1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fenomena Asal Muasal Iblis

Discussion in 'Dunia Lain' started by Arghat, Apr 1, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Arghat Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    283
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +401 / -0
    Saya bikin thread ini supaya temen2 lebih tahu tentang Iblis
    Maaaf Apabila Repost


    Kalian Semua Tahu tentang Iblis:ogbig:
    Ini adalah Sedikit cerita tentang asal muasal musuh abadi manusia ini:oghero:

    Alkisah, beribu-ribu tahun sebelum ada manusia, dunia ini sudah dihuni oleh sejenis makhluk dari golongan jin, mereka dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Di antara mereka ada yang beribadah dan ada yang tidak, walaupun Allah mewajibkan mereka beribadah menyembahNya.
    Allah SWT. berfirman, “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepadaKu.” (QS. Adz-Dzariyaat: 56)

    Di antara sekian banyak keturunan jin, Izzazil adalah yang paling taat kepada Allah. Berbeda dengan manusia, jin bisa berumur sampai ribuan, bahkan puluhan ribu tahun. Begitu pula Izzazil. Ia beribadah kepada Allah selama 1000 tahun. Kemudian atas permintaannya ia dipindahkan oleh Allah ke langit pertama.
    Di situ ia beribadah kepada Allah selama 1000 tahun juga. Lalu ia dipindahkan ke langit seterusnya, sampai langit ke tujuh. Di masing-masing tingkatan langit, ia beribadah kepada Allah SWT selama 1000 tahun. Jadi Izzazil beribadah kepada Allah selama 8000 tahun.
    Karena ketaatan dan pengabdiannya, Allah mengangkatnya ke derajat Al-Muqarrabun, yaitu derajat tertinggi di sisi Allah. Lebih dari itu, Allah menobatkan Izzazil sebagai imam para malaikat yang berkedudukan di langit.
    Merasa berada dalam derajat yang mulia, maka ketika Allah memerintahkan dirinya dan para malaikat bersujud kepada Adam, Izzazil dengan berbagai dalih menolak. Penolakan itu disebabkan karena ia merasa lebih mulia dan lebih baik dibandingkan Nabi Adam as.
    Selain itu ia juga merasa bahwa dirinya makhluk yang lebih dulu diciptakan, lebih lama dalam beribadah dan lebih tinggi martabatnya dibandingkan Nabi Adam yang baru diciptakan Allah swt. Kesombongan dan rasa iri hati itulah sebenarnya penyebab utama mengapa Izzazil membangkang perintah Allah swt. Karena pembangkangannya itu, akhirnya ia terusir dari surga dan dinamakan iblis. Sebelum meninggalkan surga, iblis sempat bersumpan akan mengganggu dan menggoda anak keturunan Adam sampai hari kiamat.
    Kita tengok kembali bagaimana Al Qur’an menggambarkan kisah pasangan Adam dan Hawa di surga. Mereka bebas menikmati dan menggunakan segala keistimewaan surga kecuali makanan buah khuldi.
    Ternyata satu-satunya larangan Allah itulah yang dimanfaatkan oleh iblis untuk menyesatkan Adam dan Hawa. Sesuai dengan sumpahnya untuk menyesatkan Adam dan Hawa dan keturunannya, maka iblis sekuat tenaga merayu dan membujuk Adam dan Hawa agar melanggar larangan yang Allah tetapkan bagi mereka. Dengan usaha yang keras dan tidak kenal menyerah, akhirnya Adam dan Hawa tergoda juga mendengar rayuan iblis. Meskipun hanya satu larangan yang ditetapkan Allah bagi mereka, tetapi ternyata satu larangan itu membuat mereka penasaran. Apalagi rayuan iblis yang tidak kenal menyerah. Mereka pun memakan buah khuldi yang dilarang oleh Allah swt. itu. Akibatnya, Allah pun mengeluarkan mereka dari surga dan menurunkan ke dunia.
