1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Oppo Find 5 Lebih Kencang dari Nexus 4?

Discussion in 'Free Talk Zone' started by geovini77, Apr 19, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. geovini77 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 13, 2011
    Messages:
    178
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +47 / -0
    Oppo Find 5 Lebih Kencang dari Nexus 4?
    [​IMG]
    Pasar ponsel pintar Android tak hanya disesaki oleh Samsung, Sony, LG dan HTC saja. Ada produsen lain yang tak bisa dipandang sebelah mata, salah satunya adalah Oppo yang sebelumnya terkenal dengan produk pemutar cakram Blu-ray.

    Oppo sudah membuka kantor perwakilan di Indonesia sejak awal 2013. Produsen ini nampak serius untuk ikut bertarung di medan perang ponsel pintar Android. Mereka mengandalkan Oppo Find 5, yang memiliki layar seluas 5 inci dengan kualitas full-HD. Produsen ini mengklaim telah memiilki pangsa pasar yang besar di China.

    Oppo mengklaim Find 5 termasuk dalam jajaran ponsel premium, namun menawarkan harga terjangkau di kelasnya. Apakah Find 5 sungguh bisa disebut ponsel premium? Untuk mengetahui jawabannya, pastikan Anda menyimak ulasan ini hingga tuntas.

    Desain

    Oppo Find 5 hadir dengan perpaduan warna putih dan hitam. Tepi layar diberi warna hitam pekat, sedangkan warna putih menyelimuti bagian belakang dan bagian depan bawah. Dari sisi konstruksi, Find 5 terasa kokoh dan padat, meskipun memakai material plastik di bagian belakang dan samping.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Bobotnya terbilang berat untuk ukuran ponsel pintar yang beredar saat ini, sekitar 165 gram. Meski demikian, Find 5 tampil ramping dengan ketebalan 165 gram.

    Oppo memperhatikan sisi estetika Find 5. Ia tampil indah dengan konsep minimalis tanpa tombol fisik di depan. Tombol fisik yang ada di ponsel ini hanyalah tombol pengatur volume di sisi kanan dan tombol daya di sisi kiri. Di atas tombol daya ada ruang untuk kartu Micro SIM.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Di sisi atas ada konektor audio 3,5mm dan di bagian bawah ada konektor MicroUSB serta mikrofon. DI bagian belakang terdapat logo Oppo berwarna abu juga kamera dan LED flash. Panel belakang Find 5 tak bisa dibuka, sehingga Anda tak bisa membuka-pasang baterai seperti lini produk ponsel Samsung.

    Layar

    Find 5 memiliki layar seluas 5 inci yang mendukung resolusi 1.920 x 1.080 pixel dan ketajaman 441pixel per inci (ppi). Layar ini telah dilapisi kaca anti gores dan anti pecah Gorilla Glass.

    KompasTekno dibuat terkejut dengan kualitas layar Find 5 yang mereproduksi ketajaman warna dengan baik. Kualitasnya terlihat saat memainkan video beresolusi tinggi. Anda tinggal mengunduh aplikasi pemutar multimedia yang bisa memainkan berbagai format video untuk menikmati ketajaman layar Find 5.

    Ketika berada di bawah sinar matahari terik, ikon maupun teks yang ada di layar Find 5 masih bisa dilihat dengan jelas.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Jenis layar yang dipakai adalah IPS LCD. Seperti layar LCD di ponsel pada umumnya, kontras dan saturasi warna pada layar Find 5 terbilang tinggi. Jika kecerahan layar diatur pada tingkat tertinggi, ia agak membuat mata sakit. Anda harus mengatur kecerahan agar mata terasa nyaman saat memandangi layar Find 5.

    Tampilan antarmuka

    Oppo melakukan kustomisasi tampilan antarmuka Android, karena Google memang membebaskan hal itu. Tampilan default di Find 5 tidak terlihat keren. Dari sudut pandang KompasTekno, tampilan ini kaku dan membuang banyak ruang. Ikon aplikasi didesain sangat besar dan semuanya berbentuk kotak.

