1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Origin Sejarah Event Atari Swordquest

Discussion in 'History and Culture' started by Lyco, Feb 2, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,648
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,754 / -0
    Atari Swordquest


    1982-1984
    [​IMG]


    Code:
    Developer(s)
    Atari
    Publisher(s)
    Atari
    Designer(s)
    Dan Hitchens and Tod Frye
    Platform(s) 
    Atari 2600
    Release date(s)
    Earthworld: October 1982
    Fireworld: February 1983
    Waterworld: February 1983 (limited release)
    Airworld: Unreleased
    Genre(s)
    Adventure game
    Mode(s)
    Single player
    Media/distribution	
    Cartridge
    Printed comic book
    
    Tahukah kalian bahwa dalam sejarah game jaman dahulu pernah diadakan perlombaan game yang terbilang unik? Dimana para pesertanya harus memainkan sebuah game dengan panduan buku komik sebagai pemecah puzzlenya. Ide ini diterapkan oleh Atari yang saat itu memang merajai pasar konsol game di Amerika. Untuk event ini Atari menyiapkan 4 buah game dalam satu seri berjudul Swordquest, masing-masing game diilhami oleh 4 elemen yakni Earth, Fire, Water dan Air. Atari menyisipkan berbagai puzzle dan mini game di masing-masing game yang harus ditemukan pemain, selain itu mereka juga menerbitkan buku komik khusus tentang Swordquest yang juga berfungsi memecahkan puzzle atau petunjuk yang ada di game.

    Hadiah yang diberikan juga tidak main-main, pemenang untuk setiap game akan mendapatkan hadiah senilai $25.000 dan satu hadiah final senilai $50.000. Meski bukan berupa uang, tapi hadiah-hadiah ini terbilang unik karena hanya ada satu di dunia, terlebih lagi hadiah ini menggunakan material logam mulia dan perhiasan. Hingga saat ini belum ada satupun perusahaan konsol game yang berani memberikan hadiah seperti Atari.


    Hadiah Swordquest


    Poster promo
    [​IMG]
    Sword of Ultimate Sorcery dan hadiah lainnya

    [​IMG]
    Crown of Life, Talisman of Penultimate Truth, Chalice of Light, Philosopher's Stone


    History


    Swordquest adalah seri game yang belum komplit yang diproduksi Atari pada tahun 1980 sebagai bagian dari perlombaan game Atari. Setiap game dilengkapi dengan buku komik yang menjelaskan jalan cerita game masing-masing dan juga merupakan bagian dari puzzle yang harus diselesaikan untuk memenangkan kontes. Buku komiknya diproduksi oleh DC Comics, ditulis oleh Roy Thimas dan Gerry Conway dan digambar oleh George Perez dan Dick Giordano.

    Masing-masing seri memiliki gameplay yang sama, pertualangan dengan puzzle yang harus dipecahkan. Karakter yang dimainkan dapat berkeliling di arena yang ada di game, mengambil dan menjatuhkan item dan memainkan mini game yang tersebar di setiap level. Jika item ditempatkan di ruangan yang benar maka sebuah petunjuk akan muncul di layar yang berisi no halaman dan no panel di buku komik. Pemain akan menemukan kata-kata tersembunyi yang ada di panel komik. Jika pemain menemukan semua kata tersembunyi, maka mereka dapat mengirimkannya ke Atari dan memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah. Di Atari mereka akan diberikan waktu 90 menit di bawah pengawasan untuk memainkan game dan menemukan semua petunjuk.

    Pemenang kontes masing-masing dari ke empat game ini akan dikirim ke perlombaan final dimana mereka dapat memenangkan hadiah berupa sebuah pedang berharga $ 50.000. Sayangnya pertandingan final ini tak pernah terlaksana setelah kesulitan uang yang menimpa Atari, Atari membatalkan kelanjutan kontes ini pada tahun 1984. Ironisnya pedang berharga $ 50.000 itu justru sekarang ini tidak diketahui keberadaannya, isu yang beredar diantara para gamer bahwa pedang itu disimpan oleh pemilik Atari yang lama, Jack Tramiel.


    [​IMG]
    poster promo hadiah

    [​IMG]
    scan salah satu halaman komik Swordquest "Fireworld"


    Earthworld


    [​IMG]

    Earthworld adalah game pertama dari keempat game. Ruangan / level yang ada didasarkan oleh 12 zodiak.
    Dari 5.000 peserta hanya delapan orang yang berhasil menemukan lima petunjuk yang benar. Dari delapan orang ini, Steven Bell yang berusia 20 tahun dan tinggal di Detroit memenangkan tempat pertama dan mendapat hadiah "Talisman of Penultimate Truth".

    Talisman ini dibuat oleh emas padat 18K, dengan 12 berlian dan batu mulia yang menggambarkan dua belas zodiak, ditambah sebuah pedang kecil yang terbuat dari emas putih. Saat itu Atari mengklaim hadiah ini bernilai $25.000. Namun menurut pemenang Fireworld, Michael Rideout, Steven Bell telah melelehkan Talisman menjadi sebuah emas padat dan menjualnya ke dealer koin setempat, Steven Bell hanya menyimpan pedang kecil yang terbuat dari emas putih.

