1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Recipe(s) Ayoo Mari Sharing resep sehat (Just Healthy Recipes) .. #KeepHealthyLifesStyle

Discussion in 'Meramu / Meracik' started by d_roger999, Nov 30, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. d_roger999 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 16, 2012
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +90 / -0
    [​IMG]

    syaratnya simpel : -cantumkan alasan mengapa resep ini sehat contoh : perbedaan proses pemasakan (goreng >> kukus,rebus dll)
    bahan bahan masakan.....
    -kalo bisa cantumin nila Gizinya yah.... :top:


    kalo merasa setiap resep yang di share di thread ini berguna dan bermanfaat silahkan ke ikhlasanya memberi Thanks atau GRP'y yah :grp: :thx: untuk setiap post yang di berikan di Thread ini ...,

    Peringatan : -No Spam , No junk :bata:
    -kalo ada yang mau tanya silahkan kasih embel2 (ASK) yah di depanya , jika bisa nanti kita-kita jawab :ogcutebig:

    ayo gan mari bergaya hidup sehat untuk hidup yang lebih baik :top:

    [​IMG]

    thanks.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. d_roger999 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 16, 2012
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +90 / -0
    [​IMG]

    Secara alami biji oat memiliki sekam (kulit luar) yang keras dan harus dikeluarkan sebelum dpat dikonsumsi. Biji oat yang sudah dipisahkan kulit luarnya disebut dengan oat groats. Oat groat ini dapat langsung dikonsumsi sebagai sereal sarapan pagi. Selain rolled oat, ada juga satu jenis olahan dari oat groat yang disebut steel-cut oats. Steel-cut oats yaitu oat groats yang dipotong-potong menjadi potongan kecil dan juga masih mengandung kulit ari/bekatul oat (oat bran).

    Oat bran yang terdapat pada oat groat kaya akan nutrisi dan serat sehingga oat groat agak sulit dikunyah, selain itu kandungan enzim membuatnya lebih cepat tengik. Oleh karena itu oat groat sering terlebih dahulu dikukus (steam) sehingga lebih mudah dikunyah, lebih cepat dimasak, dan kandungan enzimnya menjadi inaktif sehingga umur simpannya menjadi lebih lama.

    Rolled oat sebenarnya termasuk salah satu jenis oatmeal. Oatmeal itu sendiri adalah oat groats yang digiling. Arti lain dari oatmeal yaitu bubur yang dibuat dari oat. Oatmeal dapat berupa ground oat, steel-cut oats, crushed oats, atau rolled oats. Oatmeal yang umumnya kita kenal adalah instant oatmeal dan quick-cooking oatmeal.
    Apa yang membedakannya dengan rolled oats? Rolled oat disebut juga old-fashioned oatmeal, dibuat dengan cara menggilling oat groat dengan penggiling (roller) setelah dikukus terlebih dahulu. Sedangkan quick-cooking oatmeal adalah rolled oat yang ukurannya diperkecil sehingga waktu memasaknya menjadi lebih singkat. Instant oatmeal adalah rolled oat yang sudah mengalami proses pre-cooked kemudian dikeringkan dan digiling menjadi tipis. Rolled oat sering dijadikan sebagai salah satu baha utama granola dan muesli.

    Dari segi indeks glikemik, rolled oat memiliki nilai IG yang lebih rendah dibandingkan dengan quick-cooking oatmeal dan instant oatmeal. Nilai IG rolled oats yaitu 42, sedangkan instants oatmeal memiliki nilai IG 65-66 (International table of glycemic index and glycemic load value: 2002 – AM J Clin Nutr 2002; 76; 55-56).

    Oat utuh (whole oats) selain sebagai sumber karbohidrat kompleks yang mengandung sejumlah serat pangan, vitamin dan mineral penting, ternyata juga mengandung antioksidan yang disebut avenanthramides. Senyawa antioksidan ini diyakini memiliki fungsi melindungi sistem peredaran darah dari terjadinya arteriosklerosis.

    Produk dari oat mengandung beta-glukan yang merupakan salah satu jenis serat pangan yang dapat membantu pengidap diabetes tipe 2 untuk mengontrol kadar gula darah, dan juga membantu menstimulasi sistem pertahanan tubuh untuk melawan infeksi bakteri.