    [​IMG]

    Ini mungkin menjadi strategi Oppo untuk membuat produknya terlihat berbeda. Tapi Anda bisa lihat, satu halaman hanya menampilkan 16 ikon aplikasi dan menu. Anda harus menggeser layar ke kanan atau kiri untuk mencari aplikasi yang ingin dibuka.

    Oppo memberi pilihan kepada Anda yang ingin mengubah tampilan antarmuka Android di Find 5. Anda tinggal masuk ke menu NearMe Themes, lalu pilih tampilan yang sesuai dengan selera. Ada beberapa tampilan yang lebih modern. Tetapi ukuran ikon dan aplikasinya tetap besar dan masih terpaku dalam bentuk kotak-kotak.

    Kustomisasi tampilan yang dilakukan Oppo di Find 5 membuat proses navigasi agak kurang mulus. Rasanya, seperti ada yang mengganjal ketika Anda menggeser layar ke kiri atau kanan. Begitu juga saat membuka aplikasi browser bawaan, terasa ada yang mengganjal ketika ingin berpindah tab.KompasTekno lebih memilih berselancar internet dengan Google Chrome.

    Performa

    Setelah melakukan update firmware, performa Find 5 jauh lebih stabil. Ponsel ini telah menggunakan sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean).

    Untuk membuka-tutup aplikasi atau sekedar berpindah aplikasi, ia memang terasa gegas. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kustomisasi tampilan antarmuka Android yang dilakukan Oppo di Find 5, membuat navigasi kurang mulus. Seperti ada sesuatu yang mengganjal ketika Anda menggeser halaman ke kiri atau kanan.

    Performa Find 5 ditopang oleh prosesor quad-core Qualcomm MDM9215M / APQ8064 1,5GHz Krait dan RAM 2GB. Dua komponen inilah yang berperan besar menjamin kelancaran navigasi. Memori internal yang disediakan 16GB tanpa tambahan slot MicroSD.

    KompasTekno menguji performa Oppo Find 5 dengan aplikasi penguji kinerja Antutu. Hasilnya, Oppo Find 5 mencetak skor 19744 di Antutu. Secara keseluruhan, performa Find 5 patut diacungi jempol.

    [​IMG]

    Dalam catatan bar chart Antutu, performa Find 5 berada di bawah Samsung Galaxy S4. Namun, ia lebih baik dari LG Nexus 4, Samsung Galaxy Note II, Galaxy S III, dan HTC One X+.

    Dibekali spesifikasi hardware tingkat tinggi, Find 5 mampu diajak memainkan game kelas berat. Dengan unit pemroses grafis Adreno 320, Find 5 bisa melayani dengan mulus. Anda tinggal pilih game berat macam apa yang ingin dimainkan.

    Baterai

    Hari pertama KompasTekno memakai Find 5, baterainya terasa cepat habis. Setelah melakukanupdate firmware, barulah baterainya terasa lebih awet. Kapasitas baterai Find 5 adalah 2.500mAh.

    Secara keseluruhan, performa baterai Find 5 terbilang boros. Hal ini memang dialami hampir semua ponsel pintar Android yang memakai layanan data untuk menerima email, berselancar internet, dan beraktivitas di jejaring sosial.

    Untuk menghemat daya baterai, pastikan Anda menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, terlebih aplikasi yang mengkonsumsi data dalam volume besar.

    Kamera

    Find 5 dibekali kamera utama bersensor 13MP dengan lampu kilat LED dan kamera depan 1,9MP. Untuk urusan memotret, kameranya dapat menangkap gambar dengan cepat.

    Aplikasi kamera menawarkan pilihan aspek rasio 4:3 atau 16:9 hingga tingkat 13MP. Ada pula fiturtimer selama 5 detik, pendeteksi wajah dan lokasi. Anda juga bisa mengambil foto beresolusi tinggi maupun panorama.