    [​IMG]
    Steven Bell


    Fireworld


    [​IMG]

    Fireworld adalah game kedua yang muncul dari seri Swordquest. Ruangan / level yang ada didasarkan pada "Tree of Life".
    Setelah melihat hasil perlombaan pertama, merasa tertantang dengan puzzle dan hadiah yang menggoda, para gamer mulai beramai-ramai berlomba memainkan dan memecahkan petunjuk pada game Swordquest Fireworld. Kali ini sebanyak 50 orang berhasil mendapatkan jawaban yang benar, sehingga Atari mengadakan eliminasi tahap kedua dimana masing-masing peserta harus menulis apa yang mereka sukai tentang game ini. Dari 50 orang, Michael Rideout adalah pemenangnya dan menerima hadiah "Chalice of Light".

    Chalice berbentuk gelas layaknya Holy Grail, dibuat dari emas dan platinum dan ditaburi dengan perhiasan dan batu mulia seperti jade, mutiara, ruby, permata dan lain-lain. Atari saat itu mengklaim nilainya mencapai $25.000. Hingga 2005 Chalice masih dimiliki oleh Michael Rideout.


    Waterworld


    [​IMG]

    Waterworld adalah game ketiga dan didasari oleh seven centers of chakra.
    Kontes Waterworld dibatalkan pada saat-saat terakhir. Ini terjadi karena Atari mengalami masalah keuangan pada saat even video game crash tahun 1983, padahal gamenya sendiri telah selesai di uji dan diproduksi. Merasa tak dapat memenuhi janji event perlombaan final, pihak Atari memberikan kompensasi : dua pemenang utama sebelumnya menerima $15.000 dan pemenang babak eliminasi diberikan masing-masing $2.000.

    Hadiah kontes Waterworld adalah "Crown of Life", sebuah mahkota yang terbuat dari emas, permata dan batu mulia lainnya. Karena kontesnya dihentikan tak ada pemenang yang menerima hadiah ini, keberadaannya sendiri kini tak diketahui.


    Airworld


    [​IMG]

    Airworld adalah game keempat dan terakhir dari seri Swordquest.
    Kabarnya hanya ada dua prototypenya yang selesai dibuat sebelum Atari menghentikan proyeknya, sehingga Swordquest tidak pernah komplit dan jalan ceritanya berhenti hingga Waterworld.

    Hadiah kontes ini adalah "Philosopher's Stone" yang terbuat dari material emas padat yang dihiasi permata, batu mulia dan lain-lain, juga diklaim Atari berharga $25.000. Keberadaan Philosopher's Stone juga kini tidak diketahui.



    Final


    Pemenang dari keempat game ini nantinya akan berkesempatan mendapatkan :"Sword of Ultimate Sorcery", sebuah pedang dari material perak berukuran besar dengan gagang terbuat dari emas yang berhiaskan berlian, yang menurut Atari berharga $50.000 saat itu. Hanya saja karena krisis yang menimpa Atari, kontes ini terputus di tengah jalan sampai dengan game kedua yakni Fireworld. Padahal Atari sudah bersiap meluncurkan Swordquest Waterworld mengingat peminat lomba yang meningkat. Hal ini tentunya membuat kecewa banyak gamer yang sewaktu itu begitu bersemangat mengikuti Swordquest.



    [video=youtube;LWltQ9UN5vE]http://www.youtube.com/watch?v=LWltQ9UN5vE[/video]​



    Trivia


    -Kontes Atari ini satu-satunya kontes perusahaan konsol game yang memberikan hadiah emas, perak dan logam berharga lainnya dalam bentuk sesuai promonya. Dari lima jenis hadiah, masing-masing hanya berjumlah satu buah dalam kehidupan ini dan dibuat khusus berdasarkan desain pesanan Atari.
    -Keempat gamenya sendiri tidaklah menarik, orang banyak membeli karena tertarik pada perlombaan dan hadiahnya.
    -Tiap game yang dibeli akan disertakan sebuah komik yang memiliki plot dari game tersebut, beberapa kata-kata dengan pintar disembunyikan di gambar-gambar yang ada.
    -Keberadaan tiga hadiah terakhir : "Crown of Life", "Philosopher's Stone" dan "Sword of Ultimate Sorcery" tidak diketahui hingga saat ini, bahkan oleh mantan pegawai Atari dan pencetus perlombaannya sendiri. Isu yang beredar bahwa Jack Tramiel yang menyimpan sisa hadiahnya sendiri secara diam-diam.
    -Tanpa adanya petunjuk komik Swordquest yang merupakan satu paket dengan gamenya, memecahkan puzzle di game ini adalah hal yang tidak mungkin.
    -Steven Bell telah melelehkan "Talisman of Penultimate Truth", mencetaknya jadi kepingan kecil dan menjualnya ke toko koin dengan harga $15.000. Namun dia masih menyimpan pedang kecil yang terbuat dari emas putih.
    -Foto "Sword of Ultimate Sorcery" beredar di internet yang menunjukkan bahwa pedang ini memang benar ada. Sejauh ini hanya satu foto yang menunjukkan keberadaannya selain poster promosi.
    -Hingga saat ini tak ada perusahaan konsol game yang berani mengadakan event pelombaan serupa dengan Atari. Terlebih memberikan hadiah seperti itu.




    References


    Code:
    http://www.atariprotos.com
    http://www.mobygames.com/game/swordquest-earthworld/trivia
    wikipedia.com
    
     
    Last edited: Feb 3, 2013
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.