1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Bahasa tubuh seorang VJ (Pimpinan Touring)

Discussion in 'Otomotif' started by Iya_an, Jan 24, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    Ini adalah Bahasa Tubuh Yang Wajib Dikuasai Pimpinan Touring Sepeda Motor-Vooridjer (VJ):

    [​IMG]

    Gambar dibawah ini adalah sekedar contoh yang sekiranya harus dilakoni oleh ‘Petugas VJ Touring’ karena ia akan memimpin barisan grup, sudah tentu posisinya harus berada di barisan paling depan. Kemudian bahasa isyarat yang diberikan oleh VJ harus di ikuti oleh peserta secara berurutan mulai dari peserta nomor dua dan terus kebelakang.

    Namun pada prakteknya beberapa isyarat mempunya arti dan makna yang berbeda. Hal ini karena disesuaikan dengan gaya dan riding style dari setiap komunitas, klub motor, jenis motor yang dipakai. maupun sikap dari pengendara itu sendiri.

    Catatan:

    Untuk setiap keterangan yang ada dibawah ini hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi penulis ketika mengikuti touring secara grup.

    1. START MESIN
    Petugas VJ memberikan isyarat ‘hidupkan mesin’ dengan tangan kanan keatas sambil memainkan jari telunjuk tangan kanan.

    Posisi masih berhenti dan kode start harus didahului oleh klakson dari petugas SW yang ada paling belakang. Usai klakson SW tadi, VJ memberikan acungan jempol tangan kanan/kiri agar dilihat oleh semua peserta, artinya ‘ready to go.’

    2. BELOK KIRI
    Petugas VJ memberikan isyarat ‘belok kiri’ dengan cara mengayunkan tangan kiri sampai batas pundak sebelum ia belok ke kiri.

    3. BELOK KANAN:
    Petugas VJ memberikan isyarat belok kanan dengan cara mengangkat tangan kiri sampai keatas helm, dengan telapa tangan kiri tebuka mengarak kekanan. Gerakan dilulangi beberapa kali menunjuk kekanan.

    4. BAHAYA DI SISI KIRI:
    Petugas VJ memberikan isyarat ada ‘bahaya di sisi kiri’ dengan mengangkat tangan kiri, serta menurunkan tangan kirinya ke bawah sambil membuka jari telunjuknya. Menunjuk sesuatu kebawah kiri seperti ada lubang atau jalan rusak. Cara ini jauh lebih baik dari pada dengan mengangkat kaki.

    5. BAHAYA DI SISI KANAN:
    Kalau pengendara bisa melepas gas dengan situasi aman, maka isyarat memberikan ‘bahaya di sebelah kanan’ bisa saja dilakukan dengan mengangkat tangan kanan dan menunjuk ke arah kanan.

    6. BAHAYA DI SISI KANAN:
    Petugas VJ jika terpaksa memberikan isyarat ‘bahaya disisi kanan’ dengan cara mengangkat kaki kanan secukupnya. Isyarat ini bukan aksi mau menendang, tetapi hanya sekedar memberitahukan adanya bahaya dikanan karena tangan kanan pengendara harus tetap pegang handle gas.

    7. BAHAYA DI SISI KIRI:
    Sama kek di atass c beda kaki aja dengan kondisi diatas, Petugas VJ bisa juga memberikan isyarat ada ‘bahaya disisi kiri’ sambil mengangkat kaki kiri secukupnya. Sekali lagi
    isyarat-isyarat menggunakan kaki bukan bermaksud menendang, tetapi hanya memberitahukan ada bahaya di kiri sementara tangan kiri pengendara harus pegang kopling.

    8. TAMBAH KECEPATAN:
    Petugas VJ memberikan isyarat ‘tambah kecepatan’ dengan cara mengangkat tangan kiri sambil menunjukkan jari telunjuk kirinya. Isyarat ini bisa juga di lakukan dengan membuka telapak tangan kiri kemudian digerakkan kedepan berulang-ulang. Gerakan tangan yang lain, yaitu tangan kiri diangkat ke atas kemudian didorong kedepan. Pesannya mengatakan ‘ayo maju lagi, yuk kita lebih cepat lagi’. Isyarat ini harus melihat kondisi jalan, apakah aman serta memungkinkan kecepatan bisa ditambah.

    9. KURANGI KECEPATAN:
    Petugas VJ memberikan isyarat ‘kurangi kecepatan’ dengan cara melepas lengan tangan kiri dari handle kopling dengan secukupnya kemudian telapak tangan terbuka dimainkan atau diayunkan dengan perlahan. Bisa juga lengan tangan kiri secara besar diayun-ayunkan agar terlihat oleh semua peserta. Biasanya isyarat ini dilakukan ketika melewati tikungan-tikungan di pegunungan atau di jalan lurus dimana VJ minta kecepatan dikurangi secara perlahan, atau juga VJ minta extra perhatian grup untuk selalu “hati-hati”.

    10. RAPATKAN BARISAN:
    Petugas VJ memberikan isyarat ‘rapatkan barisan’ dengan mengangat tangkat kirinya keatas, mengepalkan telapak tangan kiri kemudian diayunkan beberapa kali. Isyarat ini bisa juga ketika kecepatan mendadak diminta VJ agar segera pelan dan kemudian akan berhenti karena “red traffic light” atau bahaya lainnya.