    Untuk 24 keping
    Bahan
    120 g rolled oats
    25 g BOS (butter oil substitute)
    100 g gula palem
    1 buah telur
    2 sdm terigu
    20 g almond slice

    Cara membuat

    Campur rata rolled oat, terigu dan almond. Sisihkan.
    Campurkan gula palem, telur dan BOS. Gunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai tercampur rata.
    Turunkan kecepatan mixer menjadi rendah dan masukkan campuran rolled oat sedikit demi sedikit sampai tercampur rata semua.
    Ambil 2 sendok makan. Buat cetakan menggunakan dua sendok dan letakkan diatas baki oven yang sudah diolesi dengan sedikit minyak.
    Lakukan sampai adonan habis.
    Panggang dalam oven pada suhu 160oC selama kurang lebih 20 menit.
    Angkat. Tunggu dingin. Keluarkan dari baki. Dapat langsung dimakan atau disimpan dalam toples dan ditutup rapat.

    Tips dan saran

    Kukis ini memiliki tekstur yang agak keras ketika digigit tetapi ketika dikunyah akan memberikan tektstur yang lebih renyah dan rasa yang penuh.
    Butter oil substitute adalah alternatif pengganti butter (mentega) yang memiliki citarasa seperti butter, akan tetapi terbuat dari minyak sawit. BOS dapat diperoleh di toko-toko bahan kue.
    Almond slice dapat digantikan dengan kacang tanah atau kenari.

    Nilai gizi per keping
    Energi: 57,8 kkal
    Lemak: 2 g
    Karbohidrat: 8,3 g
    Serat: 0,7 g
    Protein: 1,2 g

    Sumber :http://duniafitnes.com/healthy-food-recipes/rolled-oats-palm-sugar-cookies.html
     
  4. d_roger999 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 16, 2012
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +90 / -0
    Pan-fried fish with honey and mustard

    Mustard. Mungkin buat sebagian orang, bumbu yang satu ini jarang didengar atau mungkin hampir tidak pernah menggunakannya dalam masakan. Mustard atau juga disebut moster (bahasa Belanda ; Mosterd) adalah salah satu bumbu khas dari kuliner Eropa.

    [​IMG]

    Mustard terbuat dari biji tanaman sawi-sawian yang dihaluskan dan dicampurkan dengan beberapa bahan lain seperti air, garam, air lemon, vinegar, atau bumbu yang lain. Jenis sawi yang biasanya digunakan dalam pembuatan mustard yaitu dari jenis Brassica dan Sinapsis. Mustard putih atau kuning dihasilkan di jenis Sinapsis hirta; mustard coklat dari jenis Brassica juncea, dan mustard hitam dari jenis Brassica nigra. Mustard putih memiliki citarasa lebih lembut dibandingkn dengan mustard hitam.

    Mustard memiliki citarasa agak pedas dan agak menyengat di lidah dan langit-langit mulut. Mustard Inggris (English Mustard) memiliki citarasa yang paling kuat karena terbuat hanya dari tepung mustard, air, garam, dan terkadang ditambahin lemon juice. Dijon mustard (mustard dengan gaya Prancis) menggunakan tambahan vinegar, sehingga rasanya lebih ringan. Bavarian Sweet Mustard memiliki citarasa yang juga ringan. Selain dibuat dalam skala industri, mustard juga sering dibuat ala homemade yang memiliki citarasa yang lebih pedas dan bercitarasa.

    Sebagai bumbu (condiment), mustard biasanya digunakan dalam sandwiches, hamburger, dan hot dog. Selain itu digunakan juga sebagai salah satu bahan dalam dressing (saus untuk salad), topping, saus, sup dan bahan untuk marinasi (marinate). Penggunaan mustard sebagai bumbu sudah meluas ke berbagai negara termasuk Asia dan Afrika.

    Satu sendok teh mustard (5 g) mengandung energi sebanyak 3,3 kkal, dengan kandungan karbohidrat total sebanyak 0,3 g, serat pangan 0,2 g, protein 0,2 g, lemak 0,2 g dan sodium 56,8 g. Kandungan omega 3 sebanyak 24,4 g, dan omega 6 sebanyak 22,7 g. Dari segi kandungan nutrisi, terlihat jelas bahwa mustard dapat juga menyuplai zat-zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh dan juga termasuk rendah kalori dan lemak. Suatu studi yang berjudul “Plant foods in the management of diabetes mellitus: spices as beneficial antidiabetic food adjuncts” yang dimuat di International Journal of Food Sciences and Nutrition (2005 Sep;56(6):399-414) mengindikasikan bahwa ternyata mustard dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Beberapa jenis bumbu lain yang memiliki sifat hypoglycemic (menurunkan tekanan darah) yaitu bawang putih, bawang merah, kunyit, biji fenugreek, jahe, daun kari, jinten dan ketumbar.