    Firman Allah, “maka syaitan (iblis) menggelincirkan mereka berdua (Adam dan Hawa) maka dikeluarkanlah mereka dari tempatnya (surga). Dan kami berfirman, “Turunlah kalian. Sebagian kamu adalah musuh bagi sebagian yang lain. Dan bagi kalian ada tempat kediaman dan kesenangan sementara di muka bumi.” (QS. Al Baqarah: 36)
    Sebenarnya, Adam, Hawa, para malaikat, dan iblis sudah mengetahui suatu saat Adam dan Hawa akan diturunkan ke bumi, mengingat Adam akan diangkat menjadi khalifah di bumi. Hanya saja, mereka tidak mengetahui kapan saatnya. Hanya Allah saja yang mengetahui. Itulah sebabnya ketika iblis diusir dari surga karena pembangkangan perintah Allah untuk bersujud kepada Adam, ia secara sembunyi-sembunyi menyusup ke dalam surga berusaha memperdayai Adam dan Hawa agar mendurhakai Allah. Kerja keras iblis tidak sia-sia, Adam dan Hawa terpedaya dibuatnya, sehingga mereka diturunkan ke bumi. Peristiwa itu terjadi pada 10 Muharram, malam hari, seiringan dengani iblis yang juga diturunkan ke bumi. Dengan cucuran air mata karena sedih, Adam dan Hawa terpaksa menjalani hukuman itu.
    Oleh Jibril Adam diturunkan di bukit Ruhun di Surandib, pulau Sailan. Sedangkan Siti Hawa diturunkan di Jeddah. Mereka harus menghadapi lingkungan baru yang serba asing dan sulit, jauh dari kenikmatan surga yang pernah mereka diami diami. Diriwayatkan, sejak mereka diturunkan dari surga, selama hampir seratus tahun mereka tidak bertemu. Tetapi Allah kemudian mengutus malaikat Jibril memerintahkan Adam dan Hawa melakukan ibadah haji. Setelah keduanya melakukan thawaf tujuh kali, mereka menyatakan bertaubat kepada Allah, dan Allah mengampuni dosa mereka.
    Setelah melaksanakan ibadah haji, atas petunjuk malaikat Jibril, Nabi Adam melakukan perjalanan jauh ke Jeddah untuk menemui Hawa. Berbulan-bulan Adam menyusuri padang, lembah dan bukit, sampai akhirnya bertemu dengan Hawa di sebuah padang yang kemudian dinamakan Padang Arafah, artinya mengenal kembali. Nabi Adam menceritakan kepada Hawa bahwa Allah, melalui malaikat Jibril, mewajibkan mereka melaksanakan Thawaf yaitu mengelilingi Hajar Aswad sebanyak tujuh kali. Dan untuk mendirikan tempat ibadah, Allah memerintahkan Jibril mengambil batu hitam di surga untuk mendirikan Ka’bah.
    Dengan bantuan para malaikat, Adam dan Hawa membangun tempat ibadah dan masjid yang bernama Baitul Makmur. Setelah berdiri dengan gagahnya, di tengah masjid tersebut diletakkan Hajar Aswad. Kemudian Adam dan Hawa bertawaf. Inilah masjid pertama yang berdiri dimuka bumi itu. Tetapi, pada masa Nabi Nuh as. masjid Baitul Makmur tersebut kena serangan angin taufan, sehingga dipindahkan ke langit ketujuh. Di tempat itu, masjid Baitul Makmur dijadikan kiblat para malaikat.
    Ketika Nabi Muhammad saw melakukan mi’raj, beliau sempat menjadi imam para malaikat pada waktu shalat di masjid tersebut. Setelah bertemu di Padang Arafah, dan menunaikan ibadah haji, Adam dan Hawa hidup dalam lingkungan rumah tangga sebagai suami istri. Mereka menurunkan beberapa anak yang menyebar ke segala penjuru dunia, sehingga kini kita kenal berbagai bangsa dan suku.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ExploitID Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 28, 2011
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +139 / -0
    iblis itu sebenarnya baik buktinya ia taat kepada perintah allah hanya karena kesombonganya terlalu over dan membangkan perintah ALLAH yang menyebabkan iblis menjadi musuh kita.
     
