1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Flora Kemenyan Jawa ( Styrax benzoin Dryand)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by florafauna, Oct 15, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. florafauna Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 14, 2012
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +92 / -0
    TAMAN 23 -KEMENYAN JAWA


    [​IMG]

    Kemenyan
    Kemenyan adalah sejenis getah yang dihasilkan oleh pohon kemenyan (Styrax spp). Ada dua jenis kemenyan yang dibudidayakan di Kabupaten Tapanuli Utara dan sekitarnya, yaitu : hamija-on toba (Styrax paralleloneurum) dan hamijon durame (Styrax benzoin). Kedua jenis tanaman kemenyan ini termasuk ordo Ebenales, family Styraceae dan genus Styrax. Pohon kemenyan berukuran sedang sampai besar, diameter antara 20-30 cm, dan tinggi mencapai 20-30 m. Batangnya lurus, percabangannya sedikit, dan kulit batangnya berwarna coklat kemerah-merahan.
    Tanaman kemenyan berdaun tunggal, tersusun spiral, dan berbentuk oval, yaitu bulat memanjang dan ujungnya meruncing. Buah kemenyan berbentuk bulat, dan lonjong (agak gepeng); dan di dalamnya terdapat biji berwarna coklat.Tempat tumbuh tanaman kemenyan bervariasi, mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi, yaitu pada ketinggian tempat 60-2100 m dari permukaan laut (dpl). Tanaman kemenyan tidak memerlukan persyaratan tempat tumbuh yang istimewa. Tanaman ini dapat tumbuh pada jenis-jenis tanah: po-solik, andosol, lotosol, dan regosol. Dan dapat tumbuh pada berbagai asosiasi lainnya, mulai dari tanah yang bertekstur berat sampai ringan, dan tanah yang kurang subur sampai yang subur. Selain itu, tanaman ini juga dapat tumbuh pada tanah yang berporositas tinggi, yaitu yang mudah meneruskan atai meresapkan air. Tanaman Kemenyan termasuk jenis tanaman setengah toleran. Anakan kemenyan memerlukan naungan sinar matahari, dan setelah dewasa, pohon kemenyan memerlukan sinar matahari penuh. Selain itu, untuk pertumbuhan optimal kemenyan memerlukan curah hujan yang cukup tinggi, dan intensitas merata sepanjang tahun. Oleh karena itu, tanaman kemenyan cocok ditanam di daerah-daerah yang beriklim tipe A san tipe B menurut Schmidt & Ferguson.


    profil taksonomi
    Styrax benzoin Dryand.
    styrax

    Symbol: STBE4
    Group: Dicot
    Family: Styracaceae
    Duration:
    Growth Habit:
    Native Status: None
    Distribution: Not in PFA

    Kingdom Plantae – Plants
    Subkingdom Tracheobionta – Vascular plants
    Superdivision Spermatophyta – Seed plants
    Division Magnoliophyta – Flowering plants
    Class Magnoliopsida – Dicotyledons
    Subclass Dilleniidae
    Order Ebenales
    Family Styracaceae – Storax family
    Genus Styrax L. – snowbell
    Species Styrax benzoin Dryand. – styrax

    Budidaya Kemenyan
    Pengadaan Benih Budidaya tanaman kemenyan diawali dengan pengambilan benih kemenyan dari pohon induknya. Kriteria pohon induk kemenyan adalah : bergetah banyak dan berkualitas baik; bebas hama dan penyakit; berbatang lurus dan silindris; bertajuk normal dan bagus; serta bercabang sedikit dan berbatang bebas cabang relative tinggi. Buah kemenyan yang dipilih untuk benih adalah yang masak dan berwarna coklat tua.

    Pengadaan Bibit

    Pembuatan bibit kemenyan dilakukan dengan cara : persemaian dan cabutan anakan dari permudaan alam. Cara lainnya, yaitu : stump. Stek, dan kultur jaringan masih dalam tahap penelitian pihak-pihak terkait. Persemaian merupakan cara yang mudah dilakukan. Awalnya benih kemenyan ditabur pada bedeng tabor. Setelah berkecambah, kemudian dipindahkan pada polybag, dan dipelihara sampai bibitnya siap tanam di lapangan.

    Penanaman Bibit
    Penanaman bibitSebelum penanaman bibit kemenyan, terlebih dahulu dilakukan persiapan lapangan, yiatu membuat jalur tanam dan lubang tanam. Jarak tanamnya disesuaikan dengan kondisi tanah dan kelerengan lahannya. Karena setengah toleran, anakan kemenyan yang ditanam di tempat terbuka harus diberi naunga. Anakan kemenyan bisa juga ditanam dibawah pohon lainny, misalnya dibawah pohon pinus, durian, dan kaliandra

    Manfaat Ekonomis Kemenyan
    Sampai saat ini belum ada pihak yang meneliti secara khusus penghasilan petani kemenyan. Namun sebagai gambaran, berikut ini perhitungan pendapatan petani kemenyan dari BP DAS Asahan Barumun. Pada lahan 1 ha, jika jarak tanam pohon kemenyan 4 m x 5 m, maka jumlahnya 250 pohon. Jika hasil penyadapan kemenyan rata-rata 1 Kg/Tahun, maka jumlah produksi kemenyan sebanyak 250 kg/ha/tahun. Dan jika kualitas getahnya dikatagorikan kelas I, dan harganya Rp.50.000,-/Kg, maka pendapatan kotor petani kemenyan sebesar Rp.12,5 juta/ha/tahun. Karena budidaya kemenyan ini dilakukan bersamaan dengan tanaman lainnya, maka biaya pemeliharaannya relative rendah.

