1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Legend/Myth Ternyata Alaxander yg agung bukan lah iskandar zulkarnaen

Discussion in 'History and Culture' started by ayamgoreng, Sep 1, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ayamgoreng M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,367
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,464 / -0
    tp maap sebelumnya kalau saya repost

    Alexander The Great [wikipedia] adalah pemimpin di abad ke-3 sebelum Masehi yang menaklukkan dunia dari daratan Yunani, Laut Tengah, Mesir, Asia Minor, Persia hingga India Utara. Nama tersebut diabadikan menjadi kota di Mesir, Alexandria atau Iskandariyah.

    Ada pendapat yang menyebutkan bahwa Alexander The Great adalah Iskandar Zulkarnain (nama Zulkarnain diceritakan dalam Al-Quran surat Al-Kahfi ayat 83-99), namun hal ini bukan Alexander meskipun jika kita baca memiliki plot yang mirip yaitu “tempat terbenam matahari” adalah wilayah penguasaan pertama Alexander (matahari terbenam di pantai Laut Tengah), ke arah timur (India) dan wilayah dua gunung (antara Laut Hitam dan Laut Kaspia).

    Mana yang benar?
    Fakta sejarah tidak menunjukkan bahwa Alexander The Great adalah Zulkarnain yang disebut dalam Al-Quran (dalam Al-Quran hanya disebut Zulkarnain, tanpa Iskandar). Siapa Zulkarnain yang disebut dalam Al-Quran? Apakah seseorang di masa lalu ataukah di masa depan? Belum ada yang tahu, tapi kita bisa mengambil hikmah ceritanya dan terus mencari tafsir dan fakta apa yang telah disebutkan dalam Al-Quran. Silakan baca juga artikel di Faith Freedom, Eramoslem dan Swara Muslim.

    Berikut kutipan terjemahan Al-Quran tentang Zulkarnain:
    83. Mereka akan bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Zulkarnain. Katakanlah: “Aku akan bacakan kepadamu cerita tentangnya”.
    84. Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepadanya di (muka) bumi, dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu,
    85. maka dia pun menempuh suatu jalan.
    86. Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbenam matahari, dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat. Kami berkata: “Hai Zulkarnain, kamu boleh menyiksa atau boleh berbuat kebaikan terhadap mereka”.
    87. Berkata Zulkarnain: “Adapun orang yang aniaya, maka kami kelak akan mengazabnya, kemudian dia dikembalikan kepada Tuhannya, lalu Tuhan mengazabnya dengan azab yang tidak ada taranya.
    88. Adapun orang-orang yang beriman dan beramal saleh, maka baginya pahala yang terbaik sebagai balasan, dan akan kami titahkan kepadanya (perintah) yang mudah dari perintah-perintah kami”.
    89. Kemudian dia menempuh jalan (yang lain).
    90. Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah Timur) dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat yang Kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindunginya dari (cahaya) matahari itu,
    91. demikianlah. Dan sesungguhnya ilmu Kami meliputi segala apa yang ada padanya.
    92. Kemudian dia menempuh suatu jalan (yang lain lagi).
    93. Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan.
    94. Mereka berkata: “Hai Zulkarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Makjuj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?”
    95. Zulkarnain berkata: “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka,
    96. “berilah aku potongan-potongan besi” Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Zulkarnain: Tiuplah (api itu)”. Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, dia pun berkata: “Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atas besi panas itu”.
    97. Maka mereka tidak bisa mendakinya dan mereka tidak bisa (pula) melobanginya.
    98. Zulkarnain berkata: “Ini (dinding) adalah rahmat dari Tuhanku, maka apabila sudah datang janji Tuhanku Dia akan menjadikannya hancur luluh; dan janji Tuhanku itu adalah benar”.

    Dan berikut adalah rangkuman cerita Alexander The Great:
    Alexander bersama teman dekatnya Hephaestion dididik oleh Aristoteles yang merupakan murid Plato, kemudian memimpin Macedonia dan mulai menyatukan kota-kota peradaban Yunani menjadi satu kesatuan selama 13 tahun hingga wafat karena sakit. Ide menyatukan kota-kota Yunani adalah berasal dari ayahnya Raja Philip II dari Macedonia yang beristrikan Olympias.