    Untuk 1 porsi

    Bahan

    300 g ikan john dory (fillet)

    1 sdt madu

    2 sdt mustard (yellow)

    20 g daun bawang (1 batang), diiris tipis

    ¼ sdt lada

    ½ sdt minyak bekatul (rice bran oil)

    Minyak bekatul secukupnya untuk olesan pan fryer

    Cara membuat

    Campur rata madu, mustard, lada, daun bawang dan minyak bekatul.
    Bolak-balik potongan ikan dalam campuran bumbu. Diamkan sekitar 10-15 menit.
    Siapkan wajan dadar datar yang sudah diolesi tipis dengan minyak bekatul.
    Panaskan sebentar. Letakkan ikan yang sudah dibalur bumbu tadi ke atas wajan. Jangan buang campuran bumbu yang tersisa.
    Diamkan sebentar dan matangkan satu sisinya sebelum dibalik. Tingkat kematangan bisa diatur sesuai selera.
    Angkat. Letakkan di atas piring saji dan tuangkan sisa bumbu campuran. Sajikan.

    Nilai Nutrisi per porsi

    Energi: 316 kkal

    Lemak: 4,8 g

    Karbohidrat: 5,6 g

    Serat: 0,5 g

    Protein: 62,6 g

    Tips dan saran

    Untuk penyajian dapat ditambahkan sayuran yang dikukus, misalnya brokoli atau kembang kol yang dikukus, kemudian ditaburi lada secukupnya.
    Untuk sumber karbohidratnya, dapat ditambahkan ½ cup nasi merah.
    Jenis ikan yang digunakan dapat diganti sesuai ketersediaan.

    Sumber : http://duniafitnes.com/healthy-food-recipes/pan-fried-fish-with-honey-and-mustard.html
     
  5. d_roger999 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 16, 2012
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +90 / -0
    Italian Almond Cookie, Healthy Snack for Wedding Party

    [​IMG]

    Biasanya makanan-makanan yang disajikan di pesta pernikahan identik dengan makanan yang enak-enak dan tinggi kalori. Apalagi kalau hidangannya disajikan dalam bentuk prasmanan sampai terkadang tidak bisa mengontrol nafsu makan kita.

    Sebenarnya tidak semua makanan yang disajikan di pesta pernikahan itu tergolong kurang sehat dari segi gizi dan cara pengolahannya. Banyak juga pilihan makanan sehat yang dapat kita konsumsi di suatu acara pesta pernikahan. Jika anda menghadiri pesta pernikahan, mungkin tips-tips berikut dapat dicoba untuk mengendalikan jumlah kalori yang masuk, yaitu:

    Tidak merubah pola makan sehat yang sedang anda jalani. Tetaplah makan dengan pola dan menu yang sedang anda jalani sehari-hari, sehingga anda tidak akan merasa kelaparan ketika berada di pesta tersebut. Makan di pesta hanyalah mengganti salah satu jam makan anda.
    Jangan menunda jam makan anda dengan alasan ingin makan lebih banyak pada saat pesta. Karena hal tersebut hanya menyebabkan pencernaan menjadi terganggu dan asupan kalori menjadi berlebihan.
    Ketika anda berada di pesta, pilihlah jenis makanan sehat yang anda sukai tapi tetap mengontrol jumlah dan jenisnya. Beberapa jenis makanan bisa saling menggantikan jadi tidak perlu mengambil keduanya, misalnya nasi dan mie. Pilihlah salah satunya atau jika ingin mengkombinasikan, ambillah dalam jumlah yang lebih sedikit.
    Jika anda ingin memilih makanan pembuka (appetizer), pilihlah yang rendah kalori seperti salad buah atau sayur dengan topping secukupnya. Sup sayuran cair juga bisa merupakan pilihan appetizer yang rendah kalori. Tetap perhatikan jumlahnya.
    Hindari makanan yang diproses dengan cara digoreng atau banyak menggunakan minyak.
    Finger food seperti kue dan cemilan lain yang ukurannya kecil harus dikontrol jumlahnya karena mengandung kalori yang cukup besar.
    Hindari alkohol dan minuman berkarbonasi, pilih air putih atau jus buah dengan jumlah tertentu.
    Jangan lupakan buah segar yang biasanya disajikan sebagai dessert.
    Bersosialisasi dengan undangan lain dapat mencegah kita untuk makan terlalu banyak.

    Selanjutnya sedikit cerita tentang menu sehat kita kali ini. Bila anda pernah menghadiri suatu pesta pernikahan di Italia, Yunani atau Timur Tengah, anda mungkin pernah melihat suatu penganan berupa kacang almond yang dibalut dengan gula berwarna-warni.

    Penganan ini disebut Jordan almond dan sering ditemui pada pesta-pesta pernikahan di negara-negara tersebut sebagai wedding favors (hadiah yang diberikan kepada undangan). Di Italia disebut Italian Confetti, sedangkan di Yunani disebut koufeta.

