1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Perawatan Motor Injeksi Lebih Murah

Discussion in 'Otomotif' started by boku, Aug 6, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. boku M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,987 / -0
    Perawatan Motor Injeksi Lebih Murah
    Kamis, 6/8/2009 | 11:18 WIB


    KOMPAS.com - Ketika sepeda motor berteknologi injeksi masuk pasar Indonesia (4 tahun lalu), ada anggapan, perawatannya sulit dan mahal ketimbang karburator. Beberapa mekanik dan pemakai motor injeksi, justru memberi jawaban, perawatan lebih gampang. Biaya lebih murah dan daya tahan juga lebih baik.

    Sekarang ini, ada 4 produk Jepang sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Seperti Honda Supra X 125 PGM-FI, Yamaha V-ixion, Suzuki Shogun 125 F1 dan Kawasaki KLX250.

    Menurut A.S. Tedjosiswojo, Senior GM, Technical Service Division PT Astra Honda Motor bahwa pemakaian motor injeksi seperti Supra X 125 PGM-FI ini sebenarnya tanpa perawatan injektor. Selama kualitas bahan bakar baik dan ECU tidak kena air langsung, tidak akan menimbulkan masalah.

    Bahkan M. Abidin selaku Manager Technical Service PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menegaskan kalau yang dilakukan pada sistem injeksi sama sekali tak perlu penggantian pada sistem pasokan bahan bakar. Cuma perawatan atau membersihkan.

    Sementara Ibnu S dari bengkel Suzuki PT Sinar Roda Kencana Mas mengatakan selama memakai motor Shogun FI, perawattan sebatas membersihkan filter udara, filter bensin dan semprot throttle body. Perawatan tersebut masuk dalam servis rutin tiap 3.000 km.

    Kesimpulan, motor berteknologi injeksi itu sebenarnya maintenance free. Demikian dikatakan Reiner S, Senior Manager Technical Service PT Kawasaki Motor Indonesia. "Kalau kualitas bensin di sini bagus, tak perlu dilakukan setting," paparnya.

    Kalaupun ada biaya perawatan, murah banget. (Hend)

    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    Source
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. mang_udin M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    86
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +163 / -0
    wah nice info gw vixus nih!

    btw itu servis maksudnya tiap brapa periode?
     
  4. pluez Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    bro....ilustrasi di atas itu untuk biaya servis motor per bulan atau apa? thanx
     
  5. boku M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,987 / -0
    itu costing untuk 1 tahun kali :onion-69:
    jadi dengan asumsi setahun pengendara bakal service 4kali. ato setiap 2000 - 3000km.
    Nah disitu tertulis rincian kemungkinan biaya yang akan dikeluarkan untuk perawatan motornya.
    Asumsi : dalam 1 thn bakal 4 kali service, 1 kali ganti busi, dll

    JAdi mnrt gw ini sangat hemat bgt tuh :top:
     
  6. magnan Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    388
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +34 / -0
    makasih atas infonya, moga2 para k0onsumen kagak ragu lagi beli motor teknologi injeksi,
    tp... sayang banget, gw gak tau bedanya injeksi pa gak, ada yang bisa ngejelasin kgk??:)
     
  7. boku M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,987 / -0
    erm...perbedaan mendasarnya yang gw tau, klo injeksi mesin motor ga perlu dipanasin doloean. JAdi pas Starter bisa langsung digunakan :th_101_:
    Klo motor biasa biasanya kan dipanasin doloen, apalagi klo pagi2 :onion-69:

    Trus klo motor injeksi itu jauh lebih irit, gw aja klo sekali service cuma sktr 68rb / 4 bulan. Bahan bakar = 50rb untuk jarak tempuh sktr 500KM / bulan.

    Trus di mesin injeksi biasanya ad Filter dibawh Cap MEsinya "Mirip kyk Filter AC di Mobil" (jujur gw lupa namanya") :haha:

    Nb. Klo beli motor injeksi, sangat diwajibkan perwatannya di Bengkel Resmi. LEbih aman kualitasnya :top:
     
  8. corale M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    259
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +124 / -0
    ini biaya perawatannya kyknya udh standar dh. Jadi klo service di bengkel resmi manapun pasti akan mendaptkan harga yang sama sesuai dengan posting di atas :top:
     
  9. ag6966nh Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +9,068 / -0
    emang jelas lebih murah lha kalo serfis gak perlu bongkar2...lebih murah plus lebih cepat...tapi akalo yang hobi oprek2 motor mungkin agak repot seba semuanya pake komponen elektronik
     
  10. boku M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,987 / -0
    yups, benar bgt. Paling rada repotnya pas beli doank, secara lebih mahal.
    Tp untuk after salesnya :top:
     
  11. pluez Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kasih list nya juga dunk bro motor yng sudah injeksi apa aja...akhir bulan gw ada rencana bli motor tapi binun mo bli yng mana...pengennya sih yamaha mio tapi masih ragu2...ada masukan ? thanx ....:onion-69:
     
  12. oniexs Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    yang jelas beda yang paling mendasar adalah kalo motor injeksi tidak lagi menggunakan karburator untuk menyalurkan bahan bakar ke dapur pacu. tapi menggunakan pompa injeksi untuk menyrmprotkan bahan bakar ke mesin. jadi pembakaran kan terjadi sempurna karena bensin yang masuk akan di kabutkan oleh nozle
     
  13. chotto M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    357
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +710 / -0
    Tp emang benar koq, mobilnya aja yang pake EFI justru lebih awet tuh.
    Dari segi bahan bakar ato pun perawatannya. Trus Bunyi mesin kendaraan lebih lembut koq :onion-89:
     
  14. redknightz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2009
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +44 / -0
    Kemaren gw nanya di dealer katanya kalau jatuh mesin mati sendiri. gak tau deh kalau motor yang lain. Secara saya orang yang awam soal motor... :D
     
  15. boku M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,987 / -0
    Erm..ini jatuhnya seperti apa doloe:???: krn klo misalkan tanpa jatuh aja mesin bisa mati juga koq, e.g : Stelan gasnya rendah, dkk.

    anyway, emang mending sering nanya2 aja ke orang lain, biar ga nyesal pas belinya :onion-89:

    btw, gw punya nmr hotline call center AHM nih : (kode area)500 989 :top: mana tau pengen nanya2.:onion-52:
     
  16. flyspd Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    61
    Ratings:
    +1,735 / -0
    ada sensor kemiringan LAS namanya..
    jd kalo motor miring sekian derajat motor mati sendiri
     
  17. devicl M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +37 / -0
    setau aq emang motor injeksi itu lebih hemat 'n lebih bagus tuh. Cuma emang sih duitnya juga ga bohong:onion-08:
     
  18. juraganadi Members

    Offline

    Joined:
    Apr 29, 2009
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Sesuaikan dengan kebutuhan ketika membeli...
    Bedakan keinginan dengan kebutuhna, kynya itu lebih ngirit.. CMMIW
     
  19. liAbbi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 13, 2009
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +911 / -0
    Ane pake Vixi-Grey., gak nyangka tuh motor ternyata Super Irit, Tarikan Mantap.
     
  20. oniexs Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    motor v-ixion mempunya lean angel sensor. letaknya di bawah sadel yang ada tulisan "up". Alat itu akan mematikan mesin kalo motor dalam kemiringan tertentu. contonya jatuh. kalo pgn ngetes coba miringin alat itu, pasti motor gk bisa di hidupin
     
  21. oniexs Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    dudud ah.... vixion khan yamaha, kenapa di suruh nelpom ke AHM...??? wokwokwowok
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.