    Pada saat Philip II menaklukan Byzantium (sekarang Istanbul), Alexander yang masih berumur 16 tahun ditinggal di Macedonia dan berhasil bertahan dari serangan kerajaan Maedi dan serangan Sacred Band of Thebes (sebuah pasukan elite militer homoseks sebanyak 150 pasang). Philip II kemudian dibunuh oleh Pausanias (pembunuh, assassin), yang kemudian tahta Macedonia dipimpin oleh Alexander pada usianya yang ke-20. Terbunuhnya Philip II masih menjadi misteri apakah ada keterlibatan Alexander karena Olympias diceraikan atau mungkin juga hasutan Raja Persia Darius III.

    [​IMG]

    Penaklukan pertama Alexander adalah ke kerajaan Persia yang dipimpin Darius III Codomannus melalui perang Battle of Issus (sekarang Iskenderum, Turki) meskipun dengan kekuatan tentara yang hanya seperempatnya yang dipimpin jendral Ptolemy dibanding kekuatan Persia.

    Selanjutnya selama 12 tahun Alexander menguasai pantai Laut Tengah Mesir, kemudian Babylonia hingga ke wilayah Pakistan dan India Utara sekarang. Selain di Mesir Alexander juga mendirikan/diabadikan di kota-kota berikut:
    * Alexandria Asiana, Iran
    * Alexandria in Ariana, Afghanistan
    * Alexandria of the Caucasus, Afghanistan
    * Alexandria on the Oxus, Afghanistan
    * Alexandria of the Arachosians, Afghanistan
    * Alexandria on the Indus, Pakistan
    * Alexandria Eschate, “The furthest”, Tajikistan

    Mungkin sudah ditakdirkan wilayah seputaran Mesopotamia (sekarang Iraq) selalu menjadi wilayah peperangan hingga sekarang.


    jd selama ini kita telah salah kalau mengartikan kalau alaxander adalah ikandara zulkarnaen
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ExotiCmaN Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    181
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,677 / -0
    Kalau gua baca kutipan ayat di atas...
    maka menurut gua, Zulkarnain yang dimaksud udah masa lalu....
    karana berhubungan dengan kaum Ya’juj dan Makjuj yang membuat kerusakan
    pada masa lalu...
    dan gua dengar dari guru agama gua, Bila sudah tiba saatnya, maka bangsa
    Ya’juj dan Makjuj ini akan keluar kembali, seperti yang dikatakan ayat diatas.. :onion-44:
     
  4. kurapnaga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 28, 2009
    Messages:
    505
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +302 / -0
    Alexander dan Zulkarnaen adalah orang berbeda

    gw kirain ts bikin trit isinya adalah analisa sehingga memberikan kesimpulan Zulkarnaen dan Alexander orang berbeda

    Tapi Mana?

    trus isi trit ini hubungannya dengan judul apa?

    lalu gunanya trit ini?
     
  5. ExotiCmaN Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    181
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,677 / -0
    Itulah guna diskusi OM........

    tapi yang jelas gua dapat ilmu baru...
    sip, Nice info :top:
     
  6. ayamgoreng M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,367
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,464 / -0
    tenang ajah masih banyak kelanjutannya yg membuktikan kaalau iskandar zulkarnaen bukanlah alaxander the great

    karena selama ini kita selama 300 thn mengg angap kalau iskandar zulkarnaen yg di sebutkan di al qor an dan al hadist adalah alaxander the great

    Menurut Sayyid Quthb, Zulkarnaen bukanlah yang dimaksudkan raja Alexander Zulkarnain yang animisme. Sayyid Quthb juga mengutip pendapat Abu Raihan al Biruni -meskipun bukan sebuah kemutlakan- yang menyatakan bahwa Zulkarnain berasal dari Humair, nama aslinya Abu Bakar bin Ifriqisy. Dia berkelana bersama tentaranya ke pantai laut putih tengah, dia melampaui Tunis dan Maroko, dia membangun kota Afrika hingga benua itu pun disebut Afrika. Dia dijuluki dua tanduk (bukan karena kepalanya bertanduk) tapi karena dia berhasil mencapai dua tanduk matahari, yakni Timur dan Barat.

    pohon kluarga alaxander the great [ Alexander (the Great) of Macedonia b. 20 Juli -356 d. 10 Juni -323 - Hirarki Lengkap ]

    lihat link ini http://id.rodovid.org/wk/Istimewa:Tree/139889
    dan ia lahir di macdonia pd thn 323 SM
    dan pd masa itu adalah jaman sepeninggal nabi musa

    sedangkan iskandar zulkarnaen lahir ketika zaman nya nabi musa , dan dia merupakan seorang raja .

    dan ini lah adalah rangkuman kisahnya zulkarnaen

    Dikisahkan ketika Zulkarnaian dalam pengembaraannya, mendapati suatu umat yang sangat terbelakang sehingga mereka hampir tidak mengerti pembicaraan. Umat itu sendiri dalam keadaan terancam dari Ya’juj dan Ma’juj yang suka melakukan kerusakan di muka bumi. Maka Zulkarnain melibatkan semua komponen masyarakat untuk membangun tembok yang sangat kuat terbuat dari besi dan tembaga. Tembok itu dibangun di antara dua gunung setinggi mencapai puncak gunung sehingga tertutup bagi Ya’juj dan Ma’juj untuk memasuki wilayah penduduk itu, maka keberadaan umat itu bisa dipertahankan.

