1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Disease Mengenai Influenza

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by jHony, Aug 30, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jHony Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,642
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,318 / -0
    Influenza atau flu merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari keluarga Orthomyxoviridae. Nama “influenza” berarti mempengaruhi (Latin: inflentia). Oleh karena itu, flu bisa dengan sangat cepat menjangkiti satu negara dalam waktu singkat.

    Menurut jenisnya, virus influenza digolongkan menjadi lima jenis: Influenzavirus A, Influenzavirus B, Influenzavirus C, Isavirus (menginfeksi ikan salmon), dan Thogotovirus yang menyebabkan demam dan Encephalitis (inflamasi pada otak manusia). Namun, hanya tiga jenis yang akan dibahas.

    Influenzavirus A
    Di antara tiga jenis influenza (A, B, dan C), tipe A adalah patogen paling mematikan bagi manusia dan menyebabkan penyakit yang paling parah. Burung perairan liar di alam bebas menjadi rumah bagi berbagai variasi influenza A, dan sesekali juga menjangkiti spesies lain. Jenis ini juga menyebabkan wabah bagi unggas di suatu kawasan tertentu atau menimbulkan pandemi influenza bagi manusia. Beberapa serotype dari influenzavirus A yang telah dikenal sebagai pandemi pembawa kematian adalah: H1N1 yang menyebabkan flu Spanyol tahun 1918, dan flu babi tahun 2009; H2N2 yang menyebabkan Flu Asia di tahun 1957; H3N2 yang menyebabkan Flu di Hong Kong 1968; dan H5N1 yang menjadi sebuah ancaman pandemi merupakan flu musiman tahun 2007-2008.

    Influenzavirus B
    Influenzavirus B umumnya menginfeksi manusia. Kemampuan mutasinya 2-3 kali lebih rendah dibandingkan tipe A, sehingga memiliki tingkat keragaman genetik yang rendah yaitu hanya terdapat satu serotype influenza B, sehingga antigennya pun kurang beragam. Iimunitas untuk influenza B biasanya diperoleh manusia pada usia dini. Namun, bukan berarti influenza B tidak bisa lagi bermutasi.

    Influenzavirus C
    Virus influenza C yang menginfeksi manusia, anjing, babi dan terkadang menyebabkan sakit parah dan epidemic (wabah) pada tingkat lokal. Influenza C sangat sedikit dibandingkan dengan jenis lainnya dan biasanya menyebabkan penyakit ringan pada anak-anak.

    Penularan dan penyebaran
    Seseorang yang terjangkit influenza bisa menularkan selama sedikitnya sekitar sepuluh hari. Virus menular melalui kontaminasi terhadap permukaan seperti kertas, knop pintu, dan barang-barang rumah tangga lainnya. Sementara penyebaran influenza seringkali berlangsung dalam tiga cara:
    • Melalui lendir bersin yang masuk ke mata, hidung atau mulut orang lain yang sehat.
    • Melalui udara yang tercemar virus (orang batuk, bersin dan air liur yang masuk lewat pernafasan).
    • Melalui tangan ke mulut baik dari kejangkitan permukaan langsung atau kontak pribadi, seperti berjabat tangan.
    Gejala
    Umumnya, orang yang terkena flu akan mengalami gejala seperti demam, nyeri badan, sakit kepala, batuk kering, tenggorokan terasa kering dan sakit. Badan juga mungkin terasa sangat lelah dan tidak selera makan. Demam (antara 38-39° C) dan batuk adalah gejala yang paling sering terjadi. Namun, terkadang flu dapat membawa seseorang kepada penyakit-penyakit lain seperti infeksi telinga, sinusitis, bronkhitis, pneumonia, sampai kematian. Gejala biasanya akan semakin memburuk selama 3-4 hari pertama, dan membutuhkan waktu pemulihan sekitar 1-2 minggu.

    Pencegahan
    Flu dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi. Manusia berusia 6 bulan ke atas sudah boleh mendapatkan vaksinasi flu, terutama bagi orang-orang dengan risiko flu tinggi (anak-anak berusia 6 bulan-4 tahun, orang dewasa berusia di atas 50 tahun, remaja dan anakanak yang menderita sakit dalam jangka waktu lama atau memiliki kekebalan tubuh yang buruk, pekerja perawatan dan orang yang hidup di antara orangorang dengan risiko flu tinggi.

    Penanganan Flu
    Penderita flu disarankan untuk banyak istirahat, meminum banyak cairan, menghindari penggunaan alkohol dan tembakau, dan jika perlu, menggunakan obat seperti parasetamol (acetaminophen) untuk meringankan dengan demam dan nyeri otot yang berhubungan dengan flu. Anak-anak dan remaja dengan gejala flu, terutama demam, jangan menggunakan aspirin saat terkena flu (khususnya tipe B). Hal tersebut dapat mengakibatkan syndrom Reye (penyakit yang berpotensi fatal hati).

    Influenza yang disebabkan oleh virus dan antibiotik tidak berpengaruh terhadap infeksi kecuali diresepkan untuk infeksi kedua yang disebabkan oleh bakteri seperti radang paru-paru. Obat antivirus dapat efektif, tetapi beberapa jenis influenza yang dapat menunjukkan kekebalan terhadap antivirus.

    Sumber: Renungan_Siang!WSP@eBahana.com, Agustus 2009.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Rein_Heartnet M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    285
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +11 / -0
    Cm skedar nambahin,
    walaupun vaksinasi influenza tu ada tetapi jarang dialkukan kecuali untuk kasus2 / permintaan tertentu coz virus influenza tu strain gen na banyak banget n mudah bermutasi, jd walaupun divaksinasi persentase kekebalan na tetap rendah...
    Smoga membantu...
     
  4. Ebink M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    66
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +193 / -0
    Semakin sering minum obat antivirus.... jadi virusnya jadi makin kebal..
     
  5. oraDonk M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    5,840
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +53,238 / -0
    setuju banget ama yg ini.. jgn sering2 minum obat deh.. sakit dikit minum obat..
     
  6. mahousenseinegima M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 27, 2009
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +45 / -0
    hufff
    dari gak ngeti sampe dapet pencerahan mengenai flu
    thnks for info
     
  7. uzumakinovandi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    391
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +343 / -0
    wah... ternyata influenza ada keluarga besarnya juga y... wa kira cuma diabetes...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.