1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Golongan Darah Manusia

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by Iya_an, Nov 27, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    GOLONGAN DARAH MANUSIA

    Golongan-Darah-1.jpg


    Pengertian

    Golongan darah adalah pengklasifikasian darah dari suatu individu berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Hal ini disebapkan karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah tersebut. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh). Di dunia ini sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rh, hanya saja lebih jarang dijumpai. Transfusi darah dari golongan yang tidak kompatibel dapat menyebabkan reaksi transfusi imunologis yang berakibat anemia hemolisis, gagal ginjal, syok, dan kematian.

    Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung dalam darahnya, sebagai berikut:

    Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah A-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah A-negatif atau O-negatif.

    Individu dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah B-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan dolongan darah B-negatif atau O-negatif

    Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. Sehingga, orang dengan golongan darah AB-positif dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut resipien universal. Namun, orang dengan golongan darah AB-positif tidak dapat mendonorkan darah kecuali pada sesama AB-positif.

    Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B. Sehingga, orang dengan golongan darah O-negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut donor universal. Namun, orang dengan golongan darah O-negatif hanya dapat menerima darah dari sesama O-negatif.

    Secara umum, golongan darah O adalah yang paling umum dijumpai di dunia, meskipun di beberapa negara seperti Swedia dan Norwegia, golongan darah A lebih dominan. Antigen A lebih umum dijumpai dibanding antigen B. Karena golongan darah AB memerlukan keberadaan dua antigen, A dan B, golongan darah ini adalah jenis yang paling jarang dijumpai di dunia.

    Ilmuwan Austria, Karl Landsteiner, memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran pada tahun 1930 untuk jasanya menemukan cara penggolongan darah ABO.


    Frekuensi

    Penyebaran golongan darah A, B, O dan AB bervariasi di dunia tergantung populasi atau ras. Salah satu pembelajaran menunjukkan distribusi golongan darah terhadap populasi yang berbeda-beda.


    [TH="align: left"]Populasi[/TH]








































    O A B AB
    Suku pribumi Amerika Selatan 100%
    Orang Vietnam 45.0% 21.4% 29.1% 4.5%
    Suku Aborigin di Australia 44.4% 55.6%
    Orang Jerman 42.8% 41.9% 11.0% 4.2%
    Suku Bengalis 22.0% 24.0% 38.2% 15.7%
    Suku Saami 18.2% 54.6% 4.8% 12.4%
    darah.gif

    Rhesus

    Jenis penggolongan darah lain yang cukup dikenal adalah dengan memanfaatkan faktor Rhesus atau faktor Rh. Nama ini diperoleh dari monyet jenis Rhesus yang diketahui memiliki faktor ini pada tahun 1940 oleh Karl Landsteiner. Seseorang yang tidak memiliki faktor Rh di permukaan sel darah merahnya memiliki golongan darah Rh-. Mereka yang memiliki faktor Rh pada permukaan sel darah merahnya disebut memiliki golongan darah Rh+. Jenis penggolongan ini seringkali digabungkan dengan penggolongan ABO. Golongan darah O+ adalah yang paling umum dijumpai, meskipun pada daerah tertentu golongan A lebih dominan, dan ada pula beberapa daerah dengan 80% populasi dengan golongan darah B. Kecocokan faktor Rhesus amat penting karena ketidakcocokan golongan. Misalnya donor dengan Rh+ sedangkan resipiennya Rh-) dapat menyebabkan produksi antibodi terhadap antigen Rh(D) yang mengakibatkan hemolisis. Hal ini terutama terjadi pada perempuan yang pada atau di bawah usia melahirkan karena faktor Rh dapat memengaruhi janin pada saat kehamilan.

    Transfusi darah adalah proses menyalurkan darah atau produk berbasis darah dari satu orang ke sistem peredaran orang lainnya. Transfusi darah berhubungan dengan kondisi medis seperti kehilangan darah dalam jumlah besar disebabkan trauma, operasi, syok dan tidak berfungsinya organ pembentuk sel darah merah.

