1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Disease Penyakit Lupus & Mengapa Imun Yang Menjadi Penyebabnya

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by BanditKolor, Apr 25, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. BanditKolor Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    Penyakit Lupus: Mengapa Imun Yang Menjadi Penyebabnya?

    [​IMG]


    Dalam tubuh setiap manusia mempunyai antibodi atau kekebalan tubuh. Sistem imun tubuh ini bekerja sepanjang hari untuk membunuh virus-virus penyakit, zat-zat asing yang berbahaya, kuman penyakit dsb yang berpotensi menjadi penyakit. Tanpa adanya imun tubuh, manusia akan sangat mudah terserang penyakit. Tanpa imun tubuh yang cukup, manusia yang sedang sakit akan sulit untuk sembuh. Sehingga peran antibodi / imun tubuh sangatlah penting bagi manusia.
    Penyakit Lupus: Mengapa Imun Yang Menjadi Penyebabnya?

    penyebab lupusBila antibodi / imun tubuh begitu penting, mengapa imun yang memicu munculnya penyakit lupus? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, penyakit lupus muncul karena adanya antibodi yang berlebihan. Antibodi / imun yang terbentuk dalam sistem imunitas tubuh manusia berkembang secara berlebihan dari yang seharusnya.

    Imbasnya, imun tubuh yang berlebihan ini menjadi sedikit tidak terkontrol dan balik menyerang organ – organ / sel – sel lainnya yang sehat (yang seharusnya tidak diserang).Berkembangnya imun tubuh yang berlebih ini disebut juga autoimun.
    Mengapa Penyakit Lupus Berbahaya?

    Penyakit lupus dianggap berbahaya karena dapat menyerang organ-organ vital tubuh secara ‘sembarang’, Setidaknya penyakit ini menyerang sel – sel tubuh sehat melalui 2 cara:

    • Sel autoimun bisa menyerang sel – sel darah merah (trombosit) secara langsung. Akibatnya, sel trombosit yang menjadi sasaran akan hancur perlahan-lahan. Efeknya secara langsung adalah munculnya masalah anemia (kekurangan darah) secara menahun pada penderita.
    • Antibodi dapat membaur dengan zat yang merangsang dalam membentuk antibodi atau yang disebut dengan antigen dalam bahasa ilmiah. Pembauran antara antibodi dan antigen ini dapat menyebabkan ‘kompleks imun’ serta membaur bersama dengan aliran darah. Bila tersendat di pembuluh kapiler, gabungan dari antigen dan antibodi tersebut dapat memicu masalah lain, yaitu peradangan.

    Pada sistem imun tubuh yang sehat, pembauran dari antibodi dan antigen (kompleks imun) ini dapat dicegah sebagian atau dibatasi oleh fagosit. Akan tetapi, pada kasus penyakit lupus yang sel-selnya sedikit tidak normal, mengalirnya kompleks imun menjadi tidak dapat dibatasi sepenuhnya oleh fagosit yang bekerja sebagai sel-sel radang.

    Terlebih lagi, pada kasus abnormal ini, sel – sel fagosit justru membelah diri (biak) serta menghasilkan enzim yang berlebih yang berlebih yang menyebabkan radang pada area sekitar kompleks imun tersebut.

    Akibat jangka panjang dari efek tersebut dapat menyebabkan radang menahun karena kerja organ telah terganggu (bahkan dirusak) oleh tempat yang tersangkut oleh kompleks imun tadi. Akibat ini biasanya muncul menjadi salah satu gejala penyakit pada salah satu organ tubuh.

    Disebabkan peredaran darah kompleks imun ini bergerak mengikuti aliran darah, maka efeknya menjadi berbahaya karena kompleks imun dapat menyerang organ mana saja diseluruh tubuh dan tanpa pandang bulu juga tak menentu.

    Hal inilah yang menyebabkan penyakit lupus masih sulit untuk disembuhkan, terlebih obat yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit ini secara total masih dalam tahap penelitian. Akan tetapi, dengan menjalani pola hidup sehat dan disiplin (akan dibahas pada banyak tulisan lainnya pada situs penyakit lupus ini), penderita lupus akan dapat hidup lebih lama tanpa kehilangan kebahagiaannya. :)

    Demikianlah informasi mengenai cara penyakit lupus bekerja dan Mengapa Imun Yang Menjadi Penyebabnya? Semoga bermanfaat.

    sumber: Penyakit Lupus
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. esmond1989 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 30, 2008
    Messages:
    357
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +180 / -0
    thanks for the share.... semoga berguna bagi semuanya..... jadi relatif semacam sel yg mengganas tuh lupus (tapi selnya sel imun.... he3)
     
  4. aizy M V U

    Offline

    Chewbacca

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,724
    Trophy Points:
    246
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +64,656 / -0
    daya tahan tubuh juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan... ga cuman lupus aja kan... kalo daya tahan tubuh berkurang maka tubh jadi rawan...
     
  5. Ode26 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 31, 2012
    Messages:
    652
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +86 / -0
    jadi Lupus ini bukan dari mana-mana, tapi dari tubuh sendiri yang memicunya gt gan?

    apakah mirip kanker yg sifat muncul dari tubuh sendiri tanpa sebab yang jelas? :???:
     
  6. kid810 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +23 / -0
    kekurangan sistem imun ataupun kelebihan dpt menimbulkan penyakit ya :bloon: trus biar stabil gmn ya ???
     
  7. echalee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    1,529
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,466 / -0
    dulu pernah dapet seminar tentang lupus dari skolah.. dan penyakit lupus ini sulit dideteksi, kecuali memang sudah akut :sigh:
    tanda2 yang paling mudah di kenali adalah ketika si penderita itu terkena paparan sinar matahari langsung dengan intensitas lama, akan membentuk seperti bentuk sayap kupu2 di selingkaran mata hingga batang hidung :takut: bener ga sih?? :???: CMIIW :peace:
    dan deteksinya pun, harus kedokter ahli penyakit dalam.. jadi walaupun terliat ruam2, tidak dapat di deteksi dengan mudah.. itu dulu, sekitar 9tahun lalu pas aku dapet informasinya :sigh: *udah lama juga yah* :sepi:

    dan si penderita itu harus bergantung pada obat seumur hidup. apabila yg menderita penyakit lupus itu ibu hamil, maka ada obat khusus agar si calon bayi tidak tertular :takut:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.