    Makna dibalik Jordan Almond ini diambil dari almond segar yang memiliki rasa yang pahit yang dianggap mewakili “kehidupan” sedangkan rasa manis gula melambangkan suatu pernikahan yang akan membuat kehidupan menjadi lebih manis.

    Di Italia, Italian Confetti biasanya dibungkus dalam kantong atau kotak kecil yang bertuliskan nama pengantin dan tanggal pernikahan. Kantong atau kotak kecil ini berisi 5 buah Italian Confetti yang masing-masing almond melambangkan 5 harapan untuk pengantin baru yaitu good health, prosperity, happiness, longevity, and fertility.

    Dalam mitologi Yunani, almond itu sendiri melambangkan cinta abadi. Pada zaman dahulu di pesta pernikahan di Italia, pengantin juga mempunyai tradisi memberikan sepotong kue pengantin kepada para tamu untuk disisipkan ke bawah bantal sebelum tidur, sehingga menurut ceritanya mereka dapat bermimpi tentang pasangan masa depan mereka. Tapi tradisi ini tidak dilakukan lagi karena tidak mungkin lagi menyisipkan kue pengantin ke bawah bantal karena bisa mengotori tempat tidur.
    Resep sehat kali ini menggunakan almond dan manisan buah yang masih melambangkan pahit dan manisnya kehidupan. Manfaat kacang almond buat kesehatan tentunya anda sudah sering membacanya. Sedikit cerita tentang kukis almond ini, menurut legenda pada awal tahun 1700-an seorang uskup Milan membuat kunjungan mendadak ke kota Saronno di Lombardy. Salah satu pasangan muda menyambutnya dengan membuat kukis buatan mereka yang unik yang terbuat dari buah aprikot, almond, putih telur dan gula.

    Uskup tersebut sangat menyukai kukis tersebut dan memberkahi pasangan tersebut. Di kemudian hari resep ini menjadi favorit. Kukis ini dikenal dengan sebutan Italian Almond Cookie atau disebut juga Amaretti di Saronno dan populer di komunitas Italia di seluruh dunia. Kukis ini mudah dibuat dan memiliki tekstur gabungan antara renyah dan lembut.

    Untuk 15 keping
    Bahan
    2 butir putih telur
    120 g almond
    50 g palm sugar
    1/8 sdt garam
    1/8 sdt vanilla
    5 buah Cherry merah untuk hiasan

    Cara membuat

    Campur almond dan sebagian palm sugar. Haluskan dengan blender kering. Sisihkan.
    Campur putih telur dan garam kemudian mixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku.
    Matikan mixer. Tambahkan sisa palm sugar. Mixer lagi dengan kecepatan tinggi sampai tercampur rata.
    Turunkan kecepatan mixer menjadi rendah. Masukkan sedikit demi sedikit campuran almond dan palm sugar. Mixer sampai rata.
    Masukkan dalam plastik segitiga. Gunting ujung plastik. Semprotkan pada loyang oven yang sudah diolesi tipis dengan minyak. Semprotkan hingga membentuk lingkaran dengan diameter sekitar 3 cm. Lakukan sampai adonan habis.
    Potong cherry merah menjadi 3 bagian. Tempelkan 1 bagian potongan cherry merah di atas 1 buah kukis. Panggang dengan oven suhu 180oC selama sekitar 20-25 menit. Angkat dan dinginkan suhu ruangan. Pindahkan dari loyang oven dengan hati-hati.
    Sajikan.

    Nilai gizi per keping
    Energi: 63 kkal
    Lemak: 4 g
    Karbohidrat: 4,5 g
    Serat: 1 g
    Protein: 2.3 g

    Tips dan saran

    Kandungan lemak sebanyak 4 g dalam per keping kukis ini merupakan lemak baik yang berasal dari almond.
    Meskipun almond termasuk kategori makanan sehat akan tetapi tetaplah untuk mengontrol asupannya. Jumlah konsumsi almond harian yang direkomendasikan yaitu sebanyak 15-20 g (mengandung sekitar 9 g lemak, 4 g karbohidrat, 4 g protein). Dua keping kukis ini dapat memberikan nilai nutrisi sebanyak 8 g lemak, 9 g karbohidrat, dan 5 g protein.

