1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

People 4 Sifat Dasar Manusia -- Termasuk golongan apakah watak anda?

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by udhindbokek, Apr 16, 2011.

?

Jadi, termasuk golongan apakah anda?

  1. Sanguinis

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Melankolis

    0 vote(s)
    0.0%
  3. Koleris

    0 vote(s)
    0.0%
  4. Phlegmatis

    0 vote(s)
    0.0%
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. udhindbokek Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    225
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    4 Sifat Dasar Manusia​
    Sodara/sodari sekalian, saya cuman mau share masalah sifat dasar kepribadian sodara/sodari sekalian.. Mungkin aja dari sekian banyak member yang ada di forum IDWS ini belum pernah membaca tentang buku "Personality Plus" karya Florence Littauer. Untuk itu saya akan mencoba share sedikit tentang 4 dasar sifat manusia.
    [​IMG]

    1. Golongan Sanguinis, "Yang Populer"

    Mereka ini cenderung ingin popular , ingin disenangi oleh orang lain. Sangat humoris dan suka memulai sebuah percakapan. Hidupnya penuh dengan bunga warna-warni. Pergejolakan emosinya bergelombang dan transparent. Pada suatu masa dia bergembira dan adakalanya menangis tersedu-sedu.

    Orang-orang sanguinis ini juga termasuk golongan pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir `pendek', dan hidupnya serba tak beratur. Kemungkinan besar ia pun kurang mampu berdisiplin dengan waktu, sering lupa pada janji apalagi time planning sesuatu hal.

    Namun kalau disuruh melakukan sesuatu, ia akan dengan cepat mengiyakannya dan terlihat sepertinya betul-betul hal itu akan ia lakukan. Dengan semangat sekali ia ingin buktikan bahwa ia bisa dan akan segera melakukannya. Tapi percayalah, beberapa hari kemudian ia tak lakukan apapun juga.

    Agan-agan nggk akan menyesal berteman dengan orang dengan sifat sanguinis, mereka akan dengan cepat mencairkan suasana sedih anda.

    2. Golongan Melankolis, "Yang Sempurna"

    Mereka cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam . Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan,mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara mendalam sekali.

    Orang melankolis selalu ingin serba sempurna. Segala sesuatu ingin teratur. Kerana itu jangan heran jika anda yang `melankolis' tak boleh tidur hanya gara-gara selimut yang membaluti tubuhnya. Dan jangan pula coba-coba mengubah barang-barang teman `melankolis' anda, sebab dia ingat betul warnanya, jenisnya, dan bagaimana tata letaknya. Kalau perlu dituliskan satu per satu tempat setiap jenis pakaian tersebut. Ia akan marah kalau susunan itu tiba-tiba jadi lain.

    3. Golongan Koleris, "Yang Kuat"

    Mereka ini suka sekali mengatur orang, suka tunjuk-tunjuk atau perintah-perintah orang . Ia tak ingin ada penonton dalam aktivitasnya. Bahkan jika ada seorang tamu berkunjung kerumahnya, dia akan menyuruh melakukan sesuatu untuknya. Akibat sifatnya yang `bossy' itu membuat banyak orang koleris tak punya banyak teman. Dan kecenderungan sifat ini bisa agan manfaatkan untuk menjadi seorang 'Pemimpin' dalam sebuah kelompok. Sifat koleris sangatlah tepat untuk dijadikan Pemimpin, mereka punya tanggung jawab untuk apa yang di pimpin'nya.

    Orang koleris senang dengan tentangan, suka petualang. Mereka punya rasa, "hanya saya yang bisa menyelesaikan segalanya, tanpa saya semua tak akan berhasil". Kerana itu mereka sangat "goal oriented", tegas, kuat, cepat dan tangkas mengerjakan sesuatu. Baginya tak ada istilah tidak mungkin. Seorang wanita koleris, mau dan berani naik tebing, memanjat pohon, bertarung ataupun memimpin peperangan. Kalau ia sudah kobarkan semangat "ya pasti jadi." maka hampir dapat dipastikan apa yang akan ia lakukan akan tercapai seperti yang ia katakan. Sebab ia tak mudah menyerah, tak mudah pula mengalah.