    Penyadapan
    Pohon kemenyan yang berdiameter lebih kurang 20 cm sudah bisa disadap kemenyannya. Sebelum penyadapan kemenyannya, terlebih dahulu tumbuhan di sekitar pohonnya dibersihkan telebih dahulu dengan parang. Begitu juga tumbuhan yang melekat pada kulit pohonnya, dibersihkan dengan guris. Penyadapan kemenyan dilakukan pada bagian pohon yang berada di bawah bagian tajuk yang berdaun hijau muda dan rindang. Mula-mula kulit ditakik (dicongkel sampai sedikit terangkat, dan tidak sampai lepas) dengan panuktuk, lalu, permukaan kulit ini dipukul-pukul dengan gagang panuktuk sebesar lingkaran lubang penyadapan yang diharapkan. Setelah 2-3 bulan, umumnya dalam takikan ini sudah terdapat kemenyan. Dan, dengan menggunakan agat, kulit (yang menutup) takikan dibuka untuk mengambil kemenyan dari lubang takikan
    .
    Pemeliharaan
    Pemeliharaan tanaman kemenyan yang biasa dilakukan adalah : penyiangan, pendangiran, penyulaman, pemupukan, penjarangan, dan perlindungan tanaman dari hama dan penyakit. Kegiatan ini dilakukan pada tahun pertama, kedua, dan ketiga. Penjarangan pohon pelindung perlu dilakukan secara bertahap untuk member ruang tumbuh lebih luas kepada tanaman kemenyan, agar memperoleh banyak sinar matahari.

    Pengolahan
    Kemenyan hasil sadapan yang masih bercampur aduk dengan kulit pohon kemenyan, selanjutnya disortir menjadi empat golongan, yaitu : mata kasar, mata kacang/mata halus, jurur dan tahir. Golongan pertama harganya lebih mahal, dan golongan selanjutnya lebih murah. Selain itu, dikenal juga kemnyan tampangan, yaitu kemenyan yang dicampur dengan damar. Pengolahannya melalui pemanasan, pencampuran, dan pencetakan. Perbandingan campurannya disesuaikan dengan permintaan konsumen/pembeli.

    Peluang Pasar Kemenyan
    Menurut informasi dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tapanuli Utara, pada tahun 1926-1938 kemenyan sudah di ekspor dari propinsi Sumatera Utara. Pada tahun 1985-1989, rata-rata pemasaran kemenyan dalam negeri 3.312,52 ton/tahun (77,15%), dan rata-rata pemasaran kemenyan ke luar negeri 982,6 ton/tahun (22,85%). Pada semester I tahun 1990, ekspor kemenyan dari propinsi Sumatera Utara tercatat sebanyak 473.847 kg senilai US 583,966.
    Pemasaran kemenyan di dalam negeri terutama di pulau Jawa. Penggunaannya sebagian besar untuk bahan baku industri rokok dan dupa. Dan pemasarannya ke luar negeri antara lain ke negara-negara : Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan, Jepang UEA, Switzerland, Perancis, dan USA. Diantara negara-negara ini, yang paling banyak mengimpor kemenyan dari propinsi Sumatera Utara adalah Singapura, yaitu sebanyak 461.982 Kg senilai US 545,996
    Di beberapa daerah usaha kemenyan sudah membudaya. Secara tehnis Silvikulture, budidaya kemenyan dapat juga dilakukan di daerah lainnya. Harga dan peluang pasarnya pun cukup prospektif. Oleh karena itu, kemenyan diharapkan dapat dijadikan komoditi unggulan dalam pengembangan hutan rakyat dan hutan tanaman.


    Harga Menyan Hari ini di Kranggan Rp 64.000/kg
     
    Last edited by a moderator: Oct 25, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Zehel M V U

    Offline

    鹿屋基地

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    7,864
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,223 / -1
    apa yang salah dengan empiyu :madesu:

    [​IMG]

    pohon kemenyan... :???:
     
  4. Zehel M V U

    Offline

    鹿屋基地

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    7,864
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,223 / -1
    Kegunaan Kemenyan

     
  5. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    Kemenyan, Getah Magis yang Dulu Senilai Emas



    Ada cerita yang sangat dipercaya oleh masyarakat Tapanuli, Sumatera Utara. Salah satu persembahan yang dibawa tiga majuz atau cendekiawan dari timur untuk bayi Yesus yang baru dilahirkan di Betlehem itu berasal dari Tanah Tapanuli. Persembahan itu berupa kemenyan, mendampingi dua persembahan lainnya, emas dan mur.

    Lewat cerita turun-temurun, masyarakat Tapanuli percaya kemenyan itu dibawa dari Pelabuhan Barus, yang dulu pernah menjadi pelabuhan besar, menuju Timur Tengah, hingga ke Betlehem.

    Cerita itu semakin bergulir mengingat sebagian besar penduduk Tapanuli beragama Kristen dan Katolik yang erat dengan cerita kelahiran Nabi Isa.