    Dengan keberhasilan itu, Zulkarnain tetap menyadari kelemahannya. Ia sadar bahwa semua itu karunia Allah swt. Hal itu dilukiskan dalam firman Allah swt; “Kemudian dia menempuh jalan (yang lain lagi). Hingga apabila dia sampai di antara dua buah gunung, dia mendapati dihadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan. Mereka berkata: Hai Zulkarnain: sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi. Maka dapatkah kami memberikan suatu pembayaran kepadamu, supaya membuat dinding antara kami dan mereka?”

    Zulkarnain berkata: Apa yang telah dikuasakan Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat) agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka. Berilah aku potongan-potongan besi. Hingga apabila besi telah sama rata dengan dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Zulkarnain: “Tiuplah (api itu)” hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, diapun berkata: Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atas besi panas itu”. Maka mereka tidak bisa mendakinya dan mereka tidak bisa (pula) melobanginya. Zulkarnain berkata: Ini adalah rahmat dari Tuhanku, maka apabila sudah datang janji Tuhanku, Dia akan menjadikannya hancur luluh; dan janji Tuhanku itu adalah benar” (QS 18:84-98).

    dan ketika itu zulkaranaen pergi ke mekah dgn berjalan kaki dan melaksanakan haji .

    Sumber: Serambi Indonesia

    sedangkan alaxander menurut riwayat apapun tdk pernah pergi ke mekkah .

    jd gw rasa artikel di atas sudah cukup membuktikan kalau memang alaxander bukanlah org yg di ceritakan di al qur an .

    Rasullullah SAW bersabda :
    " sebaik2 nya seorang raja selain nabi sulaiman yg namanya tercantum di al qur an adalah zulkarnaen , yg mana kekuasaanya meliputi matahari terbit dan sampai matahari tenggelam , sesunguhnya dia lah org2 yg bertakwa "
    ( HR . ibnu daud )

    dr hadis itu kita lihat juga kalau zulkarnaen adalah org muslim ( pd jaman itu blom ada agama islam )

    sedangkan tak ada riwayat yg mengatakan kalau alaxander pernah memeluk islam

    smua sumber = artikel bersejarah islam , kekeliruan org terhadap zulkarnaen


    soryy di atas lom gw cantumin coz ga ada di web --a

    tp bener kata si exotic

    kita disini utk berdiskusi gann
     
  7. moonshine M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    416
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +84 / -1
    menurut buku yg gua baca yajud dan majud itu adalah bangsa cina...dan dalam al qur'an tersebut membahas dinding utk pelindung.....nah apakah ini ada hubunganya dengan tembok besar cina dan serbuan bangsa mongol
     
  8. kurapnaga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 28, 2009
    Messages:
    505
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +302 / -0
    jah dah 6 post ts masih blom sadar

    padahal dah ada dipostingan dya

    " sebaik2 nya seorang raja selain nabi sulaiman yg namanya tercantum di al qur an adalah zulkarnaen , yg mana kekuasaanya meliputi matahari terbit dan sampai matahari tenggelam , sesunguhnya dia lah org2 yg bertakwa "
    ( HR . ibnu daud )

    nah siapakah Alexander?

    jadi samakah Zulkarnaen dan Alexander?


    langsung case closed
     
  9. mbahedan M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    2,579
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +60,456 / -0
    klo boleh tau ni info dari mana ya??
    soal'e sejarah dalam islam bukannya emang udah negesin klo Alexander the Great itu bukan Iskandar Zulkarnaen...

    kok pke "kita selama 300 tahun menganggap Alexander The Great = Iskandar Zulkarnaen"

    mungkin untuk orang barat bisa dibilang sama, soalnya di dunia Barat Iskandar itu disebut Alexander...

    masa kedua tokoh ini aja udah beda bro..
    -----------------------------------------------------

    ngedit dulu akh...

    ni sumbernya dari mana ya bro?? :???:

    gw kira jawaban si kurapnaga tu udah ngejelasin deh...