  4. elreal08 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    161
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +98 / -0
    Sebelum bumi di ciptakan, Allah menciptakan 2 golongan malaikat yang pertama dari golongan Api yang kedua dari golongan cahaya. Malaikat yang dari golongan Api dipimpin oleh Lucifer "nama nya dalam bible" atau Iblis "dalam Al-Quran", namun karena belum membangkang perintah Allah maka saya pakai nama "The First Angel". The First memiliki sayap 4 sebagaimana Jibril dan 10 malaikat dengan derajat tertinggi dari golongan cahaya (didalam Al-Quran disebutkan malaikat memiliki 4 sayap, 3 sayap dan 2 sayap sesuai dengan kedudukan dan tugas nya), malaikat bersayap 3 berjumlah 8 dan bertugas menyangga Arsy Allah di langit ke 7 (setelah melewati 7x blackhole dari setiap tingkatan langit, perjalanan ke Arsy sampai ke Bumi memakan waktu 1 hari bagi malaikat bersayap 2 atau 50.000 tahun dan 1/2 hari jika Jibril yang melakukan perjalanan ke bumi atau 30.000 tahun jika manusia melakukan perjalanan itu "tidak disebutkan alat yang digunakan, tentunya bisa dilogika hanya pesawat luar angkasa yang bisa menembus ruang angkasa". Kembali ke The First, The First juga memiliki golongan pengikut malaikat bersayap 2 dari api yang berjumlah 210.000.

    Tugas utama mereka adalah membantu Allah dalam penciptaan Neraka dan mengendalikan Jahannam (Jahannam adalah makhluk ciptaan Allah yang sangat besar dari Api dan ditempatkan di neraka tingkat ke 7 atau terahir, Jahannam benar-benar susah dikendalikan dan dia hanya tunduk pada Allah dan hanya memakan manusia sebagai makanan nya kelak ketika hari kebangkitan dimulai setelah kiamat/ahir dunia yang sementara ini. Neraka berada di posisi tingkatan langit setelah tingkatan langit yang dijaga oleh Nabi Musa As yaitu tingkatan langit ke 5, karena Rosulullah Muhammad Saw melihat neraka setelah berbicara dengan Nabi Musa As sewaktu peristiwa Isra dan Mi'raj, sampai saat ini neraka masih belum dinyalakan Api nya dan belum berpenghuni kecuali para mahkluk2 penjaga neraka yang bertugas menyiksa manusia kelak). Dan ahirnya The First di tugaskan menjadi penjaga pintu utama Neraka dan para pengikut dari golongan nya, namun pada saat itu The First masih menjadi malaikat yang mulia disisi Allah sehingga masih leluasa keluar masuk surga Allah A'dn.

    Setelah Surga diciptakan Neraka diciptakan dan tingkatan langit2 diciptakan, maka diciptakan lah di tingkatan langit pertama galaksi-galaksi beserta Bumi. dan Allah memanggil Mikail untuk ditugaskan mengumpulkan semua malaikat baik yang bersayap 4 maupun 2 , lalu Allah berfirman sesungguhnya Aku mengumpulkan kalian untuk memberitahu kalian bahwa Aku akan minciptakan seorang manusia yang memiliki nafsu dan akal untuk menjadi Kalifah dimuka BUMI. "Lalu ada Malaikat yang berbicara ya Allah Tuhan ku jika mahluk yang akan Engkau ciptakan itu memiliki nafsu dan akal apakah bisa dia akan mengendalikan nya, jika tidak bisa mengendalikan nya dia tentu hanya akan membuat kerusakan di muka bumi yang indah seperti surga ini (surga itu bentuknya seperti planet bumi dan terletak di langit tingkat ke 7 menurut Al-Quran) yang telah Engkau ciptakan?" lalu Allah berfirman "Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui" lalu Allah mengumpulkan tanah dari berbagai macam warna dan jenisnya dari yang terbaik dari tanah surga dengan warna hitam yang lebih dominan, dan Kun Fayakun, lalu bergeraklah tanah2 itu membentuk dirinya dalam bentuk manusia setinggi 60 kaki "Rosulullah bersabda (bahwa Nabi Adam itu tingginya adalah 60 kaki)" lalu dari tanah yang sudah berbentuk manusia itu ditiupkanlah ruh dan bergeraklah ia, lalu Allah berikan ilmu nya sehingga Adam menjadi mahluk paling jenius sepenjang sejarah umat manusia. (bayangkan saja jika untuk meraih gelar Professor dibutuhkan waktu 50-60 tahun dan sewaktu ujian untuk tes Professor itu masih sedikit grogi didepan penguji yang sesama manusia, dan sewaktu kecil dia tidak bisa berkata2 dan otak nya mengalami perkembangan dari nol) lalu bagaimana dengan Adam, Adam diciptakan dalam bentuk yang sudah dewasa dengan dikaruniai ilmu tanpa batas sehingga bisa menamakan material2 langit dan bumi tanpa melakukan riset bertahun-tahun dan hanya dengan sekali ucapan didepan penguji para Malaikat dan Allah sendiri tanpa merasa grogi sedikitpun.

