin keadaan. kesannya ini kayak kejar tayang.

    wow penjelasan mengenai DNA dan juga proyek menjadi creator like a God bagus ini pemaparannya. mencari asal usul tentang penciptaan manusia kayak movie prometheus ini orifict kedepannya?
    namun sayangnya kembali lagi dihantamkan dengan jeda yang kesannya ini lagi baca diary
    V
    coba untuk menyisipkan deskripsi suasana di sekitar tokoh yang diceritakan (ini pake 3rd POV juga). jadi gk serta merta jelasin isi kepala sang tokoh juga jeda yang terlihat gak flow.
    semisal contoh...

    Sllyvia duduk pada kursi tuanya menelan ludah ketika tahu apa yang seharusnya dia tidak perlu tahu. Dia melirik kembali komputernya dan menyadari bahwa DNA murni itu serupa dengan SCAN yang dia ciptakan. Dia tidak percaya bahwa dia telah berusaha mendekati dari rahasia yang disimpan oleh enstein bertahun-tahun yang lalu.

    Kedua tangannya dia kepalkan di emja kerja. bunyi komputer yang bising mengusik inderanya seakan-akan kesunyian ruangan ini mengejeknya dalam keraguan dan juga pencerahan. keringat dingin dilehernya mulai mengalir. bukan karena kelelahan, tapi karena dirinya tegang dan takut bahwa dia telah melakukan suatu kesalahan besar.

    "manusia bukan hasil evolusi... mereka ada karena diciptakan."
     
  14. Heilel_Realz012 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2011
    Messages:
    811
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +825 / -0
    klo ceritanya emang mau berat, biarin berat.. gk perlu disimpelin juga.

    ada yang bilang simpel itu bagus...
    tapi bukan berarti rumit itu gak bagus.

    semangat lanjutin fictnya. ini cukup interesting sajiannya.
     
  15. venysilvia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2012
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +333 / -0
    assasin creeds:oghoho: gak pernah main. :panda: diriku masih cupu..

    dan buset sesepuh amat :takut: makasih udah menjelaskan cara membuat situasi tapi gak ngerti caranya :sekarat

    pelan2 pelan ntar kurubah, semoga semakin lama semakin bagus perkataan-perkataan ceritaku :semangat:

    oya dah 2 orang nanya masalah genre. saya sudah tulis genrenya lengkap campuran. maaf kalo tidak berkenan :peace:

    bisa dijelaskan gak arti pov3? bahasa komputer dari mana tuh? :bloon:
     
    Last edited: May 2, 2013
  16. venysilvia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2012
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +333 / -0
    -deleted- for remake
     
    Last edited: May 13, 2013
  17. venysilvia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2012
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +333 / -0
    -deleted- -remaked-
     
    Last edited: May 19, 2013
  18. venysilvia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2012
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +333 / -0
    latar belakang, gak penting sih.. tetapi kalo saat baca ingin tahu..
    Main character :
    Nico : Nicholas Binava
    Tinggi badan : 190 cm
    Power : 3 human power.
    Sifat : pemarah, egois, tukang pecat sembarangan, penuh semangat, takut tikus, pure heart.
    Nico adalah anak dari pemilik perusahaan bina. Ayahnya memiliki perusahaan terkaya diseluruh dunia. Pada perang dunia kedua, sebuah perusahaan mencuat dengan menjual senjatanya yang mutakhir yang disebut dengan “nuklir”. Area 88 adalah salah satu sector diperusahaannya. ayahnya bernama koko binava, ibunya ada 2, sylviana (ibu kandung) dan sherly heartspring (ibu tiri)

    Side character :
    Luna : Luna moon
    Tinggi badan : 179 cm
    Power : 1 human power.
    Sifat : baik, setia kawan, pintar, setia menunggu pasangan masa kecilnya.
    Luna adalah campuran indo-australia. Kecantikannya yang tiada tara merupakan senjata termutakhir yang pernah ada dimuka bumi ini. Karena itu, luna selalu bersembunyi dengan tidak sering-sering muncul didepan public. Pulau bali yang sudah terisolasi dari dunia luar karena peran perusahaan bina untuk melindungi pewaris perusahaan adalah habitat yang cocok baginya untuk bersembunyi.

