1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Mesin Rotari (Wankel Engine)

Discussion in 'Otomotif' started by qorabum, Dec 29, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. qorabum M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 4, 2011
    Messages:
    1,815
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +642 / -0
    Langsung to the point saja ya kakak : :unyil:

    Mesin wankel atau disebut juga mesin rotary adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran dan diubah menjadi gerak putar pada rotor yang menggerakkan sumbu.

    Mesin ini dikembangkan oleh insinyur Jerman Felix Wankel. Beliau memulai penelitiannya pada awal tahun 1950-an di NSU Motorenwerke AG (NSU) dengan prototypenya yang bisa bekerja pada tahun 1957. NSU selanjutnya melisensikan konsepnya kepada beberapa perusahaan otomotif lain di berbagai penjuru dunia untuk memperbaiki konsepnya.
    [​IMG]
    [​IMG]

    Seperti namanya, mesin ini memiliki ciri kerja dalam pembakaran dengan cara berputar atau berotasi. Dimana pistonnya berbentuk seperti segitiga dan merangkap sebagai ruang bakar pula. Dan dengan begitu cara kerjanya menjadi berbeda dengan mesin silinder biasa yang bergerak secara vertikal atau horisontal.
    [​IMG]
    [​IMG]

    Salah satu keunggulan mesin rotary adalah bentuknya kompak dan sanggup menghasilkan tenaga yang cukup besar meski menggunakan kapasitas mesin yang terbilang kecil.

    Pada awal hadirnya mesin Wankel ini, banyak pabrikan otomotif dunia yang menggunakannya seperti GM, Mercedes-Benz, Mazda, Rolls Royce dsb. Namun diantara semua pabrikan saat ini hanya tinggal pabrikan Mazda saja yang serius mengembangkan mesin legendaris rotary ini.

    Pada bulan Mei 1967, Mazda meluncurkan mobil sport dua kursi dengan mesin rotary pertamanya yang diberi nama Cosmo Sports. Seiring berjalannya waktu, Mazda terus mengembangkan teknologi ini dan membenamkannya dalam rangkaian mobil sport keluaraga RX series, seperti RX-2 Capella (1970), Savanna RX-7 (1978) dan All New Mazda Savanna RX-7 (1985).

    Namun, pencapaian titik puncak teknologi mesin rotary dalam dunia motorsport baru diraih oleh Mazda melalui mobil balap 787B yang berhasil memenangkan lomba Le Mans 24 jam. Hingga saat ini, 787B masih memegang rekor sebagai mobil balap bermesin rotary tercepat.
    '67 Mazda Cosmo Sports
    [​IMG]

    '70 RX-2 Capella
    [​IMG]

    '78 Savanna RX-7
    [​IMG]

    '85 All New Savanna RX-7
    [​IMG]

    '91 787 B Le Mans
    [​IMG]

    '91 All New Mazda RX-7
    [​IMG]

    '08 RX-8
    [​IMG]

    '12 RX-8 Spirit R
    [​IMG]

    Pada bulan Desember 1991, Mazda memperkenalkan generasi mobil sport All New Mazda RX-7 (Anfini) dan dari berjalannya waktu, Mazda kembali mengumumkan varian terbaru dari jajaran mobil sport terbaru Maret 2008 dengan mesin rotary RENESIS yaitu RX-8 versi facelift dan berhasil memenangkan penghargaan International Engine of the Year.
    [​IMG]

    Namun banyak pabrikan yang melepas generasi mesin ini dikarenakan mesin ini dianggap sebagai mesin yang boros bahan bakar, boros oli mesin dan yang menjadi acuan mengapa produksi mobil generasi terakhir Mazda RX-8 Spirit R harus selesai pada 22 Juni kemarin adalah karena emisi gas buang CO2 mesin ini masih tinggi.

    Sedangkan dalam kenyataan pada saat ini adalah pabrikan otomotif dunia semakin berlomba untuk bisa menghasilkan kadar gas buang CO2 yang dihasilkan mesin bakar kendaraan sekecil mungkin bahkan mencapai level zero emisi. Bahkan pabrikan Mazda sendiri telah mengembangkan sebuah teknologi mesin Skyactiv yang terbukti sanggup menghasilkan emisi gas buang yang rendah.
    Sumber : http://www.otosia.com/berita/video-memahami-sejarah-dan-kerja-mesin-rotary-mazda-9fbe33.html

    [video=youtube;qpjxNRKT5Bo]http://www.youtube.com/watch?v=qpjxNRKT5Bo[/video]

    Komparasi mesin rotari vs mesin silinder (4 silinder)
    Keunggulan :hero:
    1. Lebih simpel dengan komponen bergerak yang lebih sedikit. sebagai gambaran :
    mesin rotari 2 rotor : 3 komponen bergerak : 2 rotor dan 1 poros eksentrik
    mesin 4 silinder konvensional yang paling simpel: 40 komponen yaitu piston,setang piston,poros kem,katup,pegas katup,pelatuk katup, timing belt,timing gear,poros engkol, dsb.