    4. Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

    Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

    Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam dan kalau menyelesaikan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bercakap, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bercakap tu tentu saja sang Sanguinis.

    Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Ibarat tukul dengan pahat , "sekali ketuk sekali jalan, kalau tak ketuk tak jalan". Jadi kalau anda punya staf atau pegawai phlegmatis, Anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri oleh dirinya.

    Berbahagialah agan-agan bila agan mempunyai seorang teman bersifat phlegmatis, mereka akan jadi tempat curhat yang sangat sempurna. Apalagi buat para aganwati-aganwati, pan cewek sukanya yang mendalam-mendalam. :hehe:
    Selain itu bila anda seorang phlegmatis, maka anda akan sulit untuk mentukan termasuk golongan apakah sifat anda. Jadi, waspadalah! :haha:

    Iris Harison 'Site
    Untuk kenyamanan membaca, jadi saya coba edit sedikit-sedikit. :hehe:
    Mohon maaf yang sebesar-besarnya klo ini :repost:
    Saya tidak mengaharap apa-apa, soalnya ini saya masih belajar bikin thread. :hehe:
    Jadi kalo ada salah kaprahnya, yaaa biarkan saja.. terimakasih.. :haha: :bogem::mentah:

    -------------------------------

     
    • Thanks Thanks x 3
    Last edited by a moderator: Sep 23, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. F3nr1r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 12, 2010
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +131 / -0
    Tipe gw tipe melankolis
    Dulu di sekloah gw juga ad konseling yang mengetes watak kita dan melihat kita cocok kuliah di jurusan apa
    waktu itu kalo g salah ada 2 tipe dalam diri seorang tapi satu lagi aku lupa tipe gw yang satu lagi apa
     
  4. udhindbokek Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    225
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    emang bener setiap orang sangat dimungkinkan memiliki lebih dari 1 sifat dasar.. ane juga punya 2 sifat dasar phlegmatis ama sanguinis. emang bertolak belakang, tapi itu yang ane dapet dari pendapat orang-orang.. :hehe:
     
  5. Qun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    86
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +141 / -0
    memangnya bisa da dua ya...keren dong
    spt Billy Milligan dengan 24 kepribadian
    (eh mavv sama g ya, sepertinya pembahasan ku mlenceng hehe topiknya kan 4 sifat dasar)


    wah gw kok aneh ya...
    50% Sanguinis
    25% kOleris
    20% Phlegmatis
    5% melankolis

    kira-kira artinya apa ya???
     
    • Thanks Thanks x 1
  6. xyrsh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    591
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,255 / -0
    gw phlegmatis :haha:
    phlegmatis parah.
    tapi emang bener kalo tiap orang itu ga bakal 100% satu tipe watak,
    gw pernah ikut tes ini, hasilnya pake sekian persen sanguinis, sekian persen koleris, sekian persen phlegmatis, dan sekian persen melankolis.
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Apr 16, 2011
  7. udhindbokek Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    225
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    yang jelas tiap orang punya satu watak dominan..

    kayak punya bos Qun
    berarti watak dominan, atau sifat yang mendominasi kepribadian adalah sifat Sanguinis"Yang Populer" yang dapat diartikan agan Qun termasuk orang yang ceria, suka ngobrol. memiliki kepercayaan diri yang lumayan tinggi dan lumayan punya tanggung jawab..

    itu sebagai contoh aja.. dan itu pendapat pribadi ane aja, kalo salah ya mohon bimbingan yang udah ngerti-ngerti.