    -----------------------------------------------------

    "Siapa Zulkarnain yang disebut dalam Al-Quran? Apakah seseorang di masa lalu ataukah di masa depan? Belum ada yang tahu"

    bukannya udah pernah di ceritain klo Iskandar Zulkarnaen tu yang memenjarakan duo nakal Ya'juj n Ma'juj di sebuah bukit? mungkin kah masa depan?? :???:

    masa depan yang bener tu Ya'juj n Ma'juj pada akhirnya bisa keluar dari penjara bukit tersebut n membuat kerusakan di muka bumi... klo ini udah ada riwayatnya, tapi gw lupa... yang pasti tentang akhir zaman gitu... entah siapa Ya'juj n Ma'juj pada masa depan yang dimaksud..
     
    Last edited: Sep 2, 2009
  10. 85e M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +67 / -0
    Kalau langsung "case closed", ya nggak bisa didiskusikan lagi dong...

    Kaya gini kurang afdol..., dibukakan kemungkinan2 debat dong...
     
  11. ayamgoreng M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,367
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,464 / -0
    iyap bener bisa utk berdebat juga
    bg yg punya informasi lainnya tolong kasih tahu karena banyakknya sejarah2 yg sudah di selewengkan dan membuat kita binggung

    karena setiap org punya argumen masing2



    -----------------------------------------------------

    "Siapa Zulkarnain yang disebut dalam Al-Quran? Apakah seseorang di masa lalu ataukah di masa depan? Belum ada yang tahu"

    bukannya udah pernah di ceritain klo Iskandar Zulkarnaen tu yang memenjarakan duo nakal Ya'juj n Ma'juj di sebuah bukit? mungkin kah masa depan?? :???:

    masa depan yang bener tu Ya'juj n Ma'juj pada akhirnya bisa keluar dari penjara bukit tersebut n membuat kerusakan di muka bumi... klo ini udah ada riwayatnya, tapi gw lupa... yang pasti tentang akhir zaman gitu... entah siapa Ya'juj n Ma'juj pada masa depan yang dimaksud..[/QUOTE]

    banyak misteri akan ya,juju dan ma,juuj
     
  12. mbahedan M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    2,579
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +60,456 / -0
    busyet...
    yang mao di debatin tu apalagi bro?

    emang udah beda antara 2 orang itu...

    atau punya situ pendapat yang berbeda?
     
  13. Jacktrops M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 10, 2008
    Messages:
    628
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +81 / -0
    Bos apakah ini sudah di 'OK' kan oleh ahli sejarah?
    bukan mo debat atau apa kan sebaiknya kita mendapat keterangan lebih baik dari ahlinya dan sumber yang benar!
     
  14. 85e M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +67 / -0
    Berdiskusi itu namanya membuka kemungkinan...

    Nhaa belum pernah diskusi yaaa?
     
  15. Chopsuey03 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    707
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +134 / -0
    iyah emang 2 orang yang berbeda tapi gua gak pernah sangsi sama ayat2 alqur'an soalnya udah "GOD Speak" gak sa di campurin dengan garapan novel manusia
     
  16. nguonggg M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 22, 2008
    Messages:
    274
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +98 / -0
    loh bukannya memang 2 org yg berbeda?
    setahu gw dr dulu memang org yg berbeda
    kebudayaannya aja beda
     
  17. scorpion182 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +748 / -0
    tembok cina itu dibangun bertahap (gag langsung jadi, bertahap dari satu masa pemerintahan kaisar ke kaisar yg lain), sedangkan tembok yg dibangun Dzulqarnaen, selesai dibangun ya saat masanya Dzulqarnaen itu.
     
  18. reichzach Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    gue pernah baca tuh tentang Ya'juj n Ma'juj, katanya mereka adalah mahluk raksasa yang klo berdiri di lautan pasifik aja baru sedalam lututnya......
     
  19. Crosscrusade Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    275
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    Kayaknya beda deh, karena dari buku yang ane baca Alexander itu biseksual, dia ngawinin anak perempuan raja yang dia taklukin buat menangin hati masyarakat
    tapi juga punya hubungan intim (seksual sob) sama teman lelaki masa kecilnya Hepasthion. Masa orang kayak gitu "Bertaqwa".
    No Offense Bro
     
  20. jarmen_kerll M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +81 / -3
    itukan juga masih cuman desas desus.. berita tentang hombrengnya alexander itu juga belum ada fakta sejarah yang pasti
     
  21. akubebe M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    611
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +242 / -0
    very nice info.
    ternyata saya sudah keliru selama ini..:xiexie:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.