    [​IMG]


    * Saya buat Thread ini karena ada pertanyaan dari kerabat yang pernah transfusi dan membutuhkan darah.
    setelah meminta di PMI ternyata mendapat pertanyaan, golongan darahnya apa?
    dengan tegas dijawab ; golongan darah O
    Ternyata ada pertanyaan berikutnya ; jenis O nya apa? Negatif atau Positif.
    barulah tengak tengok...

    saya sendiri juga baru tahu karena memang kekurangan ilmu.
    bener juga kan, tuntutlah ilmu sampai ke negri cina.
    Menuntut ilmu itu wajib bagi orang laki-laki dan perempuan sampai akhir hayatnya.

    semua artikel berasal dari wikipedia
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. noerone M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 26, 2009
    Messages:
    398
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +4,399 / -0
    ane jg dulu waktu SD kebetulan ada pengecekan golongan darah & golongan darah ane O. Di kartunya kotak Rh sengaja dikosongin & ane jg msh blom tau Rh ane apa ?
    ane pas tau jenis darah ada Rh-nya pas waktu liat di TV....
    bener-bener thread yg bermanfaat gan :niceinfo:
     
  4. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    kalo dulu pernah saya sendiri mengalami saat butuh darah, sayangnya saya diberkan resep dan tinggal sodorkan ke petugas PMI.
    Jadi tidak tahu persis apa yang dibutuhkan sebenarnya. Lagian diresep jg ga bisa bacanya :XD:
     
  5. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Dikosongkan mungkin karena fasilitas pengecekan Rh belum ada.

    Rh utk orang Indonesia, rasanya tidak terlalu penting. Karena 99 persen orang Indonesia adalah Rh positif. Jadi peluang bro punya Rh negatif bisa dikatakan sangat kecil.
    Yg perlu dicurigai Rh negatif umumnya adalah warga keturunan barat (cmiiw), karena frekuensi alel Rh negatif di negara2 barat lebih tinggi. Bisa mencapai 15 persen (UK, Amerika) bahkan 35 persen (Basque Spanyol). Jadi jangan percaya sinetron (baca: karena tokoh sinetron hampir semuanya Rh negatif meskipun mereka orang Indonesia).

    Selain itu peran Rh tampaknya lebih ke 'future concern', jadi kalau salah kasih sekali (i. e. Orang Rh negatif terima darah Rh positif) biasanya tidak apa2 karena saat itu baru mulai terjadi sensitisasi antigen (pembentukan antibodi). Barulah nanti pas kedua, ketiga transfusi yg bahaya. Karena badan si subjek sudah punya antibodi utk melawan Rh positif.


    Sent from a Korean smartphone, using the worsening Tapatalk 2.4.3
     
  6. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    Sebenarnya untuk menentukan Rh untuk indonesia sendiri (apalagi di daerah) apakah benar tidak terlalu penting, sebab kebanyakan yang diperkenalkan hanyalah jenis O-A-B-AB. Walhasil untuk warga sendiri akhirnya memang kurang paham tentang apa itu Rh.

    Satu kasus yang pernah saya temui, ada seseorang yang pernah transfusi di RSU, setelah menjalani 1 slot darah habis di hari keduanya si pasien mengalami gatal2 di sekujur tubuh (cuma didalam).
    Tapi untuk diluar tubuh / kulit tidak menampakkan reaksi apapun semisal bintik atau kulit merah. Apakah hal ini memang wajar jika menjalani transfusi karena percampuran dua darah dari beda orang, ataukah ada apa. Mohon penjelasannya :xiexie:
     
  7. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Btw apa yg ditransfusikan ya?
    Kalo whole blood, wajar aja ada reaksi seperti itu.
    Karena kalo whole blood, komponen darahnya tidak cuma darah merah, tapi ada darah putih, platelet, serum, dll.
    Sedangkan kalo transfusi eritrosit, murni cuma darah merah, jadi murni cuma faktor A-B-AB-O dan Rh yang berperan.
     
  8. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    Transfusi darah :maaf:
    kalo yang saya denger sih cuma darah, bahkan untuk keterangan Rh jg gak denger atau liat di tulisan.
    Tapi masalah bahasa kedokteran - kode - ato apa saya juga paling g paham.

    Jadi intinya wajar ya kalo gatal atau panas di badan kaya yg pernah saya temui itu :???:
     
  9. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Iya tau darah, cuma apanya? --> darah merah saja, faktor pembekuan saja, darah lengkap (whole blood), platelet, atau apa :hammer:

    Setahu saya sebatas "pernah ditemukan / dilaporkan", itu pun pada pemberian whole blood.
    Dan sifatnya individual.
     
