1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Dohc vs sohc

Discussion in 'Otomotif' started by Elman, Nov 13, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Elman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2012
    Messages:
    801
    Trophy Points:
    152
    Ratings:
    +5,678 / -0
    Perbedaan DOHC VS SOHC

    DOHC adalah singkatan dari Double Overhead Camshaft (sebagai alternatif terhadap tipe mesin SOHC). Layout mesin ini menggunakan dua kem (noken as) pada blok mesin atas. Ini juga berarti bahwa pada mesin DOHC V terdapat 4 camshafts karena terdapat dua blok atas mesin yang mempermudah pabrikan menerapkan 4 klep per silinder. Kebanyakan DOHC juga mendatangkan kitiran mesin (RPM) yang lebih tinggi.
    Letak klep yang lebih baik mengoptimalkan setup yang memaksimalkan pula performa mesin. Namun kekurangannya, berat akan bertambah, lebih mahal, dan lebih rumit. Pun lebih banyak parts untuk memutar dua kem.
    Alasan utama menggunakan DOHC guna menambah lebih banyak klep pada setiap silinder. (Namun) jika SOHC memungkinkan penggunaan 4 valves per silinder (seperti pada MX atau Thundy 250), maka DOHC bukan lagi segalanya. Apalagi dengan bobotnya yang lebih berat.
    [​IMG]
    Singkatnya, SOHC 16 valve memiliki torsi lebih baik pada putaran rendah karena lebih ringan (memutar mesin) dan sebaliknya DOHC menghasilkan torsi lebih rendah karena lebih berat. Namun pada pada kecepatan tinggi, torsi mesin DOHC 16 valve akan lebih baik. Itulah untung-ruginya. Bila jumlah klepnya sama, SOHC memiliki low-end torque lebih baik sementara DOHC memiliki top-end power lebih tinggi.
    Keuntungan lain, DOHC lebih mudah menerapkan tenologi variable valve timing (VVT) dan lebih gampang ditune-up. Jika anda bermaksud menggunakan kem yang berprofil racing pada DOHC, profil lobe dapat lebih dioptimalkan karena lebih mudah mengutak-atiknya dalam keadaan terpisah.
    Mengapa perlu lebih banyak klep? Mengapa anda tidak membuat masing-masing satu klep isap dan buang saja? Tentu tidak. Klep yang lebih besar akan lebih berat dan akan sangat sulit mengontrolnya pada putaran mesin yang tinggi. Per klep harus lebih kaku yang berarti pula dibutuhkan energi ekstra untuk menahan tekanan (gerak) klep. Percuma saja, bukan!
    Juga pada kitiran mesin rendah, maka kecepatan isap klep besar menjadi lebih rendah. Sederhananya begini: daya tekanan pada lubang yang besar pasti lebih kecil dari pada lubang yang lebih kecil. Karena kecepatan isap menurun, torsi rendah dan gerakan mesin juga melemah.
    Sekalipun dua klep yang lebih kecil akan seberat 1 klep besar, dan dengan tambahan pelatuk klep (rocker arm) dan per yang berarti sedikit lebih berat, namun semua itu tidak ada artinya dibanding menurunnya beban yang harus ditanggung pada proses buka-tutup klep. Jadi, lebih banyak klep per silinder lebih menguntungkan?
    Mari bandingkan Nissan VG30E versus a VG30DE. Keduanya 3.000cc dengan electronic fuel injection, namun yang satu SOHC 2 klep dan yang terakhir DOHC 4 klep per silinder. Perhatikan diagram-diagram di bawah ini. Lihatlah RPM-nya sama saja pada putaran rendah, namun 2 klep per silinder telah mencapai puncaknya dan harus ganti gigi, sementara twincam 4 klep per silinder terus menambah tenaga pada puncak powerband-nya. Powerband (sebaran tenaga)-nya juga lebih lama. Tapi ingat, grafik ini untuk menentukan beda 2-valve dan 4-valves, bukan untuk membandingkan SOHC vs DOHC.
    [​IMG]
    Kesimpulannya, SOHC memiliki torsi putaran bawah lebih baik, sementara DOHC sebaliknya (tenaga puncak dan lama waktu sebaran tenaga maksimal). 4 klep per silinder lebih baik dari 2 klep per silinder, entah 4 klep itu dipanceng pada SOHC ataukah DOHC.
     
    Last edited: Nov 13, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. brarushin M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +44 / -0
    wah mantep gan, nambah ilmu!

    berhubung aye pernah ngerasain sohc (thunder 125) dan dohc (cbr 150r), entah kenapa buat gaya bermain stop and go alias trek pendek ga terlalu dibutuhkan kok dohc.
    tapi begitu ketemu lurusan panjang kaya di pantura... emang deh. DOHC harga mati. :D
     
  4. Elman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2012
    Messages:
    801
    Trophy Points:
    152
    Ratings:
    +5,678 / -0
    iya SOHC menang di tarikannya kalo DOHC menang di top speednya
     
  5. masamunerx Members

    Offline

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    karena DOHC membuat silinder jadi memiliki jumlah valve 2kali dari SOHC, maka DOHC lebih bertenaga, akan tetapi boros bahan bakar, solusinya pake teknologi bernama VVT dari toyota atau VTEC dari honda.
     