    Sumber : http://duniafitnes.com/healthy-food-recipes/italian-almond-cookie-healthy-snack-for-wedding-party.html/2
     
  6. d_roger999 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 16, 2012
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +90 / -0
    Cassava-Fruits Steamed Flapjack

    Flapjack. Mungkin bagi sebagian besar buat agan dan sista , hal ini terdengar baru. Flapjack adalah makanan ringan (snack) sejenis oat bar yang memiliki citarasa manis yang dipanggang dengan oven dan biasanya terbuat dari rolled oat, butter, brown sugar dan golden syrup. Flapjack dapat dengan mudah ditemukan Inggris, Irlandia, dan Kanada, sedangkan di Australia, flapjack lebih dikenal dengan sebutan muesli bar. Di Kanada, Amerika Serikat dan Afrika Selatan, flapjack dikenal juga sebagai salah satu bentuk pancake dan mirip dengan produk yang disebut granola bar.

    [​IMG]

    Resep sehat kali ini adalah membuat flapjack dengan menggunakan singkong sebagai bahan utamanya dan dengan tambahan buah-buahan. Biasanya flapjack diolah dengan cara dipanggang, namun kali ini flapjack yang akan kita buat akan kita masak dengan cara dikukus. Pengukusan (steaming) akan menghasilkan produk yang lebih lunak dan agak basah, sehingga citarasa yang dihasilkannya pun berbeda dengan produk yang dipanggang. As usual, sebelum kita mengolah resep sehat ini, mari kita simak sedikit mengenai singkong yang merupakan bahan utamanya.

    Singkong yang dalam bahasa Inggrisnya disebut cassava memiliki dua nama latin Manihot utilissima dan M. esculenta. Tanaman ini di Indonesia dikenal juga dengan sebutan ketela pohon atau ubi kayu. Singkong merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan, tapi dibudidayakan dengan luas sebagai tanaman tahunan di daerah tropis dan sub tropis. Bagian akar tanaman singkong yang disebut umbi adalah satu satu sumber karbohidrat dan merupakan makanan sumber karbohidrat nomor tiga di daerah tropis. Selain bagian umbinya, daun singkong dapat juga diolah menjadi sayuran.

    Singkong memiliki nilai indeks glikemik yang rendah yaitu sebesar 46 untuk singkong rebus (sumber: International Table of Glycemic Index and Glycemic Load Values, 2002). Umbi singkong merupakan sumber karbahidrat yang baik, namun bukan sumber sumber protein yang baik. Meskipun sedikit jumlah proteinnya, akan tetapi kualitas protein singkong cukup baik. Tabel berikut memperlihatkan perbandingan nilai gizi beberapa makanan sumber karbohidrat.

    Tabel perbandingan nilai gizi beberapa makanan sumber karbohidrat.
    Sumber karbohidrat Jagung Beras Gandum Kentang Singkong Oatmeal Ubi jalar Brown Rice Talas
    Zat gizi per 100 g bahan Jumlah
    Energy (kkal) 365 360 329 77 160 379 360 361 118
    Protein (g) 3.2 7.1 13.7 2 1.4 13.1 1.6 7.5 1.5
    Fat (g) 1.18 0.66 2.47 0.09 0.28 6.5 0.05 2.7 0.17
    Carbohydrates (g) 19 80 71 17 38 69 20 76.2 28
    Fiber (g) 2.7 1.3 10.7 2.2 1.8 10.1 3 3.4 4.1
    Sugar (g) 3.22 0.12 0 0.78 1.7 1 4.18 - 0.5
    Calcium (mg) 2 28 34 12 16 52 30 33 17
    Iron (mg) 0.52 4.31 3.52 0.78 0.27 4.3 0.61 1.8 0.54
    Sodium (mg) 15 5 2 6 14 6 55 4 9
    Vitamin C (mg) 6.8 0 0 19.7 20.6 0 2.4 0 17.1
    Thiamin (mg) 0.2 0.58 0.42 0.08 0.09 0.5 0.08 0.4 0.11
    Riboflavin (mg) 0.06 0.05 0.12 0.03 0.05 0.2 0.06 0 0.03
    Folate Total (mcg) 46 231 43 16 27 32 11 20 23
    Vitamin A (IU) 208 0 0 2 13 0 14187 0 138
    Vitamin K (mcg) 0.3 0.1 0 1.9 1.9 2 1.8 - 2.6

    Sumber: Wikipedia dan nutritiondata.com

    Dari tabel dapat dilihat bahwa singkong, kentang, dan talas memiliki nilai kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan sumber karbohidrat yang lain. Selain itu singkong juga mengandung vitamin C, dan zat gizi lain seperti tiamin, dan riboflavin dalam jumlah yang signifikan. Nah, sekarang mari kita membuat flapjack.

    Untuk 10 potong

    Bahan

    500 g singkong (diparut)

    75 g gula palem

    100 g rolled oat

    150 g nangka (dipotong kotak-kotak)

    25 g kacang almond

    20 g kismis

    ¼ sdt garam

    Cara membuat

    Campur rata semua bahan. Sisihkan.
    Panaskan kukusan.
    Siapkan cetakan berbentuk persegi panjang. Masukkan adonan ke dalam cetakan setinggi kurang lebih 1,5 cm.
    Kukus selama 15 menit.
    Angkat. Potong- potong dan sajikan.