  10. samuel_alex M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Oct 12, 2011
    Messages:
    12,654
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +49,686 / -0
    ane mau tanya nih :
    darah ane wwaktu lahir A, tp pas remaja ane di tes kok jadi O yah??? :ohno:
    apakah gol darah itu bisa ganti2, ato mungkin salah deteksi yah petugasnya :ngupil2:
    sekarang blom tes lagi... ngeri.. ntar berubah lagi :apa:
     
  11. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    kayaknya salah tes tuh, salah2 yang ngetes ada yg PKL / magang :dead:
     
  12. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Pernah nemu beberapa orang dengan pengalaman seperti ini. Tapi ini hanya utk golongan darah yang mengandung unsur A.

    Golongan darah A sebetulnya punya 2 fenotip, yaitu A1 dan A2.
    Dengan sendirinya, AB juga ada 2 fenotip: A1B dan A2B.

    Orang dengan golongan darah A2, kadang laboratorium tertentu tidak bisa mendeteksinya sehingga dia "terbaca" bergolongan darah O (padahal aslinya A).
    Demikian juga dengan orang bergolongan darah A2B, maka lab bisa membacanya sebagai B (padahal aslinya AB).
    A1 dan A2, AFAIK (CMIIW) tidak ada maknanya dalam urusan transfusi, karena A1 bisa memberi ke A2, dan sebaliknya.

    Maka dari itu, jika punya "bakat darah A" di keluarga (baik anak dari orang tua AB atau anak dari orang tua A), sebaiknya cek golongan darah di lab yg reliabel. (i.e. reliabel reagennya. Biasanya kesalahan terjadi di reagen, kesalahan petugas juga mungkin tetapi relatif lebih jarang)


    Note: Itu adalah yg saya ingat, kalo ada yg lebih paham tolong koreksi. Thanks.
     
    Last edited: Dec 1, 2012
  13. samuel_alex M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Oct 12, 2011
    Messages:
    12,654
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +49,686 / -0
    ooh gitu yah..
    enaknya tes dmna yah gan di PMI ataukah di lab klinik yah??
    kalo di lab, yg profesional dmna yah, ane pengen pastiin gol darah ane
    masa gol darah ane ga jelas
     
  14. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Di PMI terpercaya kok.

    Kalo bro tak mau cek lagi pun tak apa, asalkan ingat:
    Jika bro pernah cek dan ketemu 2 hasil (A dan O), maka tergantung sikon.
    Jika bro membutuhkan darah, anggap bahwa bro punya golongan darah O.
    Jika bro mau donor darah, tidak usah asumsi2, karena pasti nanti dicek ulang ~ tapi kalopun tidak, anggap saja bro punya golongan darah A.
     
  15. Lolasoshi Members

    Offline

    Joined:
    Dec 28, 2010
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +20 / -0
    jadi klo ortu gol darah A / AB hrs cek di lab yg lebih terpercaya gitu?
    soalnya ortu gue, mama sama papa gol darah A. kaka sama adek jg A semua
    tp gue doank yg O. jangan2 salah cek darah :nangis:
     
  16. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Sebaiknya sih begitu...
    Kalau misalkan ayah golongan darah A, ibu golongan darah A, anaknya mungkin kok golongan darah O. Peluangnya sekitar 25 persen.

    Not bad for a number two Tapatalk!
     
  17. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    ; Update ;

    Golongan Darah dan Masalah Kesehatan

    Jakarta, Golongan darah ternyata tidak hanya menentukan ciri khusus darah dari suatu individu, tetapi juga bisa menentukan kepribadian serta kesehatan seseorang. Bagaimana kepribadian dan kesehatan dari empat golongan darah?

    "Golongan darah bisa memberikan kunci kesehatan dan bahkan mempengaruhi kepribadian kita," kata Dr Peter J. D'Adamo, dokter naturopathic Kanada, seperti dilansir dari Bodyecology, Kamis (29/4/2010).

    Dr D'Adamo dalam bukunya 'Eat/Live Right 4 Your Type' menjelaskan hubungan antara jenis darah A,B,O dan AB dengan pola makan, kesehatan dan kepribadian.

    Para ahli di Jepang juga telah melakukan penelitian tentang golongan darah dan kepribadian sejak 60 tahun yang lalu. Bagi sebagian besar orang Jepang, faktor biologi dan genetika memiliki peran dalam menentukan kepribadian.