    Kebenarannya memang perlu diteliti, tetapi setidaknya dari cerita itu bisa terlihat bahwa sampai sekarang pun getah harum bernama kemenyan, yang dalam bahasa Batak disebut haminjon, itu begitu erat dengan kehidupan orang Tapanuli.

    Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Utara yang juga mantan Bupati Tapanuli Utara RE Nainggolan menjelaskan, kemenyan pernah sangat menyejahterakan masyarakat Tapanuli. Dan, getah harum itu ikut pula membesarkan namanya. “Nenek saya pedagang kemenyan,” tuturnya.

    Ia tahu persis, pada tahun 1936 neneknya sudah mempunyai mobil untuk mengangkut kemenyan dari Tapanuli ke Pelabuhan Sibolga. Saat itu harga satu kilogram kemenyan sama dengan satu gram emas. Standar itu dipakai terus oleh petani dan pengepul di Tapanuli: Satu kilogram kemenyan sama dengan satu gram emas. Satu kilogram kemenyan juga setara satu kaleng (16 kilogram) beras.

    Selain cerita tentang persembahan dari timur untuk Nabi Isa itu, tak banyak orang tahu sejarah kemenyan di Tapanuli. Kebanyakan warga menyebutkannya sebagai tanaman ajaib yang sudah ada ratusan tahun dan menghidupi masyarakat Tapanuli.

    Washington Situmorang (70), petani di Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, mengutarakan, pada tahun 1960-an harga kemenyan benar-benar sama dengan emas. Harga itu pelan-pelan surut. Sekitar tahun 1980-an harga kemenyan terus merosot hingga hanya separuh, bahkan sepertiga harga satu gram emas.

    Menurut Thomson Silaban, staf bidang rehabilitasi hutan Dinas Pertambangan dan Kehutanan Kabupaten Humbang Hasundutan, jika sebelum tahun 1980 kemenyan mampu menyumbang 60 persen ekonomi rumah tangga, kini turun menjadi sekitar 20 persen.

    Kemenyan (Stryrax sp) yang termasuk famili Stryraccaceae dari ordo Ebeneles diusahakan oleh rakyat Sumatera Utara di tujuh kabupaten, terutama di Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, dan Toba Samosir. Tanaman ini juga dikembangkan di Dairi, Tapanuli Selatan, dan Tapanuli Tengah meski tidak terlalu banyak. Sedangkan penghasil kemenyan terbesar masih di Tapanuli Utara dan Humbang Hasundutan.

    Di Tapanuli Utara, kemenyan menjadi komoditas andalan daerah di bawah kopi dan karet. Dari 56.003 keluarga di kabupaten itu, 30.446 keluarga atau lebih dari 54 persen menjadikan kemenyan sebagai sumber penghasilan. Di Humbang Hasundutan bahkan sekitar 65 persen keluarga (33.702) hidup dari pohon kemenyan. Komoditas ini menduduki posisi kedua di bawah kopi.

    Dinas Perkebunan Sumatera Utara memperkirakan, pada tahun 2005 luas tanaman kemenyan di Sumatera Utara mencapai 23.592,70 hektar dengan produksi 5.837,86 ton. Produktivitas getah 294,31 kilogram per hektar per tahun. Getah kemenyan mengandung asam sinamat sekitar 36,5 persen yang banyak digunakan untuk industri farmasi, kosmetik, rokok, obat-obatan, dan ritual keagamaan.

    Bukan hanya untuk ritual

    Sebelum agama Kristen masuk ke Tapanuli, kemenyan banyak digunakan masyarakat Batak untuk kegiatan ritual penyembahan alam. Selama ribuan tahun, kemenyan banyak digunakan dalam tradisi penghormatan kepada Sang Pencipta.

    Asap pembakaran yang membubung tinggi menjadi representasi doa yang juga naik kepada Sang Pencipta. Dalam tradisi Katolik, misalnya, kemenyan digunakan dalam misa khusus, menjadi bagian dari serbuk ratus yang dibakar dalam arang membara yang menghasilkan asap harum.

    Di tanah Jawa dan juga di banyak kebudayaan dunia, harum asap kemenyan dipercaya mampu mendatangkan roh tetapi juga untuk mengusir roh. Bau harumnya menimbulkan sensasi magis. Kemenyan juga menjadi serbuk campuran rokok yang kebanyakan diisap oleh masyarakat pedesaan dan berusia lanjut di Jawa Tengah.

    Hanya Tapanuli dan sedikit di Sumatera Barat yang menjadi penghasil kemenyan di Indonesia. Sayangnya, meski komoditas ini sudah diperdagangkan ratusan tahun, tak ada inovasi dalam mengembangkan perkebunannya. Inovasi produk juga belum ada. Kebanyakan petani tak tahu jalur perdagangannya. Untuk apa dan siapa pengguna akhir kemenyan pun, mereka tidak tahu. Akibatnya, harga getah ini sangat mudah dipermainkan pedagang karena petani tak tahu standar harga dunia.

    Tujuh macam

    Kemenyan tumbuh di daerah pegunungan dengan ketinggian 900-1200 meter di atas permukaan laut, bersuhu antara 28-30 derajat Celsius di tanah podsolik merah kuning dan latosol. Keasaman tanah antara 5,5 hingga 6,5 dengan kemiringan tanah maksimal 25 derajat.