    Nilai gizi per potong

    Energi: 174,6 kkal

    Lemak: 2,4 g

    Karbohidrat: 35,8 g

    Serat: 2,5 g

    Protein: 2,6 g

    Tips dan saran

    Untuk meningkatkan nilai protein, anda dapat menambahkan sejumlah susu bubuk rendah lemak atau susu kedelai bubuk.
    Jenis buah dan kacang-kacangannya dapat anda variasikan, misalnya menggunakan pisang, apel, pear, mangga, nenas, kacang tanah, kacang mede, dan lain-lain.
    Jika tidak memiliki rolled oat, dapat anda gantikan dengan oatmeal atau muesli.

    Sumber : http://duniafitnes.com/healthy-food-recipes/cassava-fruits-steamed-flapjack.html/2
     
  7. muchacha Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 13, 2012
    Messages:
    274
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +43 / -0
    [​IMG]
    lagi hujan2 keinget suka dibuatin nasi goreng kencur sama mama :hmm:
    kemarin waktu nonton konser lee seung gi juga makan kencur biar suaranya ga habis :oghoho:
    resepnya :
    Bahan:
    - 100 gram udang kupas
    - 3 batang kencur muda/cekur, iris halus
    - 2 sendom makan minyak sayur
    - 1 batang daun bawang, iris kasar
    - 200 gram nasi putih

    Haluskan:
    - 2 buah cabai rawit
    - 2 buah cabai merah
    - 2 siung bawang putih
    - 2 cm kencur
    - 2 butir bawang merah
    - 1/4 sdt merica butiran
    - 1 sendok teh terasi
    - 1 sendok teh garam

    Pelengkap:
    - Bawang Merah Goreng
    - Telur Dadar

    Cara membuat:
    1. Tumis bumbu halus dan kencur muda hingga tercium bau wangi
    2. Masukkan daun bawang dan udang, aduk sampai berubah warna.
    3. Tambahkan nasi dan aduk hingga rata.
    4. Angkat dan sajikan ketika masih panas untuk 2 orang.

    Dalam peranannya menjaga kesehatan, Kencur (rimpang) yang tergabung dalam Resep Nasi Goreng Kencur Spesial ini juga efektif untuk membantu melangsingkan tubuh, mengobati asthma, meringankan serangan penyakit migrain, mengobati penyakit rematik, batuk, mengobati tetanus serta mampu menghilangkan jerawat. Dimana kencur telah dikenal sejak dahulu kala sebagai tanaman obat.

    kandungan gizi kencur : KANDUNGAN KIMIA : Rimpang Kencur mengandung pati (4,14 %), mineral (13,73 %), dan minyak atsiri (0,02 %) berupa sineol, asam metil kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid dan gom.

    Code:
    credit to : http://www.diwarta.com/resep-lezat-nasi-goreng-kencur/1114/http://www.diwarta.com/resep-lezat-nasi-goreng-kencur/1114/
    Code:
    http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=137
    Code:
    https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:4v2lgoKIesUJ:journal.fmipa.itb.ac.id/jms/article/view/339/328+kandungan+kencur&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESg0q7YeoFqqnjP5tDyCjA9w99Y3EroneWxtk6mGzwSz-4BzYulcINdS6-gMAPIjx-eUeKiNefqt9_I0bvehFpaIgsmfu6Ft0MsEI2tbawQf6IYzE0mNqkwFImoJyyL3lr0COnv_&sig=AHIEtbQADbgxZKSKs_6lsaSR8JslIwkHJQ
     
  8. d_roger999 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 16, 2012
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +90 / -0
    Bubur Susu Ubi Manis (for baby)

    Antioksidan yang terdapat dalam buah segar dapat mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas. Mengonsumsi apel dapat mengatasi gangguan pencernaan (terutama diare), menjaga kesehatan gusi, dan mematikan virus.

    Berikut ini langkah demi langkah cara pembuatan resep Bubur Susu Ubi Manis, yang merupakan salah satu hidangan makanan sehat yang berguna bagi kesehatan dan proses pertumbuhan dan perkembangan bayi atau anak balita berumur 6-9 Bulan. Nilai takaran bahan adalah untuk kebutuhan 2 porsi . Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi bayi atau anak Anda :)

    Bahan Yang Dibutuhkan

    100 gram ubi manis (ubi putih)
    2 sdm tepung hunkue
    150 ml air matang (hangat)
    1 sdt susu formula
    1 sdm apel manis, parut halus

    Cara Pembuatan

    Potong ubi putih sebesar dadu. Kemudian, kukus sampai empuk dan matang. Selagi hangat, haluskan menggunakan punggung sendok.
    Campur ubi yang dihaluskan bersama tepung hunkue, air matang, dan susu formula. Aduk sampai tercampur rata. Masak sambil diaduk sampai kental dan matang. angkat, lalu masukkan ke dalam mangkuk kecil.
    Setelah agak dingin, campurkan daging buah apel yang diparut.
    Sajikan kepada bayi.