    Berikut adalah beberapa contoh kepribadian dan kesehatan berdasarkan golongan darah menurut Dr Peter J. D'Adamo dan ayahnya James D'Adamo:


    1. Darah A

    Kepribadian
    Cenderung bersifat kooperatif, peka, rajin, penuh gairah, cerdas, dan perfeksionis. Orang dengan golongan darah ini dapat menahan emosi sampai akhirnya meledak. Kebanyakan dari mereka adalah orang yang kaku dan tidak sabar.

    Mereka sebenarnya memiliki jiwa kepemimpinan, tetapi stres dapat sangat berpengaruh terhadap sikap mereka.

    Kesehatan
    Golongan darah A cenderung memiliki sistem pertahanan yang sensitif. Terlalu banyak stres dapat melemahkan kekebalan tubuhnya lebih cepat daripada golongan darah yang lain.

    Kebanyakan dari mereka memiliki masalah asam lambung yang rendah bahkan sejak dilahirkan, maka diperlukan makanan yang mengandung lebih banyak protein. Menggunakan enzim pencernaan seperti susu berprotein, makanan dan minuman fermentasi adalah keharusan bagi orang dengan golongan darah A.

    2. Darah B

    Kepribadian
    Orang yang bergolongan darah B cenderung lebih seimbang, mereka berpikir seperti darah A namun ambisius seperti darah O. Mereka memiliki empati, mudah memahami pemikiran orang lain, namun sering ragu-ragu untuk menghadapi tantangan. Mereka terkenal sebagai 'bunglon' karena sangat fleksibel.

    Kesehatan
    Orang yang memiliki golongan darah B memiliki sistem kekebalan yang kuat, tetapi rentan terhadap infeksi virus yang berkembang lambat, seperti lupus dan kelelahan kronis.

    Mereka juga mungkin mengalami masalah dengan gula darah yaitu hipoglikemia (kadar gula darah rendah), terutama jika mereka makan makanan yang salah.

    3. Darah AB

    Kepribadian
    Orang dengan golongan darah AB cenderung menjadi sangat menarik dan populer. Mereka tidak memusingkan hal-hal kecil dan terlihat sebagai orang yang religius.

    Tidak ada hal yang membosankan bagi orang yang bergolongan darah AB. Tapi hanya ada sekitar 2 sampai 5 persen dari populasi yang bergolongan darah AB.

    Kadang-kadang sulit untuk menjadi orang dengan golongan darah AB. Mereka tidak suka dibatasi. Jika merasa sangat dikekang, mereka akan keluar jalur dan melakukan hal-hal dengan cara mereka sendiri.

    Kesehatan
    Seperti halnya dengan golongan darah A, orang dengan golongan darah AB bereaksi buruk terhadap stres. Mereka lebih kuat dan lebih aktif daripada tipe darah A, tapi mereka perlu memperhatikan tingkat stres sehingga dapat berkompromi dengan sistem kekebalan tubuh mereka.

    4. Darah O

    Kepribadian
    Orang dengan golongan darah O cenderung menjadi penyendiri. Namun, mereka memiliki jiwa pemimpin, intuitif, fokus, mandiri dan berani.

    Kesehatan
    Orang bergolongan darah O dapat menangani stres lebih baik dari golongan darah lainnya. Mereka memiliki sistem kekebalam tubuh yang kuat, mereka sangat aktif baik fisik atau mental.

    Orang dengan golongan darah O cenderung memiliki aliran darah yang lambat. Diperlukan banyak latihan yang kuat sekitar satu jam setiap hari untuk mengatasi hal tersebut.

    Tapi menurut Dr D'Adamo, ada banyak faktor lain yang juga mempengaruhi kepribadian seseorang. Tapi setidaknya golongan darah dapat menjadi petunjuk yang berharga untuk memahami keunikan seseorang.

    sumber
     
    Last edited: Dec 6, 2012
  18. Chikaerna M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2011
    Messages:
    509
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    mending cek darah lagi gan buat mastiin..
    kan cek darah gak nakutin, cuma diambil darahnya dikit aja..
     
  19. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    yang ditakutin bukan jarumnya gan,
    tapi hasil labnya yang kurang bisa dipertanggung jawabkan. :facepalm:
     
  20. dcreator Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 7, 2011
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    emang golongan darah berpengaruh pada sifat ya..
    ane kok masih gak setuju ya..
     