    Tanaman tahunan ini mampu hidup hingga lebih dari 100 tahun. Ada 20 jenis pohon kemenyan, tetapi yang banyak tumbuh di Sumut adalah kemenyan jenis durame (Styrax Benzoine) dan kemenyan toba (Styrax Sumatrana). Kemenyan durame lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan jenis toba. Durame bisa disadap sejak umur 6-7 tahun dengan warna getah cenderung hitam, sedangkan toba baru disadap umur 10-13 tahun dengan jenis getah putih.

    “Merawat pohon kemenyan itu seperti memperlakukan gadis. Gampang-gampang susah, harus banyak perhatian,” kata Washington Situmorang.

    Berbeda dengan karet, penyadapan getah kemenyan tak perlu wadah. Getah dibiarkan keluar dari batang pohon, meleleh di kulit pohon.

    Pada cukilan pertama, batang pohon akan menghasilkan getah berwarna putih yang baru bisa diambil sekitar tiga bulan kemudian. Getah itu menempel di kulit pohon sehingga untuk memanen petani harus mencongkel kulit batang kemenyan.

    Getah putih yang disebut sidukabi atau mata zam-zam ini bernilai paling tinggi. Namun, kini harganya hanya sekitar Rp 60.000 hingga Rp 75.000 per kilogram di tingkat petani.

    Bekas cukilan itu akan menghasilkan tetesan getah kedua yang disebut jalur atau jurur yang bisa dipanen dua-tiga bulan setelah memanen mata zam-zam. Setelah itu muncul getah ketiga yang disebut tahir. Harganya jauh lebih murah daripada harga mata, sekitar Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per kilogram. Jika mata berwarna putih, warna tahir atau jurur semakin menghitam.

    Getah-getah kemenyan itu bisa dikelompokkan sedikitnya dalam tujuh macam dari yang paling mahal hingga termurah, yakni mata kasar, kacang, jagung, besar, pasir kasar, pasir halus, hingga abu. Mata kasar bisa bernilai Rp 100.000 per kilogram di tingkat pengumpul, sedangkan abu atau gilingan halus kulit kemenyan seharga Rp 3.000 per kilogram.

    Di tempat pengumpul, pemilahan kemenyan ini bak memilah emas dari pasir. Buruh-buruh perempuan dengan tekun memilah-milah butiran itu. Getah kemenyan yang umurnya tua biasanya memang berwarna kuning menyerupai emas.

    Dalam satu pohon bisa terjadi banyak cukilan. Di Tarutung atau Doloksanggul cukup mudah menemukan tanaman ini. Asal terlihat tanaman yang batangnya penuh luka cukilan, bisa dipastikan itu tanaman kemenyan.

    Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Humbahas Aslin Simamora yang juga anak petani kemenyan menyebutkan, ada ritual yang dulu dianut oleh moyangnya sebelum mengguris (menyadap) pohon kemenyan.

    Petani perlu membuat kue itak gurgur, kue yang terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Kue itu dikunyah lalu disemburkan ke batang pohon kemenyan yang hendak disadap.

    Karena sejarah yang panjang itu, tak heran jika masyarakat marah saat PT Toba Pulp Lestari (TPL) menebangi pohon kemenyan rakyat yang berada di register 41 di perbatasan Kabupaten Humbang Hasundutan dan Samosir akhir tahun lalu. DPRD Humbang Hasundutan sampai membentuk panitia khusus yang mendesak PT TPL melindungi kawasan tanaman kemenyan rakyat.


    sumber

    :lalala:
     
  6. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    Kemenyan, Turunkan Kolesterol Jahat-Hentikan Penyebaran Kanker

    ARAB SAUDI (Berita SuaraMedia) - Pohon Kemenyan (Styrax benzoin) dapat tumbuh di lingkungan yang keras. Kemenyan tumbuh di daerah yang sangat kering dan sangat cocok untuk tanah kapur tinggi dan rendah nutrisi. Bahkan di atas batu pun tanaman ini bisa tumbuh. Sebagai contoh, di Somalia, tanaman ini tidak tumbuh di atas tanah tapi di atas batu marmer. Pohon kemenyan beradaptasi dengan lingkungan keras dengan cara menggugurkan daunnya.

    Sebagaimana diketahui, Kemenyan dimanfaatkan getahnya. Cara menyadap getah Kemenyan mirip dengan menyadap getah pohon karet atau getah pohon pinus. Getah dihasilkan dari pemotongan pada kulit pohon. Getah mengeras dikumpulkan dan digunakan sebagai kemenyan dan mur.

    Hasil sadapan kemenyan ini diperdagangkan sejak ribuan tahun lalu, bahkan bukti arkelogis menunjukkan dalam makam Tutankhamun raja Mesir kuno yang meninggal pada 1323 SM juga ditemukan kemenyan. Perdagangan kemenyan terbesar terjadi di kawasan Arab. Ketika itu, nilai jual Kemenyan menyamai emas. Di Indonesia, penghasil pohon kemenyan terbesar adalah di Sumatera Utara.

    Kemenyan dimanfaatkan untuk bumbu rokok dan aroma terapi. Kemenyan juga banyak digunakan dalam ritual keagamaan dan pengobatan.

    Kandungan:

    Kemenyan mengandung olibanol, materi resin, dan terpenes. Kandungan lain, saponin, flavonoida dan polifenol.