    Ketika Allah menyuruh nya menyebutkan nama-nama benda dilangit dan dibumi dan sebagaianya Adam menjawab nya dengan sangat tepat dan para Malaikat pun terkagum-kagum. dan Allah mulai saat itu menyuruh semua Malaikat untuk menghormati mahluk ini yang dinamai Adam. Lalu The First merasa heran dengan perintah Allah tersebut," wahai Allahku yang paling kumuliakan kenapa Engkau menyuruh kami menghormatinya sedangkan kedudukan nya disisi Engkau jauh dibawah kami para Utusan mu yang mulia. lalu Allah berfirman sesungguhnya Aku muliakan Adam disisiku sederajat dengan kalian para utusan ku yang mulia. Namun the First tetap menolak untuk menghormatinya, lalu Allah berfirman Jika memang Engkau tetap kukuh dengan pendirian mu, maka Aku akan mencabut kedudukan mu yang mulia disisi Ku dan mengeluarkan mu dari golongan mu yang mulia (Malaikat dari Api) dan menjadikan mu kedalam golongan mu yang paling rendah (yaitu Jin dari Api) dan kamu akan tinggal bersama Adam di bumi yang akan ditempatinya dan Ku berinama kamu Iblis dengan bentuk yang seburuk-buruknya rupa.

    Lalu Iblis berkata " aku hanya ingin menghormati Engkau Tuhan ku yang sangat mulia ya Allah, dan akan kubuktikan bahwa Adam dan keturunan nya tidak pantas mendapat kedudukan yang mulia disisi Mu ya Allah dan akan kujadikan ia menjadi pengikutku dari golonganku yang paling rendah dan akan kusesatkan dia supaya selalu lupa padamu ya Allah ku, namun selama hukuman ku di dunia aku akan selalu memuji mu ya Allah ku karena aku ingin kembali keposisiku yang mulia disisimu ya Allah dan tak seorangpun dari keturunan nya akan mudah menduduki posisi mulia disisimu ya Allah. Lalu Allah berfirman kau akan kuberi waktu sampai usia dunia berahir untuk melaksanakan tujuan mu dan selama itu pengikut-pengikutmu (malaikat-malaikat dari apa yang bersayap 2) akan kuperintahkan untuk menjaga Jahannam dan memegang setiap rantai yang menjulur dari 3 kepalanya ( masing2 rantai dipegang 70 ribu malaikat dari api sampai hari kiamat). Rosulullah bersabda "Panjang sayap Jibril itu 2 kali dari bumi ini jika Jibril dalam bentuk yang sebenarnya".