  21. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,106 / -89
    Kalau setuju silahkan gak setuju ya sudah, :yareyare:

    Artikel 1

    VIVAlife - Biasanya, karakteristik seseorang dilihat dari horoskop yang menaunginya. Sebenarnya, tidak ada penjelasan ilmiah untuk hal ini. Mereka hanya dikotak-kotakkan berdasarka sifat umum atau kebanyakan sifat yang dimiliki seseorang yang lahir pada rasi bintang tertentu.

    Sama halnya dengan tipe golongan darah yang juga digunakan untuk merangkum sifat seseorang. Di Jepang, masyarakatnya menggunakan jenis golongan darah untuk mengukur tingkat kecocokan mereka dengan pasangannya. Tentunya dalam hal kehidupan asmara mereka. Seperti apa kepribadian seseorang dari golongan darahnya, mari kita lihat.

    Golongan Darah A
    Orang-orang yang memiliki golongan darah ini memiliki kecenderungan sifat yang tekun, bijaksana, dan penyabar. Namun mereka juga lebih senang menyendiri.

    Orang dengan golongan darah A ini bisa menjadi pasangan yang baik karena mereka dapat diandalkan. Mereka akan membalas setiap sms dari Anda serta memberikan dukungan emosioal ketika pasangannya merasa stress dengan pekerjaan.

    Golongan Darah B
    Jika Anda mencari pasangan yang sedikit "liar", orang-orang bergolongan darah B adalah pilihannya. Mereka selalu dipenuhi dengan semangan tinggi, kreatif, dan kuat. Namun, di Jepang, mereka sangat dihindari. Orang-orang di sana lebih memilih pribadi yang lembut, dan tidak egois.

    Golongan Darah AB
    Untuk urusan menyesuaikan diri, orang-orang yang memiliki golongan darah AB paling pintar. Meskipun terkadang terlihat cool, mereka dapat menguasai diri sendiri dengan cepat. Menggunakan rasionalitas dan cepat beradaptasi.

    Mereka sangat mudah menyesuaikan diri ketika berkencan dengan orang baru, namun sayangnya mereka adalah tipe orang yang tidak akan mencintai Anda sebesar Anda mencintai mereka. Tapi mereka adalah partner hidup yang baik, walaupun terkadang mereka sedikit suka mengkritik ketika sedang berada di mood yang buruk.

    Golongan Darah O
    Berbeda dengan orang bergolongan darah AB yang dingin, orang yang memiliki golongan darah O lebih ramah, senang bergaul dan optimis. Dalam setiap hubungan, mereka selalu berhasil menciptakan suasana hangat.

    Anda pasti senang bisa berkenalan dengan mereka. Gestur romantiss yang spontan juga kerap menjadi bahasa komunikasi mereka. Namun,
    terkadang mereka juga mudah cemburu, angkuh dan arogan. Mereka akan memeriksa telepon genggam Anda untuk melihat siapa saja yang berhubungan dengan Anda.

    Sumber



    Artikel 2

    Apa golongan darahmu…? Sebuah penelitian di Jepang, berhasil menemukan kaitan antara golongan darah dan sifat yang dimiliki. Cocokkah…? coba cek dengan diri masing masing.

    Golongan darah A :
    Sikapmu lembut, tapi dalam mengambil keputusan nampak tegas. Suka mengalah dan ringan tangan. Suka membantu siapa saja yang sedang dilanda kesusahan. Sekalipun orang yang ditolongnya baru pertama kali dijumpainya, alias belum dikenal.Bahkan terkadang sifat sosialnya itu agak diluar batas kewajaran sebagai manusia. Habis udah tau punya uang pas-pasan misalnya, eh malah diberikan ke orang lain. Tapi ya itu, dia hanya akan memberikan pertolongan berdasarkan perasaan hati nurani alias nggak perlu diminta. Justru pada orang yang terang-terangan meminta padanya, dia amat nggak suka.Orang punya golongan darah A termasuk yang enggak mudah emosi. Meskipun perasaannya sebenarnya tersinggung, tapi nggak diperlihatkannya. Kecuali jika dianggapnya sudah keterlaluan banget, emosinya bisa nggak terkendali.Tapi namanya juga manusia, tetap punya kelemahan. Jika sudah merasa cape dalam mengerjakan sesuatu suka ngedumel/cuap2. he..he..he.. Bicaranya ceplas-ceplos, tanpa peduli pada perasaan orang lain. Pada orang yang jelas-jelas nggak disukainya terlalu diperlihatkan. Boro-boro mau ngobrol, dekat-dekat aja nggak mau.Pada umumnya orang yang memiliki golongan darah A sedikit pemalu. Itu sebabnya untuk bisa masuk lingkungan pergaulan butuh waktu beradaptasi cukup lama.