    Khasiat:

    Kini para ilmuwan telah mengamati bahwa ada kandungan dalam kemenyan yang menghentikan penyebaran kanker. Belum diketahui secara pasti kemungkinan kemenyan sebagai antikanker.

    Namun dulu pada abad kesepuluh, Ibnu Sina, ahli pengobatan Arab, merekomendasikan kemenyan sebagai obat untuk tumor, bisul, muntah, disentri dan demam.

    Dalam pengobatan tradisional Cina, kemenyan digunakan untuk mengobati masalah kulit dan pencernaan. Sedangkan di India, kemenyan digunakan untuk mengobati arthritis. Khasiat kemenyan sebagai obat arthritis tersebut mendapat dukungan dari penelitian laboratorium di Amerika Serikat.

    Kemenyan yang biasa digunakan untuk urusan mistis ternyata berdasarkan hasil penelitian juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

    Penelitian yang dilakukan oleh King Abd Al-Aziz University di Arab Saudi menemukan bahwa kemenyan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

    Kemenyan, menurut peneliti Nadia Saleh Al-Amoudi, bisa dipadukan dengan materi dari tumbuhan lainnya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Akan tetapi, masih belum ditemukan cara yang jelas agar manusia bisa mengonsumsinya.

    "Kemenyan telah lama digunakan sebagai pengobatan medis untuk mengatasi sakit tenggorokan, hidung mampat, bekas luka dan luka bakar," jelas Al-Amoudi, seperti diberitakan dari situs Healthday.

    Studi yang dipublikasikan di International Journal of Food Safety, Nutrition and Public Health ini, peneliti memberikan kemenyan kepada binatang pengerat albino dan menemukan bahwa kadar kolesterol jahat binatang pengerat itu turun sedang kadar kolesterol baik meningkat.


    sumber

    ______________
    ternyata mengonsumsi kemenyan dalam takaran tertentu menyehatkan :top:
     
  7. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    Parfum Kemenyan


    Parfum eksklusif itu beraroma kemenyan.
    Banyak orang mengolok-olok kemenyan identik dengan mbah dukun atau sesuatu yang mistis. Namun, rumah produksi kelas dunia House of Prada di Milan, Italia, meluncurkan parfum dengan nama No 11 Cuir Styrax. Produsen itu dengan bangga menuliskan kata Styrax di label. Styrax nama genus tanaman kemenyan. Beberapa spesies kemenyan adalah kemenyan durame Styrax benzoin dan kemenyan toba S. paralleloneurus.
    Keberanian memasarkan parfum kemenyan menjadi berkah lantaran parfum No 11 Cuir Styrax kini lebih mudah tercium di kulit para perempuan sosialita di Italia. Budayawan dan sastrawan dari Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Iman Budhi Santosa, menuturkan sejak dahulu bangsawan di Jawa memanfaatkan kemenyan. Tengok sudut-sudut ruangan di setiap keraton selalu terdapat anglo untuk membakar kemenyan sebagai pengharum ruangan.
    Kebiasaan membakar kemenyan juga berlaku di tempat-tempat keramat sebagai wujud penghormatan kepada arwah leluhur. “Maksudnya supaya arwah leluhur senang,” kata Iman. Sejatinya kemenyan sama sekali jauh dari aroma mistis. Sebaliknya, getah pohon anggota famili Styracaceae itu berefek menenangkan dan meningkatkan konsentrasi tak ubahnya terapi aroma.