    Archia: Archia **********
    Tinggi badan : 150 cm
    Power : 5-6 Human power
    Hidden power : unknown
    sifat : MasterMind
    Archia adalah anak dari keluarga miskin yang bahkan tak mampu untuk membayar biaya kesehatannya sendiri. Dia selalu pergi kemana-mana memakai jaket hoodienya sehingga dikira laki-laki. mukanya seperti hantu, dirinya tak terurus seperti pekerja tambang batu bara. Satu satunya yang dibanggakan dari dirinya adalah luka pada dadanya yang membentuk tulisan V-5173 sehingga dia bisa membuat jatuh cinta wanita manapun karena terlihat keren. Sialnya dia adalah wanita. dirinya gila mencari uang. pekerjaannya setahuku ada 4. pelayan kantin bina, counselor aids rumah sakit bina, pelayan pribadi apartemen nico, dan manajer safe house klub buatan nico. Ada yang bilang kekuatannya berasal dari panci penyihir asterix. Hoaxnya karena dia berhasil makan daging naga.

    Vyra : vyra Binava
    Tinggi badan : 180 cm
    Power : 40-50 Human Power
    Sifat : selalu tahu.
    Kakak nico ini adalah perempuan terkuat sejagat raya. Dirinya adalah pertahanan utama perusahaan bina dari serangan teroris dan ancaman perusahaan asing yang iri pada perusahaan bina. Jika diberikan pisau, dirinya mampu membunuh 40 orang dalam hitungan detik. Hal itulah mengapa banyak yang menyebutnya perawan tua. Asal kekuatannya masih dalam misteri, ada yang bilang karena dirinya telah menjelajah memasuki worm hole, time paradox pun dikatakan tertuju padanya.

    Evan : Evan Binava
    Tinggi badan : 170 cm
    Power : 1 human power
    Sifat : unknown
    Paman nico (adik ayahnya nico) yang menghilang setelah kematian ibunya nico yaitu Sylvia.

    Figuran(akan menjadi main character di novel yang kedua-eh salah ke 1) :
    Teman sejati nico : sora si licik(kurus), Charles si play boy(ganteng), dudu si polos(karateka), dino sirakus(gendut), dan nimron sipembohong(jujur)
    Teman sejati evan : antony, albert, berzer, saskia, pers.
     
    Last edited: May 4, 2013
  19. frick M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 1, 2008
    Messages:
    3,641
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,734 / -0
    Itu gak papa latar karakternya dibagi seperti itu? Kalo ada (major) spoiler-nya kan bisa merusak kenikmatan membaca... :ngacir:
     
  20. venysilvia M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 28, 2012
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +333 / -0
    thx kak dah mau singgah digubuk ini.. :matabelo: dari kemaren:sepi: padahal kubutuh feed back yang membangun.

    tu maksudnya characternya jangan dikasi tau ya? :bloon: aku memutuskan untuk memberitahunya karena storynya luas dan kompleks banget, tapi kuberusaha menyajikannya sesimpel dan sesedikit mungkin.
    intinya masi baru kuberi bungkus dari lontong. isinya belum kuberi jadi masih bisa dinikmati hangat-hangat :peace:
     
  21. temtembubu M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    598
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,934 / -3
    mampir bentar untuk menyampaikan komentar sebagai seorang pembaca :nongol:
    baru baca sampai bab 2 sih, jadi untuk komentar bab 3 akan menyusul.

    kisah yang disampaikan terkesan tidak berhubungan dari bab 0, ke bab 1, dan ke bab 2. tapi sepertinya nanti akan ada benang merah yang menghubungkan ketiganya (harapan saya sih begitu). gaya penceritaannya (klo menurut saya sih) seperti jalan cerita sinetron, tapi itu bukan berarti buruk lho. hanya saja selera saya memang kurang menyukai sinetron.

    untuk komentar secara umum di bab 1, sebelumnya maaf :maaf: karena saya cukup kritis sih klo sudah membahas tentang science (tepatnya bersemangat :peace:).
    ada beberapa informasi dummy di bab ini yang menurut saya akhirnya malah mengungkapkan bahwa Sylvia itu bukan seorang jenius seperti yang dideskripsikan. contoh di kalimat ini:
    saya jadi bertanya2 sendiri sepanjang membaca bab ini. apakah Sylvia membuat SCAN tanpa pernah melihat DNA sebelumnya?? kenapa dia bisa begitu kaget mendapati SCAN yang mirip dengan DNA?? yang notabene SCAN sudah pernah diujikan untuk mengganti DNA dan ternyata berhasil. jadi, kenapa dia baru kaget sekarang??

    well, lupakan segala bentuk luapan esmosi saya yang ga jelas :peace: intinya tulisan kamu bisa memancing emosi pembaca kok, itu sisi kerennya :ngacir:

    komentar untuk bab 2. karena untuk bab 2 ini lebih mirip ke gaya tinlit, jadi saya nda bisa banyak komen untuk yang ini sih (karena bukan bidang saya :lol:)
    untuk kalimat:
    itu setting tempatnya di toko buku kan?? :lol: bukannya di tempat itu ga bole lempar2 kertas sembarangan kayak gt ya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.