    Golongan darah B :
    Otaknya cerdas, sifatnya periang dan rasa humornya tinggi. Demen banget ngobrol, bahkan kalau sudah ketemu orang yang dianggapnya cocok, betah ngobrol sampai berjam-jam lamanya.Orang yang memiliki golongan darah B termasuk orang yang mudah bergaul. Sahabatnya ada di mana-mana. Sikapnya selalu optimis dan jika sudah mengambil keputusan, sulit sekali diubah. Pendiriannya yang keras itulah yang menjadikannya sering meraih sukses. Apa yang dicita-citakannya selalu tercapai.Kelemahan dari orang yang memiliki golongan darah B adalah kurang hati-hati. Suka pamer dan suka dipuji. Bicaranya terkadang seperti nggak pakai kontrol. Nggak jarang sering membuat lawan bicaranya tersinggung.

    Golongan darah AB :
    Orang yang di dalam tubuhnya mengalir golongan darah AB punya watak yang lain dari yang lain. Kalau boleh disebut, perangainya sangat istimewa yang merupakan gabungan watak atau sifat golongan darah A dan B.Begitu istimewanya, sampai-sampai isi hatinya sulit sekali ditebak, apalagi jalan pikirannya. Kalau dari kulitnya, penampilannya sehari-hari misalnya, lebih condong ke orang yang memiliki golongan darah B, seperti mudah bergaul, selalu optimis dan pendiriannya keras serta suka dipuji. Tapi sebenarnya hatinya sih cenderung ke golongan darah A. Suka mengalah dan murah hati.Bahkan teman-teman dekatnya pun sering menyebutnya sebagai manusia aneh. Habis wataknya bisa berubah 180 derajat hanya dalam waktu sekian menit. Misalnya sedang marah, tiba-tiba dia bisa tertawa terbahak-bahak. Begitu juga jika sedang santai misalnya, bisa saja tiba-tiba dia jadi sedih.Hanya saja orang yang punya golongan darah AB suka kurang percaya diri. Bawaanya selalu curiga!

    Golongan darah O:
    Rasa percaya dirinya oke. Pendiriannya kuat dan nggak mudah goyah. Apa yang sudah menjadi keputusannya, nggak bisa diubah dengan bujuk rayu. Tapi nggak menutup kemungkinan keputusannya itu bisa diubahnya, hanya dengan teori serta didukung alasan kuat dan masuk akal.Tapi jangan khawtir atau ragu dengan keputusan yang diambilnya. Soalnya, setiap keputusan yang diambilnya, itu merupakan hasil pemikirannya yang matang. Mengingat orang yang memiliki golongan darah O ini bijaksana.Sikap bijaksananya itulah yang membawanya nggak mudah terpengaruh pada lingkungan pergaulan yang buruk. Orang yang memiliki golongan darah O lebih suka nggak punya teman, ketimbang harus masuk lingkungan pergaulan yang buruk.Seperti pepatah mengatakan, tak ada gading yang tak retak. Begitu juga dengan orang yang memiliki golongan darah O ini! Kelemahannya, keras kepala dan terkadang pandangannya agak konvensional. Nggak suka mengalah. Dalam perdebatan misalnya, meskipun sudah tahu kalau pendapatnya itu salah, tapi tetap nggak sudi mengakuinya.

    So, wich one your blood type??

    Sumber



    -------------------
    Apakah ini masuk bahasan Lifestyle ataukah Health. :???:
    Tergantung yang mendskusikannya, mau diarahkan kemana pun juga bisa.
    Yang jelas disini membahas Kesehatan. Lalu muncul suatu pertanyaan,
    Apa hubungan Kesehatan dengan sifat / karakter / watak / kepribadian ??
    akhirnya saya menemukan artikel dibawah ini.