    “Ketenangan dan konsentrasi itu yang dicari saat berdoa,” tutur Andria Agusta PhD, periset kimia bahan alam di Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cibinong, Kabupaten Bogor. Kandungan benzoat dan sinamat dalam kemenyan merangsang sistem endokrin tubuh memproduksi serotonin—hormon perangsang rasa nyaman, tenang, dan bahagia. Andria menjelaskan benzoat dan sinamat beragam dan seluruhnya beraroma. Keduanya tergolong zat aromatik alias beraroma.
    Kandungan sinamat dari kemenyan punya peran penting. Turunan asam sinamat yang terikat gugus salisilat itu mampu menahan radiasi sinar ultraviolet. Kemampuan itu mendasari pemanfaatan turunan sinamat itu dalam industri kosmetik sebagai tabir surya. Produk tabir surya yang beredar saat ini didominasi bahan dasar oksida seng dan oksida titanium. Kedua bahan itu bisa memantulkan sinar ultraviolet A dan B penyebab kulit terbakar.
    Belakangan Food and Drugs Administration—lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat—menyebutkan bahwa penggunaan oksida seng dan oksida titanium dalam jangka panjang memicu peradangan kulit yang berujung kanker kulit. Oleh karena itu tabir surya dari bahan alam seperti getah pohon kemenyan pas sebagai pengganti. Apalagi, “Kandungan gugus salisilatnya mampu menghambat pertumbuhan cendawan dan bakteri di permukaan kulit,” ungkap Andria Agusta.
    Namun, tidak semua benzoat atau sinamat berefek menenangkan. Contoh benzoat dari keluarga buah beri dan anggur yang berefek meningkatkan cita rasa. Apalagi benzoat sintetis buatan pabrik dengan tingkat kemurnian mendekati 100% yang justru membahayakan kesehatan. “Menghirup benzoat murni bisa merusak sistem saraf indra penciuman,” kata kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat, 43 tahun lalu itu.
    Jadi sesungguhnya efek menenangkan kemenyan itu muncul lantaran perpaduan dan komposisi bahan-bahan kimia dalam kemenyan tepat, berbeda dengan sintetis. Selain benzoat dan sinamat, getah pohon itu mengandung beragam senyawa aktif seperti vanilin, pinoresinol, stirasin, dan salisilat. Dengan beragam senyawa dan khasiat, wajar jika masyarakat memanfaatkan kemenyan untuk menjaga kesehatan.
    Sebetulnya khasiat kemenyan sudah mendunia. Pakar kedokteran pada masa kekhalifahan Dinasti Samaniah di Iran, Ibnu Sina alias Avicenna, mencantumkan pemanfaatan kemenyan di buku Qanun fi Thib alias Kitab Pengobatan. Ibnu Sina menulis khasiat aroma kemenyan untuk mengatasi gangguan pernapasan. Itu sebabnya orang-orang tua di Jawa biasa mencampurkan serbuk kemenyan saat melinting tembakau. Mereka yakin kemenyan mengurangi dampak buruk nikotin dari tembakau. Beberapa pabrik rokok skala kecil di Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga kini masih memproduksi rokok kemenyan.
    Dengan beragam potensi itu, kemenyan komoditas potensial yang layak dikebunkan. Namun, di sentra Kabupaten Pakpakbharat, Provinsi Sumatera Utara, banyak pekebun membiarkan pohon-pohon hidup seadanya, tanpa perawatan berarti. Almen Berutu, pemilik pohon, misalnya berdalih dengan merawat seadanya sudah bisa memanen getah kemenyan.
    Ir Sentot Adi Sasmuko, periset di Balai Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menjelaskan bila kemenyan dirawat intensif bisa memberikan penghasilan seumur hidup. Itu wajar lantaran umur produktif pohon kemenyan mencapai 30 tahun. Bila kaum hawa sosialita di Italia saja sudah mau memakai parfum kemenyan, jaminan apalagi yang harus ditunggu?


    sumber
    :lalala:
     
  8. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    Dari Bara Kemenyan, Puluhan Keluarga Ini Kehilangan Rumah

    JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran melalap lima lapak dan puluhan tempat tinggal pemulung di Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2012). Api diduga berasal dari bara pembakaran kemenyan yang ditinggal tidur oleh salah seorang penghuni area pemulung di Gang H Saidun itu.

    "Tadi si B (inisial) bakar kemenyan. Terus ditinggal tidur, padahal baranya masih ada," kata Ivan, salah seorang penghuni lapak pemulung saat ditemui Kompas.com di dekat lokasi kejadian.

    Karena angin yang bertiup cukup kencang, bara itu pun menyebar ke lapak yang didiami B bersama keluarganya. Lapak yang terbuat dari bambu itu pun dengan mudah menyebabkan nyala api membesar. Apalagi, di dekatnya ada tumpukan kardus dan plastik yang memudahkan api berkobar dengan cepat.

    "Lapak dia dindingnya dari bambu, beda dengan punya saya yang dari seng. Yah, jelas mudah terbakar. Apalagi di sekelilingnya ada tumpukan kardus, plastik dan barang-barang yang gampang terbakar," kata Ivan.

    Bahan-bahan yang mudah terbakar di lokasi seluas 2.500 meter persegi itu menyebabkan api dengan cepat merambat ke lapak-lapak lain. Alhasil, kebanyakan barang berharga dan harta benda keluarga pemulung tak terselamatkan.

    "Mungkin ada belasan motor yang hangus. Barang-barang elektronik hampir semua nggak sempat diselamatkan karena hitungan menit hampir semua sudah terbakar," ujar Deny, rekan Ivan.

    Situasi semakin sulit lantaran lokasi tersebut cukup terpencil. Lantaran tidak ada akses masuk bagi kendaraan pemadam kebakaran, petugas Damkar terpaksa mengalirkan air dari kali yang terletak di depan Kantor Kecamatan Pasar Minggu yang terletak sekitar 500 meter dari lokasi. Meski demikian beberapa keluarga pemulung yang lokasi lapaknya di sebelah Timur, masih sempat menyelamatkan sejumlah barang ke bedeng yang terletak di pinggir kali.

    Yang paling disayangkan Ivan dan Deny adalah terbakarnya sumber keuangan mereka, yaitu barang-barang yang telah dikumpulkan dari hasil memulung. "Sudah dikumpulkan beberapa bulan, semuanya habis dimakan api dalam beberapa menit," kata Ivan.

    Api sempat menyambar ke arah dua rumah penduduk yang terletak di RW 09 Jatipadang. Beruntung, sebelum api membesar, petugas kebakaran telah lebih dahulu membatasi pergerakan api. "Rumah yang satu sedang dibangun, nggak ada penghuni, cuma kena tembok belakang. Kalau yang satu lagi, api hanya menyambar atap sampingnya," ujar Ivan.

    Dia mengatakan, karena diduga sebagai penyebab, B telah diangkut petugas ke Mapolsek Metro Pasar Minggu untuk dimintai keterangan. Ivan juga mengaku tidak tahu siapa pemilik lahan tersebut. Ia hanya menyatakan sudah mendiami tempat tersebut belasan tahun.