    Sewaktu masa tenggang hukuman, Iblis mempercepaat supaya dia bisa turun ke bumi dengan Adam dan sudah dengan tidak sabar akan menyesatkan Adam dan keturunan nya. Karena Adam memiliki nafsu maka Adam dalam surga yang sendirian merasa gelisah, dan Allah mengetahui hal ini, lalu dari tulang rusuk Adam sewaktu dia tidur Allah mengambilnya dan menciptakan Hawa sebagai teman Adam. dan Iblis pun melihat kesempatan ini, dia berubah menjadi malaikat dari golongan cahaya dan menyembunyikan bentuk nya yang buruk untuk mengelabui Adam dan kemudian dia menemui mereka (Adam dan Hawa) "Wahai Adam apakah kamu merasa senang dengan teman baru mu ini" ya Jawab Adam, lalu Iblis berkata "Apakah kamu mengetahui bahwa disini terdapat buah yang sangat lezat jika engkau makan berdua akan membuat kalian bahagia, makanlah buah itu". Lalu Allah mendengar percakapan Iblis ini dan Allah berfirman kepada Adam "Janganlah kamu dekati buah itu ", namun Adam yang tidak bisa mengendalikan keinginan nya ahirnya memakan buah tersebut dengan Hawa dan mereka berdua menjadi terangsang satu sama lain lalu nafsu badaniah menguasai mereka dan merekapun melakukan nya, setelah merasa puas dengan kenimatan sesaat tersebut Adam dan Hawa menyadari kesalahannya dan tanpa menggunakan busana apapun mereka meminta ampun kepada Allah, lalu Allah berfirman" turunlah kamu ke bumi dengan iblis sampai waktu yang telah ditentukan".

    Ahirnya bertiga mereka diturunkan kebumi oleh para malaikat dari golongan cahaya dengan tempat yang berpisah-pisah. Iblis ditempatkan di ufuk timur disaat matahari terbit lalu adam di ufuk selatan dan hawa di ufuk barat bumi. Adam dan Hawa dengan tanpa busana mencoba mencari pohon2 untuk membuat pakaian dengan kecerdasaan mereka yang luar biasa. Ahirnya setelah perjalanan mengarungi gunung, laut dan gurun mereka berdua bertemu dipusat bumi yaitu Mekkah( pusat kiblat setelah dipindahkan dari Baitul Maqdis, di Mekkah inilah pertama kali Nabi Ibrahim As menerima batu hajar aswad . Dan beberapa waktu kemudian lahirlah Qabil anak pertama dari hubungan yang tidak direstui Allah di surga. Dan kemudian Adam pun memiliki 3 orang anak lagi 1 laki2 dan 2 perempuan, setelah dewasa mereka dijodohkan Qabil dengan anak yang perempuan dan Habil dengan anak perempuan yang lain namun karena lebih cantik maka Qabil merasa iri dan ini dimanfaatkan oleh Iblis yang sudah menemukan mereka, dari iri menjadi dengki dan ahirnya dendam dan ambisi untuk memiliki keduanya dan ahirnya terbunuhlah Habil oleh Qabil, inilah kesuksesan Iblis pertama didunia menyesatkan manusia dari kelemahan manusia yaitu hati. dan ini akan berlangsung terus menerus sampai ahir zaman dan usaha Iblis semakin mudah karena manusia itu sendiri, jangan mengira bintang jav dari negeri matahari terbit itu benar2 manusia semua nya , kadang iblis menyemar menjadi mereka menjadi wanita cantik yang sangat menggaiirahkan, dan kadang iblis menguasai para wanita cantik ini yang tidak mengenal Allah sebagai tuhan nya untuk menyesatkan nya dan menjadi pengikutnya untuk mendiami neraka nanti.


    Wassalamu'alaikum
    Agung Wardana

    Email :Arthursargeras@yahoo.com
    Blog :Agungkusumawardana@blogspot.com

    NB: Setelah Iblis diturunkan ke Bumi penjagaan pintu Neraka ditugaskan kepada Mikail dan Zabaniah yang mengatur segala kegiatan di Neraka nantinya.
     