    Efek dari sedikitnya komponen bergerak ini adalah :
    -Mesin lebih simpel untuk diproduksi dan lebih ringan

    -Lebih sedikit kerugian energi dan gesekan (losses) akibat dari transfer energi yang dihasilkan oleh gerakan dari satu komponen dengan yang lainnya, sehingga lebih efisien dan mampu menghasilkan daya dan putaran mesin yang lebih tinggi dari mesin silinder.

    -Reliability (Kehandalan) yang lebih baik,itulah sebabnya pesawat terbang lebih memilih mesin rotari dibanding mesin silinder. Dimana rotor berputar dengan 1/3 kecepatan dari poros eksentrik yang artinya komponen bergeraknya bergerak lebih pelan dari mesin silinder sehingga lebih reliabel.

    -Lebih halus, dengan putaran konstan dalam satu arah dibandingkan mesin silinder dimana terjadi konversi gerak bolak-balik menjadi gerak rotasi dengan adanya perubahan arah gerakan.

    2. Power delivery (Transfer daya) yang lebih baik,dikarenakan rotor mempunyai 3 permukaan dengan putaran poros eksentrik yang bervariasi. Hal ini menyebabkan mesin rotari mempunyai durasi pembakaran 50% lebih lama dibanding mesin silinder. Mesin rotari menghasilkan daya melalui pembakaran pada 3/4 tiap putaran poros,sedangkan pada mesin silinder terjadi pada 1/4 putaran poros engkol saja. Hal ini menghasilkan perbandingan tenaga kuda dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Dimana kesebandingan dayanya adalah mesin rotari sebanding dengan mesin silnder dengan kapasitas 1.5 sampai 2 kalinya.

    3. Lebih tahan pada kegagalan mesin, mesin rotari yang kekurangan kompresi, pendinginan, ataupun tekanan oli akan kehilangan daya yang besar tetapi mesin masih mampu beroperasi. Sedangkan bila keadaan tersebut terjadi pada mesin silinder akan terjadi kerusakan permanen pada komponen mesin dan secara instan berhenti beroperasi.

    4. Dapat beroperasi dalam jangka waktu yang lama pada daya maksimum dibanding mesin silinder.

    Kelemahan :madesu:
    1. Sulit menciptakan mesin rotari yang lolos emisi gas buang dikarenakan dalam ruang bakar terjadi uap bahan bakar yang mendorong balik nyala api pembakaran (flame front). Sehingga lebih banyak menghasilkan karbon monoksida dan hidrokarbon yang tidak terbakar.

    2. Produksi dalam jumlah yang terbatas, sehingga biaya produksinya lebih mahal.

    3. Umumnya mengonsumsi bahan bakar lebih banyak dari mesin silinder akibat ruang perbandingan kompresi yang rendah (dan seringkali dilengkapi turbo)

    4. Rawan kerusakan terutama pada bagian seal di dalam mesin akibat pembakaran awal (knocking) sehingga kompresi bocor. Oleh sebab itulah banyak pemilik mesin rotari yang harus rebuild kembali mesinnya.

    5. Umur / keawetan yang rendah dikarenakan mudah rusaknya komponen apex seal yang dapat menyebabkan kebocoran kompresi, sehingga perawatan harus lebih cermat dan teliti. Penambahan turbo juga menyebabkan hal ini.

    6. Torsi yang dihasilkan pada putaran rendah lebih rendah diakibatkan kapasitas mesin yang kecil dan kompresi yang rendah. Sehingga tidak cocok untuk kendaraan sehari-hari dan lebih cocok untuk ajang kompetisi/balap.

    7. Desain mesin rotari membakar sebagian kecil oli mesin untuk melumasi apex seal agar lebih awet. Sehingga pengguna harus cermat menambahkan oli mesin yang berujung pada biaya perawatan yang lebih besar.