    Pernyataan itu dibenarkan Wakil Camat Pasar Minggu Heryanto. Ia menjelaskan, lokasi tersebut ditempati 57 KK dengan jumlah jiwa 310 orang. Meski demikian, yang mempunyai data diri jelas dan memiliki Kartu Keluarga Jatipadang hanya ada 2 KK. "Selebihnya tidak jelas data dirinya," kata Heryanto.

    Kebakaran yang dimulai sekitar pukul 20.30 WIB itu baru bisa benar-benar tertangani pada sekitar pukul 23.00 WIB. Rombongan petugas Damkar dengan 18 unit mobil bergerak meninggalkan lokasi sekitar pukul 23.30 WIB. Dua petugas PMI yang bergerak ke lokasi setelah kebakaran tertangani menerangkan bahwa tidak ada korban luka maupun korban tewas dalam peristiwa itu.


    sumber


    ati2yang suka bakar kemenyan :takut:
     
  9. florafauna Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 14, 2012
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +92 / -0
    baru dapet artikel ini, cara mudah usir campak dengan kemenyan...:hoho:

    sumber nya > http://panggunasution.blogspot.com/2010/07/kemenyan-obat-campak.html

    [​IMG]

    yang menemukan caranya :hoho:
     
  10. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    Serba-Serbi Kemenyan dalam Budaya Dunia



    Kemenyan disebut juga Frankincense, Olibanum, Salai guggal, atau Boswellia serrata tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama para penghayat kebudayaan lokal. Sebuah benda berbentuk kristal keruh berwarna coklat maupun putih yang biasa di bakar mengiringi ritual ritual baik personal ataupun umum.

    Banyak sekali pertanyaan maupun anggapan bahwa kemenyan adalah sebuah benda yang sangat terkait dengan mistik, digunakan untuk memberi makan demit, untuk campuran rokok lintingan, maupun pewangi ruangan.

    Benarkah fungsi dari kemenyan hanya sebatas itu? mari kita kupas lebih dalam tentang kemenyan ini, baik dari sumber sumber luar maupun dari hasil pengalaman para sesepuh sesepuh semua.

    =============================
    Bila anda mengenal Teratai yg daun dan bunganya tidak kotor walaupun tumbuh dikolam lumpur. Pohon Kemenyan dikenal karna dapat hidup dilingkungan yg tak masuk akal. Kemenyan dapat tumbuh/hidup diatas batu padat & angin kencang. Karna kondisi tumbuh yg berupa padang pasir dgn angin kencang, kemenyan juga memiliki akar membesar utk daya cengkramnya bila badai angin tiba. Kalau tanaman biasa tidak kering ya udah terbang dihembus angin. Tanaman lain tidak memiliki keunggulan kemampuan ini. Dan dari getah yg dihasilkan pohon kemenyan ini memiliki wangin yg tiada tandingannya.

    Pohon Kemenyan (Styrax benzoin) dapat tumbuh di lingkungan yang keras. Kemenyan tumbuh di daerah yang sangat kering dan sangat cocok untuk tanah kapur tinggi dan rendah nutrisi. Bahkan di atas batu pun tanaman ini bisa tumbuh. Sebagai contoh, di Somalia, tanaman ini tidak tumbuh di atas tanah di atas tapi di atas batu marmer. Pohon kemenyan beradaptasi dengan lingkungan keras dengan cara menggugurkan daunnya.

    Sebagaimana diketahui, Kemenyan dimanfaatkan getahnya. Cara menyadap getah Kemenyan mirip dengan menyadap getah pohon karet atau getah pohon pinus. Getah dihasilkan dari pemotongan pada kulit pohon. Getah mengeras dikumpulkan dan digunakan sebagai kemenyan dan mur.

    Hasil sadapan kemenyan ini diperdagangkan sejak ribuan tahun lalu, bahkan bukti arkelogis menunjukkan dalam makam Tutankhamun raja Mesir kuno yang meninggal pada 1323 SM juga ditemukan kemenyan. Perdagangan kemenyan terbesar terjadi di kawasan Arab. Ketika itu, nilai jual Kemenyan menyamai emas. Di Indonesia, penghasil pohon kemenyan terbesar adalah di Sumatera Utara.

    Kemenyan dimanfaatkan untuk bumbu rokok dan aroma terapi. Kemenyan juga banyak digunakan dalam ritual keagamaan dan pengobatan.

    Kemenyan dalam Pengobatan

    Pohon kemenyan atau pohon Boswellia, ditemukan terutama di India. Pohon Boswellia adalah pohon balsamic yang mengeluarkan oleoresins aromatik yang dikumpulkan dari luka kulitnya pohon, saat kering menjadi permen karet. Dalam teks-teks kuno medis Ayurvedic dari India, eksudat bergetah dari Boswellia dikelompokkan dengan resin karet lainnya dan secara keseluruhan disebut GUGUL.