  6. qorabum M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 4, 2011
    Messages:
    1,815
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +642 / -0
    jadi inget kuliah ane dulu nih :terharu:
    makin banyak komponen bergerak tentu kerja mesin lebih berat,perwatan pun harus lebih detail...
    kalo buat dalam kota sih mending sohc..
     
  7. gobedh Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 31, 2010
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +107 / -0
    klo di motor sih dohc kerasa bgt di napas mesin yg jauh lebih panjang dibanding sohc..


    Sent from my GT-I9100 using Tapatalk 2
     
  8. bluecookies M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 25, 2008
    Messages:
    303
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +75 / -3
    wih ilmu baru untuk di pelajari

    tapi kalo dipikir2 kota jakarta sih lebih enak memakai dohc ketimbang sohc

    kalo sohc tarikan pertama boleh maknyus tapi di jakarta nan macet ini yang ada bisa gigit jari bukan nya ngacir kenceng malah memble macet :peace:

    tapi balik lagi ke masing masing costumer atau pemakainya lebih merasa nyaman dengan yang mana
     
  9. hedgehog Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 28, 2009
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    berarti SOHC klo untuk tarikan awalna cepat ya bro? tapi klo untuk track panjang pasti akan kalah sama yg DOHC ya?
     
  10. aeromen77 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 15, 2009
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +901 / -0
    make buat macet macetan bukannya lebih lincah sohc om...? Klo Dohc malah jadinya lebih boros dr sohc...
     
  11. wiraboy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 22, 2012
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    wah, thx nih gan atas informasinya. Ane jadi sedikit ngerti.
    btw, ane pake motor sohc. Tarikan awalnya emang lumayan bagus sih
     
  12. cccaaa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 20, 2009
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    nambahin info gan

    sohc : lebih banyak di produksi karena ongkos murah

    dohc: banyak di gunain dalam bidang balap
     
  13. newSylph Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2013
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    22
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    eheheh masi ada yang bahas nih..


    persepsi yang agak aneh memang tersebar di masyarakat luas kalo DOHC lebih enak buat tarikan atas, sedangkan sohc di tarikan bawah.
    tapi, ada bukti ? :tkp2:
    yang mempengaruhi tarikan atas dan bawah ga cuma so/dohc lho..masi ada part2 lain yang nyambung supaya membentuk sebuah karakter mesin
     
  14. aditya_pitix Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 4, 2011
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +7 / -0
    sip nambah ilmu tentang dunia per otomotifan lagi neh...

    tapi biar gmn pun saya lebih suka yang dohc
     
  15. lightning29 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 9, 2012
    Messages:
    307
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +11 / -0
    jazz dengan mesin lama L15 masih sohc, tapi lebih bertenaga dibanding yaris yang dohc,.. hmmm..
    masi banyak part lain yang mendukung karakter sebuah mesin,..seperti durasi camshaft, perbandingan bore x stroke, dll
    CMIW,..

    hidup OHC
     
  16. bighendz Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    2,147
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +12,664 / -0
    DOHC , masih di terapkan pada motor sport aja.
    memang karena kebutuhan suplai mix BBM dan Udara yang banyak di ruang bakar , dari pada bikin lobang valve yang besar , solusinya jadi double valve pada satu lubang intake dan double valve pada satu lubang exhaust.
    jadinya , valve double dan camshaft juga double.
    kalau di mobil , belum pernah search soal mobil apa aja yang SOHC atau DOHC
    ya , salah satu kerugian utama memang semakin banyak part yang bergerak , sehingga semakin banyak tenaga yang di buang untuk menggerakkan part. dan maintenance yang lebih detail pula :keringat:
     
  17. wahjoe46 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2011
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +30 / -0
    hmmm..bener juga :hmm:
    tapi yg paling penting adalah kepresisian masing2 part..itu yg menyebabkan sohc bisa unggul di atas dohc :hmm:
    itulah mengapa ada kasta-kasta antar pabrikan mobil,,
    mobil eropa diatas mobil jepang,mobil jepang diatas mobil cina>>bila melihat kepresisian..belum lagi diantara mobil senegara
    :maaf: kalau kurang berkenan
     
  18. adoet05 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 18, 2010
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Nambahin..semoga bermanfaat


    DOHC vs SOHC



    Di jaman sekarang ini kendaraan bermotor sudah banyak yaang menggunakan teknologi DOHC, bahkan di kelas kendaraan bermotor roda dua pun tidak sedikit pabrikan sepeda motor yang awalnya mengenalkan produknya dengan mesin SOHC kini juga menambahkan jenis produknya dengan mengusung mesin DOHC.

