1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna [TIPS] ANIS KEMBANG : Perawatan dan Pemilihan Bakalan.

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by ariesmunandi, Dec 29, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ariesmunandi Members

    Offline

    Joined:
    Dec 23, 2012
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Membeli burung kicauan sejenis punglor kembang / Anis kembang tentunya tidak hanya sekadar memenuhi kegemaran atau sekadar ikut-ikutan saja. Untuk itu, perlu ketelitian dan kejelian pada saat membelinya. Beberapa kriteria bisa dipergunakan agar bisa mendapat punglor kembang yang bagus, bahkan unggulan.

    [​IMG]

    Apa pun tujuan pemeliharaannya sekedar hobi klangenan atau juga untuk dilombakan, Anis kembang yang dimiliki seyogianya yang berkualitas dan mampu memberi kebanggaan tersendiri.
    Bagi penggemar burung, harga memang tidak menjadi masalah. Akan tetapi, mengingat harga punglor kembang bukan termasuk murah, maka sebaiknya pemilihan dilakukan dengan berhati-hati. Lebih-lebih dengan terjadinya penipuan dalam jual beli burung. Ada beberapa pertimbangan yang dapat digunakan bila akan membeli Anis kembang.
    Sebagai penggemar burung, setiap orang biasanya mempunyai tempat atau toko-toko burung tertentu sebagai langganan. Dari pengalaman selama menjadi pelanggan umumnya ia sudah bisa mengenal benar karakter si penjual burung. Apakah keterangannya tentang burung yang dijual bisa dipercaya atau tidak.

    Dari penjual burung yang jujur itulah bisa diperoleh dengan tepat asal-usul maupun sifat burung yang dijual. Asal-usul burung merupakan salah satu kriteria yang perlu diperhatikan saat membeli punglor kembang.

    ASAL USUL
    Sejarah anis kembang yang akan dibeli ada baiknya diketahui. Dari mana penjual memperoleh burung tersebut. Dari pemburu atau pencari burung di hutankah, dari para penggemar burung lainnya, atau dari hasil tangkapan sendiri.
    Apabila diperoleh dari pemburu burung atau hasil tangkapan penjual, pembeli bisa mengetahui dari hutan mana anis kembang berasal. Ada daerah-daerah tertentu yang memang dipercaya menghasilkan burung anis berkualitas. Contohnya saja daerah pegunungan di kaki Gunung Wilis. Burung anis yang berasal dari daerah tersebut rata-rata dikenal bermental bagus dan memiliki daya tahan yang tinggi terhadap terjadinya perubahan cuaca serta lingkungan sekitarnya. Burung anis dianggap mampu beradaptasi dengan cepat sehingga tidak mudah stres. Anis kembang yang demikian pada umumnya akan lebih gampang dipelihara, juga dilatih untuk menjadi burung unggul di kelak kemudian hari.
    Kalau Anis kembang yang dibeli berasal dari penggemar lainnya, paling tidak kita bisa menanyakan kebiasaan dan keistimewaan dari burung anis kembang yang dibeli. Baik melalui penjualnya atau bahkan langsung kepada pemilik sebelumnya. Hal ini untuk menghindari kesalahan perlakuan saat memeliharanya. Dengan demi kian, risiko burung mengalami stres bisa terhindarkan.

    JENIS KELAMIN
    Sebagai penggemar burung kicauan, umumnya Anis kembang yang dipelihara adalah burung yang berjenis kelamin jantan. Lebih-lebih apabila dipelihara dengan tujuan untuk dilombakan. Dibanding yang betina, anis kembang jantan lebih memiliki kicauan yang bervariasi.
    Di samping itu, juga bervolume lebih keras dan lantang. Menentukan jenis kelamin anis kembang harus jeli benar. Berdasarkan pengalaman para penjual dan pemerhati burung, ada beberapa patokan yang bisa dipegang.
    Pertama, perhatikan matanya. Bila mata tampak menonjol, berarti burung jantan. Sebaliknya bila datar, tentulah berkelamin betina. Patokan tersebut bisa digunakan pada saat kita memilih burung yang masih piyik, trotolan, maupun bakalan.
    Patokan kedua yang berlaku untuk pemilihan anis kembang bakalan adalah dengan mengamati bulu-bulu di bagian pantat. Bulu-bulu di bagian pantat anis kembang betina umumnya polos sewarna, yaitu putih. Pada anis kembang jantan ada beberapa baris bulu berwarna hitam yang berlekuk-lekuk menyerupai pola gambar awan. Pada burung yang masih piyik dan trotolan memang belum jelas terlihat, tetapi pada burung-burung bakalan pola tersebut sudah bisa dilihat. namun hal ini tidak juga menjadi patokan karena kenyataannya ada beberapa burung jantan yang tidak memiliki pola tersebut.
    Tubuh yang langsing dan panjang adalah ciri khusus yang dimiliki oleh anis kembang jantan selain itu haya berdirinya yang tegap tidak membungkuk dan bagian bulu pada pahanya yang kelihatan menandakan bahwa anis kembang tersebut jantan. sementara untuk betina lebih banyak memiliki tubuh yang gendut sehingga membentuk huruf D dengan gaya berdiri cenderung doyong atau membungkuk.