    Permen karet-resin dilaporkan untuk memiliki, obat penenang dan aktivitas analgesik. Bila seluruh lemaknya dihilangkan ekstrak eksudat permen karet (oleo-gum-resin) ditemukan memiliki aktivitas anti-inflamasi dan anti-rematik ditandai terhadap arthritis ajuvan pada hewan percobaan dan bebas dari racun atau efek samping lainnya. Hal ini juga ditunjukkan untuk memiliki ditandai menurunkan kolesterol dan trigliserida aktivitas. Uji klinis pada pasien rematik telah menunjukkan hasil yang menjanjikan. asam Boswellic terisolasi dari getah menghambat, dalam konsentrasi dengan cara bergantung, pembentukan produk 5-lipoxygenase dengan IC50 1,5? M. studi toksisitas kronis di monyet sehat mengungkapkan bahwa obat itu
    tidak memiliki bio-kimia, dan lain toksisitas hematologi.

    permen karet ini dikreditkan dengan zat, stimulan, ekspektoran, diuretik, yg mengeluarkan keringat, antipuretic, emmenagogue obat perut, ecbolic dan sifat antiseptik. Hal ini dilaporkan berguna dalam borok, tumor, gondok, payudara cystic, diare, disentri, tumpukan, asma, bronkitis, laringitis kronis, penyakit kuning, sifilis dan penyakit kulit. Hal ini digunakan dalam penyusunan sebuah salep untuk luka dan digunakan dengan mentega di sifilis. Permen karet-resin adalah zat, anti-menurunkan suhu badan, antidysentry, ekspektoran, diaphosetic, diuretik, obat perut, emmenagogue. Hal ini berguna dalam demam, diaphoresis, kejang, disentri, urethrorrhea, orchiopathy, bronkitis, asma, batuk, stomatitis, penyakit sifilis, radang tenggorokan kronis, penyakit kuning dan arthritis.

    Boswellic asam adalah agen-agen anti-inflamasi dan anti-rematik yang efektif, baik untuk osteoarthritis dan rheumatoid arthritis, rematik jaringan lunak, dan nyeri pinggang. Mereka juga membantu mengendalikan berlebihan lipid darah tinggi dan atherosclerosis, dan melindungi hati terhadap endotoksin bakteri-galactosamine. Bagian non-asam dari permen karet itu telah sakit-relieving dan kualitas obat penenang, dan dalam dosis tinggi dapat menurunkan tekanan darah, dan mengurangi denyut jantung pada anjing, melainkan peningkatan dalam katak. Manfaat yang diamati Boswellia termasuk pengurangan mobilitas sendi bengkak, meningkat, steroid hemat tindakan (kurang steroid dibutuhkan dalam kombinasi perlakuan), kekakuan pagi kurang, kekuatan cengkeraman ditingkatkan, dan peningkatan umum dalam kualitas hidup, baik untuk osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

    - Pachnanda et al., Ind J. Pharmacol., 1981; 13: 63.
    - The Wealth Asia, PID, CSIR, 1996, New Delhi.



    ralat: btw sebenarnya antara Kemenyan dan Frankincense itu beda species, meski cara pemanfaatannya sama :XD:

    :lalala:
     
  11. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    KEMENYAN = OBAT PENENANG

    Ahli biologi dari Universitas Johns Hopkins dan Universitas Ibrani di Yerusalem menemukan bahwa membakar kemenyan akan mengaktifkan saluran ion di otak yang mengurangi kecemasan dan depresi, ini menunjukkan bahwa kelas obat yg bekerja bawah hidung kita.

    Dalam temuan FASEB Journal, para peneliti mengatakan bahwa senyawa aktif - asetat incensole - yg memiliki khasiat utk menanganin saraf yang dipengaruhi oleh kecemasan dan emosi, seperti obat yg diresepkan spt obat depresi.

    "Meskipun informasi yang berasal dari teks-teks kuno, konstituen Boswellia belum diselidiki untuk psychoactivity," kata peneliti Raphael Mechoulam. "Kami menemukan bahwa incensole asetat, resin Boswellia konstituen, saat diuji pada tikus menurunkan kecemasan dan menyebabkan perilaku antidepressive-seperti Rupanya, kebanyakan hamba-hamba-hari ini menganggap bahwa pembakaran dupa hanya memiliki makna simbolis.."

    Dalam peneliti incensole asetat diberikan untuk tikus dan menemukan bahwa senyawa aktif protein yang disebut TRPV3, yang hadir dalam otak mamalia dan juga diketahui berperan dalam persepsi kehangatan kulit. Ketika tikus dibesarkan tanpa protein ini terkena incensole asetat, senyawa itu tidak berpengaruh pada otak mereka.

    "Mungkin Marx tidak terlalu salah ketika ia disebut agama itu candu bagi rakyat: morfin berasal dari poppy, kanabinoid dari ganja, dan LSD dari jamur; masing-masing telah digunakan dalam salah satu upacara keagamaan." kata Gerald Weissmann, Editor-in-Kepala Jurnal FASEB. "Penemuan bagaimana incensole asetat, dimurnikan dari kemenyan, bekerja di target spesifik di otak juga harus membantu kita memahami penyakit pada sistem saraf.

    Penelitian ini juga memberikan penjelasan biologis bagi praktek-praktek spiritual berumur ribuan tahun. Yakni membakar dupa dan Kemenyan.

    Asap Kemenyan benar-benar membuat Anda merasa hangat dan relax seluruh badan (dgn dosis yg tepat)


    :lalala:
     
  12. Nisa_K2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 30, 2012
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    ku kira kemenyan itu asli indonesia dan menjadi salah satu komoditas andalan pelaut nusantara jaman dulu :iii:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.