    11. BUAT SATU BARIS:
    Petugas VJ memberikan isyarat ‘buat barisan jadi satu’ dengan cara mengangkat tangan kirinya tinggi dan menempatkan telapak tangan kirinya diatas helm terbuka menghadap ke kanan, kemudian telapak tangan tadi diayungkan seperlunya. Isyarat satu baris ini juga bisa dengan mengangkat tangan kiri kemudian memberikan telunjuk satu kiri.

    12. BUAT DUA BARIS:
    Petugas VJ memberikan isyarat ‘buat dua baris’ dengan cara mengangkat tangan kirinya sembari memberikan dua jari sebagai tanda angka 2. Isyarat ini meminta formasi barisan grup menjadi dua dengan syarat kecepatan rendah, kondisi jalan sepi dan formasi memang layak untuk berbaris dua. Jika kondisi dua baris sudah tidak mungkin lagi, maka secepatnya VJ memberikan isyarat satu baris (no. 11).

    13. STOP/BERHENTI:
    Petugas VJ memberikan isyarat “berhenti/stop” dengan cara melepaskan tangan kirinya dari handle kopling kemudian telapak kirinya dibuka ke belakang sambil dimainkan atau digoyang-goyang menandakan harap segera berhenti. Isyarat ini jarang dipergunakan karena isyarat no. 10 rapatkan barisan dipakai sekaligus untuk berhenti.

    Seluruh keterangan mekanisme touring, maupun bahasa isyarat VJ yang telah dipaparkan diatas bukanlah suatu hal yang baku. Sebenarnya masih banyaklagi mekanisme touring, maupun isyarat-isyarat lainnya yang bisa dipergunakan ketika berkendara bersama grup. Semua mekanisme touring dan bahasa isyarat tetap disesuaikan dengan kebutuhan, juga perkembangan dari setiap grup, komunitas maupun klub motor yang bersangkutan

    Semua orang ingin menikmati perjalanan dengan nyaman, dan keluarga dirumah pun selalu mendoakan agar kita selamat sampai ditujuan

    sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. thiefmind Members

    Offline

    Joined:
    Nov 21, 2012
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +30 / -0
    nice info..syapa tau bisa jdi VJ..hahaha
     
  4. deevro M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 19, 2011
    Messages:
    1,290
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +12,236 / -0
    ane sering turing gan..
    jd dah hafal ..
    masih bnyak lho yg g tercantum :oghehe:
     
  5. gantengmaut Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 23, 2009
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo ngacungin jari tengah artinya apa om, hehe
     
  6. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    Kalau mau silahkan di tambahkan, biar smua yg belom pernah touring tahu gan :minta:

    motornya apa ya, MOGE atau clasic :???:
     
  7. senseisan Members

    Offline

    Joined:
    Aug 30, 2011
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    ts nya kayakknya ketua geng nih
     
  8. molechzzz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    makasih gann, ntar jumat bisa langsung touring :D
     
  9. argaary Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 30, 2013
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +5 / -0
    wwoooww..ijin cateett kakak
     
  10. bebexz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 23, 2011
    Messages:
    366
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,309 / -0
    makasih gan tambah pengetahuan nih
     
  11. gondok Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 27, 2010
    Messages:
    102
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +1 / -0
    banyak juga yak,,,dulu cuma make kaki doang
     
  12. soul2008 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 10, 2009
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +19 / -0
    wakakaka... ini namanya ngajak perang bro...

    Masih banyak lagi nh yang belum dijelasin, ane paling suka liat cara VJ buka jalan klo lagi crowded ato macet.. keren dh..
     
  13. wakui Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    67
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    nice info bro :)
     
  14. chemonk144 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 4, 2012
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    nice thread n sngat mnmbah wawasan buat pra newbie bikers yg blm prnh touring jrak jauh scra berkelompok sprti ane.................... :ogtop:
     
  15. kurobikun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 5, 2012
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +5 / -0
    wah ane belajar yg kaya bgtuan waktu ane msh di salah satu geng besar gan, hehe, skrg udah vacum dari dunia geng, sibuk :malu:
     
  16. bebexz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 23, 2011
    Messages:
    366
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,309 / -0
    anak geng ya gan :bloon:
     
  17. grandreforn Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 3, 2011
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    waduwwww...banyak jg yeee...perlu d hapalin nih:ogohno:
     
  18. atmaryuzaki Members

    Offline

    Joined:
    Jul 26, 2012
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    nice inpoh... thx bermanfaat sekali buat newbie sprti saya... hehehe
     
  19. aizy M V U

    Offline

    Chewbacca

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,722
    Trophy Points:
    246
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +64,658 / -0
    biasanya kalo jadi VJ ituh yg jadi boncengers kan...?? :???:
     
  20. ayosekolah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 17, 2010
    Messages:
    25
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    nice share ni baru tau arti"nya..
     
  21. mpixz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 4, 2010
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    nice info, thanks dulu ane sempet jadi yang kaya gitu, cuma berhubung klubnya bubar ane pindah ke klub lain turun kasta jadi rakyat :D
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.