    8. Perbaikan,perawatan, dan ketersediaan spare part yang langka sehingga biaya perawatan lebih mahal akibat tingkat laju produksi mesin rotari yang rendah.




    sekian..mohon maaf jika trit ini :repost: saya udah search d forum belum ada :maaf:
    bila kurang berkenan mohon kakak moderator delete saja :maaf:
     
    Last edited: Jan 6, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. wahjoe46 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +30 / -0
    wah ini sama kayak kuliah ane dulu... :terharu:
    keren dengan volume mesin yg kecil bisa nandingin motor silinder konvensional dengan cc diatasnya...selain itu suaranya melengking kalo rotari,putarannya juga tinggi banget.... :kaget:
    kelemahan lainnya seal nya gampang bocor....sehingga boros oli mesin
    untuk informasi tambahan..rx8 itu dua rotor kak... :unyil:
    lebih bagus lagi klo dikasi komparasi antara mesin rotari vs ms konvensional silinder :maaf:
     
  4. qorabum M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 4, 2011
    Messages:
    1,815
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +642 / -0
    ternyata :sepi: nih trit ane :XD:
    iya kak makasih udah mampir :peluk:
    ini lagi nyari bahan...OTW translate :belajar:
    segera diupdate :peace:
     
    Last edited: Jan 6, 2013
  5. ichan135 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 22, 2012
    Messages:
    190
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +5 / -0
    dipake sehari2 mah sayang kalo rotary, tapi kalo sekali2 sih oke.. apalagi kalo cuma keliling komplek aja, gak terlalu boros dan pasti awet :peace:

    demen sama puteran mesinnya rotari tuh, tinggi :iii:
     
  6. cccaaa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 20, 2009
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    nambahin lagi gan.sampe saat ini produsen masal cuma mzda yang ngembangin buat kendaraan sehari hari

    CMIIW
     
  7. thefieldsofgold M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 11, 2012
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +66 / -0
    ciri mesin rotari lain torsinya relatif kecil dan kurva torsinya halus.
    efeknya akselerasi bertahap shg lbh hemat kompon ban.
    dlm balapan hal ini penting krn mengurangi pit stop.
     
  8. qorabum M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 4, 2011
    Messages:
    1,815
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +642 / -0
    malah di sumber yg ane dapat tuh cocoknya racing use only.. :pusing: di kampus ane dulu malah ada yg punya 2 lagi rx8 :matabelo:

    yupss..udah ada tuh di atas..kan gambar-gambarnya mobil mazda semua tuh :hmm:

    betul!karena putaran komponen di dalamnya lebih lambat dari mesin silinder,,jadi di putaran rendah torsi kecil,,tapi seiring putaran bertambah makin besar daya dan torsinya :top:
    mungkin ini juga penyebab mazda juara terus di lemans pas kelas mesin rotari...thx :top:
     
  9. rosyidwz Members

    Offline

    Joined:
    Jan 7, 2013
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    ini mesin bikin aku kagum ,
    coba engineer di Indonesia ada yang buat mesin Wankel, tp yang diesel,
    hebat gak tuh ! haha
     
  10. qorabum M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 4, 2011
    Messages:
    1,815
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +642 / -0
    yupp..awal liat dalemnya g nyangka bisa jalan juga...malah lebih garang :matabelo:
    wankel diesel??wah kayaknya susah tuh...butuh tekanan tinggi sedangkan rata2 mesin rotari kompresinya rendah (1:7) sedang diesel silinder (1:18,1;21)...belum desain injektornya juga...getarannya...CMIIW
    coba anda aja yg desain siapa tau dapat nobel :hihi:
     
  11. wahjoe46 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +30 / -0
    wah sudah diupdate.... :matabelo:
    mantap nih infonya...aslinya sih nemu banyak kalo googling....tapi yah itu g pinter translate :facepalm:
    jadi pengen punya mobil rotari nih..tapi ternyata spare part dan perawatannya mahal...ya udah lah bike towork saja.. :haha:
     
  12. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    :lol: mesin wenkel tapi diesel , kayanya susah deh . karena mesin diesel itu bermain pada kompresi tinggi , sehingga pada T tertentu dengan kompresi tertentu bahan bakar dapat terbakar , sehingga menimbulkan gaya.

    Ruang bakarnya jadi lebih gede ketimbang mesin silinder :hehe:
    melihat dari ketahanan partnya , perlu rekonstruksi pula kalau sudah pemakaian tertentu , kayanya biaya perawatan juga ngga murah.
    apalagi keperluannya ngga cocok untuk sehari - hari , dan lebih cocok untuk Balap :keringat:
     
  13. qorabum M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 4, 2011
    Messages:
    1,815
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +642 / -0
    kak mod bighendz :sembah:
    iya diesel perlu kompresi tinggi sehingga perbandingan volum kompresi dan volum total harus kecil..sehingga udara bisa terkompresi sepenuhnya dan mampu membakar solar yang diinjeksikan ke dalam ruang bakar..

    maaf agak OOT : sebenarnya deskripsi mesin2 gini masuk sini ato SF science technology kak?soalnya disana ada machinery juga..sempet galau waktu awal buatnya dulu :bingung:
     