    NB: untuk yang tulisan yang di garis bawahi, ane agak ragu-ragu si sebenernya.. :hehe: :peace:
     
  8. shinigamidika MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,159
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +76,349 / -0
    low ane lbh suka Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"...damai itu indah...selagi bisa damai ngapain juga bertengkar...
    tp low lama2 disuruh2 ya apaboleh bukan jadi anarkis :peace:
     
    • Like Like x 1
  9. crismas7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2010
    Messages:
    153
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +28 / -0
    4. Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

    Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

    Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam dan kalau menyelesaikan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bercakap, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bercakap tu tentu saja sang Sanguinis.

    Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Ibarat tukul dengan pahat , "sekali ketuk sekali jalan, kalau tak ketuk tak jalan". Jadi kalau anda punya staf atau pegawai phlegmatis, Anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri oleh dirinya.


    ini gw banget,, hahahah,,
    tapi ga enaknya gampang dimanfaatin temen.. :nangis:
     
  10. SonOfDawn M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 17, 2011
    Messages:
    1,283
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +5,443 / -0
    kayaknya gw lebih ke Koleris deh...
    Emang suka printah2 tapi gak suka diperintah...
    Tapi gw juga melankolis n suka damai kog...
    Tapi tep dominan ke koleris...:hehe:
     
    • Like Like x 1
  11. newbie20jan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 19, 2010
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    knp ane dapet ini... dan kenapa pula banyak yang vote ini :panda:
     
  12. udhindbokek Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    225
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    karena phlegmatis lebih cenderung senang dengan kesendirian yang tenang..
    dan menurut sumber-sumber kebanyakan mengatakan, kalo lagi sendiri temen yang paling asik tuh ya komputer, apalagi konek inet.. :hahai:
     
  13. A_d3l M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 30, 2010
    Messages:
    459
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +663 / -0
    aq msk kategori keempat neh..:lol:
    Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"
    karna emg lebih suka diem,,gak mau cari masalah..n t4 curhat yg baik..
    emg pas bgt ma aq :hahai:
     
  14. kora2 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 31, 2010
    Messages:
    537
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +150 / -0
    ane sih Phlegmatis
    cinta damai :peace:
    emang bener klo ada yg curhat ane cuma dengerin ga mo ikut2an
     
  15. thehappiness M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 28, 2011
    Messages:
    987
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +11,376 / -0
    saia seeh lbh cenderung ke phlegmatis gan... :hero:
    damai itu indah... :peace:
     
    • Thanks Thanks x 1
  16. ankireina Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 21, 2010
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo gw golongan yang keempat nih kayanya
    Golongan Phlegmatis
    hehe
     
  17. zakainiwak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,290
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,806 / -0
    wah saya campur2...:swt:

    ada yg sanguinis..
    ada yang koleris...

    campur2 dah... apa saya kepribadian ganda..!? :kaget:

    gk mungkinlah...:swt:
     
  18. Gyr0 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 20, 2011
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +36 / -0
    ane koleris
    yg kuatnya sih bener dan suka tantangan
    tapi buat ngebabuin orang ga gitu2 amat kayanya
    minta tolong bukan merintah2...beda kan merintah ma minta tolong :nongol:
     
  19. ary68890 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    1,062
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +1,399 / -0
    kayanya ga 100% masuk dalam satu golongan deh, kadang2 ane sanguinis, kadang koleris, dan kadang phlegmatis :haha:
     
  20. jefferson Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 1, 2010
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,156 / -0
    paling the best sih kalo kita bisa punya 4 sifat tersebut tapi dari sisi positifnya..
    :ehem:
     
  21. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,290 / -0
    :hihi: gw pernah ditest juga sama semacam lembaga psikolog gitu :malu:
    dan hasilnya persis banget sama kata2 di atas terutama yg dibold :malu:

    Cocok deh, kalo di tipe enneagram 9 kepribadian, gw masuk yg tipe 5 (si penganalisa) dengan kecenderungan ke tipe 1 (perfeksionis). :haha:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.