1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Senam Paru Paru

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by cempee, Sep 3, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. cempee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    1,620
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,964 / -0
    Pagi-pagi saya membaca buku pernapasan untuk kesehatan yang ditulis oleh master Senam :semangat: Pernapasan Jos Usin. Bukunya memang sudah buku kuno, aku yakin sekarang sudah tidak terbit sebab yang aku pegang pun cetakan ke V terbitan tahun 1979. Beruntung saya mendapatkan banyak inspirasi dari buku berharga ini. Salah satunya adalah empat metode senam yang berfokus pada bagaimana manusia mensyukuri organ pernapasannya.
    apa pentingnya belajar senam pernapasan?
    Pertanyaan diatas dijawab secara terang benderang oleh tabib legendaris asal negerti tiongkok, Khe HUng, dalam kitab ketabiban yang terkenal di shanghai abad ke 3 (281-361 M), “Jika manusia mempraktekan pernapasan secara sempurna (volume nafas besar), mereka akan bebas dari penyakit. Bila mereka sering gerak badan, mereka tidak mudah menjadi tua. Tubuh manusia berada dalam udara, dan udara berada dalam tubuh manusia. jadi udara merupakan makanan utama bagi kehidupan manusia. bagi mereka yang mahir dan dapat mengusai teknik pernapasan selain badanya sehat, terhindar dari berbagai penyakit, serta kuat menahan lapar, ia juga akan dapat mencapai usia yang panjang”.
    Pada pernyataannya yang lain, Khe Hung juga menyatakan bahwa, “Obat-obatan memang berkhasiat untuk menghilangkan penyakit, tetapi bila disertai dengan menghirup hawa bersih sebanyak-banyaknya, khasiat kesembuhan akan lebih cepat. Bahkan dengan menghirup udara bersih saja sudah cukup untuk membebaskan diri dari gangguan penyakit, jika tidak ada obat”.
    Senam Pernapasan juga disarankan dokter
    Ahli paru paru dari Bandung, dr. H. A. Rotinsulu, menyatakan bahwa, “obat batuk hanya dapat meringankan penyakit sedangkan udara bersih dapat menyembuhkannya”. Secara pelajaran IPA di SMA pun sebenarnya kita bisa paham mengapa Senam Pernapasan itu penting. KIta tahu bahwa oksigen merupakan zat yang sangat dibutuhkan dalam banyak proses metabolisme tubuh.
    Lebih-lebih pada proses pengaturannya di otak. Otak kekurangan oksigen sekian detik saja, sudah jutaan selnya mati sehingga memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh secara total. Maka, mekanisme pernapasan yang bagus diharapkan bisa memberikan support terbaik atas ketersediaan oksigen dalam tubuh secara optimal.
    Lalu bagaimana sih empat teknik Senam Pernapasan itu?
    Sebelumnya kami sampaikan, pertama, terutama bagi anda yang sedang menderita hernia, TBC, dan darah tinggi. Pada golongan tersebut disarankan mengkonsultasikan diri terlebih dahulu manakala ingin melatih pernapasan sebab dikhawatirkan bisa memunculkan kontra indikasi yang fatal. Ke dua, Latihan diharapkan dari step I dulu dua sampai 3 minggu, baru melanjutkan ke teknik lanjutannya [kecuali anda sudah berpengalaman melatih pernapasan] serta harus urut dari step I- IV alias tidak boleh meloncat-loncat.

    1. ambil posisi duduk yang rileks, punggung ditegakkan, usahakan memilih waktu pagi setelah subuh serta dalam keadaan cuaca tidak lembab (tidak disarankan pada malam hari).

    2. mula-mula ‘kuras’ dulu udara kotor yang mengendap pada paru-paru anda, caranya anda menarik napas tiga hitungan, lalu hembuskan sebanyak-banyaknya sambil bersuara, “AAAAA…….” (suara A sebagai suatu kontrol hembusan sekaligus melatih pita suara anda). Ulangi sebanyak tiga kali atau dirasa cukup.

    3. Senam pernapasan tingkat 1 disebut pernapasan berirama I hitungan 1 : 2 (satu berbanding dua):semangat:. Artinya, perbandingan hitungan ketika anda menghirup napas dengan menghembuskannya adalah satu dibanding dua. Misalkan anda menghirup 4 hitungan dengan hidung, maka anda menghembuskannya sebanyak 8 hitungan menggunakan mulut. Awali dengan 3 hitungan menghirup dan 6 hitungan melepaskannya selama 2-3 minggu. Boleh kombinasi pernapasan dada dan perut.

    4. Kalau sudah lancar menggunakan teknik pernapasan berirama I dengan tidak disertai keadaan jantung berdebar-debar, perasaan mau pinsan, berkunang-kunang :pusing:, maka bisa dilanjutkan pernapasan berirama II dengan perbandingan 1 : 1. Bedanya dengan Senam Pernapasan tingkat 1, selaian perbandingan hitungannya juga pada penggunaan hidung baik menghirup maupun menghembuskannya. contoh, hirup 6 lalu hembuskan 6 hitungan sampai dilatih mendekati 30 hitungan.

    5. Pernapasan berirama III muncul kombinasi menahan udara di paru paru. Sehingga perbandingan hirup,tahan di paru-paru, lalu hembuskan adalah 1:1:1 atau boleh kombinasi 2:4:2. Senam Pernapasan tingkat tiga ini TIDAK DISARANKAN bagi yang belum menguasai benar-benar tingkat I dan tingkat II sebab bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru serta organ yang berkaitan dengannya.

    6. Pernapasan berirama tahap ke IV, tahap lanjut, bentuknya kombinasi antara hirup, tahan napas, hembuskan, tahan paru-paru agar kosong sebentar dengan perbandingan 2:1:2:1. Senam Pernapasan tahap IV itu artinya kita menghirup 6 hitungan, tahan sebentar 3 hitungan, hembuskan 6 hitungan,tahan paru-paru kosong 3 hitungan dan seterusnya.

    Senam Pernapasan juga sangat baik buat melatihan kekuatan otot manusia. Kombinasi Senam Pernapasan dengan teknik senam lain seperti tai Qi Kuan juga bagus. Intinya pada berbagai jenis latihan adalah ketekunan. Jos Usin telah membuktikannya sendiri, dari awalnya sebagai lelaki dewasa yang sakit-sakitan sampai jadi lanjut usia yang tetap sehat panjang umur. Selamat berlatih… sumber : rajabekam.info
     
  2. yuma Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,763
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,014 / -0
    Thread saya lock sampai TS menyediakan link sumber yang valid dan BUKAN berupa web untuk promosi.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.