    Last edited: Jan 9, 2013
  14. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    masuk otomotif juga ngga apa - apa :unyil:
    kan mesin ini di aplikasikan di mobil , motor yang nota bene lebih ke otomotif :elegan:
    kalau machinery itu lebih ke mesin produksi , teknologi robot dan sejenisnya :lalala:

    =================================================================

    Yups , memang mesin diesel itu mesin dengan torsi dan HP besar.
    (V silinder + V ruang bakar) = V1
    V ruang bakar = V2
    kompresi bukannya = V2 / V1
    Kompresi dibilang tinggi kalau V silinder besar , dan V ruang bakar kecil , sehingga terjadi perbandingan sampai 1 : 18
    jadi bedanya V1 harus 18 kali lebih besar dari V2

    cuma di diesel ngga pakai busi untuk menghasilkan api untuk membakar campuran BBM
    disini dengan T tersebut bisa di ketahui pada P berapa BBM tersebut bisa terbakar , walhasil.
    dengan RPM rendah udah bisa ngasilin Torsi yang gede , malah kalau RPM tinggi , T melebihi batas sehingga Torsi berkurang.

    ===============================================

    Mesin Wenkel ini lebih halus putarannya karena 3 fase = 1 putaran
    kalau mesin piston kan 2 fase = 1 putaran.
    ga tau itungannya , tapi kalau dilihat dari partnya yang ngga banyak yang bergerak.
    memang lebih efisien buat perubahan energinya , yang ngga paham tuh kenapa kok lebih boros ya :pusing:
     
  15. mawaennn M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    584
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,887 / -0
    Nice share bro. ane baru tau ada mesin selain mesin silinder
     
  16. qorabum M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 4, 2011
    Messages:
    1,815
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +642 / -0
    kebalik naruh volume kompresi sama volume total...udah lama g kuliah soalnya :facepalm:
    waduh kak mod kayaknya lebih paham nih... :matabelo:
    parameter boros tergantung pengunaannya untuk daily use/racing,yang saya tahu sih karena torsi putaran bawahnya kecil,,sehingga kalo untuk sehari-hari kurang sesuai sehingga boros..dengan kondisi jalan yg tidak semulus sirkuit,jalan yg stop&go, dan elevasi yg bervariasi menyebabkan untuk mengeluarkan torsi besar butuh putaran mesin tinggi dengan posisi gigi rendah,mungkin inilah yang membuat kesan "boros" muncul..lain lagi kalo buat kebut-kebutan dengan putaran tinggi sebanding lah dengan konsumsi BBMnya..mungkin begitu dari yg saya tahu..belum punya mobil rotary soalnya :XD:
    informasi lain mengatakan mesin rotary lebih panas dari mesin silinder konvensional...mungkin ini juga jadi penyumbang kesan boros tadi,,jadi butuh cooling system yg memadai..beban mesin juga bertambah(termasuk turbo+intercooler),, :iii:

    untuk mazda rx-8 kapasitas mesinnya cuman 1.300 cc tapi keluaran tenaganya mencapai 232 hp konsumsi BBM 1:7 :dead:....

    kalau boros tapi terbayar dengan performanya sih g masalah...g masalah buat yg berduit :hihi:
     
    Last edited: Jan 9, 2013
  17. shaman666 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 14, 2012
    Messages:
    71
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    mesin 2 taknya mobil.........tak ubahanya di motor 2tak, perlu oli tambahan, seal, hasil buang yang ga bagus (kimia2nya), perawatannya kudu teliti.......
     
  18. newSylph Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2013
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    22
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    mesin rotary...mesin impian gw..huhu sayang mazda mulai nyetop produksi mesin2 rotary mereka...
    rx8 jg kabarnya ini bakal jadi seri terakhir rx8 nya...ga lama lagi diskontinyu
     
  19. ligth_sinigami Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 22, 2012
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    mazda dengan FD engine yang melegenda..
    terutama RX6 & RX7
    :onegai: :onegai:
     
  20. detemon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 16, 2009
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    info tentang Mesin Rotary sangat membantu buat para "antusiast mesin" ... karena mesin jenis ini memang jarang digunakan oleh pabrikan.
    Tambahan: pengalaman saat memiliki dan menggunakan Mazda RX 2 Capella '70 ... tidak terasa ada "engine brake" saat jalanan menurun dengan pedal gas dilepas ... bahkan saat menurunkan ke gigi rendah, yang terasa hanya meningkatnya RPM
     
  21. PercivaL SUPERMOD

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 5, 2010
    Messages:
    2,402
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +2,115 / -0
    udh discontinue kok RX-8 dari 2012 juni kmrn
    makanya dikasih facelift dgn tema "Spirit R"
    akhir 2012 udah benar2 stop

    tp di dealer2 mazda msh ada stok dikit2 tp sisa yg matic
    yg manual abis
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.