    Nilai Gizi Per Porsi
    Energi: 119.6 kkal
    Protein: 2.7 gram
    Lemak: 1.5 gram
    Karbohidrat: 23.7 gram
    Kolesterol: -
    * dihitung pada saat bahan dalam kondisi mentah / belum diolah

    Sumber : http://makananbayisehat.com/resep/bubur-susu-ubi-manis.htm
     
  9. d_roger999 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 16, 2012
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +90 / -0
    Making your own Soy Milk



    Membuat susu kedelai sendiri? Nggak susah kok. Coba ikuti resep sehat berikut ini, tapi sebelum itu yuk kita membahas sedikit tentang kacang-kacangan dan protein yang terkandung di dalamnya.

    [​IMG]

    Kedelai (soybean) atau bahasa latinnya Glycine max berasal dari Asia Timur (China, Jepang dan Korea), masuk ke Eropa pada awal abad ke-18, kemudian masuk ke Amerika Utara pada tahun 1765. Tanaman ini masuk ke Afrika pada akhir abad ke-19. Kedelai sudah digunakan di China selama lebih dari 5000 tahun sebagai makanan dan campuran obat-obatan.

    Sebuah mitos di China menyebutkan pada tahun 2853 SM, Kaisar Shennong yang terkenal memperkenalkan 5 tanaman yang disucikan yaitu kedelai, beras, gandum, barley dan millet. Antara abad pertama sampai abad ke-15 dan ke-16, kedelai diperkenalkan di beberapa negara seperti India, Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Taiwan dan Nepal. Sekarang, kedelai sudah tersebar luas hampir di seluruh dunia.

    Istilah susu kedelai (soy milk) telah digunakan sejak tahun 82 M yang tertulis dalam buku berjudul “Lunheng” karangan Wang Chong pada bab yang berjudul “Four Taboos (Szu-Hui). Menurut legenda di China, susu kedelai dikembangkan oleh Liu An (seorang pangeran, cucu dari Kaisar Liu Bang dari Dinasti Han) untuk keperluan pengobatan, meskipun tidak ada bukti nyata terhadap legenda ini.

    Legenda ini berkembang pada abad ke-12 dan tidak terdapat kejelasan sampai akhir abad ke-15 yang tertulis di “Bencao Gangmu” (suatu buku mengenai bahan obat-obatan herbal atau disebut juga Compendium of Materia Medica). Di buku ini disebutkan tentang tahu (tofu) yang dikembangkan ole Liu An tapi tidak menyebutkan sedikit pun mengenai susu kedelai. Kemudian penulis-penulis Asia dan Barat menambahkan juga kalau susu kedelai dikembangkan oleh Liu An, dengan asumsi tahu (tofu) tidak dapat dihasilkan tanpa melalui proses pembuatan susu kedelai terlebih dahulu.

    Dari kandungan gizi, susu kedelai memiliki kandungan protein yang hampir sama dengan susu sapi, meskipun ada perbedaan dari komposisi asam amino yang mempengaruhi nilai kualitasnya. Akan tetapi, kandungan protein susu kedelai dapat bervariasi tergantung jenis kedelai yang digunakan, jenis proses dan alat yang digunakan, tingkat pengenceran yang diterapkan, dan adanya bahan-bahan tambahan tertentu.

    Oleh karena itu, jika ingin mengetahui kadar protein susu kedelai yang akan kita konsumsi, akan lebih baik jika kita selalu membaca informasi nilai gizinya (nutrition facts).

    Susu kedelai tidak mengandung laktosa, sehingga aman untuk penderita lactose intolerance. Selain itu kandungan asam lemak jenuhnya lebih sedikit dibandingkan susu sapi, dan juga tidak mengandung kolesterol. Penelitian Anderson, dkk (1995) berjudul “Meta-analysis of the effects of soy protein intake on serum lipids” yang dimuat di The New England Journal of Medicine 333 (5): 276-282, menyebutkan bahwa konsumsi kedelai dapat mengurangi kandungan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh.