    Mendengar suara anis kembang dengan seksama adalah patokan ketiga. Apabila kicauan bakalan terdengar lebih keras dan nyaring, menandakan jantan. Begitu pun dengan suara piyik. Piyik jantan biasanya ngriwik lebih keras dibanding piyik betina.
    Hal lain yang bisa dilakukan untuk melihat apakah seekor anis kembang jantan atau betina adalah dengan cara saling mendekatkan dua buah sangkar burung berisi burung anis kembang. Anggaplah kita belum tahu mana jantan mana betina. Kalau kedua burung tersebut saling mendekat dan bersikap menantang seakan hendak berta rung, berarti keduanya jantan. Sebaliknya bila keduanya bersikap biasa alias acuh, mereka semua berkelamin betina. Namun, apabila kedua punglor bersikap berbeda, pertanda keduanya memiliki jenis kelamin yang berbeda. Punglor jantan akan sibuk mendekat sambil bergerak-gerak gelisah seakan hendak mengejar atau memburu, bahkan terkadang hingga menabrak sangkar. Sementara yang betina akan mengepak-ngepakkan sayapnya (ngeper) dengan paruh dibuka dan ditutup (sifat bercumbu).

    PENAMPILAN FISIK
    Perhitungan para penggemar saat membeli burung anis kembang tentu berdasar suaranya. Keindahan suara anis kembang ditentukan oleh volume suara dan irama lagunya. Burung anis kembang yang bagus suaranya terdengar los dan jernih, tidak serak atau parau. Volumenya juga keras dan tebal. Sementara irama lagunya bervariasi dan tidak terdengar jeda antara irama yang satu dengan irama yang lain. Berirama secara bertahap dengan percepatan yang halus.
    Pada waktu membeli burung ini, keunggulan anis kembang dalam hal suara tentu saja belum bisa terlihat. Namun, dengan memperhatikan fisik tampilannya kita bisa berharap memperoleh punglor kembang bersuara merdu.
    Fisik yang dianggap mencirikan burung anis yang bagus diantaranya berbadan panjang (bukan besar), berleher panjang, berparuh panjang, serta berbahu lebar. Fisik yang demikian merupakan tanda bahwa burung ini memiliki volume suara yang los, keras, dan tebal.
    Selain itu, bentuk kepala juga perlu diperhatikan guna memperoleh burung anis kembang yang bermental kuat dan berani. Anis kembang yang demikian akan lebih mudah dilatih dan dirawat. Anis kembang seperti ini ditandai dengan bentuk kepala bulat berbenjol di bagian belakangnya. Jangan lupa pilih yang berpenampilan tegap.

    KESEHATAN
    Pertimbangan terakhir yang perlu diperhatikan adalah kesehatan burung ini. Untuk tujuan tersebut, amati suara dan gerakan-nya. Burung yang sehat akan bersuara cenderung keras dan los. Tidak lemah atau berkicau setengah hati. Apabila burung masih piyik atau trotolan, amati suara ngriwiknya. Pedoman lain untuk melihat kesehatan burung adalah gerakan nya. Apabila sehat, gerakannya terlihat lincah dan tidak mau diam. Lompat ke sana kemari.

    Informasi lebih lengkap ada disini : Kicau Mania Bogor

    KICAUMANIA BOGOR
    Sumber Informasi dan Perawatan Burung Kicauan
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. damn22 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 17, 2012
    Messages:
    1,007
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +12 / -0
    ooo ternyata suara nya yang bnyk di cari dari burung ini man
     
  4. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,104 / -89
    tul banget, dari jenis ini yg paling banyak diburu karena suaranya yg unik

    nih contohnya ;

    [video=youtube;40t0LamCmws]www.youtube.com/watch?v=40t0LamCmws[/video]
     
  5. tutuchan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 16, 2013
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +4 / -0
    emang unik ya suaranya , tampilannya emang gak terlalu bagus menurut gw
     
  6. bawono326 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 21, 2012
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    burung mahal masbroo
     
  7. paramaniac69 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    66
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +252 / -3
    ternyata suara yang paling penting
     
  8. consciencederry Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 14, 2011
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    namanya agak aneh, kayak nama orang dan tumbuhan
     
  9. Fisika Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 3, 2011
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    temen gw ada yang pelihara burung ini suaranya sih bagus tapi makanannya juga ga kalah bagus (harganya)
    T_T
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.