    Kamera Find 5 juga bisa digunakan untuk mengambil gambar dalam jumlah banyak hanya dengan menahan jari di tombol rana. Dalam satu detik, ia dapat mengambil sekitar 4 sampai 5 foto. Modus seperti ini biasa disebut Burst. Ini sangat berguna untuk menangkap momen penting yang biasanya terjadi sangat cepat.

    Hasil foto dari modus Burst semuanya masuk ke folder Galeri/Photos. Sayangnya, Find 5 tidak menyediakan fitur yang memberi rekomendasi foto terbaik dari bidikan modus Burst, seperti yang ada di HTC One X. Anda harus memilih sendiri foto terbaik dan menghapus foto-foto yang hasilnya kurang baik.

    Sementara untuk merekam video, Anda bisa mengambil gambar bergerak dengan resolusi standard definition (SD) 480p dan high definition (HD) 720p sampai 1080p. Kualitas video hasil rekaman Find 5 bisa dibilang bagus.

    Berikut adalah foto-foto hasil bidikan Find 5:

    Foto siang hari di luar ruangan

    [​IMG]

    [​IMG]

    Foto di dalam ruang dengan cahaya cukup

    [​IMG]

    Foto malam hari di luar ruangan dengan cahaya cukup

    [​IMG]

    Foto malam hari di luar ruangan dengan cahaya cukup dan memakai bantuan lampu kilat LED

    [​IMG]

    Kesimpulan


    Oppo Find 5 adalah ponsel yang bagus dari sisi konstruksi dan desain. Kualitas layar dan performanya juga patut diacungi jempol. Mata Anda akan dimanjakan ketika menikmati video definisi tinggi dan gamedengan grafis 3D. Kualitas foto dan video dari kamera juga terbilang bagus.

    KompasTekno kurang menyukai tampilan antarmuka Android yang dikostumisasi oleh Oppo. Hal ini membuat tampilan Find 5 menjadi kaku dan terpaku pada tampilan ikon yang serba kotak. Kustomisasi ini juga membuat navigasi di Find 5 menjadi kurang mulus. Rasanya seperti ada yang mengganjal saat Anda berpindah dari satu halaman ke halaman lain, atau saat berpindah tab dari aplikasi browserinternet.

    Kekurangan lain terletak di sisi baterai yang cepat habis. Yang satu ini bisa dimaklumi karena sudah jadi "penyakit umum" ponsel pintar Android. Pastikan Anda mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

    Oppo nampak serius bertarung dalam medan perang ponsel pintar Android, jika dilihat dari caranya mengembangkan teknologi dan menjalin kerjasama dengan distributor lokal. Produsen ini juga memberi garansi produk selama 2 tahun.

    Satu hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu soal layanan purna jual, termasuk klaim garansi dan kerusakan. Sepatutnya Anda mendapat layanan purna jual yang baik, sebagai bentuk tanggung jawab produsen terhadap konsumen. Oppo mengatakan telah membangun service center di kawasan Roxy, Jakarta Barat. Di tahun 2013, mereka janji akan membangun 16 service center, termasuk di Semarang, Surabaya, Medan, dan kota lainnya. Kita nantikan janji itu!

    Spesifikasi lengkap Oppo Find 5

    - Prosesor Qualcomm Snapdragon MDM9215M / APQ8064 Quad-core 1,5GHz Krait
    - RAM 2GB
    - Unit pemroses grafis Adreno 320
    - Memori internal 16GB
    - Sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean)
    - Layar 5 inci jenis IPS LCD
    - Resolusi layar 1.920 x 1.080 pixel
    - Ketajaman layar 441 pixel per inci (ppi)
    - Kamera 13MP dengan LED flash
    - Kamera depan 1,9MP
    - Baterai 2.500mAh
    - Konektivitas GPRS, EDGE, HSPA, 3G, Bluetooth, WiFi, NFC, DLNA, WiFi Hotspot, MicroUSB, MicroSIM, konektor audio 3,5mm
    - Bobot 165 gram
    - Dimensi 141,8 x 68,8 x 8,9mm
    - Harga Rp 5.499.000