    Suatu penelitian yang dilakukan oleh Sacks, dll (2006) selama 10 tahun mengenai protein kedelai diperoleh hasil bahwa tidak terdapat hubungan antara konsumsi protein kedelai dan manfaat kesehatannya pada kesehatan jantung atau kanker, dan hasil panel review mengenai pemberian suplemen isoflavon kedelai tidak menunjukkan bukti manfaat untuk wanita pasca menopause.

    Tapi bagaimanapun, American Heart Association (AHA) menambahkan bahwa konsumsi kedelai memiliki manfaat buat kesehatan kardiovaskular terkait dengan kandungan asam lemak tak jenuhnya yang tinggi, serat pangan, vitamin, mineral dan kandungan asam lemak jenuh yang rendah yang terkandung dalam kedelai. Disimpulkan juga bahwa kedelai dapat menggantikan protein hewani yang tinggi kandungan asam lemak jenuhnya. Hasil penelitian yang berjudul “Soy protein, isoflavones, and cardiovascular health: an American Heart Association Science Advisory for professionals from the Nutrition Committee” ini dimuat di jurnal “Circulation” 113 (7): 1034–1044.

    Penelitian yang dilakukan oleh Darling, dkk (2009), memberikan hasil penolakan klaim bahwa kedelai dapat mempengaruhi densitas mineral tulang. Penelitian ini dimuat di The American Journal of Clinical Nutrition 90 (6): 1674-1692. Sedangkan mengenai mitos bahwa mengkonsumsi kedelai dapat meningkatkan kadar estrogen pada pria, ternyata hasil penelitian yang dilakukan oleh Messina (2010) yang dimuat di jurnal Fertility and Sterility 93 (7); 2095-2104, membuktikan bahwa mitos tersebut hanya isapan jempol belaka.

    Penelitian yang berjudul “Soybean isoflavone exposure does not have feminizing effects on men; a critical examintaon of the clinical evidence” menyebutkan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi kedelai dan peningkatan kadar estrogen pada tubuh pria, meskipun studi ini masih terbatas dalam waktu durasinya.

    Pembuatan susu kedelai secara umum dibagi menjadi 2 cara yaitu metode China dan Jepang. Perbedaanya yaitu pada metode China, kedelai digiling terlebih dahulu dengan sejumlah air menghasilkan bubur kedelai (slurry) kemudian disaring, baru setelah itu dipanaskan (dipasteurisasi). Sedangkan metode Jepang dilakukan dengan cara bubur kedelai (slurry) dipanaskan terlebih dahulu kemudian disaring dalam kondisi panas. Metode Jepang menghasilkan hasil yang lebih banyak dibandingkan metode China. Nah, selanjutnya let’s make our own soy milk.

    Untuk 10 gelas (@+250 ml)

    Bahan :
    500 g kedelai kering
    3500 ml air matang
    1 ruas jahe dimemarkan
    1/8 sdt garam

    Cara membuat

    Cuci dan rendam kedelai dengan air bersih selama 3-5 jam.
    Blender dengan menggunakan air matang. Kedelai bisa diblender secara bertahap jika kapasitas blendernya tidak cukup.
    Saring jus kacang kedelai tersebut dengan saringan halus atau kain saringan.
    Tambahkan jahe dan garam ke dalam susu kedelai.
    Pasteurisasi pada suhu 80-100oC selama 15 menit, sambil diaduk perlahan.
    Setelah selesai, angkat dan pindahkan ke wadah tahan panas (misalnya botol gelas atau teko gelas)
    Sajikan hangat atau dingin.

    Nilai gizi per gelas
    Energi: 148,7 kkal
    Lemak: 4,7 g
    Karbohidrat: 18,2 g
    Serat: 2,5 g
    Protein: 8,4 g


    Tip dan saran

    Jika ingin disimpan, setelah selesai dipasteurisasi segera masukkan ke dalam botol gelas. Tutup rapat kemudian botol tersebut segara direndam dalam air dingin. Setelah suhunya turun, simpan botol tersebut di dalam pendingin. Teknik ini dapat memperpanjang daya simpan produk sampai 7 hari, tergantung kondisi penyimpanan.
    Tambahkan pemanis rendah kalori atau gula aren jika ingin rasanya manis.
    Jika ingin mendapatkan citarasa buah-buahan, dapat ditambahkan perasa buah yang food grade, karena penambahan perasan buah asli terutama yang memiliki citarasa asam (pH rendah) akan membuat protein susu menjadi terpisah. Tetapi meskipun terjadi pemisahan namun nilai nutrisinya masih sama.
    Jahe dapat anda gantikan dengan vanilla bubuk secukupnya. Tujuannya untuk mengurangi citarasa langu dari susu kedelai.

    http://duniafitnes.com/healthy-food-recipes/making-your-own-soy-milk.html/4
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.