    Last edited: Apr 1, 2013
  5. Arghat Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    283
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +401 / -0
    Bagus Juga reviewnya Bro :ogtop:
    Terima kasih uda mo Nambain..:peace:
     
    Last edited by a moderator: Jun 8, 2013
  6. elreal08 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 16, 2009
    Messages:
    161
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +98 / -0
    Tinggal di baca Taurat, Injil dan Alquran dan scroll kuno seperti scroll barnabas dan death sea scroll. Tapi harus jeli soalnya Taurat ada yg diubah2 sama rahib2 Yahudi. Tapi dari Al Quran sudah cukup banyak memberi informasi, baca tafsir/artinya aja dan sabda2 Rosulullah yang terpercaya seperti dari Bukhari dan Muslim ada sekitar 1300an hadist yang terpercaya dari 600ribu hadist yg beredar.
     
    Last edited: Apr 8, 2013
  7. adiwf Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 1, 2012
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    ane gak mau niruin iblis yg terlalu sombong
     
  8. tingkerbell Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 22, 2013
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +9 / -0
    aku cuma di ceritain bagaimana iblis awalnya merupakan mahkluk yang paling taat,,terima kasih ya buat review yang jelas ini ^^
     
    Last edited by a moderator: Jun 8, 2013
  9. Atlan_Prasetyo M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 23, 2011
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +19 / -0
    dulunya sih ga percaya kalo iblis berasal dr malaikat, tp disini ada sumbernya di al-quran jadi percaya deh
     
  10. balista M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 9, 2010
    Messages:
    686
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +73 / -0
    yang ditakuti malaikat tu bukan bikin bumi hancur lho, tapi kepada tingkah lakunya yang suka menggunjing, berkata buruk, mencela, memaki, ngegosip.dll sifat tercela gitu lah. bner kgk yah??
    banyak kan sindiran di alquran karena akal manusia gak nyampek buat ngebayangin makanya pake sindiran, tuh buktinya da Nabi Idris as yang gak mau kembali kebumi setelah ditunjukin surga ma Allah SWT, kalo sama ngapain ampek sekarang masih betah di surganya Allah SWT
     
  11. Addison Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 1, 2010
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    iblis = taat tp sombongnya telalu terlalu over banget

    tapi ane baru tau iblis itu termasuk malaikat juga haha
     
  12. bhoqeem M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 11, 2010
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,413 / -0
    Iblis ya iblis. Dan hanya ada satu iblis di seluruh jagad. Dia adalah apa adanya dia. Tidak bisa lain sampai akhir zaman. Tak bisa berubah sikap seperti manusia. Kita hanya perlu tahu dia ada dan apa yang diperbuatnya. Tak perlu sampai memahami, apalagi mengasihani. Hati-hati ya.

    Maksud saya: kita tahu ia berasal dan hidup di dunia serta dimensi berbeda dengan kita, di mana hukum2 alamnya juga beda, membawa nature yang juga beda. Ingat juga bahwa, "Sebaik-baiknya jin adalah sejahat-jahatnya manusia." Iblis adalah rajanya jin.
     
    Last edited: Jun 8, 2013
  13. mechakidz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2010
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    :takut: gue agak merinding baca beginian, tapi apakah iblis tuh masih mau tunduk pada para nabi gak yah, secara para nabi terlindungi dari pada iblis :bingung:
     
  14. amanjaya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 31, 2012
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +0 / -0
    bukan malaikat kali..
    kan di al quran jelas di bilang ibli terbuat dari api sedangkan malaikat dari cahaya
    jadi beda banget lah
     
  15. dantedante M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 11, 2013
    Messages:
    226
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +8 / -0
    iblis kenapa dulu termsuk gologan malaikat yaah?
    bukannya penggolongan dari unsur pembentknya?
     
  16. assidq Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 8, 2012
    Messages:
    88
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22 / -0
    semua karena manusia gan, KARENA MANUSIALAH IBLIS MENJADI TIDAK TAAT AMA TUHAN
     
  17. shiiniichii M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 23, 2013
    Messages:
    6,111
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +3,896 / -0
    ko karena manusia ???? bs dijelaskan kk ????
    bukan'na karena kesombongan iblis ????
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.