    Beberapa sepeda motor di Indonesia yang memiliki teknologi DOHC dan banyak kita jumpai adalah Suzuki Satria FU 150, Honda CBR 250, dan Kawasaki Ninja 250R. Mungkin Anda akan bertanya kenapa tiga kendaraan tersebut harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan kendaraan yang punya cc dan kelas sama namun menganut mesin SOHC. Sebenarnya apa yang membuat kedua mesin ini berbeda dan apakah perbedaan tersebut berpengaruh terhadap perfoma mesin itu sendiri.? So.., mari kita tarungkan beberapa perbedaan antara DOHC dan SOHC.



    Sekilas tentang teknologi DOHC dan SOHC

    DOHC

    Mesin Double Over Head Camshaft disingkat DOHC adalah Camshaft yang mempunyai Over Head double atau lebih jelas dan gampangnya ialah mesin yang dalam satu piston mempunyai dua pasang over head. Sehingga mesin tersebut mempunyai empat klep, dimana dua klep untuk mengatur masukan bahan bakar dan dua klep untuk mengatur keluaran gas buang (menuju knalpot). Dan juga pada mesin jenis ini menggunakan dua noken as yang terletak pada kepala silinder.

    Contoh gambar mesin yang menganut DOHC



    SOHC

    Sedangkan mesin Single Over Head Camshaft disingkat SOHC hanya memiliki satu (single) pasang over head. Dengan kata lain mesin ini memiliki dua klep, satu untuk mengatur masukan bahan bakar dan satu lagi untuk mengatur keluaran gas buang. Dan hanya memiliki satu noken as.



    SOHC vs DOHC

    Seperti yang dijelaskan DOHC memiliki jumlah klep dua kali lebih banyak sehingga hal ini menyebabkan mesin jenis ini menghasilkan tenaga yang lebih besar, mengapa demikian?? Karena dengan jumlah klep dua kali lebih banyak maka dalam pengaturan penyaluran bahan bakar ke mesin dan penyaluran gas buang ke knalpot akan lebih akurat dibandingkan SOHC, dan menurut info yang saya dapat suara mesin DOHC juga lebih halus ketimbang mesin SOHC. Titik lemah dari DOHC, adalah harga pembuatan dan perbaikan yang lebih mahal. DOHC memiliki sparepart yang lebih banyak dari SOHC dan masalah lainnya adalah tidak semua para mekanik bengkel motor di Indonesia yang bisa dengan baik menservis (menyeting) ulang klep pada mesin DOHC, untungnya mesin jenis ini tidak perlu terlalu sering menyeting ulang klep. Kelemahan lainnya ialah mesin DOHC lebih boros bahan bakar, karena kebutuhan mesin akan bahan bakar juga lebih banyak. Disamping itu bobot mesin DOHC juga lebih berat.

    Sampai disini sedikit penjelasan dari saya, jawaban untuk mana yang lebih baik atau lebih buruknya antara dua teknologi ini mungkin tergantung pada selera setiap individu. Apakah memilih teknologi canggih milik DOHC dengan segala kelebihan dan kekurangannya, ataukah tetap setia dengan teknologi lawas SOHC yang hingga sekarang masih merajai dan banyak tersebar di jalan raya? Untuk semua saran, kritik, pertanyaan maupun bagi yang ingin menambahkan info tentang DOHC dan SOHC monggo langsung aja ditulis..


    http://jefry-e-w-fst09.web.unair.ac.id/artikel_detail-38489-Otomotif-Duel Maut DOHC vs SOHC.html
     
    Last edited by a moderator: Jan 14, 2013
  19. pinz89 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah ngomongin konfigurasi "pembuka klep", kenapa gag dihubungkan juga pembahasannya dengan OHC dan twincam ~,~a
    cuma DOHC dan SOHC doank...

    btw untuk kata "bertenaga" sebenernya perlu lebih spesifik... bertenaga tarikannya, atau bertenaga putaran atasnya...

    karena penentu karakter mesin galak di putaran atas dan bawah kan bukan cuma SO/DO nya doank...
    perbandingan bore x stroke nya, over bore atau overstroke....

    emank sih DOHC cenderung lebih banyak yg overbore, karena perlu ruang yang lebih besar buat nempatin 3 atau 4 klep per silinder...
    sedangkan SOHC lebih hemat ruang, jadi bisa dijejeli konfig overstroke, yang berakhir dengan torsi yang lebih besar...
     
  20. ligth_sinigami Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 22, 2012
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    Emang ada SOHC yg 4 valve ya..?? di motor apa mobil ?
    :obbingung: :obbingung: :obbingung:
     
  21. neutro_knit Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 4, 2009
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +13 / -0
    mungkin klo di motor kurang signifikan kerasanya karna cuma punya 1 silinder aja
    tapi kalo di mobil kayanya lebih terasa, bisa di bandingkan antara mits L*ncer glxi(SOHC) dan gti(DOHC)
    memang dari segi isi silender gti lebih besar 200cc namun bukan itu tujuan
    bisa di test dari pas larinya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.