1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Medicine Asam Fenofibric, Turunkan Kadar Kolesterol dan Lemak dalam Darah

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by muchtarluthfi, Nov 29, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. muchtarluthfi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 13, 2012
    Messages:
    9,761
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,410 / -1
    [​IMG]

    Asam fenofibric tergolong ke dalam kelompok obat-obatan yang disebut dengan fibrate. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan kadar senyawa alami (enzim) yang bertugas memecah lemak di dalam darah.

    Obat berbentuk tablet dan kapsul ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

    - Dikombinasikan dengan pola makan yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol 'jahat' dan trigliserida (dyslipidemia) dan meningkatkan kadar kolesterol 'baik' di dalam darah.
    - Mencegah perkembangan pankreatitis (peradangan pada pankreas) yang diakibatkan oleh tingginya kadar trigliserida dalam darah.
    - Dikonsumsi bersama dengan obat-obatan penurun kolesterol yang disebut dengan 'statin' untuk mencegah gangguan jantung tertentu pada pasien yang berisiko mengalaminya.

    - Trigliserida tinggi
    Dewasa: Dosis awal 45-135 miligram sekali dalam sehari, kemudian dosis akan disesuaikan dengan kondisi pasien.

    - Dyslipidemia (jumlah trigliserida dan kolesterol yang tak normal)
    Dewasa: 135 miligram sekali dalam sehari, bisa dikonsumsi dengan atau tanpa statin

    SUMBER
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Fenofibric acid dah ada di Indonesia? :ogbloon:

    Setau saya ini adalah zat aktifnya fenofibrat, obat penurun trigliserida.
    Jadi baru diberikan kalo trigliserida tinggi membandel dan tdk bisa turun dengan statin. Statin lebih cocok utk turunkan LDL tinggi, fenofibrat utk trigliserida tinggi. Bisa juga kombinasi tapi kurang recommended. Tergantung pertimbangan dokternya.

    Sent from a Korean smartphone, using the worsening Tapatalk 2.4.3
     
  4. GFA Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +1,299 / -0
    Daripada minum obat-obatan penurun kolesterol lebih baik kita mengurangi makanan yang memicu kolesterol

    Lemak biasa disebut dengan lipid satu jenis zat yang kaya akan energy. Kandungan energy yang terdapat pada lemak itulah yang kemudian digunakan oleh tubuh kita sebagai sumber energy untuk melakukan proses metabolisme tubuh. Secara lebih rinci lemak dapat dibagi dalam beberapa jenis yang mempunyai struktur kimia berbeda yang pertama adalah lemak sederhana yaitu monigliserida, digliserida dan trigliseida. Yang kedua lemak majemuk yaitu fosfolipid dan lipoprotein dan yang ketiga adalah turunan lemak salah satunya adalah kolesterol. Jadi kolesterol adalah salah satu sub bagian dari lemak. Walaupun kolesterol masuk kedalam golongan lemak atau lipid, akan tetapi keduanya merupakan substansi yang berbeda, satu jenis makanan bisa saja tinggi kandungan lemaknya tetapi bebas kolesterol dan sebaliknya.

    Dari struktur kimianya, kolesterol dapat diartikan sebagai senyawa lemak yang kompleks. Sebagian besar kolesterol yang terdapat didalam tubuh manusia berasal dari tubuh itu sendiri, organ hati merupakan penyumbang kolesterol terbesar sekitar 80 % dan 20 % nya berasal dari makanan yang kita makan. Kolesterol tidak selalu berbahaya karena tubuh kita juga memerlukan kolesterol untuk membuat hormone ***, membentuk dinding sel dan sebagainya. Sesuatu dapat dikatakan buruk apabila sudah melebihi batas normal yang dibutuhkan, kolesterol dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk tubuh kita dan akan berubah menjadi masalah ketila kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.