    News By Kompas.com

    :grp:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. arvelreynaldo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 28, 2012
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wew hape china harga nya mahal amat ya...
    :oghehe:
     
  4. lespaul Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 4, 2009
    Messages:
    67
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +282 / -0
    Oppo ud dikenal di eropa & amrik dan ud dipake sm operator di sana. Jgn liat di merk china tp kualitas bikinan hardware, speknya dan layar ud sama kaya brand besar kaya huawei, zte dan lenovo. Soal software ga kaya tipikal hape cina yg cuman gede doank tulisan Jelly Bean tp performa ga ad.

    Sent from my Galaxy Nexus using Tapatalk 2
     
  5. abugemilang M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    13,633
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +249,839 / -2
    Vendor Oppo adalah vendor Hape paling ambisius. Demi menaklukkan AS mereka bahkan menghabiskan uang sebesar 5 juta USD untuk mengontrak Leonardo Dicaprio sebagai bintang iklan. Meski kesuksesannya di pasaran AS masih dipertanyakan :hihi:

    Alih2 bertarung habis2an di pasar AS, ada baiknya mereka lebih fokus ke pasar Asia yang berpenduduk padat seperti India dan Indonesia misalnya :hehe:
     
  6. axlform M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2009
    Messages:
    1,025
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,104 / -0
    oppo di amrik udah sukses, termasuk eropa, sma kaya info bro gitar lespaul.:unyil:, cuma buat ngerambah ke pasar india sma indonesia, bru mau mulai. klo sumber yg nyebutin sukses, googling aja, rata2 pda ngebahasnya mereka sukses di as eropa.
    sayang ini find 5 belum ada LTE nya, yah ga terlalu ngaruh juga di indo sih:jah:
    klo ane pribadi sih, ga demen ama panas nya, gampang panas banget. :swt:
    ada yg mau punya ane? <---- iklan jualan terselubung:hihi:
     
  7. wng8tan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 23, 2010
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    spec nya boleh lah, di bawah s4 sedikit..cuma wujud nya yg kurang bagus menurut ogut..
     
  8. dochi2588 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 16, 2011
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    speknya gahar, camera ok, hanya kurang slot memori eksternal aja
     
  9. atuttallula M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 9, 2012
    Messages:
    989
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +139,843 / -0
    untuk after salesnya oke ga yah :???:
     
  10. fishbone Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 2, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    oppo mah emang di negara asalnya juga udah produk premium, makanya jangan heran kalo harganya segitu. tapi soal quality, fitur pasti sebanding dengan harganya, makanya jangan disamain sama hp2 china lainnya yang produknya emang banyak ditujukan ke budget-minded customer

    satu hal yang bikin gw salut sama oppo ini, mereka mau gandeng para developer, terbukti mereka udah release kernel source, unlock bootloader, sama libatin user & developer ke project firefly mereka.
    bandingin sama beberapa brand besar yang justru ngasih pembatasan sana-sini biar smartphonenya ga bisa diotak-atik sama usernya;)

    Sent from my MI 2S using Tapatalk 2
     
  11. cikoo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2013
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    :ogmatabelo:gilak, kameranya keren amat, walaupun ini buatan cina tapi bener2 kualitas dah..
    ane tergoda utk beli ini hp
     
  12. axlform M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2009
    Messages:
    1,025
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,104 / -0
    minggu kemaren ane baru dari tempat servis nya, after sale nya :top:
    ga nyampe 1 jam hp diurus langsung beres.
    ada yang nanya di forum ini kemaren, ini hp cina tapi harga selangit, well this one is high end smartphone, and the oppo is not some company that only come to indonesia for selling, this one has the same desire like htc, so bear with the price, and for what i got with my phone, 5 million is cheaper than any other high end phone:unyil:
     
  13. k4s1h Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 21, 2011
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    salah satu product premium dari china, sekilas sich bagus. belum berani beli, service centernya belum ada sich. kalau ada apa" kan repot. hehe
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.