    Artikel 3

    Hubungan antara Kesehatan dan Gangguan Kepribadian

    Defenisi Kesehatan

    * Kesehatan merupakan suatu kondisi dimana seseorang tersebut terhidar atau terbebas dari berbagai penyakit baik itu penyakit fisik maupun psikologis.
    * Secara fisik dapat diartikan sebagai kondisi dimana seseorang/individu berada dalam keadaan normal secara fisik/jasmaniah (bebas dari gangguan fisik)
    * Kesehatan dalam ranah psikis dapat diartikan sebagai kondisi mental/psikis manusia yang berada dalam keadaan normal atau terbebas dari gangguan psikis atau abnormalitas.

    Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO)
    Kesehatan merupakan suatu keadaan fisik, mental dan sosial yang sejahtera dan bukan hanya ketiadaan penyakit dan kelemahan fisik/cacat.
    Defenisi Gangguan kepribadian

    * Kepribadian adalah gambaran sikap dan perilaku manusia secara umum yang tercermin dari ocapan dan tindakan.
    * Gangguan kepribadian adalah pola perilaku atau cara berhubungan dengan orang lain yang benar-benar kaku sehingga menghalangi dan membatasi seseorang untuk dapat menyesuaikan diri terhadap tuntuutan lingkungan.
    * Menurut DSM IV, gangguan kepribadian adalah pola yang bersifat menetap dalam mempersepsi, berhubungan dan memikirkan tentang lingkungan dan diri sendiri yang diperlihatkan diberbagai macam konteks sosial dan pribadi.
    * Gangguan kepribadian merupakan kelompok gangguan yang sangat heterogen, diberi kode pada Aksis II dalam DSM dan dianggap sebagai pola perilaku dan pengalaman internal yang bertahan lama, pervasif, tidak fleksibel yang menympang dari ekspekrasi budaya orang yang bersangkutan dan ,menyebabkan hendaya dalam keberfungsian sosial dan pekerjaan.
    * Gangguan kepribadian pada awalnya dikatakan sebagai pengaruh setan/iblis atau roh jahat yang diterapi dengan exorcism pada abad pertengahan atau pada zaman dahulu diatasi dengan traphination.
    * Menurut Psikoanalisa gangguan kepribadian adalah ketidaksesuaian dari aspek-aspek kepribadian individu id, ego dan superego.

    Hubungan antara Kesehatan dengan Gangguan Kepribadian

    * Faktor-faktor psikologis dapat mempengaruhi fungsi fisik. Faktor-faktor fisik juga dapat mempengaruhi fungsi mental. Gangguan disik yang diyakini disebabkan atau dipengaruhi faktor psikologis pada masa lalu disebut psikosomatis atau psikofisologis. Gangguan fisik yang menyangkut unsur psikologis bentuknya mulai dari asma, sakit kepala sampai sakit jantung, serta tukak lambung atau mag.
    * Keadaan mental psikis individu memiliki peranan penting dalam hal kesehatan fisik. Contoh, pada gangguan Somatoform didapati bahwa organ fisik individu terasa sakit karena adanya gangguan psikis. Penderita somatoform biasanya sering mengada-ada tentang kondisi fisik yang sebenarnya sehat pada penderita. Pada individu depresi biasanya banyak mengalami halusinasi sebagai dampak psikis yang terganggu sehingga gangguan kepribadian individu sangat mempengaruhi kondisi fisik individu yang bersangkutan.

    Sumber


    Kembali ke awal bahasan, Blood / Darah.
    Apa hubungan darah dengan sifat / karakter dan akhirnya ke masalah kesehatan. ini lah yang saya coba untuk membahas.
    termasuk bahasan yang sudah umum, Kenapa dilarang menikah dengan garis keturunan yang lebih dekat?
    Ayah dengan putrinya, atau ibu dengan anak cowoknya, atau kakak dengan adik kandung, dll.
    Ini bahasan tentang kesehatan dan bukan tentang Suku ras atau agama yang memang telah melarang,
    Yang pernah saya dengar, menurut medis telah menjelaskan terjadinya keturunan yang memiliki kesehatan sangat buruk.
    entah penggumpalan darah atau kelainan yg lain. dan sudah terbukti.

    :maaf: maaf kalau ada yg kurang berkenan, :maaf:
    saya hanya berusaha untuk membahas kesehatan, karena saya tahu ini memang SF Health.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.